Bersatu Kita Teguh, Berempat Kita Mission Impossible 4 - The Ghost Protocol

Sempat ada rumor beredar kalau MISSION IMPOSSIBLE 4 tak akan pernah dirilis tapi sejak   sejak MISSION IMPOSSIBLE – GHOST PROTOCOL diproduksi rumor itu pun terbantahkan. I have no special expectation when i  came to the theater. I just thought,"Hey Agent Hunt, we meet again.."



Mission Impossible kali ini bersetting di tiga tempat : Budapest - Hongaria, Dubai - UAE dan Mumbai - India. Di Budapest, Ethan di kisahkan berada di penjara dan harus di bebaskan oleh Tim IMF karena akan di suatu tugas. Dengan trik-trik khusus, Ethan berhasil di keluarkan atas kerjasama Benji dan agent Carter. Dengan diiringi lagu Jazz klasik Ain't Kick In The Head-nya Dean Martin adegan pembebasan menjadi kerusuhan yang musikal sekaligus lucu.


Kurt Hendrick aka Cobalt in Action
Setelah bebas Ethan di bantu Agent Carter ( yang seksi abees) dan Benji yang baru saja lulus ujian operasi ke-agent-an harus  menghadapi tugas menyelamatkan dunia dari ambisi seorang ahli nuklir jenius tapi gila, Kurt Hendricks alias Cobalt. Dia berpikir akhir dari dunia tidak dapat di hindari karena itu adalah bagian dari evolusi. Yang bertahanlah yang bisa membuat dunia menjadi lebih baik dengan merekonstruksinya. Untuk mewujudkan impiannya Cobalt harus memiliki dokumen berisi kode peluncuran misil nuklir milik Rusia yang tersimpan di Istana Kremlin. 

Sebagai agent yang berpengalaman puluhan tahun, Agent Hunt tentu saja percaya diri dapat meringkus ahli nuklir jenius berpotensi sebagai terorist ini. Setelah mendapatkan info dari markas IMF melalui sebuah telpon umum yang harus di ketok dulu sebelum akhirnya meledak, agent Hunt bersama Agent Carter dan Benji menerobos Istana Kremlin yang sangat ketat. Sayangnya Cobalt tidak selugu yang mereka kira. Tak tahunya mereka lah yang di jebak Cobalt dengan meledakkan istana Kremlin dan membuat Agent Hunt sebagai tersangka pelaku. 

Bersatu Kita Teguh, Berempat = Mission Impossible 4
Insiden ini membuat hubungan Rusia dan Amerika kembali memanas. President Amerika terpaksa memberlakukan sistem Ghost Protocol yaitu keadaan dimana agen tersebut tidak dianggap serta seluruh akses mereka di tiadakan. Berita ini disampaikan oleh Sekretaris negara yang datang menjemput Agen Hunt untuk di pulangkan ke Amerika. Dalam perjalanan, si Sekretaris Negara yang di dampingi seorang Analistnya, William Brandt, menyusun rencana B untuk Ethan Hunt agar tetap bisa menjalan Mission Impossible nya tanpa bantuan dari pemerintah Amerika. Sayangnya saat rencana B di susun, mendadak mobil yang mereka tumpangi di serang dan menewaskan sang Sekretaris Negara beserta Supirnya. Lalu bagaimana dengan Wiliam Brandt sang Analist? Dia selamat bersama Ethan Hunt mengejar-ngejar kereta yang ternyata akses untuk memasuki sebuah gerbong rahasia dimana Agent Carter dan Benji sudah menunggu. Mereka berempat kemudian melanglang buana ke Dubai sampai ke Mumbai untuk mengejar Cobalt sambil memulihkan nama baik IMF. Sesuai pepatah, bersatu kita teguh berempat kita jadi team Mission Impossible 4. 

Di Installement ke empat ini, Mission Impossible di sutradarai oleh Brad Bird ( bukan Brad Pitt loh yaaa...). Film MI-4 ini adalah film action pertamanya setelah  menyutradarai film karya animasi Disney/Pixar, Ratatouille dan The Incredible. Walaupun tentu saja media animasi berbeda dengan live action tapi Brad Bird berhasil bisa membuat penonton tegang, kaget, tertawa, terkagum-kagum sampai menahan pipis karena tidak mau melewatkan sepotong adegan pun ( ehm, yg terakhir itu saya aja sepertinya).  



Benji Dunn: [showing a glove] Now remember: "Blue is glue!". 

Ethan Hunt: And red? 

Benji Dunn: Dead. 



Who needs Spiderman ? 
Adegan Hunt memanjat hotel Burj Khalifah dengan gadget tangan nempel nya bikin deg-deg an sekaligus terkagum-kagum liat pemandangan Dubai dari lantai sekian sekian (Fiuh.. ). Adegan  kejar-kejaran di tengah badai gurun pasir di tengah kota Dubai hingga adegan laga di parkiran otomatic di Mumbai ( mengingatkan saya pada tangga di Hogwarts, sekolah Harry Potter) sampai gadget-gadget yang bikin mupeng mampus ( sponsored by Apple sepertinya) adalah bagian-bagian dari Mission Impossible 4 yang bisa membuktikan bahwa Brad Bird sebagai sutradara, penulis skenario, penata cinematografi, special dan visual effect sampai ke editornya bener-bener bekerjasama dalam satu team. 


Syarat jadi Agent Rahasia? Body Ok!
Dan mungkin dari semua seri Mission Impossible saya lebih suka installment ke empat ini. Agent Hunt tampak lebih manusiawi. Usahanya dalam menjalankan misi ini bisa gagal juga walau begitu dia tetap berusaha. Didukung rekan sesama agent yang levelnya masih di bawahnya, dia menjadi team leader yang membuat mereka bisa bekerja sama dengan solid. Sesuatu yang jarang saya liat di edisi sebelumnya dimana Ethan Hunt selalu di kisahkan sangat jago, pintar dan bisa bekerja sendiri di lapangan dan hanya di back up dari markas IMF saja. 


You Jump I Catch 
Apapun film ini bisa menjadi tontonan hiburan yang menarik. Selain Tom Cruise yang makin tua makin ganteng, film ini juga di bintangi oleh Jeremy Renner as Brandt, Simon Pegg as Benji dan Paula Patton as Jane Carter. Jangan lewatkan juga akting Anil Kapoor, pemain India yang berperan sebagai Konglomerat penyimpan akses peluncuran via  satelit. Seru nya dapat, lucunya pun ada dengan selipan dialog yang lucu cerdas. Bahkan ada satu quote yang cukup romantis menurut saya, yaitu saat Bradt meminta maaf pada Ethan karena tidak bisa menjalankan tugas sebagaimana mestinya dalam melindungi istri Ethan. Agent Hunt malah menjawab,"Bukan tugasmu melindungi dia. Tugasku lah untuk menjaganya.." Ihikss.. ! 

Film ini pun secara teknis istimewa karena di rekam dengan kamera 65mm dan kamera IMAX. Tidak heran jika visualnya sangat tajam, jernih dan indah apalagi dipadu dengan sinematografi yang keren. Sayangnya di Indonesia tidak di tayangkan dalam format IMAX. Tapi dengan layar sekelas XXI visualnya tetap terlihat lebih bagus di banding film-film lainnya. Gak percaya? Silahkan di tonton dan beri tahu saya yah pendapat anda :) 





Salam, V

Mission Accomplished!




No comments:

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.