"Super Show 5 In Jakarta", Super Junior World Tour For ELF Anniversary = Part 3



So I pray for you, oh, so I
So I promise you, oh, so I

Yaksokhaeyo modeungeoshi ( I promise you everything)


-- So I, Super Junior--

Setelah sesi MENT pertama, bagian kedua dilanjutkan dengan penayangan VCR yang berkisah tentang member SJ sebagai agent spy. Jangan tanya gimana kencengnya suara ELF screaming ketika Donghae yang ceritanya keluar dari kamar mandi muncul dalam keadaan shirtless. VCR part dua ini ditutup dengan adegan Kangin menemukan pistol di dalam kotak surat. Layar kemudian diangkat. Lalu terdengar intro lagu It's You yang disambut ELF dengan fanchat "Neurago.." seiring munculnya dua kotak berisi dua member SJ dari bagian atas panggung. It's Donghae dan Kyu.  Sekali lagi mata ELF dimanjakan dengan tata panggung dan lighting menggunakan teknologi video mapping. Satu persatu member SJ muncul dari "pintu ajaib", bernyanyi bagian mereka masing-masing lalu kemudian silam lagi. Begitu mereka muncul bersama untuk menyanyikan reffrain, Kyu dan Donghae yang tadinya ada di atas tiba-tiba muncul dari balik pintu ajaib bersebelahan dengan member yang lain di bagian bawah.. Amazing! *Kyu capek gak ya naik turun gitu?*

 Super Junior - It's You
Panggung kembali gelap ketika lagu It's You usai. Sekarang giliran VCR ditayangkan kembali. Sementara ELF menyaksikan VCR yang digarap ala-ala film spy itu para member SJ ternyata ganti kostum dulu. Begitu VCR selesai dan stage disinari permainan laser yang menakjubkan, member SJ muncul dari balik panggung seiring intro "Sexy, Free dan Single" terdengar. Oh yeah, kali ini giliran single dari album terakhir mereka. Sayangnya lagi-lagi mereka mainnya di stage depan which is sekali lagi saya ketutupan dari VIP. Terpaksa nonton dari layar lagi deh.. Huhuhu.. Beberapa orang merengsek maju ke depan. Saya dan ELF disampingpun mulai lirik-lirikan susun rencana. "Ke depan aja yuk!"katanya. "Emang bisa?"saya balik nanya. "Itu yang dibelakang aja sudah ke depan." Nekat tapi pasti kami berdua menuju depan. Sayangnya mbak-mbak yang jaga di bagian Gold Centra ternyata tidak begitu larut dalaam suasana. Masih bisa ngeliat kami menyelinap soalnya.. hehehe.. Oh yeah well, mari kembali ke tempat dulu sambil fanchant-an.

Lagu Sexy, Free and Single kemudian disambung dengan Boom Boom dan Club no. 1. Untuk lagu yang satu ini saya yakin gak bakal tayang di tipi secara mereka ngedance bareng penari latar cewek mereka dan gayanya hot pisan..Saya sempat melirik ke pasangan orang tua yang nonton nemenin dua anaknya di depan saya. Sementara anaknya bengong aja gituh, mereka juga cuma bisa pandang-pandangan aja. Mungkin mikir,"Apa kita pulang aja,Pah atau gimana?" Anyway, sementara ELF yang lain makin seru aja jejeritannya. Saya pikir mereka jejeritan karena senang, eh begitu lagu selesai dan lampu pun padam dari kiri kanan atas depan rata-rata komentarnya sama,"Gak relaaa... Gak mau... Gak sudi... Ih males banget masa peluk2 Donghae.. " Hahahaha ternyata tadi jeritan gak rela..

