KLa Project EXELLENTIA Tour Makassar - Kami Puas Kalian Lemas

KLa Project.
Sebuah nama
Sebuah Band
an Icon

Sejak single pertama "Tentang Kita" di tahun 1988 di release melalui album kompilasi 10 Bintang Nusantara, saya sudah jatuh cinta pada pendengaran pertama pada Band ini. Terima kasih kepada kakak-kakak saya yang sudah memperkenalkan saya pada band ini di masa saya masih harusnya mendengarkan lagu "tik tik bunyi hujan.." atau "potong bebek angsa". Setelah 23 tahun lamanya, jatuh cinta itu masih terjaga. Album masih lengkap, setiap kali show pasti datang dan tidak tergoda untuk berpaling ke Sma*sh. Ehm.. oke mungkin gak nyambung ya..


Anyway..

Tanggal 2 February kemarin dalam rangkaian tour An Exclusive Experience with KLa Project EXELLENTIA 2011"yang di sponsori oleh salah satu produk rokok mampirlah mereka ke Makassar bertemu kangen dengan para Klanis setelah sekian lama. Oke, resminya sih gak lama-lama banget. Terakhir kali mereka manggung di Makassar itu tahun 2009 dalam rangka Reuni sebuah SMU kondang ( dimana saya bela-belain menyusup jadi alumninya padahal sumpah yg alumni benerannya itu kakak-kaka saya ). Tapi untuk hitungan pertunjukkan umum yang di sponsori ini adalah show mereka setelah 12 tahun di Balai Manunggal ( Tiket masih 10 ribu waktu itu. Bandingkan dengan yg skrg 125rb hiks!)
Wow! Gak heran, para Klanis seantero Makassar sangat antusias menyaksikan pertunjukkan ini.

Berangkatlah saya dengan para pendekar Klanis, Yoan, Yusuf, Novi yang memang sudah jadi formasi tetap nonton pertunjukkan berkelas seperti ini. Walaupun di tiket tercantum jam pertunjukkan jam 10 Malam, tapi jangan salah.. dua jam pertama DJ on the Mix unjuk gigi dulu. Baru setelah jam 12 Malam dimana DJ nya sudah "dikutuk" beribu Klanis ( hihihi.. oke lebay, tapi mungkin ada benarnya untuk beberapa Klanis) akhirnya Lampu di stage di padamkan dan jreng jreng.. muncullah Hedy Yunus.

Nah Lohh? Ini Kla Projet ato Kahitna neehh?

Gak deng.. secara promotour event ini adalah HY Production which Hedi Yunus sebagai yeahh you know lah.. makanya dia juga ikut hadir disini sebagai MC. Ada 3 gift yang di bagikan untuk penonton yang nekat ( sisanya malu-malu mau mampus tapi please dehh kek saya) dan juga petatah petitih mengenai keselamatan dalam menonton. Iyah bener, baru sekali ini kejadian saya menonton show musik dimana ada penuntuk keselamatan dalam menonton jika in case terjadi korslet, kebakaran ato apalah pada saat pertunjukkan. Tiba-tiba saya merasa berada dalam pesawat yang mau take off dimana Hedi Yunus adalah Pramugaranya.. :-p

Setelah iklan dan bla bla akhirnya.. jreng jreng.. Muncullah yang di tunggu-tunggu.  Lilo, Adi, dan akhirnya Katon. Udah deh, gak kebayang betapa heboh sorakan para Klanis. Sayangnya ketika lagu pertama di nyanyikan " Revolusi Disco" jadi kek hening cipta kecuali beberapa Klanis yang sudah ngapalin lagu-lagu baru kek -ehm- saya :-p . Mungkin mereka berharap lagu pertama adalah Hey atau Tentang Kita ( oh please.. ini pilihan Yoan. Kalo itu terjadi, abis lagu itu kita langsung bubar aja.. itu kan lagu kojo neng). Well, karena ini adalah rangkain promo album baru mereka "Exellentia" tak heran jika lagu pembukanya adalah Revolusi Disco yang menghentak.Maksudnya paling tidak membakar suasana di Liquid. Apa daya, Klanis makassar yang hadir kebanyakan adalah produk jaman dulu ( hihihi.. iyah iyah gw jugaa.. )yang berharap lagu-lagu lama yang dibawakan, maka lagu kedua pun " Hilang Separuh Arti" disambut dengan tampang bengong. Padahal lagu kedua ini asik.. jadilah saya bernyanyi sendiri. Ih sedihnya..

