Ultrabook Terbaru, Samsung New Series


Ultrabook? Apa lagi itu?
Revolusi komputer memang gak pernah berhenti. Di tahun 80-an Om Tante kita berkutat dengan komputer segede gaban, lalu di tahun 90-an kakak-kakak kita mulai bermain personal computer yang masih kotak-kotak, di tahun 2000-an kita berkenalan dengan laptop, notebook dan sekarang ada lagi nih yang namanya ultrabook. 
Sebenarnya secara penampakan Ultrabook ini tidak jauh beda dengan laptop yang sudah lama kita gunakan. Bedanya adalah, Ultrabook ini ukurannya lebih tipis dan ringan yang menyatukan keunggulan laptop dan tablet. Perangkat ini pun didukung oleh technology terbaru yang menggabungkan respon kinerja, keamanan, ringan dengan bentuk yang elegan di kelasnya.
Kerennya lagi, jika selama ini kita terbiasa menyalakan laptop dengan menekan tombol power, dengan ultrabook sudah tidak perlu lagi. Tinggal buka ultrabook untuk menyalakan dan menutup untuk mematikan, voila! Ultrabook siap dipakai atau dibawa kemana-mana.
Ada berbagai macam merk yang mulai melirik pasar ultrabook. Salah satunya yang paling keren menurut saya adalah Samsung. Produsen elektronik asal Korea ini baru saja meluncurkan Samsung New Series 5 Ultra dan Samsung Series 7 Ultra. Kenapa saya bisa bilang keren? Bukan hanya dari penampakannya saja, tapi specifikasi perangkat ini pun gak main-main. Nah, ini dia ultrabook terbaru dari Samsung.....
Pics from here 

Samsung Series 5 ULTRA yang memiliki desain tipis. Gak main-main, hanya sekitar 14,9 ~ 17,6mm. Beratnyapun sangat  ringan hanya 1,49Kg (dengan SSD) dan  1,52Kg (dengan HDD). Walaupun ringan, jangan anggap enteng performanya. Samsung Series dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-3317U 1.7GHz dan 4 GB RAM yang memberikan ruang yang cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi. Untuk pengguna yang senang mengedit gambar atau video, Samsung New Series 5 Ultra ini bisa diandalkan kecepatannya. Suara yang dihasilkan oleh speakernya pun cukup kencang. Didukung dengan layarnya berukuran 13,3 Inchi dengan resolusi 1366x768 membuat mata pengguna lebih nyaman melihat tampilan di layar. Selain itu layarnya ini menggunakan technology touchscreen. Tapping untuk meluncurkan sebuah aplikasi? Tidak masalah. Menggeser dari kiri untuk mengubah aplikasi, atau menggeser dari kanan untuk mengekspos Charms Bar? Gampang. Didukung oleh operating system Windows 8, berpindah dari satu tampilan ke tampilan lain semudah kita membalik halaman buku.
Selain Windows 8 (64-bit), Ultrabook ini juga telah dilengkapi dengan  sejumlah program yang dapat dilihat di layar awal dan pada desktop. Ada Microsoft Office Starter 2010 dengan  versi terbatas Word dan Excel dan beberapa iklan, dengan pilihan upgrade ke fitur penuh, Office Suite bebas iklan. Trial version 60 hari dari Norton Internet Security juga dilengkapi dengan jumlah terbatas penyimpanan online gratis dengan Norton Online Backup. Tetapi jangan khawatir karena sebagian besar kebutuhan keamanan akan cukup dipenuhi oleh termasuk Windows Essentials 2012. Pada layar awal pengguna akan menemukan banyak aplikasi terinstal, termasuk Evernote, Netflix, Amazon Kindle Reader, dan koleksi resep dari celeb-koki Jamie Oliver. Selain itu Samsung juga mencakup sejumlah aplikasi proprietary dan bermerek, seperti S Player untuk media, S Kamera untuk mengambil dan mengedit gambar, dan Galeri S untuk melihat foto dan masih banyak aplikasi lain yang tersedia melalui Samsung Signature’s Store. Samsung Seri 5 UltraTouch juga dilengkapi dengan garansi satu tahun untuk suku cadang dan tenaga kerja.
Untuk mendukung aplikasi-aplikasi tersebut, sebuah perangkat harusnya  melayani kita, bukan sebaliknya,kan?  Nah, Samsung Seri 5 Ultrabook ™, memiliki semua konektivitas dan port yang pengguna butuhkan untuk menyelesaikan sesuatu. Dari USB super cepat , card reader dan  semua port penting lainnya. Samsung Seri 5 Ultrabook ini  memiliki pilihan penuh port dan koneksi, termasuk satu port USB 3.0, dua port USB 2.0 (satu dengan Sleep-n-Charge), bersama dengan port Ethernet, slot SD card (SD / SDHC / SDXC), HDMI output, dan VGA mini. Bagi mereka yang membutuhkan  VGA output berukuran penuh , ada ukuran adaptor mini-to-full size yang tersedia secara terpisah. Ultrabook ini pun menyematkan 3-in-1 slot kartu memori dan headphone / mic soket.
Merasa ribet dengan perkabelan? Tenang saja. Samsung Seri 5 Ultrabook juga menawarkan Wi-Di streaming nirkabel ke TV melalui adaptor. Jika belum terlalu familiar dengan Wi-Di, sedikit informasi Intel ® Wireless Display (WiDi) bisa membawa semua foto, video, konten online, dan masih banyak lagi dari ultrabook langsung ke layar lebar. Cukup hubungkan adaptor * untuk TV Anda, ikuti beberapa langkah sederhana untuk melakukan sinkronisasi dengan Samsung Series 5 Ultrabook ™, tinggal duduk manis dan voila! Mari menikmati kehidupan digital dengan kualitas gambar dan suara dari TV. Untuk konektivitas nirkabel lainnya, ada juga Wi-Fi 802.11n dan Bluetooth 4.0. Canggih banget,kan?
Untuk penyimpanan, Samsung Seri 5 Ultrabook menggunakan kombinasi 500GB hard drive 5.400 rpm dengan memori flash 24GB Cache, yang menyediakan memori flash yang dibutuhkan. Hal ini penting  untuk memberikan  waktu boot yang cepat, serta membantu untuk memberikan kinerja yang optimal tanpa mengorbankan ruang penyimpanan yang lebih besar. Ultrabook ini mempunyai keunggulan Fast Boot yaitu perangkat ini booting dalam waktu 20 detik. Sementara Fast Start dapat menyalakan perangkat  dari kondisi sleep dalam 2 detik. Ditambah Browsing Cepat membuat halaman web yang sering dilihat dijalankan 2 kali  lebih cepat.
Dengan spesifikasi seperti itu,apakah ultrabook ini tahan dipakai berjam-jam? Ketahanan batterei Samsung New Series 5 Ultra ini cukup mumpuni di kelas display 13-14 Inchi. Dalam sebuah test memainkan video, battery ultrabook ini dapat bertahan selama 5 jam 35 menit. Not bad, huh?
  

