GUGAT SM ENTERTAINMENT, ADA APA DENGAN KRIS EXO ?

So I tell myself that it's not the
End I just cant take the thought
Im never holding u again
Remember geudaega himdeul ttaemyeon hangsang
Nunmureul useumgwa bakkwotjyo
I have to wonder why u never said goodbye
So many questions still unanswered
.......
( My Turn To Cry)


Iya nih, begitu banyak pertanyaan belum terjawab sejak merebaknya kabar Wu Yi Fan a.k.a EXO Kris mengajukan tuntutan hukum pada SMent di  pengadilan Seoul tanggal 15 April 2014 lalu. Shock, sedih sekaligus bingung, "Igeu mwoayaa??" perasaan kemarin-kemarin baik baik aja deh. Ada satu dua rumor tapi yah sudahlah atas nama the power of SMent atas media rumor-rumor itu lenyap gak berbekas. Lah terus tiba-tiba ada ini : KRIS MEMINTA PEMUTUSAN KONTRAK EKSLUSIF DENGAN SMENT jadi headline dimana-mana atau dengan kata lain : GUE MINTA RESIGN DARI BOYBAND INI . O M G Dragon, what's wrong, Kris?

Kris Instagram Account "darkness in my eyes but lights up in the sky"

GUGAT SM ENTERTAINMENT, ADA APA DENGAN KRIS EXO ? 


Dengar kabar, ini gara-gara perlakukan kurang manuasiawi dari pihak SMent terhadap Kris. Kurang manusiawi gimana? Bukannya kelihatan dia healthy,wealthy dan makin ganteng aja di tipi? Iyah itu di televisi (atau di layar komputer deh buat yang nonton via internet :p ), manalah kita tahu yang sebenarnya terjadi di balik layar. Katanya SMent  tidak pernah menghormati opini Kris  dan kondisi kesehatannya saat mengatur jadwal EXO di Korea Selatan dan China. Dari Soompi gue juga baca ternyata dari sisi keuangan seluruh personel Exo hanya ditujukkan pendapatan yang sebelumnya telah dibuat oleh S.M. tanpa diperlihatkan secara rinci pemasukan dan expansesnya. Meskipun kegiatan mereka sangat padat (which is mean more money), namun nyatanya personel Exo selalu berada pada masalah keuangan. Kontrak ekslusif yang telah mereka terima dirancang sepenuhnya oleh SM Entertainment sejak awal mereka trainee. Seiring berjalannya waktu, bahkan setelah mereka debut SM Entertainment dinilai telah melanggar hak-hak dasar para artisnya dengan membatasi kebebasan hidup, mempekerjakan artis mereka tanpa kesepakatan bersama, serta membuat kontrak yang tidak valid.

"Perusahaan telah memperlakukan saya selayaknya sebuah mesin atau objek bukan sebagai penghibur." -- KRIS ---  (cr: Yonhap News Agency) 

Sounds familiar? Sungguh sangat SMent!  

Untuk yang sudah malang melintang ngefans dengan artis-artis SMent pasti sering dengar betapa exhaustednya mereka meraup won demi won. Fans banyak yang tahu kok ada beberapa artis SMent yang sampai pingsan di backstage gara-gara kelelahan habis syuting ini itu harus tampil lagi di panggung bersama grupnya. Apalagi yang posisinya bukan vocal line, mereka pasti sibuk muncul di acara-acara variety show, maen drama/film. Masuk rumah sakit karena kelelahan atau cidera sepertinya sudah sering tapi tentu saja gak bisa di ekspos. Seperti kata Jonghyun Shinee disalah satu wawancara radio,"Kami memang menghindari berita-berita (tentang) rumah sakit." Itu setelah seorang fans bilang ia bertemu dengan Onew di rumah sakit saat Onew pemeriksaan lehernya yang cidera akibat choreo Everybody. Walaupun Onew sempat men-denied tapi akhirnya dia mengaku juga, itu juga setelah penyiarnya bilang manager mereka pun membenarkan kabar itu. Mau sakit mau cidera, the show must go on. Publik gak boleh tahu derita-deritanya.

