Tentang Hal-Hal Yang Menganggu Update Blog

Salah satu hal yang ingin saya achieve tahun 2015 ini (kalau bisa dibilang resolusi) adalah lebih rajin dan lebih serius update blog secara postingan tahun 2014 minim banget. Padahal kalau dibilang kekurangan ide nulis, gak juga sih. Tapi kenyataannya jumlah postingan saya tahun lalu emang dikit banget, malah sempat hiatus 7 bulan. Ada yang pernah seperti itu juga? Ada saja hal-hal yang menganggu update blog, ya kan? Untuk saya sendiri, setelah dipikir-pikir, mungkin penyebabnya begini..

Jadi ceritanya tahun 2014 lalu tempat saya siaran (yang ke... coba sy hitung dulu yah. Satu..dua.. ehmm.. yang ke enam!) akhirnya setuju untuk membuat satu program acara lagu-lagu Korea. Agak telat? Mmh yah bisa jadi begitu, mengingat radio sebelah dan sebelahnya lagi sudah mempunyai program semacam ini lebih lama. Makanya ketika akhirnya Sajangnim setuju saya memutuskan untuk membuatnya tidak hanya menjadi ajang request seperti radio-radio tetangga itu. Program ini harusnya bisa memberi informasi, tidak menggurui tapi juga menghibur.

Dari research dan tanya sana sini, saya tahu orang-orang yang terkena demam Korea ini terjangkiti dari berbagai virus. Ada virus dari boyband/girlband Korea yang saya namakan "Kpopers", ada yang terjangkit dari virus K-Drama (sebut saja "Drakornis) dan ada juga yang dari Variety Show (nah ini yang belum saya beri julukan). Dari 3 jenis virus mematikan (halah!) ini kesukaan mereka berkembang kearah budaya, bahasa sampai kuliner. Makanya instead of focusing only on Kpop, saya memilih untuk adil merata kepada 3 kubu ini dan menyatukannya dalam "K Wave Radio Show".

Kpop
Follow twitter @radiospfm and Likes Fanpage Facebook Radio SP FM Makassar ya! 

And the feedback is awe...some!! SMS, Line, Twitter apalagi comment di Facebook alhamdulillah banyak dan seru-seru komentarnya. Saking serunya para pendengar ini malah saling balas comment. Memangnya apa sih yang dibahas sampai seru gitu komennya?

Sebenarnya yang saya jadiin topik setiap Minggu itu sederhana saja, gak berat-berat amat kok. Apa yang lagi heboh dibicarakan di dunia entertainment Korea aja. Kek misalnya pas kejadian banyak selebs korea yang ketahuan pacaran, atau managernya Beast & BtoB yang demen Indomie. Tentunya saya selipin juga satu dua info pendukung penetralisir supaya obrolan mingguan tidak berakhir dengan fanwar atau debat kusir. Kita sih geng Kwave cinta damai,cyn... hehehe. Intinya sih mudah-mudahan dari obrolan itu ada sedikit pencerahan apalagi buat para pendengar Kwave Radio Show yang masih 'melihat-apa-yang-ingin-dilihat-dan-mendengar-apa-yang-hanya-ingin-di-dengar'nya saja. Bias ketahuan pacaran aja rasanya sudah kek gak naek kelas, apalagi yang biasnya menikah. Duh, sakitnya tuh disini...

Kyuhyun Kecewa


Pengalaman ngehost acara ini selama setahun membuat saya menjadi lebih banyak tahu karakter pendengar dilihat dari segment kesukaannya. Para Kpopers selain komentar mereka paling rajin request. Kalau bisa dari awal sampai akhir lagu boyband/girlband favoritnya aja melulu. Dan kalau sudah sama satu grup atau penyanyi mereka akan request itu setiap minggu dengan lagu yang berbeda. Saya aja sampai hapal saking seringnya. Mereka juga kelihatan lebih berani mati ngasih comment dan sms sampai berkali-kali dengan isi yang sama. Sepertinya mereka menganggap kirim sms ini semacam ngirim vote mendukung bias mereka di ajang MAMA, hihihi. Padahal kalau isinya sama aja yang pusing biasanya yang memfilter sms sebelum saya baca on air, kkk..

Para Kdrakornis lain lagi tipikalnya. Mereka lebih kalem, gak terlalu menggebu-gebu tapi sekali komentar panjang.... banget. Hahaha. Bikin habis napas kalau mau dibacain lengkap. Lain lagi dengan para penggemar Variety Show. Mereka lebih tertib, komentar padat, jelas walaupun gak singkat-singkat amat juga sih, hehehe. Sebenarnya sih apapun yang dibahas, mau itu soal musik, drama, variety show, masakan atau pariwisatanya, semua komentar gak ada yang singkat. Makanya siaran Kwave Radio Show itu penyiarnya harus bermodalkan napas panjang dan air mineral 1 liter hehehe.