Pics from here
Nah ini dia nih yang katanya bisa bikin MacBook Air ngiri. Casing Samsung Series 7 Ultra sebagian besar terbuat dari aluminium. Warna ultrabook diberi nama "Metal" sesuai dengan warna casingnya. Selain terlihat halus dan  menarik,jika disentuh memberikan efek dingin dan kuat. Sangat elegant. Kontur keyboard berwarna senada matte abu-abu sehingga  tidak mudah buram atau kotor. Keyboard chiclet backlit pun memiliki empat tingkat kecerahan. Sementara touchpad berukuran standar namun mudah dan menyenangkan untuk digunakan. Touchpad ini mengenali  semua gerakan multitouch Windows 8 , seperti zoom dengan dua jari, bergulir secara horizontal dan vertikal dan flipping antara aplikasi yang terbuka. Tombol mouse pun terintegrasi. Tombol mouse sebelah kanan adalah di sudut kanan bawah dan aktivasi dapat diatur untuk tap-hanya bila dianggap perlu oleh pengguna.
Samsung menggunakan layar IPS untuk display Samsung Series 7 Ultra ini. Sejalan dengan trend saat ini, layar pun dibuat full HD dengan ukuruan 13,3 inchi ngan resolusi 1920x1080 piksel dengan rasio aspek 16:9. Dengan kecerahan diklaim 300nit pengguna selalu dapat melihat apa yang ada di layar, bahkan di bawah  sinar matahari cerah. Menurut Mobiletechreview.com display Samsung Series 7 Ultra ini memilik perbanding contrast dan warna hitam yang lebih baik dibandingkan dengan ultrabook merek lain. Dan seperti juga dengan saudaranya, Samsung Series 7 Ultra ini dijalankan dengan menggunakan operating system Windows 8. Tentu saja sejalan dengan OS ini maka display dari ultrabook terbaru keluaran Samsung ini pun didesign tidak saja nyaman di mata tapi juga bisa megikuti sentuhan jari.
Samsung Series 7 Ultra hadir dalam dua tipe processor pilihan  Untuk model  730U3E-S04DE disematkan  Intel's Core i5-3337U dual-core processor dengan default clock 1.8 GHz model ULV hemat energy. Sedangkan tipe 730U3E-S05DE dan  740U3E-S02DE menggunakan Core i7-3537U dual-core. Selain 3 MB L3 cache dan GMA 4000 unit grafis HD terintegrasi, Samsung Series 7 Ultra ini juga menyematkan transistor 3D dari arsitektur Ivy Bridge yang menjadi fitur penting dari komponen ini. Kartu grafis terintegrasi didukung oleh AMD Radeon HD 8570M GPU DirectX 11 midrange. Dengan chip grafis ini Samsung mengklaim waktu boot yang diperlukan hanya 15 detik dan kurang dari 10 detik untuk shutdown. Prosesor Intel Core i5-3337U membuat Seri 7 Ultrabook lebih  cepat dan mampu menjalankan berbagai macam aplikasi. Rata-rata, butuh waktu sekitar 10% lebih sedikit untuk menjalankan tugas prosesor Intel Core i5-3317U. Meski begitu, Core i7, quad core akan lebih cepat dengan program dioptimalkan untuk mendistribusikan beban kerja. Sayangnya Berbeda dengan Seri 5, yang memiliki AMD kartu video khusus, model Seri 7 Ultra yang Intel chipset grafis sedikit lower-end. Untuk memutar film HD tidak ada masalah, namun memainkan video game adalah cerita lain.
Menurut notebookcheck.net, satu-satunya hal yang bisa dilakukan oleh pengguna  adalah permainan yang lebih tua atau yang baru yang membutuhkan daya GPU yang sangat sedikit. Beberapa games yang bisa dijalankan dengan baik menggunaka AMD Radeon HD8570M ini adalah FIFA 13, World of Warcraft atau TrackMania. Namun, sesuai dengan kegunaannya, ultrabook memang tidak diperuntukkan  bagi pengguna yang kadang-kadang ingin bermain game dalam resolusi yang menyenangkan mata. Ultrabook ini  lebih ditujukan kepada penggunaan dari pengguna yang bergaya namun tetap fokus pada aplikasi multimedia.

