5 Karakter Nyebelin Di Drama Korea

Dalam drama Korea ada begitu banyak karakter yang menarik. Ada yang baik hati, tidak sombong, rajin menabung, pokoknya gak bisa dibedain lah sama anak pramuka. Ada juga yang tajir melintir tapi sengaknya minta ampun, anak miskin tapi hapenya Samsung terbaru (sponsor sih yah..). Ada yang bikin jatuh hati, ada juga yang bikin kesel setengah mati. Tapi walaupun ngeselin karakter-karakter itu bikin cerita dari sebuah drama makin bervariasi.

5 Karakter Nyebelin Di Drama Korea 


Banyak yang mengira karakter yang ngeselin adalah karakter antagonis. No..no..no.. Gak semua karakter yang bakal gue bahas di sini adalah peran antagonis, Ada loh peran protogonist yang nyebelin. Inilah lima karakter nyebelin di drama Korea versi gue dalam urutan acak :  

1. Lee Ga Young ( Fashion King - Shin Se Kyung)
Masih ingat gak dengan karakter ini? Di drama  Fashion King Shin Se Kyung memerankan tokoh utama bernama Lee Ga Young. Dia adalah perempuan berusia  20-an yang penuh dengan keoptimisan. Meskipun hidup susah Lee Ga Young ini tidak pernah menyerah akan harapan datangnya suatu hari yang lebih baik (sset daah..). 

Setelah menonton episode per episode, gue malah melihat dia sebagai tipe perempuan yang optimis sekaligus ambisius dan kejam secara terselubung. Lee Ga Young ini semacam evil in disguise of an angel's face. 

Shin Se Kyung sebagai Lee Ga Young (Fashion King) 

Cita-cita Lee Ga Young  adalah menjadi designer seperti ibunya. Mulai dari ngejar beasiswa sampai ke New York sampai usaha kecil-kecilan di Dongdaemun semua dijabanin. Apalah demi sebuah cita-cita. Dalam perjalanan menuju cita-citanya itu Lee Ga Young bertemu dengan dua lelaki yang sama-sama bergelut di dunia fashion, Kang Young Gul dan Jung Jae Hyuk. Keduanya sama-sama menawarkan kesempatan bagi Lee Ga Young mewujudkan impiannya sebagai designer. Perbedaannya adalah Kang Young Gul hanya pemain kelas Dongdaemun sementara Jung Jae Hyuk pengusaha fashion kelas dunia. Mainannya beda! 

Disinilah gue pikir karakter Lee Ga Young menjadi menyebalkan walaupun dia protogonis. Disaat susah dia kerja bareng Kang Young Gul tapi disaat Kang Young Gul terjebak masalah dia malah memilih ke pihak Jung Jae Hyuk. Maklum ceritanya si Lee Ga Young ini jadi rebutan dua lelaki ini. Parahnya Lee Ga Young dengan sangat innocentnya digambarkan seakan tidak menyebar harapan palsu bagi keduanya. Pada akhirnya Kang Young Gul bunuh diri dan Lee Ga Young bersama Jung Jae Hyuk yang membantunya menjadi designer. 

Haduh, kalo ada award bagi karakter PHP terbaik  di drama Korea, malaikat juga tahu siapa yang bakal gue sodorin pialanya.

2.  Park Jong Shik ( Kim Hee Won - Misaeng) 
Sebenarnya ada beberapa karakter yang nyebelin di drama Misaeng. Nyebelin dalam arti sebenar-benarnya karakter antagonis with less expression tapi bisanya nyalahin orang lain. Lee Sang Hyun (teman seangkatan magangnya Jang Geu Rae), Manager Ma (atasannya Ahn Young Yi), Asisten Manager Sung (atasannya Seok Yul) dan juaranya adalah Park Jong Shik ( atasannya Jang Geu Rae). Dia semacam dementor yang menyerap semua kebahagiaan di ruang kerja.
Kim Hee Won sebagai Park Jong Shik ( Misaeng)
Tidak saja merendahkan bawahan dan memperalatnya dengan tugas-tugas yang seharusnya dikerjakannya sendiri, Park Jong Shik lebih banyak maen di jam kerja tanpa ijin (yaiyalah..emang ada bos yang ngijin? Eh ada kali yah kalo bosnya juga diajak!). Ketika ketahuan dan mendapat teguran segera aja jurus pedekate ke boss keluar.

Tipe karyawan seperti ini khususnya kalau pegang jabatan emang ngeselin banget. Kerjaan diberikan ke bawahan tanpa arahan dan supervisory, dianya duduk manis aja sibuk maen diluaran. Begitu projek kelar, kalau berhasil dia yang dapat creditnya tapi kalau gagal bawahan yang disalahkan. Ketika ditegur malah pasang tampang semacam dia yang selama ini bekerja keras. And the worst of them all adalah mengambil keuntungan dari perusahaan untuk kepentingan pribadi yang bisa membahayakan karier orang lain.

