[K-Drama] REPLY 1994 - Cinta Pertama Akan Membawamu Kembali

Setelah menunggu setahun, akhirnya series Reply 1994 tayang juga. Sejak Reply  1997 selesai tayang tahun 2012 lalu memang sudah di"kibas-kibas"kan berita bahwa akan ada "sambungan". Awalnya saya berharap ini adalah lanjutan kisah Reply 1997. Penasaran saja dengan kehidupan pernikahan Sung Shi-won dan Yoon Yoon Jae. Eh ternyata settingnya malah semakin mundur ke tahun 1994. Pemainnya pun berbeda tentu saja.

Title: 응답하라 1994 / Eungdabhara 1994
Also known as: Answer Me 1994 / Reply 1994
Genre: Youth, sitcom
Episodes: 21
Broadcast network: tvN
Broadcast period: 2013-Oct-18 to 2013-Dec-28 (Friday & Saturday)
Rating : 11.9 %

Main Cast : 
Go Ara as Sung Na-jung
Jung Woo as "Sseureki" (meaning "Garbage" or "Trash")
Yoo Yeon-seok as "Chilbong" (meaning "Seven Shut-outs")
Kim Sung-kyun as "Samcheonpo" (referencing his hometown)
Son Ho-jun as "Haitai" (referencing baseball team Haitai Tigers)
Baro as "Binggeure" (meaning "Smiley"; referencing baseball team Binggrae Eagles)
Min Do-hee as Jo Yoon-jin
Sung Dong-il as Sung Dong-il (Na Jung's Dad)
Lee Il-hwa as Lee Il-hwa ( Na Jung's Mom)

Kiri-Kanan : Kim Sung Kyun, Yoon Yeon Seok, Son Hojun, Jung Woo, Baro, Min Do Hee, Go Ara


Reply 1994 berkisah tentang enam mahasiswa dari berbagai daerah provinsi (Provinsi Jeolla, Provinsi Chungcheong, dan Provinsi Gyeongsang) yang ngekos di rumah Na-Jung di kawasan Sinchon, Seoul. Samcheonpo, Haitai, Binggeure, dan Jo Yoon-jin adalah mahasiswa baru berasal dari daerah. Mereka ngekos di rumah keluarga Na Jung ( Go Ara) ini sebenarnya juga baru pindah dari daerah Masan. Ayahnya Sung Dong Ill adalah seorang pelatih baseball yang dikontrak oleh Seoul Twins. Ibunya Lee Ill Hwa seorang ibu rumah tangga yang doyan masak banyaaaaakk. Ahjumma ini sangat sabar memperlakukan kelakuan Na Jung yang sering berantem dengan Sseureki Oppa ( Jung Woo), seorang mahasiswa kedokteran yang pintar tapi kelakuan sehari-harinya tidak seperti mahasiswa kedokteran pada umumnya.

Sseureki Oppa
Sebagai ibu, tentu saja dia ingin melihat anak gadisnya si Na Jung ini segera dapat jodoh juga seperti anak tetangga yang membuka kos-kosan juga. Ibu dan ayahnya Na Jung kepikiran siapa diantara anak lelaki yang ngekos di rumah mereka ini yang pantas menjadi suami Na Jung. Masing-masing adalah anak orang kaya di daerah mereka masing-masing. Samchenpo datang dari keluarga nelayan yang mempunyai kapal penangkap ikan yang besar, Haitai adalah anak pengusaha Bus Angkutan antar kota, sedangkan orangtua Binggeure adalah peternak ayam. Terus terang di episode 1 hingga pertengahan episode 2 saya sempat khawatir dengan nominator jodoh Na Jung. Serius gak ada yang cakep. Di Answer Me 1997, Seo In Guk kan kelihatan banget kecakepan dan ke-cool-annya. Lah ini? Haduh! Saya hampir saja menghentikan menonton drama ini sampai akhirnya.. di akhir episode 2 Binggeure yang lugu dan culun itu ternyata mempunyai seorang sepupu, seorang pemain baseball yang terkenal. Chilbong,panggilannya. Tinggi, atletis, baik hati, sopan, cakep, jago maen baseball, terkenal,tinggal di Gangnam dan asli orang Seoul. Kurang apalagi coba cowok ini? Langsung saja dia dinobatkan oleh ayah Na Jung sebagai nominator terkuat untuk menjadi suami Na Jung. 

