The Return Of Superman, Pilihan Tayangan TV Berkualitas Untuk Keluarga

Disaat maraknya tayangan televisi nasional Indonesia yang kurang mendidik dan berkualitas, saya jadi skeptis dan males nonton channel nasional. Pilihan saya akhirnya nyebrang ke televisi negara lain, salah satunya Korea Selatan. Bukan gak nasionalis sih, tapi memang beberapa tayangan produksi Korea Selatan cukup masuk akal. Tidak sekedar menghibur namun juga punya sisi edukasi dan budaya yang jarang saya temui di tayangan televisi kita.

Salah satu tayangan yang jadi favorit saya adalah The Return Of Superman (atau Superman is Back / 슈퍼맨이 돌아왔다), variety show Korea yang tayang di KBS TV. Tema dari The Return Of Superman ini mengangkat sisi lain dari pengasuhan anak. Selama ini yang kita tahu ibu adalah orang yang paling berperan dalam mengasuh anak. Tapi apa jadinya jika sang ibu diberi 'me time' selama 48 jam dimana pengasuhan anak diserahkan pada sang ayah. Kebayang gak sih, anak-anak yang menggemaskan namun terkadang tingkahnya bikin pusing pala barbie itu bertemu dengan ayah yang clueles gak tahu bagaimana mengurus anak.


Para ayah di acara The Return Of Superman adalah ayah-selebriti yang mungkin saking sibuknya dengan pekerjaan hingga tidak punya cukup waktu berinteraksi dengan si kecil. Boro-boro gantiin popok atau menemani bikin pe-er, menemani anak mereka main mungkin sangat jarang.

Makanya para ayah-selebriti yang punya profesi berbeda ini harus melakukan tugas sebagai ibu selama sang istri libur. Imej sebagai aktor, rapper, MC atau atlit bela diri lenyap berganti dengan figur ayah yang  agak tidak kompeten dalam melakukan hal-hal dasar tertentu. Kelucuan sekaligus kebandelan khas anak-anak  ikut memberi warna tersendiri dalam interaksi ayah dan anak. Seperti juga dalam kehidupan sehari-hari, ada saatnya ayah dan anak bersenang-senang disaat lain bisa jadi sang ayah diuji kesabarannya akibat ulah si anak.



Pada awal acara The Return of Superman, empat keluarga secara terpisah difilmkan selama periode waktu yang berbeda. Salah satu yang banyak menarik perhatian adalah Choo Sung Hoon dan anak semata wayangnya Choo Sarang. Choo Sung Hoon dikenal sebagai pejudo dan atlit bela diri dengan body yang kekar dan imej yang sangar. Ternyata 48 jam bersama Sarang bisa merubahnya dari Rambo menjadi Hello Kitty bo'.. He's the fool daddy to Sarang.

Dibanyak kesempatan Choo Sung Hoon hampir selalu mengikuti kemauan Sarang. Namun Choo Sung Hoon  juga mendidik Sarang menjadi perempuan yang tidak cengeng dan memperkenalkan bela diri Judo. Cita-cita terpendamnya adalah menjadikan Sarang atlit lari atau perenang yang hebat seperti garis keturunan keluarganya. Walaupun tidak bisa dipungkiri Sarang juga jago bergaya di depan kamera seperti ibunya Yano Shiho, seorang model top Jepang. 

Di episode-episode awal Sarang bergabung dia masih berumur dua tahun dan makannya banyak banget. Gak tahu kenapa banyak pemirsa di Korea yang suka dengan anak-anak yang makannya lahap. Sarang ini salah satunya. Kesukannya adalah buah Strawberry dan Yoghurt. Untungnya Choo Sung Hoon jago masak. Dia bisa masakin Sarang apa aja dan Sarang pasti suka. Gara-gara jago makan ini pula Sarang banyak dapat tawaran iklan di Korea.

The Return Of Superman

Berhubung keluarga Choo tinggal di Tokyo-Jepang, tentu saja bahasa Jepang adalah bahasa utama. Sebagai orang Korea Choo Sung Hoon tidak ingin Sarang melupakan akar keluarga. Sarang pun diajari berbahasa Korea. Lucu banget liat Sarang mencoba mengikuti bapaknya ngomong Korea. Ibu Sarang yang asli Jepang, Yano Shiho, gak mau kalah pengen belajar juga. Serunya malah Sarang yang pelafalannya lebih bagus. Sekarang Sarang sudah bisa ngomong dalam dua bahasa. Asik ya!

Seiring waktu, Tablo dan putrinya Haru juga menjadi ikon andalan karena kelucuan dan imajinasinya.

Tablo
Haru dan Tablo ( Mirip Eunhyuk Suju yah?)
Ayah dan anak ini tampak agak kurang dekat di awal kemunculan mereka di The Return Of Superman. Lama kelamaan Tablo bisa menyesuaikan diri dengan ritme Haru. Tablo akhirnya bisa menempatkan diri tidak hanya sebagai ayah tapi juga teman bermain. Saking kayak temannya, terkadang malah Haru yang kelihatan lebih pinter ngurusin ayahnya daripada sebaliknya. Hihihi..

