Web Drama, Trend Baru Drama Korea

Gara-gara beberapa waktu lalu di twitter heboh dengan  web drama EXO Next Door, seorang teman (yang gak usah disebut namanya, ntar dia kondang)  nanya-nanya di whatssapp.  Dia penasaran kok bisa rame aja dibicarakan. Memangnya ceritanya super duper keren bingits? (Ngomong ala seumuran fansnya EXO). 

Akhirnya saya ceritakan sekilas story linenya dan alasan web drama yang baru 2 episode itu jadi TTWW (lengkapnya ntar di postingan berikutnya yah, supaya kalian betah maen ke blog gue. #modus), dia nanya lagi nontonnya dimana. Setelah diberitahu nontonnya di Line TV, dia nanya lagi "Channel TV baru? Harus langganan lagi dong..." 

Well, you don't have to, secara yang namanya web drama emang gak tayang di televisi tapi di website. 

Mungkin banyak yang belum tahu apa sih web drama itu?

Misaeng Prequel Web Drama 

Sebenarnya web drama adalah drama yang gagal menyesuaikan dengan aturan televisi-televisi besar. Di Amerika Serikat trend web drama sudah dimulai sejak era 90'an. Sementara di Korea adalah Naver (search portal semacam Google dan Yahoonya Korea yang punya LINE) yang kemudian mentrendkan  web drama di Februari 2013 berdasarkan cerita-cerita yang diangkat dari webtoon. Contohnya sebelum Misaeng tayang sebagai serial di tvN, versi webdrama Misaeng dibuat dalam 6 episode menampilkan karakter-karakter di Misaeng saat mereka belum bekerja sama di One International.
Saat ini setidaknya ada 20 web dramas yang sudah diproduseri di Korea Selatan.

Baca juga : 10 Facts About Misaeng 

Kenapa sih web drama bisa jadi trend?

Dari sisi penonton, web drama ini bisa jadi sandaran jiwa yang lelah di jalan karena pemainnya kebanyakan idol-idol cakep yang lagi hits. Untuk menontonnya juga gak butuh waktu yang lama per episodenya. Kebayang dong udah cape banget di jalan nonton drama dengan durasi panjang di gadget? Pengen di pause tanggung. Gak di pause, eh malah ketiduran (ini gue banget!). Nah, yang seperti ini gak akan kejadian saat menonton  web drama karena durasinya rata-rata  5 sampai 20 menit per episode dengan jumlah episode gak sebanyak drama yang tayang di televisi. Sesuatu yang memang dibuat 'on-the-go'.

Web drama menjadi trend di Korea Selatan juga karena  didukung teknologi internet dan gadget yang berkembang pesat disana. Beruntungnya orang-orang di Korea Selatan, jaringan LTE dengan kecepatan tinggi membuat orang-orang yang sedang di subway, bus, sedang ngantri atau sedang makan sendiri gak perlu bosan cuma ceki-ceki social media aja. Disana nonton video dengan kualitas HD gak pake buffering gak kayak kita yang 360p sudah alhamdulilah.  sudah biasaaaaa........... banget. 

Dengan makin banyak  anak muda Korea Selatan yang gak bisa lepas dari gadget mereka karena 'ketagihan' konten video dan baca komik ( webtoon, yang ini dibahas terpisah lagi yah.. #modus #2) para pembuat drama korea pun mulai kepikiran, kalau para anak muda ini gak bisa lepas dari gadgetnya lalu kapan mereka bisa nonton drama di televisi? Masa cuma ahjumma dan noona noona haus kasih sayang cowok ala Ji Chang Wook aja sih yang nonton drama kita... Gitu kali ya pikir mereka. Makanya makin banyaklah dibuat web drama yang ceritanya diangkat dari web toon dan menjadi trend sejak 2013. Pembuat drama Korea pun  mengubah cara mereka memperkenalkan Kdramas kepada dunia.

Dari sisi pembuat, dengan durasi yang singkat dan episode yang gak banyak, ceritanya jadi tidak bertele-tele. Biaya produksi jadi lebih murah karena pemainnya lebih sedikit dengan waktu syuting yang tidak terlalu lama. Misalkan pun gak banyak yang nonton, gak rugi-rugi banget. Tapi kalau banyak yang nonton, bisa balik modal sampe untung gede pun bisa. Dari sisi cerita, para penulis skenario lebih bisa bereksperimen dengan ide-ide mungkin gak cocok dengan tayangan televisi. Sutradara pun bisa bereksperimen dengan format baru sesuai dengan khayalan tingkat tinggi penulis skenario/kisah webtoon yang dipergunakan. 