Supaya penyiarnya gak kehabisan napas (toh Siwan atau Kyuhyun gak bisa ngasih bantuin ngasih napas buatan juga sih..), sebelum closing ada segment "Kwave Radio Ballad" yang muterin lagu2 ballad sejam penuh hingga melengkapi 3 jam siaran Kwave Radio Show. Pendengar puas, penyiarnya lemas ngumpulin napas.. Tapi serius, saya sih tetap senang saja karena komentar-komentar pendengar itu banyak yang lucu-lucu. Coba deh, setiap Minggu malam pukul 20.00 - 23.00 WITA (sesuaikan waktu dengan wilayahnya yah..) dengarkan streaming di www.radiospfm.com atau bisa via aplikasi tune.in di smartphone. Jangan lupa Follow twitter @radiospfm and Likes Fanpage Facebook Radio SP FM Makassar ya! Biar makin rame dan makin seru obrolannya.

Saking serunya di  Kwave Radio Show, saya jadi agak males nulis di blog tentang Korea-Korean. Abis gimana ya..yang biasanya saya tulis, akhirnya jadi bahan siaran setiap Minggunya. Toh pada dasarnya ada skripnya juga, cuma bedanya saya gak harus mengetik dan biarkan mulut yang berbicara. Karena medianya berbeda, tanggapan yang saya dapatkan juga lebih cepat. Tipikal feedbacknya pun juga lebih beragam  akhirnya jadi sesuatu yang bikin saya lebih semangat on air dibanding nulis on blog. Biasanya sih kalau di blog lebih 'seragam' komentar semacam pertanda : EH AKU MAMPIR LOH KE BLOG KAMU. KAMU KAPAN MAMPIR KE BLOG AKU. Semacam itulah. Sementara kalau saat siaran, komentar-komentar yang ada benar-benar memperlihatkan kalau mereka itu dengerin siaran saya dan mereka merasa terlibat didalamnya.

Mungkin emang seperti itu kali ya, respon orang pada sesuatu yang kita lakukan itu banyak banget pengaruhnya pada motivasi. Masing-masing media punya sisi keunikan tersendiri menurut saya. Selain media tulisan seperti blog ini  dan media radio seperti acara Kwave Radio Show, ada satu media lagi yang cukup sering saya jadikan tempat curhatan perasaan jika kata-kata sudah tak sanggup lagi mengungkapkannya. HALAH bangettt dehhh !!!   Media itu bernama Youtube.

Di Youtube, saya punya satu channel dimana saya biasanya mengupload video fanmade yang saya buat sendiri. Pernah kan merasa ada satu lagu yang kalian suka banget tapi kok gak ada MV ( Music Video) nya. Ataupun kalau misalnya ada MV, kok MVnya gitu sih..? Gimana kalau MVnya plot gini aja... Berbekal rasa sok tahu luar biasa itulah saya menyusun sendiri potongan-potongan gambar dan memadukannya melalui software video editing.

Fanmade pertama yang saya buat itu tahun 2006 untuk couple Tsukushi-Domyoji dengan memakai lagu Everything - Michael Buble dan footage dari potongan-potongan drama Hana Yori Dango. Seingatku waktu itu masih pake aplikasi edit video bawaan Windows dengan laptop masih intel core dan VGA seadanya. Bayangin dong betapa lama saya mengeditnya. Begitu di upload di Youtube cape-capenya hilang begitu tahu jumlah viewnya,likes dan comment makin banyak. Etapi dong, semua jadinya sia sia ketika akhirnya beberapa tahun kemudian, dapat email notifikasi dari Youtube. Video itu pun diblok dan didelete tanpa saya sempat memback upnya di laptop yang baru.

Kejadian seperti ini kejadian lagi di tahun 2012 saat saya mengedit MV Fanmade untuk OST I Miss You ( Kdrama) dengan  memakai aplikasi Adobe Premiere CS 6 dan Sony Vegas Pro 12. Tahun itu MV Fanmade di Youtube sudah bukan satu dua lagi, jadi senang banget ketika MV fanmade buatan bisa menempus 400rb views lebih disaat channel yang lain dengan lagu yang sama gak sampai segitu. Lebih senang lagi ketika suatu hari gak sengaja melihat MV fanmade saya itu ditayangkan di tivi dan saya cuma bisa bilang "EHHHH???". Kaget, senang, ge-er juga ada. Mungkin gara-gara itu juga views jadi ikutan bertambah dan akhirnya dapatlah peringatan kedua dari Youtube. Sekali lagi melanggar, channelnya tutup yaaa!!!  Fanmade aku itu pun wassalam di dunia maya. Padahal namanya juga fanmade, it's just made for fun by fan, hiks!

