Super Junior Kick Off Super Show 5 In Seoul

Setelah merilis album dan promo di media, hal lain yang dilakukan penyanyi/group untuk mempromosikan albumnya adalah menggelar tour. Entah itu tour dalam negeri dan jika sudah punya nama besar tentu saja tour dunia. Hal ini juga berlaku pada Super Junior, boyband asal Korea yang sudah delapan tahun malang melintang di dunia Kpop dengan jumlah fans yang super dashyat di berbagai negara di seluruh dunia. Tahun ini mereka kembali menggelar rangkaian tour dunia mereka yang ke lima dengan menggelar pertunjukan perdana Super Show 5 di Seoul pada tanggal 23-24 Maret 2013 lalu.

Ketika menggelar jumpa press sebelum pagelaran konser hari kedua di tanggal 24 Maret, para member Super Junior menjanjikan Super Show 5 ini adalah konser dengan skala terbesar untuk konser tour dunia artis Korea. Targetnya pun gak main-main, Sejuta penonton dengan 100 pertunjukan.


Menurut Shindong berbeda dengan Super Show sebelumnya, untuk Super Show 5 para member banyak memberi masukan mengenai pemilihan lagu, kostum dan konsep panggung. Eunhyuk menambahkan, dalam pemilihan lagu mereka memilih lagu-lagu yang belum pernah ditampilkan di Super Show sebelum-sebelumnya. Hal ini mereka lakukan untuk  para ELF (fans SuJu) yang datang ke Super Show setiap tahunnya dan mereka pun berlatih koreografinya dengan giat agar tidak terjadi kesalahan. Berikut adalah list lagu-lagu yang mereka bawakan di Super Show 5 Seoul  pada 23 dan 24 Maret 2013 lalu.
  1. Mr. Simple
  2. Bonamana
  3. Supergirl
  4. It's You
  5. Sexy Free and Single
  6. Boom Boom 
  7. Club #1
  8. Cold ( Eunhyuk, Donghae, Siwon, Henry)
  9. About 30 ( Kangin Solo)
  10. How Am I Supposed To Live Without You ( Kyu, Ryeowook, Sungmin, Zoumi)
  11. Grey Paper ( Yesung)
  12. Dance stage Harlem Shake ( Shindong, Donghae, Eunhyuk)
  13. Special Stage Ryeowook, Siwon, Sungmin, Kangin 
  14. Breakdown ( Super Junior M)
  15. Go ( Super Junior M)
  16. Ah-Oh ( Super Junior M)
  17. Shake It Up
  18. Rockstar
  19. Joong ( K.R.Y)
  20. Daydream 
  21. Bittersweet,Someday, Memory ( Ballad Medley)
  22. Superhero performance ( Cosplay)
  23. Sunny ( SJ-Happy)
  24. Wonder Boy
  25. Marry You 
  26. Sorry Sorry 
  27. Show Me Your Love
  28. Sapphire Blue
  29. So,I 

Super Show 5 digelar lebih kurang dua setengah jam pertunjukan. Sebagai perantara lagu,seperti di Super Show sebelumnya mereka juga menampilkan VCR story pendek. Tahun ini temanya adalah "Agent". Super Junior dikisahkan sebagai agent-agent ala James Bond seperti dalam konsep video musik mereka yang terakhir SPY. Sayangnya, lagu single kedua dari album SFS ini malah tidak ditampilkan di Super Show 5. Aneh! Entahlah, secara pribadi saya merasa masih banyak lagu Super Junior yang lebih bagus tapi tidak masuk ke dalam song list. 


Beberapa hal yang menurut saya sebagai "cacat" Super Show 5 adalah panggung yang kurang megah dibandingkan dengan Super Show 4. Super Show 5 tampaknya kembali ke basic mereka saat menggelar Super Show pertama. Pada press con, Eunhyuk memang mengatakan bahwa Super Show 5 ini sedikit banyak akan sama dengan Super Show 1, entah dengan alasan apa. Mungkin SM sudah mulai menelantarkan Super Junior karena dianggap sudah mulai tua dan fansnya sudah sangat loyal hingga dikasih apapun pasti menerima? 