Ketika VCR kembali ditayangkan, saya dan ELF disamping (sorry, gw lupa namanya!) memilih duduk menikmati. Selain sudah haus aja teriak-teriak dan nyanyi2 fanchat, VCR di Super Show itu memang dibuat layaknya film. Jadi mending duduk manis ala nonton film dong. Saya lupa urutan pemutaran VCRnya, tapi ada satu bagian yang lucu dan kocak habis. Jadi ceritanya Kangin ke playground mo tukeran koper entah berisi apa dengan another agents played by Shindong and Kyu. Di taman itu juga sudah tersebar beberapa agent lain seperti Ryeowook yang baca koran terbalik, Eunhyuk yang maen basket, Sungmin yang sok cool ngemil permen karet. Ketika akhirnya Kangin dan Shindong melakukan pertukaran koper, mereka sama-sama sadar kalo koper-koper itu isinya kosong. Akhirnya mereka saling mengacungkan pistol.. dari jari mereka masing-masing. Tiba-tiba semua yang ada di taman itu saling mencurigai dan mulai mengacungkan jari mereka ke orang-orang terdekat. Tapi bukan Super Junior namanya kalau gak lucu. Seorang kakek dengan tongkatnya berjalan ke tengah-tengah mereka dan secara sporadis menembak memakai tongkatnya. Adegan tembak-tembakan pun tak dapat dihindari. Kyu mulai bergaya ala matrix lalu (pura-puranya) melemparkan bom ke arah lawan. Sementara Ryeowook dengan tampang serius mengambil sesuatu dari koper yang ternyata adalah.. kaca pembesar yang membantunya membidik target. Halah! Shindong menembak sang penjual hamburger yang ternyata agent lawan dan kemudian sempat-sempatin makan burger sebelum akhirnya tertembak (dan tetap sempat ngambil satu burger lagi sebelum jatuh). Dasar Shindong! Kakek misterius semakin membabi buta dengan menembak ke segala arah dan menewaskan seluruh agent termasuk Super Junior. Sedih? Gak dong.. Kan habis itu semua agent SJ dan agent-agent lawan bangkit dan kembali bersikap seolah tak pernah terjadi apa-apa. Halah! 

Back to the performance, layar kembali dipenuhi cahaya lampu warna warni ketika Siwon, Henry, Donghae and Eunhyuk muncul. Mereka berempat membawakan single "So Cold" yang katanya sih jadi salah satu single andalan dari album solo pertama Henry. Setelah lagu-lagu upbeat digeber, Super Show 5 agak menurunkan tempo ( biar ELFnya gak capek juga kali yah..). Kali ini giliran Ryeowook, Kyuhnyun, Zhoumi dan Sungmin membawakan lagu lawas era 90-an "How Am I Supposed To Live Without You". Ini dia yang saya tunggu. Walaupun saya punya sedikit "bad memory" dengan lagu ini, tapi berhubung Kyu yang nyanyi harus harus harus tegarkan hati *loh maksudnya?* 

How Am I Supposed To Live Without You
Mereka berempat berdiri di stage utama dan layar lebar di belakang mereka menampilkan close up wajah mereka masing-masing. Walaupun ini lagu lama namun banyak juga ELF yang ikut bernyanyi sambil mengayunkan lightstick kiri-kanan. Di bagian refrain banyak ELF yang memplesetkan liriknya  menjadi "How am i supposed to live without KYU" eh seet dah.. ada projectnya juga kalo gak salah liat. Saya sih diam aja menikmati. Pengen menyimak pengucapan bahasa Inggris mereka dan harmonisasi vokal. Walaupun gak sebagus Michael Bolton, so far, bolehlahh... *daripada di bacok Sparkyu* 

Panggung kembali gelap dan begitu menyala muncullah Shindong dengan tampang "menyeramkan". Shindong didandanin ala Zombie dengan mata melotot dan aduh.. saya aja sampai gak tega liatnya. Untungnya dia ngedancenya cakep, jadi ketutupan. Sementara itu saya sudah merengsek ke bagian depan di belakang VIP. Yess!! Dengan kondisi semua orang berdiri dan pegang kamera, mungkin gak ada yang merasa ada seorang penyusup dari bagian Gold, yes? Hehehe.. Lanjut nontonnya!! Setelah bagian Shindong ngedance, muncullah Eunhyuk dengan style.. mmh what can i say? I just care about the dance anyway. Tapi pas bagian Donghae yang muncul.. Subhanallah.. ya Allah.. Tolong pegangin saya, security! Kalo gak saya lompat nih ke stage. Gak dancenya, gak tampangnya semuanya cakep. Bohong aja kalo ada yang nonton waktu itu gak kena ke-charmingannya. Dari yang bengong akhirnya para ELF serempak meneriakkan "Lee Donghae.. Lee Donghae" sampai akhirnya performance Donghae selesai dan si unyu ini sumpah senyum bahagia banget melihat reaksi para ELF. "Gak sia sia gue latihan pagi siang malam kalo gini,"gitu kali yah dalam pikirannya. Sayang beribu sayang, saking terpesonanya saya sampai melewatkan memotretnya. *dies 3500 times*