Sebagai rapper di Epik High dibawah management artist YG, Tablo sering memperkenalkan dunia kerjanya pada Haru. Mulai proses rekaman sampai manggung bersama artis YG Family Haru dibawa serta. Seru sih! Bisa liat Bigbang, 2Ne1 sampai Winner berseliweran. Haru adalah gadis kecil yang diperbolehkan lari-larian di backstage, keluar masuk ruang tunggu Bigbang, ditraktir jajanan sama Taeyang dan cium pipinya GD.

 V.I.Ps jangan ngiri ya
Sayang sekali berhubung kesibukannya dengan Epik High, Tablo dan Haru harus 'graduate' di episode 58.

Lain cerita dengan Lee Hwi Jae dan si kembar (Ssangdungi) Seoeon dan Seojun. Umur si kembar Lee Seo Eon and Lee Seo Jun belum lagi genap setahun ketika mereka bersama sang ayah Lee Hwi Jae menjadi casting di variety show The Return Of Superman. Kelihatan sekali betapa Lee Hwi Jae sangat kewalahan menghadapi si kembar. Dia seperti melakukan dua kali pekerjaan untuk memberi  makan, ganti popok, dan menidurkan Seo Eon dan Seo Jun. 

Gimana gak stress kalau Seo-eon terus-terusan  menangis, Seo-jun merangkak kesana kemari lalu sempat demam pula. Dua hari tanpa ibu terbukti menjadi perjuangan untuk Lee Hwi-jae, yang telah dikenal sebagai MC dan komedian yang selalu terlihat lucu dan kharismatik. Awalnya Lee Hwi Jae sempat mengeluh dan merasa tidak sanggup, namun pada akhirnya dia menemukan sisi 'kebapakan' dalam dirinya dan menghargai waktu berkualitas yang dihabiskannya dengan Seo Eon dan Seo Jun. 
Seo eon Seo Jun
Lee Hwi Jae dan Ssangdungi 
Saat ini si kembar Lee sudah beranjak dua tahun. Sudah pintar ngomong dikit-dikit dan bagi Lee Hwi Jae itu sedikit melegakan karena akhirnya dia bisa ngobrol dengan dua anaknya walaupun dengan kalimat sederhana. Dan yang paling penting sudah bisa diajak main bola dan nonton baseball, dua olahraga favorit Lee Hwijae. 

Faktor X acara The Return Of Superman diawal penayangannya berasal dari keluarga Jang Hyun Seung ini. Jika keluarga lain diperlihatkan gimana susah-susah gampangnya sang ayah menghandle anak yang belum bisa makan sendiri, ganti baju sendiri, atau berjalan, maka case untuk Jang Hyung Sun sebagai bapak agak sedikit lebih kompleks. 
Jang Junu - Jang Hyung Sun - Jang Junseo 
Jang Hyung Sun mempunyai anak yang tergolong sudah cukup gede dibanding casts yang lain. Junu berumur 10 tahun dan Junseo 7 tahun. Junu berkarakter pendiam sedangkan Junseo lebih rame dan manja khas anak bungsu. Kedua putra Jang Hyung Sun ini  akhirnya menjadi karakter yang disukai oleh penonton.
"Family is like a puzzle. It is not complete if one piece is missing " - Jang Junu 
Sebagai dua anak laki-laki bersaudara  mereka terkadang berantem dan ngambek-ngambekan. Junu yang sudah kelas lima SD dan termasuk siswa pintar di kelasnya sering gregetan sendiri ngajarin Junu yang baru mau masuk SD. Sementara Junseo adalah tipikal anak bungsu yang sebenarnya mengidolakan kakaknya tapi lalu merasa terintimidasi diam-diam karena merasa tidak mampu secemerlang sang kakak.  Hal ini yang kemudian jadi tugas Jang Hyung Sun sebagai ayah bagaimana menghadapi problematika anak pra-abege ini. Termasuk juga dalam mengarahkan mereka dalam memilih cita-cita.

Berhubung jadwal syuting film dan drama Jang Hyung Sun dan keinginannya agar Junu serta Junseo lebih fokus pada sekolahnya, akhirnya keluarga Jang harus 'graduated' di episode 33. Sayang banget, padahal Junu lagi lucu-lucunya (eh!). sampai aku buatin fanvideo segala, hahaha.. (mampir ke sini ya!). Mudah-mudah pas gede ketemu dia lagi deh di tivi. Keluarga Jang kemudian digantikan oleh Song Il Kook dan tiga anak kembarnya : Daehan, Minguk, Manse di episode 34.