Kalau kita balik lagi agak kebelakang, kasus Kris ini semacam kasusnya Hangeng Vs Super Junior dan JYJ vs TVXQ. Baik Hangeng dan JYJ merasa SMent terlalu mengeksploitasi mereka. Pemicu Hangeng mengajukan tuntutan adalah ketika ia  demam tinggi hingga harus di infus saat menghadiri salah satu acara award di China bersama Super Junior. Belum lagi diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit, sang manager memaksa Hangeng untuk tetap mengikuti acara tersebut walaupun kondisinya tidak memungkinkan. Sementara JYJ menuntut pembatalan kontrak ekslusif yang terlalu lama (13 tahun)  karena sistem kontrak kerja budak dan pembagian royalty yang tidak merata. 

Untuk kasus Kris sendiri, pihak pengacara masih sedikit tertutup. Akhirnya berita yang beredar jadi simpang siur. Ada yang bilang Kris merasa dihalangi untuk membangun karir di dunia akting, malah ada lagi yang memberitakan alasan Kris mundur sebenarnya adalah masalah kesehatan. Menurut salah satu media China, Sina,  Kris sempat terlihat mengunjungi rumah sakit di kawasan Guangzhou, Cina, setelah kembali dari konser "12th Korean Musical Festival" di Los Angeles. Di rumah sakit itu Kris sempat menjalani pemeriksaan. Dari data hasil pemeriksaannya seorang dokter yang tidak mau disebut namanya mengatakan memang tingkat kreatin dan enzim isozyme-nya begitu tinggi di atas rata-rata, tapi apakah Kris benar-benar terkena penyakit myocarditis (peradangan/inflamasi otot jantung) itu harus dilakukan beberapa kali pemeriksaan lagi. Pfft.. kalau kejadiannya  seperti ini sih emang bener tuh lirik lagu Overdose : "Someone call the doctor!"

Ada Yang Manggil Saya??Dokter Lee Jong Suk Lewat...
 
Urusan kasus Kris yang simpang siur ini makin menggalaukan fans EXO ketika member EXO yang lain mulai bereaksi. Tao malah sempat memposting "kekecewaan"nya terhadap Kris dalam akun IG dan Weibonya beberapa kali. Postingan yang menurut gue terlalu panjang dan sangat tidak Tao banget. How could he be so smart at words? 




Ternyata bukan cuma gue juga yang curiga. Banyak fans yang beranggapan ini bukan Tao yang ngepost. Saking curiganya malah sempat ada yang nge-track posisi postingan ini dibuat. Ternyata bukan di Seoul, tapi di Daejon which is itu gak masuk akal karena saat itu Tao bersama member EXO lainnya sedang latihan di SMent prepare konser The Lost Planet. Beredar lah kabar posting tersebut dilakukan oleh staff SMent yang menggunakan akun Tao secara Tao adalah pasangan Kris di couple TaoRis. Sebagai balasannya akun Weibo dan IG Tao terupdate lagi dengan postingan seperti ini:


TAO's WEIBO
Duh, gimana gak bikin tambah galau..Sebelum Tao ngeupdate IG/Wiebonya, Suho juga ikut nambah-nambahin spekulasi 'perpecahan' ketika ia memberikan winning speech. Dengan tampang sok serius, dia berdiri sendiri di stage menerima award dan bilang :

SUHO SPEECH on MNet Countdown
 
Sempat juga diberitakan Suho melakukan wawancara dengan OSEN dan mengaku dia tidak mengerti dan kecewa pada perbuatan Kris. Dia berharap Kris kembali dan meminta maaf pada member dan fans. Gak jelas juga apa ini beneran wawancara atau hanya akal-akalan SM staff aja untuk menyetir pemberitaan yang cenderung lebih mendukung Kris daripada fokus pada 11 member EXO lainnya. Biar bagaimanapun juga image tetap harus dijaga jangan sampai rusak bahkan bisa jadi menyemangati yang lain untuk melakukan hal yang sama.

Lah emang member EXO-K yang lain kemana? Mungkin duduk-duduk galau di belakang panggung. Yang jelas sebelumnya satu demi satu member yang mempunyai akun IG meng-unfollowed Kris. Luhan, Sehun, Tao, Chanyeol dan yang terakhir Baekhyun. Gosipnya sih aksi unfollowed ini dilakukan secara paksa oleh staff SM yang menyandera semua smartphone para member, kecuali Baekhyun yang lolos dengan alasan handphone ketinggalan di dorm. Bener gak nya belum tau juga, yang jelas akhirnya Baekhyun juga meng-unpol Kris keesokan harinya.