Harlem Shake Dance sudah digelar. Lampu lagi-lagi padam dan begitu nyala tiba-tiba aja Son Dambi dengan betis ala tukang becak dan berbulu muncul dari bawah panggung. SIWON!!! Huahahaa..sumpeh kalo gak liat betisnya saya masih bisa ketipu kalo dia cewek. Yes, akhirnya bisa liat betisnya Siwon. Hahaha *ketawa evil* Setelah itu muncul Ryeowook yang dandan ala Bada. Dengan senyum malu-malunya dia ngedance dengan lagu girlband lawas S.E.S sebelum akhirnya lampu mati lagi dan ketika menyala kembali munculah.. KANGIN sebagai Gain. Kalo tadi Siwon sempat pamer betis, Kangin gak mau kalah pamer PAHA. Diangkat tinggi-tinggi pula..Ya ampun, saya sampai tutup mata. Jangan sampai ngeliat yang belum bisa diliat.. haduhh! Untungnya setelah itu muncul Sungmin sebagai Hyuna yang sumpeh cantik banget. Saya sampai minder. Tapi setelah liat bagian perutnya rasa minder itu langsung hilang. Perutnya berlemak juga, sodari sodari.. kekekekeke.. 

Mereka berempat menarikan dancenya SISTAR di lagu Alone. Siwon dan Kangin sempat kepleset dikit mungkin karena gak biasa pake high heels, sementara Ryeowook nyaman-nyaman aja ngedance bareng Sungmin yang ternyata curang pake flats. Ya dehh gak apa-apa, dia lagi gak enak badan yah katanya waktu itu. Jadi yah harap maklum. 

VCR kembali ditayangkan. Ryeowook pulang ke apartementnya dan menyetel satu persatu pistol di dalam kopernya. Agak takjub juga gituh.. Ryeowook. Satu-satunya yang saya pernah pikirkan tentang Wookie di apartementnya adalah dia sedang ngelap-ngelap panci dan piring habis dia pake masak. Lalu ada adegan Henry dan Zoumi juga. Yah, itu sebagai penanda aja kalau habis ini adalah giliran Super Junior-M.

Breakdown - Super Junior M
Bener aja. Ketika VCR selesai kali ini Super Junior-M tampil dengan 3 lagu mereka " Break Down, A-Oh dan Go". Berhubung saya "not into" Super Junior-M so much, saya memutuskan untuk duduk saja sambil menyimak penampilan mereka. Pegel juga bo' dari tadi berdiri. Ini sama aja GOLD-VIP rasa Standing. Barulah ketiga Shake It Up dimainkan saya kembali berdiri dan ikutan fanchan lagi. Kali ini saya puas liat Kyu yang selalu ada di bagian depan. Duh, berasa CLBK deh ama dia " Cinta Lama Buat KYU". Eh jadi ingat, ada titipan salam dari teman kantor. Sebagai teman yang baik saya teriak aja ,"Salamnyaaa................ (nama teman gue)," kenceng-kenceng as if he heard it. Bodo ah, yang penting titipan salam sudah disampaikan. Giliran Siwon lewat, saya teriak lagi "Salamkuuuuuu..........." hahaha, nitipin salam buat diri sendiri dong! 

Di bagian ini memang giliran Super Junior ngeluarin senjata "fan service". Masing-masing member berlarian ke sisi kanan dan kiri panggung. Kyu, Siwon, Eunhyuk dan Shindong yang paling sering lewat di bagianku. Yang lain hanya satu dua kali saja. Tapi reaksinya sama aja. Kyu lewat, Kyu yang cakep. Siwon lewat, Siwon cakep. Donghae lewat? Ya Allah cakep banget aslinyaaa.. sumpeehhh...  Henry lewat, oh well... *cari Donghae ada dimana*..

Energy Super Junior dan ELF sepertinya gak habis-habis. Puas berlarian kesana kemari di Shake It Up, ELF diajak dugem bareng di lagu Rockstar. Gimana gak berasa dugem, mulai dari permainan laser hingga tata cahaya plus member SJ yang mengajak dance gila-gilaan, MEIS rasanya mo runtuh aja. Semuanya lelumpatan dan ikut ngedance juga. Panas... Makin panas begitu Eunhyuk buka baju (scream!!), disusul Donghae ( Super Scream!!). Lalu setelah penonton berpikir lagu selesai ternyata masih disambung lagi dan lagi dan lagi.. begitu terus sampai akhirnya kirain bener-bener selesai karena satu persatu member SJ masuk ke belakang panggung. Eunhyuk malah kembali memanggil "Siwon...." dan lagu Rockstar kembali mengalun plus Siwon yang lari dari belakang panggung menuju tengah panggung bertelanjang dada.. Sixpack!!! Pamerr dah pamer!! *lap keringat* *keringat dingin* 