Katon menyapa para Klanis yang disambut dengan antusias se antusias kami menjerit kegirangan ketika Intro Menjemput Impian dari Keyboard Adi Adrian mengalun. Sisanya adalah.. saya rasa Katon gak usah nyanyi deh.. Ini jadi sebangsa acara karaokean dimana layarnya adalah layar hidup. KAMI BERNYANYI DENGAN SEPENUH HATI.

Telah jauh kutempuh ... perjalanan
Bawa sebentuk cinta
Menjemput impian
Kau dan aku ... jadi satu arungi laut biru
Tak kan ada yang kuasa mengusik haluannya
Kau dan aku ... jadi satu

Bersama kita jemput... impian
Mungkin malah ada yang berkaca-kaca matanya ( seperti saya) dan menangis sesengukan seperti Benny.. hahai..


Tidak salah, karena setiap lirik dan lagu dari Kla memang bermakna dan berkesan bagi para Klanis di setiap sisi hidupnya. Bohong aja kalo ada yang tidak terkenang sesuatu atau seseorang ketika mendengarkan satu atau dua ( malah lebih mungkin) lagu dari Kla. Seperti pada lagu ke empat, Pasir Putih mengingatkan saya pada.. Rencana Liburan, ( No kidding, serius!). Lagu ke-5 Hidup adalah Pilihan mengingatkan saya pada lokasi liburan ( yalah pilih pilih kan..?)  saya nanti dan lagu ke - 6 Cinta Bukan Hanya Kata yang mengingatkan saya pada.. betapa gak asiknya  Klanis yang datang ke sini tanpa mencari tahu lagu barunya Kla. Ah, katanya Klanis.. Dua lagu tersebut adalah lagu andalan dari Album terakhir mereka Exellentia. Hehehe.. no offense.

Tapi siapa yang gak punya kenangan sama lagu "Semoga" ? Lagu yang berkisah tentang keinginan seseorang balik ke mantannya ini sukses membahana dinyanyikan bersama dan membuat Klanis terbawa suasana. Saya juga termasuk tapi seterbawa-bawanya saya ternyata masih sempat memperhatikan Katon muncrat tiga kali di lagu ini. Hahaha.. maap.. maaap jangan kesel sama saya ya Om Katon, secara saya dan Yoan sempat ketawa..

Performance kali ini juga ternyata menghadirkan seorang "bintang" tamu dari Makassar. Please, jangan histeris dulu.. bukan saya kok! Tapi Om Aco a.k.a Arief Ilham Sirajuddin yang menjadikan Katon Bagaskara sebagai Duta Baca Makassar. Sempat ada foto bersama di panggung dan pemberian CD Exellentia dan cipaka cipiki.. Aduuh mau dong Om.. Cipika Cipiki sama Kla maksudnya.. Sama Om Aco mah gak usah.. Hhihihi..

Eh ada Om Aco..

Setelah itu Katon sempat bercerita juga tentang lagu berikut yang akan di bawakan. Sebuah lagu dari album baru mereka. Kali ini yang dipilih adalah ' Rahasia Semesta'. Sekali lagi kami membiarkan Katon yang memulai dan mengakhiri lagu itu.. Saya sumpah gak nyangka lagu ini akan masuk daftar, padahal saya sudah siap-siap diajak duet untuk lagu "Kau Pulihkan Luka". Ternyata lagu Rahasia Semesta yang dipilih. Gak apa-apa.. suasana agak cooling down sejenak menyusul Katon menghilang ke balik panggung untuk break. Posisi di gantikan oleh Lilo. Di barisan depan mulai meneriakkan " Meski Telah Jauh".. Sayang Dg. Lau hanya membalas dengan kalimat,"Kalau yg itu nanti.."

Sebagai gantinya Lilo menghadirkan sebuah lagu yang di ambil dari album ke -V Kla. Katanya ini adalah satu satunya lagu yang belum pernah di bawakan di Makassar. Tanpa menyebut judul Lilo memainkan gitarnya dan penonton mulai mengira-ngira lagu apa dari album ke - V dimana Lilo adalah lead vocalnya? Di dengar dari intronya kenapa nge-rock habis ala ala Linkin Park yah.. Ternyata surprise! Lagu yang di tampilkan adalah ROMANSA. Gila, aransemen ulangnya keren banget. Mungkin inilah salah satu cara KLa menarik minat para anak muda menjadi Klanis. Mmh, nice try!