Baekhyun - Kris : Sini Hyung..peluk akuuhh...

Kasus ini menjadi TTWW di twitter dengan hastag berbeda-beda selama 3 hari. Entah berapa lama kasus ini akan dibahas para netizen. Yang pasti menurut pengalaman, melawan SMENT itu bukan hal yang gampang. Hangeng mengajukan tuntutannya tahun 2009 dan akhirnya menang di pengadilan di tahun 2011. JYJ butuh waktu 3 tahun 4 bulan untuk kemenangan JYJ.Lama... dan pastinya sangat melelahkan karena saat kasus bergulir di pengadilan kemungkinan besar karir Kris akan mandeg. Uang yang dikeluarkan untuk menyewa pengacara tentu juga tidak sedikit. Lawannya juga gak enteng. Makanya di akun Weibo & IGnya dia pun mengungkapkan hal itu melalui sebuah pepatah china diikuti pesannya memakai tulisan tangan :

KRIS WEIBO/IG UPDATE

Berat..berat..berat..


Mungkin ada yang mikir, kalau memang bekerja dibawah perusaahan itu akan sengsara, kenapa juga masih  banyak yang pengen jadi trainee mereka? Pertanyaan yang susah-susah gampang. Gue melihat ini sebagai orang yang sudah bekerja ya. Kadang kalo kita sudah punya cita-cita, apa aja kita lakukan untuk mewujudkannya, ya gak? Kerja di perusahaan bonafid yang bergerak di bidang yang kita cita-citakan itu pastinya jadi salah satu hal yang kita dambakan. Namun dunia kerja itu tidak selamanya indah seperti yang kita bayangkan. Jika perjuangan untuk memasukinya saja sudah keras, maka mempertahankan posisi apalagi untuk naik ke tingkat yang lebih tinggipun pastinya akan lebih keras lagi. Teman kerja bisa jadi mitra tapi juga bisa jadi saingan terselubung. Selalu ada conflict of interest berbuntut pada office politics yang bisa jadi merugikan pihak tertentu. Kris,Hangeng dan JYJ mungkin seperti itu. Mereka merasa perlakukan perusahaan tidak adil. Dengan beban kerja yang sama kenapa penghasilan kami tidak sesuai? ( JYJ's case). Bekerja terlalu keras dan tidak mendapatkan perhatian yang layak ( Hangeng's case). Diperlakukan sebagai mesin pencetak uang tanpa peduli keinginan dari pekerja (Kris' case). Lalu kenapa yang lain gak protes?

Di dunia kerja, ada orang yang tipenya dikasih kerjaan setumpuk sama atasan, diterima aja. Disuruh lembur mau aja. Gak protes, DI-DEPAN-YANG-NGASIH-KERJAAN. Biasanya model yang seperti ini ngeluhnya dibelakang karena gak berani menolak. Bisa karena penakut, lebih banyak sih karena gak mau citra dimata bos tercemari karena dianggap gak mengikuti perintah. Kalau balik lagi ke kasusnya JYJ, dulu sih katanya Yunho dan Changmin juga sempat ikut pengen protes ke SM lalu kemudian batal karena gak berani. 

Ada juga tipe "play safe" alias orang yang gak ngoyo dengan ambisinya, mengalir aja.  Kerja dibawa santai, staff memperlakukan dengan baik sehingga karirnya tuh leumpeung... aja kek jalan tol masih baru, lurus mulus gak ada hambatan. Super Junior Kyu itu termasuk orang yang seperti itu. Dalam satu episode "Radio Star" dia pernah bilang dia nurut aja dengan semua peraturan yang dibuat SMent. Katanya dia lebih "staff" daripada staff SMent sendiri.

Kyuhyun -  Karyawan SMent Yang Penurut

Selain itu ada juga tipe rebel, pemberontak. Mereka tahu hak dan kewajiban mereka dan biasanya mereka bekerja gak setengah hati. Sayangnya ada beberapa faktor yang tidak sesuai teori : Bekerja Keras =  Kesuksesan, upss.. belum tentu. Banyak orang yang berskill rendah punya cara yang mereka tidak punya : bermanis muka dan penurut bisa jadi lebih mendapat perhatian hingga karir mereka lebih cemerlang dibanding yang benar-benar berskill. Atau.. masalah kasta, misalnya anak orang kaya, strata keluarga atau anak orang yang berpengaruh di bidang dimana perusahaan itu bergerak tentunya dapat nilai lebih (terus terang atau gak) dari atasan. Bisa jadi jika si anak orang biasa dengan skill luar biasa ini maju banyak anak orang penting yang akan terlangkahi. Bisa jadi..bisa jadi..