Penonton baru percaya sesi Rockstar beneran habis ketika lampu panggung dimatikan dan dilayar muncul VCR. Kali ini VCRnya sangat menyentuh dan bikin terharu. Ceritanya Donghae sedang nungguin "pacar"nya yang lagi koma di rumah sakit. Secara perlahan wajah Donghae berubah menjadi Kyu lalu kamera kembali fokus pada cewek yang terbaring di tempat tidur. Kyu teringat kejadian di lift ketika dia hampir tertembak dan perempuan ini yang menghalanginya hingga dia sendiri yang terluka. Dilayar tertulis "Jika bisa mengulang kembali waktu.." dan kalender di meja pun perlahan berubah menjadi April 2012. Flashback nih ceritanya. Bergantian wajah Kyu dan Donghae bersama perempuan itu ( ih gak tau nih, selingkuh apa sih ceweknya) lalu Donghae dan Kyu sama-sama bergegas berlari menuju tempat dimana cewek itu berada. Saat Kyu sampai di lift dan kejadian yang sama terulang lagi, dia menepis perempuan itu hingga akhirnya dirinya lah yang tertembak..  Huwooooo... tissue mana tissue?

Daydream 
Intro Daydream pun mengalun dan layar putih menampilkan visualisasi mesin jam, pintu dan jendela. Cowok cowok yang tadinya keringatan segala rupa di Rockstar sudah duduk manis  di tengah panggung memakai suite putih. Sewaktu mereka menyanyikan Daydream, kelihatan dan kedengaran banget betapa tanpa hadirnya Yesung harmonisasi mereka agak sedikit timpang. Thanks to ELF yang bernyanyi sebagai backing vocal dengan sepenuh hati membuat suasana jadi lebih baik. Gak heran di saat MENT kedua setelah lagu Daydream, Eunhyuk sempat mengagumi kebisaan para ELF menyanyikan lirik lagu ballad korea mereka. Daebak Elphuuu.. 

Ment 2
Di sesi MENT kedua pun Eunhyuk sempat mempromosikan single terbaru Kyuhyun, Love Dust. Si magnae evil yang sempat manggut manggut bangga mendengar singlenya dipromosikan Eunhyuk  akhirnya memperdengarkan satu bait refrain dari lagu Love Dust. Diakhir nyanyiannya ternyata Donghae sempat tertawa entah mengapa. Makanya Kyu yang memperhatikan hal itu bertanya,"Bagaimana Donghae?" Si Fish pun sambil menahan tawanya menjawab,"Bagus.. Saya jadi pengen tahu kamu belajar menyanyi dimana?". Eunhyuk langsung nyambar menjawab,"Di SM." yang lalu diiyakan Kyuhyun,"Iyah. di SM," sambil ikut menahan senyum melihat kelakuan Donghae. 



Eunhyuk pun menambahkan sebenarnya bukan cuma Kyu saja yang jago nyanyi ballad. "Semua member SJ itu jago nyanyi,"katanya penuh percaya diri. Kangin datang menghampiri,"Coba buktikan!" dan Eunhyuk pun menyanyikan refrain "It Has To Be You" milik Yesung. Waahh cari gara-gara nih ama ELF. Sudah tahu banyak yang merasa kehilangan Yesung. Setelah Eunhyuk Ryeowook pun unjuk kebolehan vokalnya menyanyikan part yang sama dengan improvisasi,"Nadanya bisa seperti itu tidak?"tantangnya pada Eunhyuk. Dasar Eunhyuk bisanya ngeles, dia malah manggil Siwon. "Hayo coba Siwon tunjukkan!" 