Nih contoh beberapa OST K-drama yang saya suka tapi tidak punya official MV:

1. Hidden Path - Red Cheek Puberty ( OST MISAENG) 


2. Hope and Hope - Kim Na Young ( OST Marriage Not Dating) 




3. Magic Castle - Melody Day ( OST I Miss You) 


Beberapa juga saya buat karena berdasarkan topik tertentu. Misalnya fanvid dukungan untuk  Leeteuk Suju wajib militer , untuk Kris Wu Yi Fan saat dia memutuskan kelaur dari EXO dan fanvid birthday untuk Im Siwan.

1.  Someday - Super Junior 



2.My Turn To Cry ( Olivia version mashup with Baek,Chen D.O version)



3. Selamat Ulang Tahun - Dewi Lestari ( Happy Birthday Im Siwan) 



Selain itu saya juga tetap aja ngedit fanvid couples favorit seperti untuk couples Jang Junu - Haru dan Jang Junu - Sarang dari variety show Superman is Back.

1. My Only One - Mocca ( Jang Junu - Lee Haru Couple)


2. Like A Star - K Will ( Jang Junu - Choo Sarang Couple) 



and next project for The Triplets : Daehan - Minguk - Manse ( Eits..besok-besok saya posting terpisah yah tentang si kembar tiga ini).

Walaupun mungkin banyak yang menganggap, gila sampe segitunya sih.. tapi saya masih tetap semangat ngedit fanmade. Karena sekali lagi, kadang gambar lebih bisa berbicara banyak dibanding kata-kata. Kepuasannya pun berbeda. Malah menurut saya, dengan tiga media ini saya bisa berekspresi dan sharing lebih banyak. Dengan harapan semoga berguna, syukur-syukur bisa memberi inspirasi dan motivasi bagi yang lain agar bisa membuat yang lebih baik lagi.

Hahahaha..

Sepertinya tadi ada Malaikat yang lewat.

Anyway, apapun sebenarnya banyak hal yang bisa mengganggu update-an blog. Sekarang tinggal komitmen dan usaha mewujudkan agar kejadian posting minim tidak terulang lagi. Bagaimana menurut anda?

13 comments:

  1. Kalu saya, pas tanggal tua tiap bulan, perasaan ga enak.. runyem. Jadi nulis susah dibandingkan pas tanggal muda.

    Ternyata nulis pas tidak mood juga sering menghasilkan tulisan yang tidak bagus juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Anton, gitu yah? bisa jadi.. bisa jadi. Kalo gak mood, disimpan jadi draft dulu aja. Diedit ulang setelah moodnya ok. Tapi katanya yah jangan tergantung mood juga sih. Semangat ya Mas Anton

      Delete
  2. Ya ampuuuun, ini tulisan panjang banget dan aku baca dari huruf pertama sampai habis :D
    *napas buataaaaan*

    Aku gak ngerti korea sama sekali, tapi.. baru tau video model begitu disebutny fanmade. Hihihi kuper ya? x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mbak Pungky, mau nafas buatan dari siapa nih? :)). Fanmade video gak melulu dibuat by korean fan kok, apa aja juga boleh. Memangnya suka apa mba?

      Delete
  3. Masalah sama buat setiap penggemar k-drama sepertinya. kalau sudah mulai nonton, jadi lupa hal lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi agak2 amnesia gitu ya Lia.. Hehehe.. ala drama korea lagi dong

      Delete
  4. jadi sebutan buat penggemar kdrama itu Kdrakornis? kenapa gak kronis aja hahaha
    eh gue juga suka liat tuh video yang dibikin fans di yutub, kebanyakan sih video yang kisu kisu,, :p
    penasaran nih pengen dengerin radionya biar update soal korea-koreaan, kira-kira di subang ketangkep gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketangkep dong.. kan ada radio streamingnya. Bisa di Fanpage Facebook https://www.facebook.com/radiospfm , atau di www.radiospfm.com.
      Denger via smartphone juga bisa >> http://tunein.com/tuner/?StationId=1385 . Ditunggu lohh setiap Minggu malam..

      Delete
  5. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Fikri, sering2 berkunjung aja yah :)

      Delete
  6. ayo mak semangat ngeblognya hehehe
    sama kayak aku resolusinya tahun ini mau sering posting ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih. Makasih ya! Yuk kita semangat!

      Delete
  7. Ayo, semangat mbak postingnya :) Tujuh bulan hiatus lama bangeeet :p

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.