Don't let them in, don't let them see
Be the good girl guy you always had to be
Conceal, don't feel, don't let them know
Well now they know...
Let it go, let it go
Can't hold it back anymore
Let it go, let it go
Turn my back and slam the door
And here I stand
And here I'll stay
Let it go, let it go
SMent Coldness won't bothered me anyway

KRISELSA Frozen Mode On
Lalu kenapa juga sekarang pengen keluarnya? Disaat EXO sedang diatas angin, masa-masa emas, baru aja comeback album baru mana mau konser pula. Duh, kesannya kok salah timing yah ( buat SMent). Kesimpang siuran alasan Kris mundur akhirnya bikin  banyak spekulasi sih. Gue rasa gak semudah itu Kris ambil keputusan untuk mengugat SMent atas kontraknya yang semena-mena. Gak mungkin juga kali dia kebetulan lewat depan pengadilan tinggi Seoul trus iseng masukin tuntutan hukumnya ke SMent. Dia pasti sudah sempat negosiasi dengan pihak SMent mengenai jadwal dan langkah karirnya ke depan. Dia juga mungkin sudah sempat tukar pikiran dengan orang-orang yang berkompetan dibidangnya. Setertekannya seseorang karena pihak management tempatnya bekerja gak bakal lebih berasa tertekan jika teman sekerja masih asik diajak kerjasama. Coba bayangin kalau teman sekerja aja sudah ngambil jarak atau yang lebih parah ikut memberi kesan negatif pada management, suasana kerja makin gak kondusif. Buntutnya bisa bikin gerah, gak betah, pengen minta pindah atau resign sekalian.

Gue sempat  browsing-browsing masa predebutnya Kris untuk cari tahu backgroundnya. Entah benar atau gak, banyak yang bilang saat pre-debut Kris sering mendapat perlakukan berbeda dari staff karena dia berasal dari China. Walaupun dia mau belajar dan rajin agar tahu banyak  tetap saja para staff menganggap dia sama sekali tidak berbakat. Di satu blog sempat gw baca di sebelum perilisan Wolf, Kris ini pernah melakukan semacam aksi hiatus pulang kampung ke Canada dan China. Pada akhirnya Kris memang kembali lagi ke Seoul dengan potongan rambut super cepak yang tidak disukai fans di Korea (Bagi gue sih masih cakep parah). Rumor gak jelas mulai beredar katanya Lay mau merebut posisi Kris jadi leader EXO-M lah. Sesuatu yang menurut para fans china sangat tidak masuk akal. Ada apa dari mana tiba-tiba ada pencarian tentang berita ini jadi popular? Ini malah membuat fans China curiga ada yang mencoba bikin asap dari api yang gak ada ( pake dry ice dong kek panggung dangdutan).
There weren’t actually many people following this search, so why would it be so popular? Who did it? The answer is obvious, SM’s working fans and spies! cr: from here

Seru yah sudah pake fans bayaran yang siap posting apa aja untuk mengalihkan arah berita bahkan sampai menjadi mata-mata siapa yang memposting berita apa tentang SMent di media social. (Buset, blog gue ada penyusupnya juga gak nih?). Setelah dua kali kejadian dengan Hangeng dan JYJ, SMent tentunya gak mau dapat reaksi negatif lagi dari para pemirsah. Bisa ancur dong jualan EXOnya. Ya kan?Ya kan?

Balik lagi ke Kris. Ok lah, secara vokal Kris memang gak bisa disandingkan dengan Chen, Baek,D.O dan Luhan yang memang diset sebagai vocal line.  Kris kan memang diset sebagai rapper yang gantengnya luar biasa. Bohong aja kalau ada yang bilang Kris gak ganteng. Gue aja yang gak milih dia sebagai bias (baca: cowok masa depan) aja sangat mengakui dia gantengnya gak kira-kira. Ditambah tinggi yang hampir 190cm itu dia bisa jadi model atau aktor. Tinggal latihan penjiwaan aja, dia diam aja depan kamera rating sudah tinggi kok. Morgan aja yang tanpa ekspresi itu bisa jadi pemain sinetron, masa Kris yang lebih amat sangat ganteng dan punya bermacam ekspresi ini nggak (masih tetap aja dibahas si Morgan tubuh ini hihihi). 