Chilbong, the superstar baseball player
Tapi kejutan tidak berhenti disitu. Sebuah rahasia terungkap ketika Na Jung mengalami sakit punggung dan harus masuk rumah sakit. Kejutan yang memulai semua konflik dan membuat level penasaran sampai ke level 10. Garis waktu bergerak bolak-balik antara masa lalu pada tahun 1994 dan sekarang tahun 2013, membuat penonton menebak siapa yang akan menjadi suami Na-jung di antara karakter laki-laki itu. Saking penasarannya saya sampai nge-search #Reply1994 di twitter dan menemukan endingnya yang tidak sesuai keinginanku.. Tapi tetap saja saya nonton sampai habis, walaupun dengan hati yang pedih-sedih-merana.. 

Siapa diantara mereka? Hayoo silahkan dipilih.. 
Serius! Baru kali ini saya nonton K-drama yang membuat saya nangis sampai beberapa kali. Dari semua K-drama yang sudah saya tonton, paling sedih itu saya hanya bisa nangis satu kali. Itu juga gak semua K-Drama loh. Reply 1997 saja saya ingat cuma sekali nangis. Itu ketika bapaknya Sung ShiWon masuk rumah sakit. Lah ini, Haitai khawatir mamanya terkena musibah, Joo Yoon Ji ketemu ibunya di Halte dan yang paling parah gue ngerasa sakit banget ngeliat Chilbong. Sedih level 7.. Secara emosional saya merasa dari semua kandidat "suami" Na Jung, penulisnya rada gak adil sekali dengan karakter Chilbong. Tapi kalau diliat dari sisi rasional cerita, penulis Lee Woo-jung yang juga penulis skenario Reply 1997 ini memang daebak! Tak ada kejadian yang tidak berkaitan satu sama lain, bahkan untuk menggambarkan perasaan karakternya. Di episode 16 dan 17 bahkan dibuat hubungan antara "Answer Me 1997" dan "Answer 1994". Dengan cerdasnya Lee Woo Jung membuat Na Jung jadi tutor  Do Hak Chan si orang Seoul  sebelum pindah ke Busan. Kepindahannya Sseureki Oppa ke Busan membuat karakter Reply 1994 ini pun bertemu dengan Answer 1997 di tahun 1997. Di  tahun 2013 mereka bertemu lagi karena ternyata apartemen pasangan Sung Shi-Won dan Yoon Yoon Jae berada diatas apartement Na Jung. Masalah kenapa  ayah Na Jung "sama" dengan  ayah Sung Shi Won pun juga terjawab di episode 17. Dengan sekali pukul penonton diperlihatkan kabar terbaru dari pasangan "Answer Me 1997" dan terungkapnya selapis lagi dari misteri suami Na Jung.  

Baca juga : Review Drama Reply 1997 

Reply 1997 Meets Reply 1994 
Begitu banyak hal yang twisted di skenario Reply 1994 ini membuat penonton mengira mungkin suami Na Jung adalah si ini lalu kemudian berubah menjadi si itu hingga akhirnya mengerucut pada dua kandidat saja. Seandainya saya belum tahu dengan siapa Na Jung berakhir mungkin saya juga akan termakan "umpan" sang penulis naskah. Sempat-sempatnya pula "Mobil Merah" yang menjemput Kang Joon Hee di Answer 1997 juga muncul di saat Binggeure menunggu seseorang di pinggir jalan. Bikin khawatir saja. Huh huh huh!! Lee Won Jung-ssi, kau penulis skenario dengan tingkat PHP (pemberi harapan palsu) tertinggi tahun 2013!! 