Park Jong Shik is definetely karyawan yang perlu dikasi susu basi aja. 

3. Kang So Young ( Who Are You 2015 - Jo Soo Hyang) 
Don't judge the book by its cover sama dengan jangan ngejudge orang dari tampangnya. Tapi yang ini dari tampangnya aja sudah ngeselin, pemirsah! Hahahaha.. Just kidding! Gue bukan tipe orang yang easily kesel dan kebawa cerita drama seperti ibu kantin kantor gue yang sering ngomel-ngomel di depan tipi setiap kali nonton sinetron, but Kang So Young is  definetely character yang pengen  lo ceburin ke sumur. 

Who Are You 2015
Jo Soo Hyang sebagai Kang So Young 
Kang So Young adalah seorang pelajar dari keluarga kaya dan berpengaruh. Gak ada yang berani dengan Kang So Young. Segala kata adalah titah pandita ratu (lah kok jadi kek puisi Ada Apa Dengan Cinta ya?). Kang So Young ini bisa ngomong apa aja, mencela siapa saja, bully siapapun tanpa alasan. Yang melawan siap aja kena bully juga. 

But actually Kang So Young is a very smart kid. Dia bukan tipikal pembully yang renking terakhir di kelas. Saking pinternya, dia jago bersandiwara dan memutar balikkan fakta  didepan orang lain yang gak tahu masalah. Sudah dia yang ngebully dan bikin orang teraniaya malah orang itu yang kena hukumannya. Kang So Young bisa kelihatan sangat innocent, teman yang baik sekaligus a helping person tapi dibelakang she's totally evil. Ketika orang yang suka dibullynya melakukan perlawanan, dia bahkan berusaha lebih keras untuk membalas dengan bullyan yang lebih kejam. In a simple way to describes Kang So Young : She is the worst nigtmare you could ever have on your school years.

4.  Ji Young Ra (Heard It Through The Grapevine - Baek Ji Young)
Coba bayangin ini yah.. teman bergaul entah dari jaman kapan tahu ngegebet suami lo just for fun. Pengen dicabein gak? Yah kek gitu deh karakternya Ji Young Ra di drama Heard It Through The Grapevine. Dia sengaja melakukan hal-hal yang dia tahu bakal membuat teman se'genk' socialitanya, Choi Yeon Hee panas dingin karena kesel. 

Ji Young Ra Heard It Through The Grapevine
Baek Ji Young sebagai Ji Young Ra  (Heard It Through The Grapevine)
Sebagai socialita level atas, orang semacam Choi Yeon Hee sangat elegant dalam mengekspresikan emosinya. Sebisa mungkin selalu tampak sempurna. Jika ada aib yang bisa menjatuhkan imej, Choi Yeon Hee berupaya agar aib itu tidak diketahui orang banyak. Masalahnya dia temenannya sama Ji Young Ra yang insting pergosipannya tinggi banget. Makin ditutupin sebuah aib, makin bersemangat dia untuk mengungkapkannya. Mau lewat asisten rumah tangganya kek, atau datang sendiri ke rumah yang bersangkutan, apa aja asalkan 'hipotesa' dalam pikirannya terbukti sampai Choi Yeon Heenya kesel. 

Begitu juga dengan urusan ngegebet Han Jeong Ho, suami Choi Yeon Hee. Ji Young Ra sebenarnya gak naksir, she's just has some agendas yang menurut dia lebih cepat kalo 'mempergunakan' Han Jeong Ho yang punya firma hukum kondang. Apalagi Ji Young Ra ini adalah cinta pertama Han Jeong Ho, makin gampanglah dia mempermainkan perasaan keduanya. Sudah tahu Choi Yeon Hee kesel,Ji Young Ra dengan sengaja berlama-lama di kantor Han Jeong Ho supaya  Choi Yeon Hee melihat mereka berdua. 

Be aware ladies! Orang macam Ji Young Ra ini is the best frenemies (friend and enemies) yang minta dijambak to the moon and back. 

5.  Park No Ah ( Angry Mom - Ji Hyun Wo) 
Ini adalah salah satu karakter protogonist yang menurut gue nyebelin. Park No Ah adalah lulusan Universitas Seoul jurusan literatur Korea. Dia sempat mengajar di sebuah bimbingan belajar sebelum akhirnya dihired menjadi guru bahasa Korea di sebuah SMU elit di Seoul. 

Sebagai guru rookie pemikirannya masih sangat idealis banget. Dia menganggap dia bisa menyelesaikan semua masalah siswa-siswanya. Baginya tak ada masalah yang berat dalam kehidupan sebagai remaja. Dia malah dengan entengnya mengutip puisi-puisi sebagai jawaban untuk kegalauan anak muridnya.  Dan itu gangguuuuuuu banget....!! Bukan cuma bagi anak muridnya tapi juga gue yang nonton. Hahaha. Antara pengen noyor atau keplak kepala Park No Ah pake apusan papan. 