Kris Pre-Debut VS Nia Ramadhani, Mirip Gak?Gak ya?


101 Kris' Expression  after Debut. Ekspresi Apa Aja Bisa, Gantengnya Tetap Terjaga.

Lalu kenapa SMent menolak tawaran untuk Kris berakting? Belum jelas. Menurut gue sih bisa jadi karena EXO sekarang sedang amat sangat naik daun. Gak perlu terlalu banyak variety show, jadi penyiar radio apalagi maen drama lah. CD Overdose baru dirilis aja sudah terjual 600rb-an copies itu sudah tanda-tanda dapat Daesang lagi akhir tahun (huhuhuhuhu Super Junior harus kerja keras buat mengejar nih). Tawaran manggung sudah dari kapan tahu bertumpuk di meja SMent siap ngajak EXO kemana-mana. Maen drama ntar dulu aja kali yah. Kasihlah kesempatan buat senior-senior yang sudah gak begitu padat aktivitasnya kek Siwon Suju (yang maen drama mulu di China..woiii comeback woiiiii!!) atau anak-anak Shinee yang berpotensi besar tapi kurang perhatian itu (huhuhuhu Onew, kau harusnya juga maen drama secara aktingnya keren. Aku suka...!!). Sabar, semua pasti ada masanya. Mungkin mas Krisnya yang kurang sabar. Atau batas kesabarannya sudah gak setebal tembok China lagi? Yuk atuh ngadem dulu di pelukan akuhhh... *lengan terentang lebar*

Kris : Sini..Sini.. Yang Mana Yang Mau Dipeluk?? 

Berpuluh alasan bisa jadi penyebab tuntutan Kris yang mungkin  sudah lama dipendam dan baru sekarang ketemu momentum yang pas untuk meledak. Sayang bener yah.. Padahal saat project Overdose ini baru berhembus gue mikir ini adalah momentumnya EXO untuk stronger than ever. Gak tahunya malah ada kejadian seperti ini. Sejauh yang gue perhatian saat mereka tampil bersama (ber 12 yah maksudnya) di  acara-acara variety belum kompak-kompak amat juga sih. Kalau jeli, kelihatan lah siapa yang sering membully dan dibully. Bahasa tubuh dan pancaran mata gak bisa bohong cuy. What You See Is Not Always What It Seems, gue selalu percaya itu when it comes to entertainment business.

Greg Hwang's Tweet  About Kris
Anyway, it's gonna be a very long and winding road for Kris, i supposed. Kris harus banyak belajar dari kasus Hangeng dan JYJ. Dua kasus itu memang berakhir dengan kemenangan di pihak Hangeng dan JYJ  tapi setelah itu mereka tidak bisa leluasa bergerak di dunia hiburan. Hangeng dikabarkan perlu waktu dua tahun untuk memperbaiki hubungannya dengan media China dan gak boleh tampil di Korea sementara JYJ sampai sekarang masih dibanned oleh televisi Korea. Mereka hanya boleh tampil di TV as individual sebagai aktor dan bukan sebagai penyanyi. Bagaimanapun tingginya respon fans untuk mendukung mereka kembali ke layar tivi bahkan sempat mengirim petisi segala tetap saja ada tangan yang lebih berkuasa secara diam-diam bergerak dibelakang layar. Begitulah, ini bisa jadi untuk menutupi 'malu' kekalahan mereka atau bisa jadi sebagai 'pembelajaran' bagi artis yang masih dibawah mereka : YOU SUE US AND YOU WILL END UP LIKE THEM. Kejam? Bisa jadi. Bahkan di pekerjaan yang lain, meski banyak pekerja yang merasakan ketidakadilan, lebih banyak yang memilih bungkam dan menerima perlakuan yang semena-mena dari tempatnya bekerja. Cari kerjaan susah bo'.. apalagi sampai di blacklist segala, gitu kali yah pemikirannya.