Menangis bersama Chilbong gara-gara Writer-nim 
Reply 1994 ini adalah seri dengan berlatar peristiwa budaya pop tahun itu, termasuk munculnya kelompok K-pop Seo Taiji and Boys dan Korea Basketball League. Saya sih terus terang gak begitu nyambung dengan pemain basket ballnya tapi lagu-lagu yang menghiasi drama ini sedikit banyak "ring-a-bell", khususnya lagu-lagu yang pernah dinyanyikan ulang oleh Kyuhyun dan Super Junior *nyengir lebar*. Seven Years of Love, Someday bahkan With You yang di album OSTnya dinyanyikan oleh B1A4 itu saya kenali karena lagu itu pernah dinyanyikan Kyuhyun dengan Kim Min Jong (penyanyi aslinya) di Immortal Song 2. Yang jelas OST Answer 1994 is Jjang!! To You yang originalnya dinyanyikan Seo Taiji and Boys dinyanyikan kembali oleh Sung Si Kyung, si raja Ballad, tidak bosan untuk didengarkan lagi dan lagi. 

Sejarah Kpop dan hal-hal yang sempat menghebohkan Korea tentu saja ditampilkan sebagai latar seperti kepingan puzzle yang melekatkan satu kejadian dengan kejadian yang lain. Kaset Video, Krisis Moneter tahun 1997, Pager, generasi pertama telpon genggam, laptop, game online sampai Piala Dunia yang membuat saya tersadar ternyata cowok Korea pertama yang saya suka sebenarnya adalah Ahn Jung Hwan di piala dunia 2002. Ya! jadi bukan Won Bin bahkan Siwon Super Junior. Bukan.. 

Overall, Reply 1994 menjadi K-drama yang memang pantas meraih rating tinggi. Walaupun endingnya mematahkan hatiku tapi harus saya akui pesan yang ingin disampaikan penulisnya sangat bagus. Cinta pertama memang selalu berkesan, entah kau mendapatkannya atau tidak. Jika hanya sebatas ragu-ragu semata, cinta pertama bisa berakhir menjadi cinta sepihak. Pada akhirnya jika kemudian ada kesempatan untuk meraihnya, hati manusia tak bisa dipaksa walaupun kau berusaha menahannya untuk selalu bersamamu.  Untuk itu butuh kebesaran hati seseorang untuk melepaskan sesuatu ke tempat sebenarnya ia seharusnya. Hiks *peluk Chilbong* . Hati akan selalu bisa mengenali tempatnya berlabuh. Takdir akan membawa jalan cintamu. 

The New Year Kiss 
But of course there are many more one-sided loves in the world that never get confessed at all. The idiots who know how to get out of one but can’t do it. That’s why one-sided loves pain the heart - Haitai- 
Kisah percintaan generasi X era 90'an ini dibawakan apik oleh pemeran Reply 1994 yang sempat membuat saya ragu di awal. Ternyata akting mereka tidak mengecewakan. Rata-rata pemain nya memang sudah pernah main drama sebelumnya. Jung Woo (Sseureki Oppa) pernah maen di The Best Lee Soon-Sin, Yoo Yeon Seok (Chilbong) ternyata tanpa saya sadari pernah saya tonton aktingnya di A Werewolf Boy, 101 Achitecture dan Gu Family Book. Kalau Go Ahra saya sih tahunya karena dia satu agensi dengan Super Junior (huahahaha SMent minded!). Yang bikin saya terkejut malah Baro pemeran Binggeure. Saya baru tahu dia  adalah salah satu member B1A4. 

Baro, why you have to be so cute?
Si imut Min Do Hee pun ternyata adalah member Tiny-G. Whoaa..kemana aja yahh saya?? Paling tidak saya sedikit terhibur melihat chemistry off camera mereka. Saya kok merasa Do Hee mendapat perhatian lebih dari Baro ya? Hahaha..ya mungkin karena umur gak beda jauh, sama-sama Idol pula. Lagian kalau beneran juga gak apa-apa, secara kasian aja liat Do Hee mendapatkan ciuman pertama benerannya lewat drama ini tetapi dengan orang yang jauh lebih tua. Ahai!! Dengan siapakah?? Nonton sendirilah ada adegan ciuman Do Hee dengan seseorang. Ah mungkin memang harus ada Reply 2010. Hahaha keknya masih lamaaaaa yaaah.. 

