Buku Favorit 2012


Tahun 2012 akan segera berakhir. Sudah setumpuk buku menemani saat bete di kantor, membunuh waktu ketika menunggu, pemancing rasa kantuk sampai menjadi teman dalam perjalanan. Dari sekian yang sudah saya baca, ada lima buku yang menjadi buku favorit versi saya yang saya urutkan berdasarkan jenisnya. Let's check it out!

1.  Selamanya Cinta ( Kireina Enno ) 

     Kategori : Novel Indonesia



Don't judge the book by its cover. Ini berlaku banget pada novel yang satu ini. Covernya sih biasa aja dibanding novel-novel bergenre yang sama, kisah di dalamnya juga sudah termasuk biasa di tuliskan. Tapi seorang penulis yang hebat adalah yang bisa menceritakan sesuatu yang mungkin sudah sering di bicarakan dengan cara yang berbeda. Nah, Kireina Enno ini salah satunya. Saya mengenal tulisan-tulisannya dari blog dan membuat saya tidak perlu berpikir dua kali untuk membeli novel perdananya. Diantara seabrek novel ber-genre galau tak bertepi (sesuatu yang sebenarnya paling males saya baca), ini salah satu yang "bersinar". Mengingatkanmu pada cinta pertama, kisah kasih di sekolah dan cinta yang akan kembali ke tempat yang seharusnya.Worth to read.

2. So I'm Married The Anti-Fan ( Kim Eun Jeong) 

    Kategori : Novel Terjemahan



Benci dan Cinta itu beda tipis. Pernah dengar gak kalimat itu? Sering banget kejadian dimana Cinta bisa jadi benci begitupula sebaliknya. Novel ini berkisah tentang Lee Geun Yong,si reporter yang di pecat karena tidak sengaja muntah di atas sepatu seorang artis idola bernama Hu Joon. Sedikit terlunta-lunta jadi pengangguran membawanya secara tidak sengaja melihat sebuah adegan kekerasan yang dilakukan oleh Hu Joon di sebuah klub. Adegan yang dilihatnya itu membuatnya semakin membenci Hu Joon dan memicunya menjadi seorang anti-fan secara terang-terangan. Lee Geun Yong memposting hal tersebut di internet dan menuai protes dari fans berat Hu Joon. Hal ini membuat seorang produser televisi tertarik untuk membuat reality show dimana Geun Yong sebagai anti-fan  menjadi manager dari Hu Joon sang idola. 

Meski awalnya saya sempat mengunderestimate novel ini,ternyata di akhirnya saya merasa ini adalah Korea-Literature yang ceritanya paling menarik yang pernah saya baca. Terimakasih kepada sang penerjemah karena bisa membawa tulisan ini sebaik aslinya. Peringatan : Seperti nonton drama serial Korea, semakin lama di baca semakin susah melepaskan novel ini hingga selesai. Jadi..waspadalah.. waspadalah!! 

3. Menuju(h) - Aan SyafraniIru IrawanMahir Pradana ,Maradilla Syachridar SundeaTheoresia Rumthe,      Valiant Budi

     Kategori : Kumpulan Cerpen


Menuju(h) adalah kolaborasi tujuh penulis muda, berbagi cerita tentang hari-hari yang menyetia| Begitu kata taglinenya. Ini adalah semacam kumpulan cerita pendek berdasarkan hari-hari yang ada dalam seminggu. Ada Aan Syafriani yang slengean dan lucu tentang penghuni kost  di hari Senin, Theoresia Rumthe tentang pasien Alzhaimer dan hujan di hari Rabu, Vabyo yang "menghipnotis" di hari Kamis dan kisah kisah lain yang menarik di hari yang lain. Setiap penulis menuliskan satu kisah dari dua sisi yang berbeda, sehingga total ada 14 cerpen yang terangkum dalam Menuju(h) ini. Kisah yang lucu,romantis,tragis hingga psyco bisa di temukan disini. Satu kumpulan cerpen yang komplit peneman hari-hari walaupun ketika di baca gak perlu waktu hingga tujuh hari. Serius!

