[NOVEL] 5 Cm yang Terlambat


Letakkanlah impianmu 5 centimeter menggantung diatas keningmu, agar ia tak pernah hilang dari pandanganmu, dan ia tetap akan menjadi tujuanmu.

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, kata orang bijak seperti itu. Dengan keyakinan yang sama saya pun memutuskan untuk membaca sebuah buku berjudul 5 cm yang ditulis oleh Donny Dhirgantoro. Sejak lama saya sebenarnya sudah niat banget baca buku ini, tapi selalu saja kepentok dengan pemikiran,"Ah.. ntar mengecewakan seperti kebanyakan novel-novel Indonesia. Sok pinter biar keliatan novelnya berat dan berbobot. " Apalagi kalo liat covernya, warna hitam dan hanya ada tulisan 5 cm. Memang sih ada orang bijak ( lagi.. siapa sih orang bijak itu?) yang bilang " Don't judge the book by its cover" tapi yahh gimana yaaah.. kepentok juga sama penulisnya, siapa dia kok gak pernah baca blognya, gak pernah di rekomendasikan sama penulis siapa.. gitu. Jadi begitulah, buku ini di cetak pertama 2005 dan saya baru membacanya di tahun 2009. Dan saya menyesalinya.. 

5 CM adalah sebuah buku tentang persahabatan 5 orang ; Ariel, Genta, Zafran,Ian dan Riani dengan karakteristik mereka yang berbeda-beda. Mereka menamakan diri mereka : POWER RANGER. Ariel,si cakep yang demen body builder tapi pemalu sama cewek;Genta yang smart. Zafran si penyair penggila puisi yang jatuh cinta banget dengan adiknya Ariel,Ian si gendut yang hobi makan Indomie dan Riani,si tomboy yang keibuan sudah bersahabat dan menghabiskan banyak waktu bersama. Suatu hari Genta berpikir,kebersamaan mereka harusnya lebih "berarti" hingga ia mengusulkan mereka tidak usah ketemuan dan berkomunikasi lewat media apapun selama 6 bulan. Zafran setuju karena dia juga sudah gak ingat lagi,selain ke empat sahabatnya apakah dia punya teman lain. Hanya Riani yang awalnya tidak sepakat karena dia merasa akan berat tidak bertemu dengan keempatnya. Dia akhirnya setuju setelah Genta berjanji akan membuat moment pertemuan kembali mereka akan memorable dan memangkas jeda waktu tak bertemu menjadi 3 bulan saja. Selama 3 bulan itu mereka fokus dengan impian-impian pribadi mereka. 

Jadi mulailah mereka menjalani 3 bulan itu "sendiri'. Dengan segala jatuh bangunnya mereka berusaha menggapai mimpi mereka tanpa boleh meminta bantuan bahkan curhat sekalipun pada ke empat lainnya. Diantara tiga bulan itu diantara mereka mulai terasa kehilangan dan juga "pengakuan" atas berartinya seseorang lebih dari teman lainnya. Cinta dalam persahabatan terkadang memang tidak bisa terdeteksi dengan mudah yah? Untungnya.rasa lelah,kadang putus asa bahkan rindu yang menggunung akhirnya terbayarkan ketika mereka kembali bertemu di stasiun kereta Jatinegara di tanggal 14 Agustus. Sebuah petualangan baru akan mereka mulai. Kali ini,petualangan ini membuat mereka jatuh bangun kembali. Bukan hanya jatuh bangun secara mental, tapi juga fisik. Dua hal ini yang menjadi tantangan mereka untuk menaklukkan puncak Mahameru. Sebuah tujuan mengibarkan bendera merah putih tepat di tanggal 17 Agustus. Akankah mereka berhasil? 

"Biarkan keyakinanmu menggantung 5 cm di depan keningmu.Setelah itu …yang kamu perlukan cuma kaki yang melangkah lebih jauh dari biasanya,tangan yang berbuat lebih banyak dari biasanya,mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya,lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja,dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya.Serta mulut yang akan selalu berdoa.Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama”

Tanpa berkesan menggurui,banyak hal yang bisa di pelajari dan di petik makna dari buku ini. Bahasanya pun ringan dan sangat natural. Dalam perjalanan kisahnya banyak penggalan-penggalan lirik lagu "legendaris" seakan menjadi soundtrack kisah lima sahabat ini. Bahkan,boleh jadi novel yang katanya based on true story ini bisa membangkitkan rasa nasionalisme dan juga motivasi untuk meraih impian yang tertunda.


Saya pikir, Donny Dhirgantoro sudah menuliskan sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak. Untuk itu saya menyesal baru membaca 5 cm,empat tahun kemudian...

No comments:

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.