Dengan gaya sok serius Siwon meminta nada pada Ryeowook dan mulai bergaya ala Yesung menyanyikan lagu It Has To Be You. Huahahaha.. bener-bener deh ngeledek habis, cari gara-gara nih sama yang kangen Yesung. Makanya begitu Eunhyuk kembali bertanya,"Kalian semua rindu Yesung?" Seluruh ELF seisi MEIS pun menjawab,"Ne..." (Iya, dalam bahasa Korea). "Nah, karena itu Yesung datang kesini,"kata Eunhyuk lagi mulai cari gara-gara. Dia memberi aba-aba satu dua tiga pada ELF untuk memanggil Yesung. Dan ternyata yang muncul adalah... EUNHYUK yang menyanyikan It Has To Be You.. Hahahaha.. Penipu kelas Anchovy,dirimu hyukiaaa..! Jadi jangan salahkan ELF ketika akhirnya serempak meneriakkan "Kim JongWon..Kim JongWon..." berulang kali hingga Eunhyuk terpaksa memberi isyarat untuk diam. "Kalian panggil panggil saja Kim Jong Won biar bisa sampai ke Indonesia,"katanya sambil nyengir. Kyu ikut menambahkan,"Maaf ya, tolong ditunggu hingga dua tahun," yang disambut sorakan kecewa dari para ELF. Siwon akhirnya menenangkan para ELF dengan berkata,"tapi sebentar lagi Kim Heechul akan bergabung kembali." Siwon bahkan meminta Kyu untuk menyampaikan salam ELF Indonesia kepada Yesung. Kyu cuma ngangguk-ngangguk mengiyakan dengan senyum yang entah mungkin artinya "Iya kalau sempat ya Hyung.. kalau gue gak sibuk.." Hahahah dasar evil!!


Sesi ngobrol soal Yesung ini gak bakal selesai-selesai kalau keinginan ELF diikuti. Makanya Kangin segera memotong dan mengumumkan saatnya untuk sesi lagu ballad. Kyu menambahkan di hari pertama semua ELF ikut bernyanyi dan dia berharap ELF yang menonton saat ini pun melakukan yang sama. Maka mengalunlah medley tiga lagu ballad "Bittersweet, Someday & Memories" yang sukses bikin seluruh ELF karaoke berjamaah. This is my favorite part. Di lagu Someday, saat giliran Donghae bernyanyi dia mengulurkan mikenya kearah penonton. ELF pun bernyanyi sepenuh hati, sefasih yang kami bisa. Donghae cuma senyum-senyum pengen ngakak tapi akhirnya dia mengacungkan jempolnya tanda dia suka. Sekali lagi sukses bikin ELF jejeritan. Pas bagian Eunhyuk dia pun niat melakukan hal yang sama. Sayang gak semua ELF mengeluarkan suaranya. Hihihi... *puk puk Eunhyuk* pesona Donghae, Yes!! 

Super Junior kembali silam ke belakang panggung dan layar kembali menampilkan VCR "Dreaming Hero". Member Super Junior kali ini berubah menjadi super heroes seperti Ryeowook sebagai Spiderman, Donghae si Iron Man ( tukang bengkel ketok magic), "Hulk" Shindong pencinta permen, Wolverine Eunhyuk yang gila nail art, Sungmin & Henry yang demen maen kelereng, Loki Kyu yang lemah di depan permen lolipop, Tukang Parkir "Captain America" Siwon Dan Kangin Thor si penjual walnut panggang. Bersama-sama mereka berusaha menaklukkan musuh si beruang putih yang bandel. Lumayan lucu juga sih. Walaupun konsep seperti ini sebenarnya sudah sering mereka tampilkan di SuShow sebelumnya. 

Apapun yah, tetap menyenangkan melihat Donghae berkostum Iron Man ketika mereka kembali ke panggung membawakan lagu Wonder Boy. Di lagu ini ketika semua member wara wiri ke seluruh penjuru panggung dengan gaya bebas, si Loki Kyu dengan cueknya ngedance sesuai koreo di video klip di panggung utama bagian kiri. Ciee.. pamer nih pameer... cieee.. Secara doi kan sering dianggap gak jago ngedance. Lagian pas di lagu ini dirilis untuk OST film pertama (dan mudah2an bukan yang terakhir) SuJu dia sedang terbaring di rumkit. Semacam pengen nunjukin which is saya sih senang-senang saja karena sebelumnya sempat kepikiran "kapan ya mereka perform lagu Wonder Boy dengan koreo persis di MV.." And it happened, thank KYU! 

Puas jadi pahlawan kesorean ( iyah sudah sekitar jam empat-an nih), mereka kembali ke belakang panggung dan lagi-lagi VCR ditayangkan. Kali ini Ryeowook, Eunhyuk, Shindong dan Kyu muncul di layar memberikan tips tata cara dance di lagu Sunny. ELF mengikuti dengan sepenuh hati, tentu saja. Jadi begitu SJ muncul kembali dengan t-shirt yang lebih santai dan mulai bernyanyi Sunny, ELF pun mempraktekkan dance Sunny bersama member SJ. Seru! 