Maka tak heran jika KLa mengajak pemain saxophone muda bermain untuk lagu "Terpuruk Ku Disini". Lagu yang aslinya sudah tidak mendayu dayu di tambah energinya dengan olah stage Katon yang energik dan aransemen ulang yang makin nge-beat.Aransemen ulang dari lagu-lagu lama memang di perlukan sebagai unsur surprise di sebuah pertunjukkan. Apalagi jika penampilnya adalah sudah cukup lama beredar di dunia musik. Tiga lagu ( Terkenang, Gerimis, Lagu Baru) dari 3 album dimix dengan aransemen yang menghentak  mengajak para Klanis bernyanyi dan menggila.
Lupakanlah Problema.. anggap saja tiada...

Suasana yang makin panas di turunkan sedikit temponya di dua lagu berikut " Tak Bisa Ke Lain Hati" dan "Jogjakarta". Haru biru dengan kenangan masing-masing tidak dapat menutupi keeksisan para KLanis untuk tetap bernyanyi. Hingga sebenarnya kalau Katon mau, dia bisa diam saja Magabu dan gak usah nyanyi.. :-). Toh, tanpa di komando pun para KLanis ini sudah menyuarakan isi hati mereka masing-masing. Tapi Katon masih sempat memplesetkan sepenggal liriknya Jogjakarta" Ijinkan lah aku untuk selalu pulang pagi.." sambil menunjuk jam tangannya. Oh yaa.. sudah jam 2 pagi lewat. Gila!!

Jadi begitu Katon mulai mengambil gitar akustiknya, tahulah saya, "Inilah saatnya.. Sesaat lagi akan selesai". Itulah tanda bahwa lagu yang sudah 23 tahun lalu beredar dan tetap kedengaran asik sampai sekarang itu akan ditampilkan. "Tentang Kita". Lagu yang bercerita tentang sepasang kekasih yang memutuskan untuk kembali menjalani hubungan mereka setelah sempat berpisah di akhiri dengan Kembang Api dan Convetty. Katon mengucapkan terima kasih dan sepertinya pertunjukkan akan berakhir.. Ah yang benar saja.. Kalian pikir kami akan membiarkan kalian berlalu begitu saja? 

LAGI... LAGI... LAGI... LAGI...

Seantero D'liquid meneriakkan kata yang sama. Dan KLa kembali naik panggung membawakan 1 album lagi.. Maunyaaaaaa.... Gak, mereka membawakan versi minimalis dari Anak Dara. Sekali lagi seluruh KLanis bernyanyi bersama. Diakhir lagu mereka take a bow dan mengucapkan terimakasih dan berlalu dengan lagu Revolusi Disco yang ajiiibbbbbb versi remix DJ Winky.

darahku di dalam darahmu
membaur menyala merahnya, kawan
denyut jantungku memandu ke jantungmu
tak ada lagi keraguan, kita satu tujuan
Dan begitulah.. Show Exellentia berakhir dengan kepuasan tak terkira bukan hanya dari KLanis tapi juga dari KLa Project dan panitianya sendiri. Makassar adalah kota kedua dari rangkaian Tour mereka tapi saya yakin gak akan ada yang mengalahkan antusiasme KLanis Makassar. Hedi Yunus lewat Twitternya saja gregetan banget pengen meng-upload foto-foto menggambarkan keramaian D'Liquid malam itu sementara Katon menulis "bersyukur, bersyukur, hingga tersungkur, segala kelimpahan dariNya menghambuur, Luarbiasa Allahku yg Masyhuuur !!" untuk menggambarkan kepuasan mereka.

Well, itu cara kami mengapresiasi sebuah band hebat  yang sudah memberikan karya terbaik kalian ditengah ke-alay-an musik Indonesia jaman sekarang. Kami Puas, Kalian lemas...:-D. Sekarang gilirang  KLanis Balikpapan, apakah kalian bisa menyaingi KLanis Makassar? Kita lihat saja nanti...


Note: Thx to Yuriadi atas foto2nya.. ternyata kau di ujung sana.. he3

3 comments:

  1. waaaa ikutan berasa seru banget konsernya kla project!!!

    ReplyDelete
  2. waaaa ikutan berasa seru banget konsernya kla project!!!

    ReplyDelete
  3. aku suka KLA!!! selalu suka!

    thx for sharing ya :)

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.