GenKdrama, Ketika Perbedaan Tak Jadi Masalah

Masih ingat gak jaman pemilihan presiden tahun lalu? Di social media rame update-an status tentang kandidat pilihan yang kemudian berakhir 'rusuh' di tab comment. Gimana gak rusuh kalau terjadi perang hujatan, saling sindir menyindir atau lebih parah lagi secara terbuka berantem di social media. Serunya (atau sarunya?) berantemnya bisa melebar sampai ke dunia nyata sampai putus komunikasi dan tali silaturahmi. Kelakuan sudah 11-12 dengan fans hardcore One Direction, Justin Bieber, Agnes Mo, Super Junior, EXO dan segala macam idol-idol itu. Kalo ingat lagi jaman itu, gila yah..bisa sampai segitunya cuma karena perbedaan 'idola'. Hayo siapa disini yang sempat renggang hubungan pertemanannya gara-gara beda 'idola'? 
"Segala perbedaan itu.. Membuatmu jauh dariku.."

                                        Ari Lasso - Perbedaan

Oke lupakan, lagu Ari Lasso gak ada hubungannya dengan Kpop, Kdrama or whatsoever!

Gara-gara itulah akhirnya waktu itu saya mengambil jalan tengah : GAK MAU UPDATE STATUS BERBAU POLITIK, walaupun kadang-kadang tangan gatel setengah mati. Kalau dipikir-pikir lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. Kalau opini kita berbeda, biasanya banyak yang komen gak mau kalah. Makanya mending bahas yang lain aja deh. Drama Korea,misalnya.

Dan ternyata saya gak sendiri.
Diantara teman-teman di media social, ada beberapa 'biang' Drama Korea. Jadi sementara yang lain sibuk dengan perdebatan tak berujung tentang siapa yang paling pantas, kami 'sibuk' berkicau di socmed tentang drama Korea yang telah dan sementara ditonton. Saling menanggapi jika ada yang menarik hati tapi tidak saling menyakiti perasaan jika berbeda opini.

Misalnya nih, terus terang saya gak suka sama Lee Min Ho dan Park Shin Ye. Gak ada satupun dari drama keduanya yang saya tonton (Jadi ngerti kan kenapa saya gak nonton The Heirs?). Bukan benci loh..gak suka aja. Walaupun sejuta umat bilang Lee Min Ho ganteng dan Park Shin Ye keren, dimata saya kemampuan akting mereka datar (tsaaahh!). Coba bayangin kalo komentar semacam ini di lapak lain, misal bilang "Aku gak suka EXO, mereka nyontek SuJu aja ihh!" niscaya bakal dibash abis sama anak-anak EXO-L. (Ada yang mau nyoba?)

Nah, reaksi seperti ini yang tidak (atau belum?)  saya temukan diantara para pencinta drama Korea. Beda selera jenis drama aja gak sampai ada yang marahan. Saya yang suka banget sama Misaeng sering banget nebar-nebar racun Misaeng. Senang aja kalau ada yang ter-Sales Team 3 juga. Lumayan kan bisa diajak ngobrol di rooftop sambil minum susu basi.

Misaeng, The Best K-Drama Ever!! 




Tapi jika kemudian ada yang bilang,"Cuma tahan sampai episode 2. Aku lebih milih nerusin nonton Pinocchio" yah gak kemudian saya dorong dari rooftop juga sih. Menurut saya, Misaeng memang agak berat dibanding drama Korea lainnya. Jadi saya maklum dan ngerti banget jika kemudian ada yang lebih berat ke Pinocchio. Saya malah sempat bikin survey yang hasilnya bisa disimpulkan : yang suka Misaeng biasanya gak betah nonton Pinocchio begitu juga sebaliknya. Setuju gak?

Pun ketika seorang teman yang sangat ter-Healer update status Facebook atau Twitter tiap hari tentang Ji Chang Wook, atau teman yang update blognya sampe tiga kali hanya untuk bahas Kill Me, Heal Me, yang tidak ter-Healer atau tidak ter-Cha Do Hyun pun asik-asik aja ngerusuh di tab comment. Because i (or should i say "we"?) found it fun. Mungkin karena pada dasarnya mereka ini adalah blogger jadi urusan lempar kata-kata sudah biasa. Terkadang malah statusnya bahas apa, komen melebar sampe kemana. Tau tau sudah 100-an lebih komen aja. Hahahaha...