Dibagian ini member SJ lebih banyak melakukan fan service dimana-mana. Mulai dari foto bareng pake polaroid, ada yang dipasangin bandonya sama Donghae *Ihiks gak rela* dan berbagai fan service PHP-in pemirsa deh.. kekekeke..Lagu Sunny berlanjut dengan Dancing Out yang tak kalah membuat ELF dan SJ sama-sama menggila. Member SJ wara wiri dimana-mana membuat ELF antara nyanyi dan teriak gak bisa dibedain hebohnya. Ketika akhirnya lagu habis dan member SJ kembali berkumpul di tengah untuk melakukan MENT, kehebohan masih berlanjut.

Kangin membawa sekotak air mineral sponsor ke panggung setelah tadi sempat memberi minum pada seorang ELF di bagian standing. Sambil membagi-bagikan air mineral kepada member lain Kangin mulai bernyanyi,"Apakah Anda Senang?" yang kemudian disusul koor dari Kyu dan member lainnya. They really make it fun, that question "Apakah anda senang" yang tentu saja diiyakan oleh para ELF. 


Aturan duduk sudah gak beraturan deh. Panitia juga sudah cuek cenderung capek ngawasin ELF yang sudah gak bisa lagi stay di tempat mereka yang seharusnya. Semuanya berdiri dan mulai makin riweh. Makanya para member SJ sengaja berdiri di bagian tengah panggung maksudnya sih supaya ELF bagian belakang bisa melihat mereka. Member SJ malah bela-belain lelumpatan agar mereka bisa terlihat dari bagian Gold, Silver dan Bronze. Panggung sempat dinaikkin juga kalo gak salah ingat. Tetap saja gak keliatan. Member SJ malah meminta yang didepan untuk duduk. Kyu sampai leluncatan kek anak kecil gitu. Tapi bagaimana cara, yang di VIP paling depan aja sudah pada berdiri dari tadi. Saya yang akhirnya berada di deretan VIP tengah harus naik di tembok pemisah supaya bisa agak lebih tinggian dibanding yang lain. Upppss... !! Ya maap, kalo gak gitu gimana caranya Kyu bisa merasakan kehadiranku.. (aahh Kyu lagi.. lupa ama Donghae? Siwon?).  Eunhyuk juga sempat minta maaf karena posisi mereka gak bisa lebih tinggi lagi. Ya ampun, kok kalian yang minta maaf? Mestinya promoteur yang ngurusin panggung dan per-seat-an itu dong yang minta maaf sama ELF. *rolling eyes* *menatap akun promoteur dengan kesel*. 


Back to the show, Eunhyuk bilang setelah ini adalah lagu terakhir mereka di Super Show 5. Saya tahu itu bisa-bisanya Eunhyuk aja, yeeyy.. kek gue gak tahu list lagu SS5 aja.Demi mengikuti skenario ELF pun cuma bisa bilang "Yaahhh.....,"dengan nada kecewa yang dipanjang-panjangin. "Karena tadi kalian ikut bernyanyi di lagu ballad, maka kami berharap kalian ikut bernyanyi di lagu ini dengan rasa cinta yang dalam seperti kami." Huhuhuhuhu.. kalo sudah gini pasti lagunya Marry You. 

Beneran aja, Eunhyuk mulai ngerap sebagai awal lagu Marry You dan member SJ mulai menyebar lagi ke segala arah panggung. Saya sampai bingung mo fokus kemana. Saking bingung menentukan arah fokus saya sampai lupa mencet tombol camera untuk merekam. Sadar-sadarnya pas diplay kamera sudah blank dan lensa masuk sendiri pas di tengah lagu Marry You. Damn!! Jadi tadi di awal gak kerekam dong kompaknya ELF meneriakkan "Saranghae.." di bait-bait awal.. Huhuhu.. Gak apa-apa. Saya masih sempat ngerekam Donghae menandatangani album SFS ver A milik salah satu ELF di bagian standing ( huhuhuhu envy!) dan Shindong yang menttd SFS ver B. Malah ada yang nekat ngasih Shindong BEHA Superman yang dipamerin ke member-member lain. Ryeowook dan Sungmin cuma bisa melongo aja.. *masih kecil weiii..jangan dinodai pikiran mereka, Shindong-ssi*. Diakhir lagu Eunhyuk dengan wajah sok diromantis-romantiskan bersimpuh sambil memegang salah satu banner project "Promise You". Yeah, nice try! PHP-in kita aja teruss.. hahaha

Selesai Marry You, SuJu langsung ngibrit ke belakang panggung. Layaknya pertunjukan benar telah selesai, lampu utama kembali dinyalakan. Semua layar kembali menampilkan tulisan "Super Show 5". Namun ELF tentu saja tidak percaya. Di mulai dari ELF dibagian Standing dan diikuti ELF dibagian lain, kalimat "We Want More..We Want More" diserukan. ELF Indonesia memang beda. Disaat ELF negara lain nyebut "ENCORE!" untuk tambahan, ELF Indonesia malah "We Want More". Gak apa-apa juga sih yang penting satu tujuan : Lagi dong....!