Angry Mom
Ji Hyun Wo sebagai Park No Ah ( Angry Mom)
Kenyataannya seorang murid yang tadinya pengen curhat tapi gak jadi gara-gara merasa Park No Ah meremehkan masalahnya dan malah ngasih untaian puisi, ditemukan tewas jatuh dari lantai atas. Kalau sudah gini apa seharusnya Park No Ah  lari ke hutan terus belok ke pantai aja? Ah.. kadang-kadang menjadi orang yang menganggap dirinya memahami segalanya beda tipis ngeselinnya dengan orang yang mengampangkan masalah orang lain. And that's Park No Ah, songsaengnim!

*** 
Nah itu dia lima karakter nyebelin di drama Korea versi gue. Mungkin gak semuanya bisa mewakili pendapat penonton drama Korea yang lain karena setiap orang punya opini. Gue cuma nulis ini dengan harapan mudah-mudahan sih kita bisa mengambil value atau hikmah tersendiri dari karakter-karakter protogonist dan antagonist diatas (tsah..). 

Karena walaupun hidup memang tidak seindah drama Korea but at least jangan sampe karakter-karakter nyebelin itu hadir dari dalam diri sendiri. Ish, amit-amit deh!

Thank you for reading.

15 comments:

  1. yang Se Young iya banget! aku nontonnya sampe kesel sendiri dong hahaha

    ReplyDelete
  2. salah satu karakter nyebelin versi nomor 3 menuurut aku adalah *aduh, saiapa ya namanya* itu lhoooo, yang di drama My Princess. nah kaka tirinya si princess itu menyebalkan banget. Mukanya sama sekali gak ada ramah-ramahnya. Dari tampangnya aja udah ketebak anaknya suka iri dan mau berbuat jahat, hahaaa....

    ReplyDelete
  3. Karakter di film Misaeng,,kayanya fakta bgt. Bnyk org mcm begitu di dunia nyata

    ReplyDelete
  4. Karakter nyebelin di drama misaeng ada banget didunia kerja nyata, kyknya klo tokoh kyk gini ditempat kerja dunia terasa datar dan hambar...wkwkwk..
    Aku blm pernah nemu yg kyk difilm who are you 2015?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drama Who Are You 2015 Mak.. masih tayang di KBS. Drama genre remaja.

      Delete
  5. Huaaa...dari semua drama belum 1pun yang saya tonton, beberapa filenya hanya teronggok saja...

    Tapiii...kalau ada yang karakternya kayak Park Jong Shik di Misaeng, ndak bakal lama hidup di sistem kantor... ora iso.. bakal terdepak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau bertahan lama.. tergantung kekuatan "aegyo"nya :D

      Delete
  6. Kelima-limanya nggak ada yg gue tonton :| Cuma nonton The Heirs sama Pinocchio doang sih :/

    ReplyDelete
  7. Kayaknya ini blog khusus Korea-korea gitu ya? boleh dong tulisan tentang rekomendasi film komedi Korea...hehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak harus Korea sih.. tapi nnti yahh kalo gue sudah nonton :D

      Delete
  8. Semoga saja dijauhkan dari karakter-karakter tersebut :)

    ReplyDelete
  9. Cuma ikutin School 2015, yang lainnya nontonnya cuma diawal eps, hahaha

    ReplyDelete
  10. Aku setuju, Lee Ga Young memang nyebelin ya jadi cewek haha...PHPin kerjaannya, pgen jitak rasanya hahha...Sama si ini mau si itu oke :D

    ReplyDelete
  11. aak...bikin jadi pengen nonton semuanyaaaah.. tidaaak!!! *drama
    aniwei, tfs yaa ;)

    ReplyDelete
  12. Gua cma prnh nnton nmor 1 n 4,
    dan fashion king sbg drma Ter..... favorit gua, gua SETUJU bnget ama mimin,
    Ga young yg pngen bngt gua timpuk pake gayung, sgala siapa dksh php, dgn peran yg dbuat seolah2 LUGU( preet dah)
    tp min korek, itw yg trkhir younggul bkn bnuh dri, tp DIBUNUH, dan prtnyaan bsar yg blom kpecah smpe skarang, trkhir younggul nelpon ga young, pz bner pmbnuhnya nembak( pke pstol,bkan nyatain cinta -_-) young gul,
    Msak iya tu devil angels face kgak dnger besarnya suara senapan? Mna dy msh ngucapin 'selamat tnggal' gtu pz hp younggul msh nyala pz dy ngeregang nyawa, kyak dy udah tw bkal ada yg ngbnuhnya, hrrrrgggh,gondok inget tu drama plg....plg...awkward dah_=_____=

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.