Rusuh di Tab Komen 

Agar tidak menganggu timeline teman-teman saya yang lain di Facebook akhirnya saya membuat friendlist khusus yang saya beri label : GenKdrama. Jadi kalau saya mengupdate status yang berbau Korea, yang bisa baca yah orang-orang dalam list itu saja. Dari Geng Kdrama yang kemudian dipergaya jadi GenKdrama itulah jadi lebih saling mengenal siapa ngefavoritin aktor mana dan alergi sama aktris yang mana. Ketika kemudian ternyata yang dialergiin adalah kesukaan yang lain, disinilah perang MEME dimulai :

MEME Buatanku Special Untuk NUFRITA YULITA

Ini Meme special yang saya buat khusus buat Nufrita Yulita, Ibu Guru yang suka Seo In Guk tapi alergi dengan Gong Hye Jin. Diantara yang lain, Nufrita ini paling sering dijadikan 'bulan-bulanan'. Gara-gara bahas drama Seo In Guk, The King's Face, comment paling absurdnya nunggu di kandang kuda sambil ngasah golok segala akhirnya menjadi trademarknya. Akhirnya Mak Uthie membuat meme khusus untuk Nufrita.

Meme Buatan Uthie 

Uthie ini kenalnya gak sengaja. Gara-gara ngefans banget sama saya yang sering bahas Misaeng, akhirnya dia dengan sukarela menjerumuskan diri ke kawah komen tak berdasar. Komen-komennya gak kalah absurd dan keabsurd-annya terbawa sampai ke Meme buatan orang lain.

Pic Edit By Tary, Words by Uthie 

Perempuan yang nempel-nempel Lee Min Ho ini adalah Tary. Sebagai bentuk keputusasaannya karena LMH lebih memilih Bae Suzy, di hari yang mematahkan hati para Minoz, dia pun mengedit fotonya berdampingan dengan Lee Min Ho. Keren ya?

Tary adalah orang yang paling cepat dalam membuat Meme. Dengan modal aplikasi Photoshop Touch for Phone, jadilah Meme yang bisa bikin yang lain ngiri merana sampai tertawa berderai airmata. Ini beberapa hasil perbuatannya yang sempat menghebohkan dunia persilatan komentar.

Untuk Uthie yang ngakunya sih ngefans banget sama Jung Kook BTS tapi lebih sering bawa-bawa nama Saiful Jamil di hampir setiap komennya, Tary bikin ini :

Buatan Tary Untuk Uthie

Untuk saya yang demen bapaknya Triplets, saya dibuatin ini :

Meme Daehan,Minguk,Manse Buatan Tary 
Saking shocknya dibuatin Meme seperti ini, saya sampai harus periksa mata ke dokter. Halah!

Dari satu Meme ke Meme berikutnya, satu satu member GenKdrama tak mau ketinggalan memperlihatkan kreativitasnya. Della salah satunya. Dari sisi selera, saya menemukan banyak kesamaan dengannya. Jika berkomentar, Della itu paling baik hati, tidak sombong walaupun gak jelas dia rajin menabung atau enggak. Ketika kopdarpun Della terlihat kalem-kalem keibuan. Tapi ketika Meme buatannya dipublish, saya kok jadi ragu yah...

Meme Buatan Della 

Beberapa member GenKdrama memang belum buat Meme. Paling banter mereka komen atau share info untuk jadi bahan 'kerusuhan' berikutnya. Mungkin untuk sebagian orang yang gak ngerti, berbalas komen seperti ini bisa jadi semacam hal yang hanya dilakukan oleh orang yang kurang kerjaan. Padahal asal tahu aja, para 'komentator' ini kebanyakan perempuan karier slash ibu rumah tangga slash mbak mbak gaul yang mandiri *halah*! Disela-sela kerjaan mereka biasanya menyempatkan diri untuk berkomentar. Karena sudah keseringan komentar dan saling berbalas kunjungan di lapak yang lain, makanya gak heran kalo yang tadinya ada yang mampir berkomentar sebagai "friends in common" malah jadi friend beneran. See.. bukannya nambah musuh, malah tambah teman.

Tidak hanya saling komentar atau lempar-lemparan Meme, belakangan ini GenKdrama merambah ke media lain : Website!

Ini sebenarnya berawal dari mak Sumarti Saelan  yang nantangin untuk memposting review K-drama di blog masing-masing setiap hari Kamis. Beberapa diantara GenKdrama memang sudah punya blog dan sering membahas K-Drama tapi gak pernah jelas juga harinya, tergantung kapan selesainya aja. Setelah usulan tadi disundul, Empiee yang lebih dikit berkomentar (mungkin karena lebih konsen bikin nail art sambil gelendotan manja sama Nickhun) melempar ide : Yuk buat blog khusus drama aja!

Segera saja saya iyakan. Daripada energi dan kalimat ini hanya beredar disekitar kita aja, kenapa tidak kita bagi aja ke seluruh penjuru dunia. Visi dan misi yang keren kan? Padahal sih sebenarnya supaya sebagai blogger bisa diundang ke acara-acara fanmeeting atau konser-konser Kpop gitu. Ahay!