Entahlah.. 

Walaupun Kyu sempat lupa lirik pertama di lagu Bittersweet, Yesung yang terpleset hingga sempat terluka di pertunjukan hari pertama dan usaha mereka untuk tetap interaktif dengan para ELF walaupun tanpa leader sekaligus MC Super Show, Leeteuk. Apapun, Super Junior member sudah memberikan yang mereka bisa di dua hari pertunjukan itu. Super Show 5 di Seoul ini pun menjadi ajang pamitan Yesung yang dikabarkan akan menjalani Wajib Militernya dalam waktu dekat. 

Hal ini membuat Yesung sempat menangis di panggung dan ELF pun mau tak mau ikut menangis pula. Saat Yesung pamitan, para ELF sempat menyanyikan lagu "It Has To Be You" bagi Yesung yang dikomandai oleh Kyu. Begitulah konsekwensi yang harus ditanggung para pemuda-pemuda Korea Selatan, termasuk juga member Super Junior tanpa terkecuali. Disaat Kangin telah menyelesaikan wajib militernya dan kembali hadir di Super Show, kini Yesung pun harus pamitan. Semakin kosonglah panggung Super Show terlebih Leeteuk yang selalu meramaikan suasana Super Show pun saat ini sedang menjalani wajib militernya. 

Kekosongan yang ditinggalkan Leeteuk mau tidak mau sangat terasa. Donghae pun di hari pertama juga mengakui bahwa biasanya untuk urusan perbincangan di atas panggung, Leeteuk lah yang biasanya membungkus percakapannya tapi kali ini dia berusaha sendiri agar terdengar bagus. Kekurangan member di atas panggung ini pun ditutupi dengan kehadiran Zoumi dan Henry yang biasanya hanya muncul di lagu-lagu SJ-M. Akibatnya banyak lagu-lagu SJ-M yang masuk ke dalam song list.  Mudah-mudahan saat Super Show 5 digelar di Jakarta, kemeriahan dan kemegahannya bisa melebihi Super Show 4. Daftar lagu-lagu pun semoga bisa diubah sesuai dengan selera ELF Indonesia. Toh, yang datang gak melulu ELF lama, pasti ada juga yang ELF baru dampak Super Show 4 seperti saya.. Hahahaha

Semoga Super Show 5 di Seoul ini bisa mereka jadikan refleksi untuk Super Show 5 berikutnya di negara lain. Setelah Seoul, Super Show 5 akan di gelar di Argentina, Peru, Chile, Brazil Amerika Selatan pada tanggal 21-27 April 2013. Beberapa negara lain juga sudah masuk dalam daftar, termasuk China, Jepang, beberapa negara di Eropa dan tentu saja negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.


Kita nantikan saja ya ELF! (baca juga ini )


Pic: SMent FB 



2 comments:

  1. kalaupun daftar lagu bakalan diganti tapi marry u, it's you, & wonder boy jangan sampai dihilangkan dari list >.< Gyaaaaaa kangen banget mereka nyanyiin lagu-lagu itu ^^
    Terutama marry you >.< terakhir dinyanyikan pas ss2!!! Gyaaaa gak sabar nonton live mereka nyanyi lagu itu >.<
    Eh sapphie blue juga... Gyaaa ELF lama pasti senang dengan list lagu saat ini :p eh tapi man in love yg gak pernah absen dinyanyiin dari ss1 malah gak ada ._.

    ReplyDelete
  2. List lagu di SS5INA hampir sama dgn list SS5Seoul. Ada beberapa lagu yang gak ada sih... TT TT ntar sy ceritain di postingan berikutnya yah..

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.