Kebanyakan web drama bisa ditonton gratis di website tertentu, maka pihak pembuat mengambil keuntungan dari pihak pengiklan yang ingin menempatkan produknya dalam cerita. Ada juga web drama yang berbayar dan laku pula! Itu balik lagi ke storyline dan siapa pemainnya.

Sebenarnya, seberapa keren sih web drama ini? Here are some of web drama yang bisa jadi alternatif tontonan disaat jenuh dengan drama Korea biasa : 

1. After School, Lucky Or Not 
    Pemeran : Kim Soo Eun, Seo Kang Joon & 5urprise
    Genre : Romance, Sitcom
Cerita berformula webtoon yang dicampur dengan drama denga efek manga seperti drama Jepang dan drama Taiwan plus idol yang berseliweran sebagai cameo.


2. Aftermath 
    Pemeran : Kim Dong Joon ZE:A , Sun Joo Ah
    Genre : Drama kejahatan supernatural .
    Cerita berdasarkan Naver webtoon Aftermath tentang pembunuhan, misteri dan cinta.


3. Love Cell / Dating DNA 
    Pemeran : Kim Yoo Jung, Park Sun Ho
    Genre : Fantasy Romantic Comedy
Satu-satunya webdrama berbayar yang tayang di luar Korea bekerjasama dengan  Dramafever. Ceritanya tentang... mmh gak penting     ceritanya. Yang Penting cameonya  Kim Woo Bin dan Jang Hyuk-nya.Yes? (Padahal sih #modus buat postingan berikutnya,hihihihi)


Dengan keberhasilan webdrama Naver dan Dramafever, banyak pihak yang tidak mau ketinggalan memproduksi webdrama. Agency besar seperti SM, YG dan JYP juga ikut  berinvestasi dalam drama web, yang tentunya dipergunakan untuk promosi artis-artisnya.

JYP merilis "Dream Knight" bekerjasama dengan website video hosting China "Youku". Web drama ini dibintangi member GOT7, Miss A Min dan aktris Song Ha Yoon, dan Park Jin Young serta  Choi Woo Sik yang muncul sebagai cameo. Link nonton Dream Knight disini


Dream Knight - Web Drama Pertama JYP 

YG menjadi co-producer untuk web drama "Dr. Mo's Clinic" / Dr. Ian dengan aktor Kim Young Kwang dan aktirsnya gak lain gak bukan member 2NE1 Sandara Park.

Dara 2NE1 dan Calon Suami Gue... 

SM ? Jangan salah.. SM Entertainment  bekerjasama dengan Naver Line meluncurkan "EXO NEXT DOOR" yang tayang mulai tanggal 9 April 2015. Pemerannya tentu saja member EXO dan seorang aktris bernama Moon Ga Young.  Menurut Xiumin, di acara jumpa fans EXO, katanya web drama ini selain bisa di tonton di Korea juga bisa ditonton di negara-negara lain termasuk Indonesia. Kenyataannya dari akun official Line EXO malah bilang Indonesia tidak diberi lisensi penayangan EXO Next Door. Apalah.. saya yakin kalian tahu jalannya kan? *wink wink* (bisa diintip di Kshowonline).

EXO NEXT DOOR - Kalau Jadi Sinetron Indonesia judulnya menjadi : TETANGGAKU IDOLAKU 

Dengan bertambahnya  kepopuleran web drama, tiga televisi produsen drama Korea utama akhirnya mempertimbangkan  untuk membuat drama dengan format online dan mobile. KBS adalah salah satunya yang siap terjun memproduksi web dramanya tahun ini. Salah satunya adalah "Prince Of Prince" yang ceritanya diangkat dari webtoon. Berkisah tentang dua orang lelaki yang kecanduan game dan bekerja pada perusahaan yang hanya mempekerjakan cowok-cowok tampan saja. KBS juga memproduksi "Love Detective Sherlock K", sebuah web drama tentang pewaris perusahaan konglomerat yang mencari bantuan dari Sherlock K.

Prince of Prince dibintangi oleh FT Island Jonghun dan AOA Yuna sementara Love Detective Sherlock K sementara ini masih dalam taraf cari-cari cast yang cocok.
   