And jreng jreng...
Lampu kembali padam dan ELF kembali jejingkrakan mendengar intro lagu Sorry Sorry. Yes, encore dimulai! Jangan tanya deh gimana gemparnya MEIS dengan fanchant ELF. Part Kyu yang "Hey Hey Hey" sebenarnya dia gak nyanyi juga gak apa-apa, ELF would cover it all. Dan sekali lagi di lagu dimana mereka harus ngedance yang rapih sesuai choreography saya tiba-tiba merasakan kehilangan ketiadaan Leeteuk dan Yesung di lagu ini. Walaupun sudah ada Kangin, tetap aja yah akan berasa beda jika semua member ada di panggung. Huhuhuhu *sob*
Sorry Sorry 
Lupakan sedih-sedih geje, setelah Sorry Sorry mereka kembali berhamburan di seluruh penjuru panggung doing the fan service sambil nyanyi Show Me Your Love dan Sapphire Blue. Banyak ELF yang sudah desperately hoping to get their attention so they can look their way. Saya?secara saya dibagian atas, saya bisa ngasih apa selain mikir "ini gimana caranya pindah ke bagian super VVIP ya?" hehehehe..

Mereka menggelar MENT yang terakhir setelah lagu Sapphire Blue. Mulai lagi deh ELF digombalin member SJ ( dan kami rela-rela saja). Donghae bilang,"Cewek cewek Indonesia cantik cantik yah..Kenapa yah bisa begitu?" Yayayaya..mulai gombalnya.Melihat kegombalan Donghae, Siwon pun nyeletuk,"Yakin? Bagaimana dengan yang di Korea?" Hahaha langsung saja Donghae menendang pantat Siwon yang buru-buru ngeles. Di Sesi ini setiap member memberi pesan-pesan terakhir termasuk juga pesan sponsor. Henry mempromosikan single terbarunya "Trap" dimana Kyu juga ikut terlibat di dalamnya. Saat Henry menyanyikan sedikit sample lagu Trap, Kyu mulai ngedance di belakang. Ya deh..ya deh.. lo bisa ngedance kok kyu, percaya gw percaya.. Hihihihi.  Giliran Siwon, member-member SJ belagak menyimak seakan Siwon sedang ngasih ceramah. Kyu bahkan berlagak seperti Siwon dengan menggerak-gerakkan tangannya. Dasar bandel ya anak-anak SuJu ini ngerjain mas Siwon ganteng. 

Preacher Siwon and the kids..
Sadar kalo hari itu adalah hari jadi ELF yang ketujuh dan tidak ada acara special untuk ELF Indonesia, Eunhyuk mewakili member yang lain meminta maaf kepada para ELF. "Maaf kami tidak bisa tinggal lama-lama untuk merayakan hari jadi ELF bersama-sama kalian. Tapi kami akan sering-sering ke sini." Eunhyuk juga sempat bertanya jika member SJ menunda kepulangan mereka ke Seoul apakah ELF mau menampung mereka? Pertanyaan bodoh! Tentu saja! Hahahaha "Apakah kalian punya kamar yang cukup luas untuk kami?"tanyanya lagi. "PUNYAAAAA!!!" jawab ELF sekencang-kencangnya *walaupun itu belum tentu benar, yang penting jawab dulu. Dasar ELF!* 

Last Ment
Ketika tiba giliran Ryeowook, eternal magnae ini gak mau kalah mencoba mengambil hati ELF. Dari saku celananya diambilnya selembar contekan.. Tadaaa.. dia mulai membaca,"Apakah kalian senang? Hari ini saya sangat bahagia. Kami akan datang lagi. Kalian datang juga kan? Janji Ya..." Ryeowook sangat berusaha keras mengucapkan sederetan kalimat berbahasa Indonesia itu walaupun pada awalnya tak banyak yang mengerti apa yang dimaksudkannya. Member yang lain menyuruhnya untuk mengulangi lagi apa yang dikatakannya. "Kalian mengerti tidak?" tanya Eunhyuk. "Nee...,"Jawab ELF dalam bahasa Korea ( kalo bangsa Nee, Ani, doang sih gampang buat ELF kekeke). "Kalian datang lagi ya.. Janji yaaa?"kata Ryeowook lagi dan dijawab "Neee.. Janji," oleh para ELF. Dan begitulah akhir dari janji saya untuk tidak lagi menonton Super Show. How can i break my promise to wookie, God? How... TT TT *lalu sholat dhuha minta duit yang banyak* 