Setelah rembukan mencari nama dan segmentasi yang tepat kami sepakat menamakannya : mykoreandrama.com dengan tagline : Tempat Kumpulnya Pencinta Drama Korea. Yes, as simple as that!

Website mykoreandrama.com, Hasil Patungan GenKdrama

Pada akhirnya gerombolan GenKdrama yang sering berceracau di Facebook dan rusuh di jam siaran Kwave Radio Show saya, bertransformasi menjadi Team Korean Drama. Hanya 8 orang yang benar-benar terlibat di website ini. Adalah Empiee, Della, Uthie, Lia, Nufrita, Ilmiy,Tary dan saya sendiri yang bergotong royong mewujudkan ide ini bersama. Mulai dari beli dan setting domain, mendesign tampilan website, mengcreate akun media sosial, menulis postingan terkini sampai mengedit tulisan sebelum dipublish kami lakukan atas asas suka sama suka (loohh?!) kebersamaan dan kepercayaan. Harapan kami, sesuai taglinenya : Tempat Kumpulnya Pencinta Drama Korea, website ini bisa memberi informasi terpercaya, bisa diandalkan (karena gak copas, serius!) dengan bahasa yang kita banget. Semacam kita ketemu di warung sebelah dan ngobrol sampe lupa masak. :D

See... perbedaan sikap politik, musik, film, makanan atau apapun itu memang tidak bisa dihindari karena masing-masing individu punya selera yang berbeda. Memang ada yang menyikapi perbedaan dengan emosi, ada juga yang memilih menghindari. Padahal berbeda selera gak harus jadi masalah, apalagi jika bisa disikapi dengan cara yang lebih baik. Seperti mantengin update-an terkini dari kandang kuda sambil ngasah golok mykoreandrama.com , misalnya. Makanya yukk cuss follow twitternya dulu di @MyKoreanDramaID dan likes fanpage My Korean Drama ID di Facebook yah..

Sementara itu GenKdrama di Facebook masih tetap ada dan masih riuh dengan topiknya yang segala rupa. Riuh rendahnya komentar dan warna warni perbedaan berada pada satu benang yang sama : Drama Korea. Suka gak suka, Saeguk atau Melodrama, Action atau Romantic Comedy, yang penting ambil serunya aja. Walaupun pada kenyataannya hidup memang tidak seindah drama Korea, yakinlah perbedaan tidak semuanya bisa berujung jadi masalah. Cukup nonton Drama Korea aja, gak usah jadi deramaah.

Salam! 

24 comments:

  1. Eyaampun.. potonya sajam muncul juga. Penomenal bener yak sajam ini sampek disandingkan sama mak utie. Xixixixi...
    Dan aku keknya salah satu yg belum pernah samsek bikin meme. Duh miskin ide nih soalnya. Huhuhu.. *pantes aja blog ny jarang di apdet* :D

    ReplyDelete
  2. Omooooo Vitaaaaaa.... Aku tersanjung banget loh bisa masuk kedalam postingan blog seorang Vita Masli! Cius... apalagi apalah aku mah blognya juga abal2 tetiba terseret ke lembah nista eh ke genk kdrama dan jd salah satu kontributor web kita :') *aku terharu* *diusap aer mata sama Jungkook*
    Tapiii...apapula itu si epul jamil kebawa2 disini :)) yang doyan akuui atau kamuuu? Ngaku ga? *lempar bang ipul* Lalu apa pula itu kalimat aku ngepens kamu. Ih. Ngepens mah ama BTS.
    But trully, aku seneng lah ketemu kalian ^^ Jadi ga merasa sendiri, bisa rusuh bareng, termotivasi rajin ngeblog, nambah temen pula...
    Tunggu postingan akuuhhhhh 😈

    ReplyDelete
  3. Hah, Vita! Jadi waktu kita kopdaran itu gue masih pake topeng PSH ya? Kesan yang kamu dapet dari gue masih versi jaim itu! Oke fix kita harus kopdaran lagi.
    Iya bener dulu awal kita ngakrab gara2 pemilu ya, gerah baca status di wall, akhirnya bikin eskapisme sendiri ^^
    Btw ternyata status fesbuk pun bisa dimoderasi ya. Pantesan aja kalo komen di status pesbukmu yang bau2 Korea, nggak ada orang yang asal samber. Besok2 cobain ah :D

    ReplyDelete
  4. Vita jd terharu dgn postingan ini, wah aku dukung banget kalian buat ini, aku sebagai pelengkap penggembira alias cheersleader kalian maklum kerjaanku lg hectic bangeet tapi pas aku libur n bisa nonton kdrama dgn intens...sesekali pengen posting kdrama disitu boleh?