Akankah web drama akan menggeser drama Korea yang tayang di televisi? Kita sih tinggal duduk manis aja menunggu drama apalagi yang disodorkan di gadget kita. So, are you ready? 

26 comments:

  1. pertamax! nice info sis, uda di bookmark nih blogpagenya. btw, web dramanya ga ada linknya nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Andre..! Ada sih, penting banget ya? Hahahaha *pake nanya lagi*

      Delete
    2. Sudah aku update yah dgn link nontonnya, Andre.. Happy Watching!

      Delete
  2. Replies
    1. Iraaa... jaebal. Sanah jangan nambah2in antrian saingan.

      Delete
  3. Kim Woo Bin dan Janghyuk???? Menjanjikan bgt tuh kayaknya..
    Baru bisa nonton linknya besok dari kantor nih, terkendala hal yang kalimatnya dicoret Vita di atas.. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Internet cepat buat apa Dell? Hahahaha.. *keingat pertanyaan seseorang di twitter*

      Delete
  4. wah, baru tau ternyata namanya web drama.
    sm entertaiment? belum pernah denger. pernahnya cj entertaiment gue..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh... kemana aja? Hahahaha.. CJ Entertainment itu beda lahan dgn SMent. CJ tuh lebih ke film, disribusi film sampe investmentnya kalo gak salah. Sementara SMent lebih ke idol walaupun pada akhirnya membuka anak perusahaan yg bergerak dibidang perfiliman juga.

      Delete
  5. ooh jadi namanya web drama, sering liat di youtube, bingung juga kenapa ini kok ceritanya dikit banget mak... tapi seru juga buat disodorin ke newbie pecinta drakor, sebelum mereka ketagihan n stuck di dramaland nyari jalan keluar XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa juga kan tersesat di labirin drakor? Hehehehe

      Delete
  6. Kim young kwang calon suami lu vit?
    trus si Siwan lu kemanain? *siap2 nampung Siwan*
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong Siwan dirawat yang baik yah.. *sampai film berikutnya keluar ajaaaa.....*

      Delete
  7. Op, pantesan kadang kalo pinjem file drama korea sama adek kadang ada yang kepotong2 cuma dikit durasinya. Ternyata dari web drama ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ila..yg jelas web drama itu 1 episode durasinya paling lama 20 menit. Kalau drama yang durasinya 60 menit walaupun ditonton (atau didonlod) di web, bukan termasuk kategori web drama. Mudah2an jelas ya perbedaannya. :)

      Delete
  8. Ohh..EXO Next Door itu Web Drama?? Kemarin waktu unduh RM ada Ep. 1nya, saya pikir Reality Show..wkwk

    Dua orang lelaki yang kecanduan game dan bekerja pada perusahaan yang hanya mempekerjakan cowok-cowok tampan saja. Bisa minta alamat perusahaannya gak?? *ngarep sambil ngecess :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah.. END itu webdrama.Masa sih seperti reality show?Mungkin krn tempat unduhnya sama dgn tempat unduh RM kali ya.. :D
      XD Irly.. lap iler kamu dulu sana.

      Delete
  9. Pertama kali nonton web drama itu yang Dream Knight, soalnya yang main GOT7.
    Ku kira belum banyak web drama, eh taunya udah dari 2 tahun lalu *kudet* :))
    Mau web drama, mau drama biasa, kalau Korea sih pasti sukaaa. Ganteng-ganteng sih XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zulfa, sebenarnya malah dari tahun 2009 - menurut berita yang aku tonton di Arirang TV- aku juga baru tahu tuh. Memang sih baru ngetop sekarang, sekali lagi thanks to LTE yang wuz wuz itu.

      Delete
  10. apa web drama ini cuman tayang di Line TV? atau ada di yang lain? soalnya waktu aku buka website line tv, blum tersedia untuk negara kita vroh. otte otte?

    ReplyDelete
  11. Halo..
    Mau tanya nontonnya dimana yahh kalo buat android ada appsnya kah?

    Thx

    ReplyDelete
  12. Pilihan lain untuk nonton drakor ya. Seneng karena ga perlu donlod, trus pindahin ke HP. :D

    ReplyDelete
  13. Wah thanks fyi. Btw biasanya web drama itu dirilisnya di website mana? Boleh tau linknya?

    ReplyDelete
  14. Kalau kita mau nonton web drama tuh dimana ya? makasih...

    ReplyDelete
  15. kasih link untuk nonton webdramanya dong ka..

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.