Min Do Hee vs Go Ara
Eh balik ke topik sebenarnya,  siapa sebenarnya suami Na Jung? Ssst.. saya kasi tahu cluenya yah.. Namanya KIM JAE JOON.. Selamat menebak-nebak 

:) 
Apakah kau ingat kita pernah menjalani jaman yang indah, Do you remember that we lived through a beautiful age, masa muda kita yang bersinar terang, cinta tak berkesudahan kita yang membara, bahwa kita pernah berjaya di tahun-tahun yang telah berlalu. Walaupun era berikutnya mungkin menjadi masa yang sulit, biarlah kita menjalaninya dengan penuh kegairahan orang jaman dulu. Era yang membara dan murni yang kurindukan dengan penuh harap. Apakah kau mendengarku. Jika iya, jawab aku, era 90-an ku.. 
 Do you hear me? If you do, answer me, my nineties. 
Shinchon Boardinghouse’s first and last boarders

Answer Me, 1994 ... 

7 comments:

  1. Tadix baca review awal mu saya sempat berpikir langsung mau search di viki...tapi begitu tau kalo endingnya not happy...batal deh..mending saya lanjutkan aja nonton you're beautiful nya park shin ye...

    ReplyDelete
  2. Viiit..gue nonton nya di M chanel tiap senin sampai kamis gituh, dan baru eps 12...
    waktu Chilbong mijitin Najung dan dia kentut aja gitu lho...bhuahaha...epic scene!
    dan..dan..si Chilbong baru nge kiss si Najung di game ituh di iringi tatapan gak relanya Trash...hihihi...

    Emang banyak scene keren sih, ...
    Gue udah tau juga endingnyaaaa, abis banyak spoiler sana sini siiih...hihihi...

    Dan gue juga se aliran ama looo...mending ama Chilbong ajaaaah...hihihi...

    ReplyDelete
  3. @shinta.. waktu tahu endingnya saya sempat berhenti, tp kemudian lanjut lagi karena.. "AKU HARUS NEMENIN CHILBONG DALAM SUKA DAN DUKA" hahahaha gak deng!! serius, lanjutin nontonnya. Siapin tissue aja :)

    @bibiteliti jjaaah, selamat deh. Masih panjang perjalanan penderitaan Chilbong, makcik!! sy nonton di DVD sampe ngepause setengah jam sekali demi meringankan beban hati melihat penderitaan Chilbongie.. TT TT ( hahaha iyah agak lebay, tapi itu resiko nonton disaat lagi "dapet)

    ReplyDelete
  4. jadi pengen nonton dua duanya. penasaran sama keterkaitan reply 1997 sama reply 1994 nya.

    ReplyDelete
  5. chil boooongg T_T beneran ga rela kalo jadiannya sama trash oppa

    ReplyDelete
  6. Saya belum nonton reply 94 & 97 tapi uda yang 88. Yang dua seri sebelum 88 saya hanya baca reviewnya, dari yang saya tangkap. Setiap serinya itu nyambungnya dari keluarga Song. nama bapak ibunya sama tapi anaknya beda. Trus yang nyambung mana lagi ya? Hehe, saya nonton yang 88 juga gabegitu geneo, ada halangan soalnya. Mohon infonya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nontonnya salah mba harusnya dr 97,94 ke 88 br ngerti jalan ceritanya, kalo dr 88 ke 94 kayanya gaada nyambungnya cuma aja yg waktu song bo ra mau blind dating sama sseureki oppa harusnya, tapi gajadi malah jdnya ketemu si sunwoo, dan si sseureki oppa cuma temen kuliahnya sun woo pas jd mahasiswa residen di rs

      Delete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.