Ryeowook baca contekannya
Saya gak begitu konsen lagi menyimak Ment closing dari member lainnya secara saya sibuk foto-fotoin Siwon, Kyu, Donghae yang hyperactive saat itu. Resenya lagi ternyata kapasitas memory cardku full. Preett daahhh! Jadi ketika mereka bener-bener pamit di lagu So I, dengan sisa-sisa memory habis mendelete beberapa foto di awal saya mengabadikan mereka mengucapkan terima kasih dan bowing ke penonton. Member SJ pun sempat berterima kasih kepada para penari latar yang mendukung penampilan mereka dan mengajak para dancer untuk bowing bersama. Disaat bowing saya sempat merhatiin Donghae,Kyu dan Shindong saling tarik menarik tangan untuk bowing lebih lama. Sebelum bener-bener silam ke panggung, mereka memberi ciuman jauh terakhir secara berkelompok bagi ELF yang di kiri, kanan, depan, dan atas. Setelah itu satu persatu member silam ke belakang panggung. Terakhir Eunhyuk dan Donghae masih sempat-sempatnya mempromosikan single EunHae yang terbaru " I Wanna Dance". Donghae menyanyikan sedikit penggalan refrainnya lalu silam ke belakang panggung diikuti Eunhyuk yang memperlihatkan sedikit dancenya lalu ngacir mengikuti Donghae. 

Last performance - So I
Rela gak rela namun ELF harus melepas mereka pergi walaupun masih berharap SJ akan kembali lagi ( siapa tahu kan yah,namanya juga hari jadi ELF kali aja ada yang special). Lampu utama kembali dinyalakan. Layar pun kembali menampilkan tulisan "Super Show 5". ELF tak juga beranjak. Mereka menantikan satu hal lagi. Yes, VCR Behind The Scene. 

Sekitar lima menitan VCR berisi kekonyolan dan kesalahan para member SJ saat syuting ditampilkan. ELF tertawa, gregetan sekaligus iri diam-diam pada dancer-dancer cewek saat SJ latihan untuk lagu "Club No.1" Huhhuhu kasian Donghae gak sengaja kena tangan si dancer. Tapi lebih kasihan hati ELF yang melihat mereka ngedance dekat super dekat gituh.. huhuhu Bang Donghae, kamu tega !! 

VCR BTS sudah selesai ditayangkan tapi tak ada tanda-tanda ELF beranjak dari tempatnya. Layar super gede yang menampilkan tulisan "Super Show 5" malah jadi sasaran latar buat foto-foto. Kekeke.. eiits kapan lagi bo'.. Mungkin karena ELF gak juga bubar, akhirnya panitia mematikan semua layar. Yaahh... bubar deh,bubar! 
After the Show.. pulang gak?
All good things come to an end, they said.. So did Super Show 5. Dengan selesainya VCR BTS tadi maka selesai juga rangkaian Super Show 5 Jakarta hari kedua itu. Memang tidak seperti yang direncanakan dimana akan ada tumpeng atau at least cake untuk merayakan hari jadi ELF ke-7. List lagu yang dibawakan juga lebih sedikit dibanding di Seoul. Tak ada Kangin nyanyi solo, apalagi Yesung yang sudah jelas-jelas gak ikutan, lagu SPY gak masuk dalam list :( *cedihh* dan Seat plannya juga gak banget daah menurut saya. Well, yang terjadi yah sudah terjadi. Mudah-mudahan sih penyelenggara Super Show 6 bisa lebih baik lagi. Secara Eunhyuk sudah kasi tanda-tanda "Sampai ketemu lagi di Super Show 6 Jakarta" dan Ryeowook sudah bela-belain belajar bahasa Indonesia masa sih saya gak nonton Super Show 6.. Kekekeke..

SJ, ELphu.. sampai ketemu lagi di Super Show 6. Sampai ketemu lagi.. Janji yaaa.... ? Uri Super Juni-or eyo



XoXo



PS:  Next, foto-foto member SJ during Ment.. Nantikan yah pemirsahh.. :D 

No comments:

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.