4. Kobuki Korea Buikin Keki - Soni MartiLova

    Kategori : Traveling 



Saya mengkategorikannya di bagian Traveling karena ketika membaca buku ini serasa kita pun traveling dari satu tempat ke tempat lain di negeri Korea Selatan. Sebenarnya ini adalah buku kisah hidup Soni MartiLova, mantan penyiar radio KBS Wi-horld Radio Siaran Berbahasa Indonesia selama menetap di negeri Hallyu Wave itu.  Banyak kisah sehari-hari sebagai orang Indonesia yang harus beradaptasi di negeri orang (yang tentunya bedaaaaaa banget dengan kebiasaan di Indonesia), kebiasan-kebiasan sehari-hari orang Korea dan tips penting jika berkunjung kesana terangkum disini. Ada juga kisah menarik seputar kegiatannya sebagai penyiar radio sampai ngejar-ngejar artis Korea. Selain itu juga bonus tempat-tempat menarik di Korea Selatan yang jarang di bahas oleh penulis lain. Minjem statementnya Uda Soni pas saya wawancara di Radio, dia bilang,"Kalau yang lain menulis tentang Korea belum tentu pernah kesana, nah saya nulis karena sudah pernah disana." Cieee.. tapi bener juga sih, ada yang bilang Seeing Is Believing. Kalau sudah ngeliat sendiri baru percaya. Tapi untuk case yang ini, baca dulu lah.. kalo gak percaya boleh komplen sama Uda Soni saja . Tenang, dia gak galak kok kek Ahjussi-Ahjussi. Malah asik banget kalo ditanya hal-hal seputar Korea. Berhubung dia masih sering banget bolak balik JKT-Seoul, saya malah sempat ngerepotin beli CD album ke 6 Super Junior hahaha. Gamsahamnida yaaa Udaaaa.. (gak mau panggil Oppa, dia kan orang Padang.. wweeekkkkk :p )  

5. Draft 1 : Taktik Menulis Fiksi Pertamamu ( Winna Effendi)

    Kategori : Panduan Menulis


Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kita sering dihadapkan pada satu bagian yang mau tidak mau harus dilakukan : MENGARANG. Masih ingat gak apa saja yang pernah kamu karang menjadi tulisan? Sebenarnya urusan tulis menulis sudah dipelajari sejak kita masih SD. Bahkan ada beberapa yang sudah iseng nulis diary sejak TK. Walaupun begitu tetap saja masih ada yang gak pede bisa menulis. Sekarang pertanyaannya : Menulis itu bakat atau bisa dipelajari? Menurut saya bisa jadi dua-duanya. You'll never know something till you try it, won't you? Makanya karena saya merasa tidak jago-jago banget menulis dan pengen banget menulis fiksi berskala novel saya membeli buku ini. Memang sih diawal-awal halaman mengingatkan saya pada apa yang sudah dipelajari dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Walaupun begitu buku setebal 345 halaman ini tetap sulit untuk dilewatkan bagi yang serius ingin menulis. Ada banyak  tips dan how-to menulis fiksi yang enak dibaca,self-editing hingga hal-hal penting yang harus diketahui jika sebuah karya di tolak atau dipublikasikan. Semua ditulis dengan gaya bahasa yang ringan tanpa meninggalkan kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Diselipkan pula contoh-contoh fiksi pendukung dan quote-quote dari penulis ternama yang bisa memotivasi para penulis pemula. Banyak buku panduan menulis lainnya yang pernah saya lihat dan saya baca. Tapi bagi yang pengen tahu banyak tentang dunia menulis dengan cara yang santai, yang satu ini lebih menarik dan kena sasaran. It's fun to read it but it's more fun to writing  after reading it.

Nah, itu dia lima buku favorit saya dari lima kategori yang berbeda di tahun 2012. Semoga bisa jadi referensi  jika ternyata buku-buku yang diatas belum dibaca. Siapa tahu bisa jadi bahan bacaan di tahun 2013. After all, buku gak pernah basi kan... 

Nah, kalau kamu apa buku favoritmu di tahun 2012?  

(Pic:koleksi pribadi)

4 comments:

  1. Yay! Bukuku ada disinih! Alhamdulillah ada yg menganggapnya bersinar haha... Tq vita... Btw aku jg suka So I Married the Anti Fan! Kocak! Yg lainnya dicatat, sbg referensiii,,, tq lg! Muuuacch!

    ReplyDelete
  2. hihihi apa saya edit aja lagi yah kata bersinarnya..

    anyway,senang baca buku mu,No. Btw,belum nemu juga lo kumcer mu itu..

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen baca buku nomer 2 dan 3 :)
    Dan pengen bikin postingan kek begini juga...hehehe.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.