Sekarang hanya masalah waktu bagaimana masalah ini terselesaikan. Menurut mantan pengacara JYJ bernama Im Sang Hyuk baik bagi Kris maupun SM Entertainment, masih ada kemungkinan  keduanya bisa menyelesaikannya dengan jalan damai, mengingat kasus ini akan berdampak buruk bagi kedua belah pihak.
Gue baca dari Allkpop menurutnya, “Tidak baik bagi pihak agensi maupun Kris untuk menyeret hal ini ke permukaan, jadi kemungkinan keduanya akan menyelesaikan hal ini sangat tinggi. Pengadilan juga mendorong kedua belah pihak untuk segera menyelesaikan masalah seperti ini." Jika mereka memutuskan untuk menyelesaikannya, maka Kris kemungkinan akan diberikan kontrak baru yang berbeda dari member (EXO) lainnya. Sementara itu salah seorang teman Kris yang mantan trainee SM Entertainment, Song Byung Yang sempat memposting melalui akun Weibo, dia memahami keputusan Kris memutuskan keluar dari SM Entertainment. Menurutnya, Kris kini mengalami dilema, stres mental, serta kelelahan yang luar biasa. Tekanan itulah yang membuat kondisi kesehatan Kris terganggu. Huhuhu tambah sedih aja bacanya. Belum lagi liat ekspresi Suho setiap kali ngasih winning speech di tipi, duhh kenapa bukan lo aja sih yang keluar? *ups sorry, keceplosan*  :D

Semoga saja ada  jalan tengah bagi keduanya agar EXO tetap ber-12. Apalah arti Galaxy jika kehilangan 1 bintangnya. Apapula arti foto grup jika tiang pancang setinggi 190cm yang biasanya berdiri diujung  kiri sudah tak ada, bisa gak balance dong. TT TT. Sedih. Saking sedihnya tiap kali lagu EXO muncul di ipod langsung gw skip (kkk..ekstrim gak sih?). Personally gue masih berharap EXO tetap ber-12 seperti saat mereka masih di tahun pertama.Tapi apa mau dikata jikapun harus berpisah menjadi jalan terbaik buat Kris semoga hubungan mereka gak langsung jadi musuhan (dan Suho gak belagak makin menyebalkan!). Live must goes on, dunia entertainment pun begitu. Gue rasa gak ada satupun member EXO-K yang bener-bener kepikiran banget keluarnya Kris. Chanyeol baru aja ngepost di IGnya : Very sorry and very thankful. Also I love you very much, From now on in my life, I will love our EXO fans. Promise♥  Sementara itu di China trending topicnya : #EXO Get Out Of China. Jadi penasaran nih gimana Hot Moment XOXO EXO di MBC minggu ini. I bet bagian Kris di cut di meja editor. Sob Sob. Now it seems like Kris Vs The World.

Tiada Masa Paling Indah..Masa Masa di Sekolah  ( EXO's 1st Year)


Comeback or just keep on going, either way be strong. Bersatu kita jadi EXO, bercerai kita ketemu di pengadilan.          We Miss You Kris.



XoXo
V

PS: tiap kali gw sudah merasa cukup, tiba-tiba aja ada berita baru yang masuk. Jadi maaf kalo postingannya jadi panjang bingit. Biar update keuleus... hehehehe piss!

12 comments:

  1. Duh vit, rada susah ngomong sih yaaaah...

    di satu sisi gak tega banget para idola kita dipekerjakan dengan sistem budak beginih...

    Tapi di sisi lain si SM itu memang udah invest banyak banget untuk biaya training mereka selama pre debut...

    Dan kalo dibandingkan sama boyband lain yang bukan berasal dari agency Big 3, kerja keras mereka sebenernya lebih parah lagi lhooo...

    Infinite misalnya atau mungkin BAP yang debutnya barengan sama EXO tapi single nya udah banyak banget...

    ya sudahlah, kalo emang Kris mau solo, gue siap deh menyiraminya dengan cinta kasih deh...hihihi..

    ReplyDelete
  2. Hadeh... perjuangan kris emang berat ya...
    Apalagi jauh dr keluarga dan sahabat, dpt perlakuan yg gk adil pula dr manajemen.

    Sekalinya kenal exo, e si mas kris udah mau kabur aja... :)

    Semoga kedua belah pihak bisa menyelesaikan secara damai. Jd saiya bisa fokus ke Kim Soo Hyun. #eh? Gk nyambung ya? Disambung2in aja deh ya! Hihihihi

    Btw, mau dong di obatin dokter unyu lee jung suk. Saiya daftar jd pasien ya pak doktr... :D

    ReplyDelete
  3. @Bibi Titi Teliti..