Oleh sebab itu maka ketahanan battery sangat diperhatikan. Samsung Series 7 Ultra ini mampu bertahan hingga 9 jam dan 40 menit untuk membaca dokumen teks dalam kecerahan minimum dan dengan fitur penghematan diaktifkan  serta teknologi nirkabel dinonaktifkan. Jika menggunakan kecerahan standard an dipergunakan untuk browsing maka battery dapat bertahan hingga 6 jam dan 20 menit.

Dengan body yang  nyaris 1,85-cm-tebal dan  beratnya 1,6 kg serta layar 13,3 inci, Seri 7 Ultra cocok dengan mudah ke dalam tas atau ransel. Samsung Series 7 Ultra memiliki Intel Centrino 6235N dual band WiFi dengan Widi tampilan nirkabel dan Bluetooth 4.0. Ini adalah kartu nirkabel yang sangat baik dengan  penerimaan yang sangat baik untuk jarak  dekat, menengah dan jauh dari router nirkabel. Didukung oleh Ethernet port, Port USB 3.0, full sized port HDMI, audio jack combo, port mini-VGA (adaptor untuk full-sized VGA dijual terpisah) serta Dua port USB 2.0 dan slot kunci Kensington berada di sisi kanan membuat ultrabook ini layak direkomendasikan. Speaker JBL stereo (2 watt masing-masing) pun membuat suara terdengar terasa lebih keras dan lebih lengkap.

Kesimpulannya, inilah baik Samsung New Series 5 Ultra dan Samsung Series 7 Ultra keduanya sangat direkomendasikan. Keduanya mempunyai kualitas yang baik dari segi komponen, performa, casing aluminium yang menarik dan tahan sidik jari serta layar sentuh 1080p yang luar biasa. Ultrabook terbaru Samsung ini layak dimiliki, tentu saja sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi gak repot-repot lagi kan nenteng-nenteng yang berat-berat? 

1 comment:

  1. Aaku bru punya yg tab s, yg ni kyknya lebih canggihan y

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.