    ReplyDelete
  5. Jiahahaha... eikeh dijadiin tokoh protagonis tp kmn2 bawaan antagonis bnget oleh yang punya lapak :D
    mumpung jd seleb iniiiii.... *nyiapin pidato*
    dadahdadah... *ala2 miss univers*

    ReplyDelete
  6. hahahaha...lucu2 memenya :D... kalo ttg berantem di medsos krn masalah perbedaan, aku jg heran mbaaa... masalahnya org2 yg berantem itu ga sadar ngotorin timeline kita itu loh...akhirnya, siapapun yg bikin status provokatif di FB ato twitterku, aku lgs block... Ga peduli sodara ato temen. Bukan musuhan ya, tp aku blok aja... kalo ketemu sih ttp biasa...cm aku g bkl mw add lg di FB ku gitu...drpd dia berulah ngotor2in timeline lg ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu dehh! Emang kadang2 bikin gerah banget ya kalo berantem teu puguh seperti itu. Ada beberapa yang memang aku blog juga, kalo ketemu sih masih hahahahihi. Paling aman sih bahas drama Korea aja deh.

      Delete
  7. Aku sudah berkunjung ke blog baru khusus Kdrama, kereeeeen euy.
    Semoga makin konsisten yak di dunia per-Korea-an, xiixixiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih... sering-sering mampir ya :)

      Delete
  8. Yeah.... Finally kamu menuliskan jg asal muasal GenKDrama, sekelompok makhluk gila yg hampir punah.. Saling ngebully itu yg bikin kangen tiap hari .. Hanya di GenKDrama orang2 berlomba utk dibully

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu waktunya giliranmu, Ira.. HAHAHAHAHAHAAH! *ngasah golok*

      Delete
  9. aduhhh mak yg versi editan uttie di pajang lagi pic nya.... bisa rusak reputasi nih heheh....
    gara2 masuk genk ini aku jadi ngerusuh suami buat benerin laptop, tadinya blog ku juga bakal mati suri selamanya. sekarang jadi semangat lagi ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik.. ayo atuh! Supaya Meme buatanmu punya tempat khusus. Ditunggu!

      Delete
  10. Diihhhh, tutup muka :v :v
    1.Aku yang ajak2, tapi karena di mrja banyak bangets PR bener2 lom nyampe otaknya, malah lom nelurin 1 pun tulisan :v :v

    2. Aki anpe sekarang ga tau caranya bikin meme, cara motong2 & gabungin foto :v
    entar belajar pas ada ponakan deh :P

    3. Entar klo udah kelar semua kerjaanku, boleh kan satu dua tulisanku mejeng di web itu? :P

    4. Yukkk terusin merusuhnya :v :v :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggung jawab, Mak! Tanggung jawab! Hahaha.. ini nih bikin asap ninggalin api.

      Delete
  11. wihh, pecinta korea banget nih.
    itu tiga bocah kayaknya lagi fenomenal banget yak..

    ReplyDelete
  12. Aku belum update blog pribadi karna sibuk ngurusin anak kedua mykoreandrama.com huhuhu.. semangat mba vit \(>,<)/
    Semoga misi dan visi kita bisa berjalan beriringan bt gedein anak kedua kita ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien.. semoga gedenya kek Daehan Minguk Manse yah.. Hahahaha *teuteup bawa2 Triplets*

      Delete
  13. Dari 8 orang itu, kayanya aku yang belum pernah berkontribusi yah. hehe

    ReplyDelete
  14. Wah..

    Sukses ya, kawan-kawan. Semoga mimpi kalian terwujud.. Aminnn...

    *ngumpet lagi dibalik punggungnya SNSD*

    ReplyDelete
  15. Hallo Mba Vita..

    Sebelumnya mau ngucapin makasiii krn uda bikin tulisan banyak ttg triplet song...
    saya newbie soalnya untuk urusan TROS. dulu suka bingung si, knp semua orang suka dengan triplet ini.. bahkan orang yg aku tau bgt dia bukan aliran korea wave...

    dan skrng I REALLY FALLEN TO THEM... jd iseng search2 berita ttg triplet ini.. dan ketemulah blog mba vita ini..

    dari awal liat2 judul ttg triplet doang, jd kemana2.. :D :D :D

    kayaknya kita tipe genKdrama yg sama.. krn penasaran sama MISAENG yg menang jd film of the year... Ternyataaa.. emang keren bgt drama ini.. beda sama plot k-drama yg biasa..

    Biasanya nonton Kdrama, jarang yg bisa bikin brebes mili... ini cuman gara2 oh sang shik lebih milih resign demi anak buahnya.. sedihnya lebih dari kim so hyun balik ke planetnya.. :D :D :D

    anyway cuman mau bilang, makasiii buat blognya.. i really enjoyed..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Dyah..

      Senang bisa menulis sesuatu yang membuat pembaca ikut senang juga. Makasih yah. Sering2 mampir. Subscribe dong biar gak ketinggalan info.

      Delete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.