    Apapun sebenarnya EXO itu beruntung debut dijaman Kpop sudah merebak dimana-mana. Cumaaa.. SMent harusnya membedakan kontrak pre-debut dan after debut.Itu aja sih sebenarnya biar gak ada hal-hal sperti ini lagi. Satu lagi yg gw sayangkan, dulu waktu Hangeng keluar dari SJ, member SJ yg lain gak ada yg kasih komen negatif. Leeteuk malah selalu bilang "selalu akan ada spot kosong untung Hangeng." Ini member EXO minta dihajaaaaar semua jawabannya!! Dasar anak bau Kimchi ih ih ih *sodorin odeng*

    @Anonymous Iya nih Kris, belum ngasih kesempatan untuk tau lebih banyak dia maen pergi aja. Semacam memberi luka di hati gitu yah.. hehehe. Tapi tenang masih banyak dokter unyu2 lainnya. Atau kita pake detektif2 unyu di You're All Surrounded untuk mengusut kasus ini hingga tuntas aja? hihihii

    ReplyDelete
  4. Didikannya SM banyak yang membelot ya
    Baru ngeh deh tentang si Kris ini :)

    ReplyDelete
  5. Esti Sulistyawan
    Lebih banyak lagi yg diam-diam aja, play safe :( yg bikin gw sakit hati malah 11 "teman" groupnya Kris. Langsung balik badan gitu. HIks..sedih

    ReplyDelete
  6. Meski bukan fans, tapi turut berduka aja,
    Saya ga bisa bayangin gimana kalau Taeyeon posisinya sama kaya kasus Kris ini.
    Oh SM.

    ReplyDelete
  7. Arif Abdurahman gue rasa Taeyon gk bakal diperlakukan seperti itu, secara dia kan lead vokal. Suara dia jualan SM banget. Gak berani SM macam2 ama dia. Lagian gw liat2 Taeyon anaknya gk terlalu punya ambisi yang besar. Solo debut aja dia gak mau.

    ReplyDelete
  8. Sebenernya aku dah ngikutin banget tiap detail masalah kris ini, ampe rumor2 yg gak jelas jga aku ikutin haha,, tp ttep aja kurang dan pgen tau lg ttg masalah ini, soalnya SM bener2 nutupin dan item putih banget ngasih penjelasan ke fansnya,,

    Hati sih masih pgen ngeliat mereka ber12 lgi, tetep berharap mreka 6-6 bkan 5-6,, tapi yahh, apa mau dikata kalo emang kris dah gak betah di SM dripada dia stress dan ujungnya malah pnya niat bnuh diri kayak hangeng,, aku ikhlas aja deh,
    Moga aja galaxy justru lebih bersinar di luar exo planet :') smoga cpet bisa bangkit dan bisa sukses terus kayak hangeng yang malah sukses ampe hollywood,,

    Oya, mau nanya bener gak sih rumor yg bilang kris sbnernya gak keluar dri exo cuma hiatus doang 6 bulan buat mulihin kondisinya?
    By the way, nice reading,, ^^

    ReplyDelete
  9. Cahya Aulia betul betul..masih banyak kok planet lain di Galaxy ini yg bisa jadi rumah baru Kris, gak cuma EXO doang. Skrg sy pikir, Kris is better off without EXO secara member EXO gak ada baik2nya ngomentarin Kris. Sebel aja.. hehehe

    ReplyDelete
  10. Huaa kris pasti sakit hati teman2nya ga ada yang nahan. Palagi sang Leader, mbok kayak Leeteuk Oppa dan Onew Oppa gtuu lhoo tngan slalu terbuka unk para dongsengnya. Tnang kris ad bnyak fansmu diluar sana yang akan memberimu cahaya KRIStal unkmu jga ada Hangeng hyung yang akn mendukungmu.

    ReplyDelete
  11. Sekarang member exo sudah out 3, 2 kemungkinan, pertama manajemennya bikin mereka gak nyaman alias harus kerja rodi tp honor tidak transparan, kedua , motto mereka exo saranghaja kayaknya hanya dibibir saja, dalamnya kita nggak pernah tau, bisa saja isu saling membully benar terjadi karena kabarnya member asal negeri ginseng menganggap member china ada dibawah level member korea hmmph sedih jadinya - -

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi bisa jadi... sekarang tinggal nunggu Lay out nih #eh

      Delete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.