Daehan Mingook Manse
Song Il Kook dan Daehan, Minguk, Manse 
Ini dia cast yang bikin aku betaaaaaahhh banget ngikutin The Return Of Superman selepas graduatednya keluarga Jang. Selain Daehan Minguk Manse ini lucu dan adorable gak ketulungan, Song Il Kook sebagai ayah juga ganteng  mempunyai trik dan metode parenting yang menurutku cukup bagus diterapkan. Daehan Minguk Manse tumbuh menjadi anak yang sehat, energik, gembira, saling sayang menyayangi, sopan dan pintar.

Baca juga : The Song Triplets  Daehan Minguk Manse, Cuteness Overloaded


Tentu saja namanya juga anak-anak, ada saat mereka bandel dengan gaya mereka masing-masing. Song Il Kook butuh banyak kesabaran dan kelincahan untuk menjaga Daehan Minguk Manse selama 48 jam. Tapi kata-kata dan senyuman Daehan Minguk Manse mampu menghilangkan kelelahan yang dirasakan sang ayah. (Penontonnya jugaa.... ). Ya bener sekali Il Kook appa! Makanya jangan buru-buru graduated dari acara ini yah. Hari Minggu tidak akan tiga kali menyenangkan lagi kalau kalian meninggalkan acara ini. Hiks! *bujuk pake Jjangmyeon*
"Having triplets means having three times the challenge and three times the fun" - Song Il Kook 

Baca juga : FAQ Daehan, Minguk, Manse - Song Triplets


Last but not least, member terakhir dalam acara The Return Of Superman adalah Uhm Taewoong dan anaknya Ji On yang bergabung di episode 51 menggantikan Tablo dan Haru. The Return Of Superman bukanlah variety show Uhm Taewoong yang pertama di KBS. Sebelumnya dia sudah sempat menjadi member 2D1N season 3.

Uhm Taewoong - Ji On
Saat itu Taewoong menjadi member yang sangat clumsy dan gampang terharu jadi sering diledekin member 2D1N yang lain. Ternyata setelah jadi ayah, clumsy dan gampang terharunya gak ilang-ilang. Ji On tertawa, terharu. Ji on maen, terharu juga. Cerita tentang kakeknya Ji On ke PD malah nangis. Taewoong juga sempat bikin Ji On nangis-nangis pas dimandiin. Maklum, pertama kali mandiin anak. Biasanya kan mandiin tiga ekor anjingnya saja. Sekarang Taewoong sudah mulai makin expert mengurus keperluan Ji On, walaupun dia masih tetap punya PR. Ketika berkunjung ke dokter Taewoong baru tahu kalau untuk ukuran anak umur dua tahun komunikasi Ji On termasuk lambat. Sesuatu yang sering dikeluhkannya baru dia tahu penyebabnya. Ternyata berasal dari dirinya dan sang istri yang jarang ngajak obrol Ji On. Nah lohh..

Yang aku suka dari The Return Of Superman para ayah tidak ragu memperlihatkan sisi yang berbeda dari tipikal ayah Korea khususnya, dan tipikal ayah di Asia pada umumnya. Mereka menunjukkan bagaimana mereka merawat anak-anak mereka, juga memberikan mereka emosionalitas yang sering kurang ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukti juga bagi para ayah bahwa tidaklah mudah untuk para ibu mengurus dan mendidik anak sehari-hari. Bisa juga menjadi sentilan bagi penonton bahwa kita sebagai anak kadang lupa cinta ayah sedemikian besarnya walaupun tidak terungkap lewat kata-kata. Sebagai istri pasti banyak yang pengen suaminya jadi ayah yang yang baik juga kan? Jangan-jangan ada yang kepikiran libur 2 hari juga nih? Hihihi. Lumayan kan bisa liburan bareng ke Jepang seperti para ibu-ibu di The Return Of Superman ini. Ayo buat reality show versi sendiri aja, hehehe...

Selama 83 minggu tayang di KBS, The Return Of Superman telah mencuri hati banyak pemirsa. Buktinya selama 50 minggu (sejak Song Il Kook dan Daehan Minguk Manse bergabung) acara ini berada di posisi pertama peringkat rating di Korea. Penonton tidak hanya belajar dari para ayah selebriti ini tapi sudah jadi semacam 'nenek,ibu, tante, kakak' bagi anak-anak  The Return Of Superman karena menonton mereka dari jaman cuma bisa nangis sampe sekarang sudah bisa ngobrol bertiga *uhuk*!

Baca juga : 10 Things I Love About Daehan, Minguk, Manse




Gak ada yang tahu berapa lama popularitas beruntun ini akan terus berlanjut, tetapi kelihatannya sejalan dengan anak-anak terus bertumbuh dan para ayah semakin mengerti posisi mereka, acara The Return Of Superman ini akan menjadi lebih menyenangkan dan menyentuh.  Let's watch, have fun and learn from these clueless appadeul and their adorable kids. 

The Return Of Superman ditayangkan di KBS TV & KBS World setiap hari Minggu pukul 16.30 KST ( +9 GMT). Acara ini juga dapat ditonton melalui Youtube Channel KBS World disini

9 comments:

  1. Imut banget si haruuu :3
    Ngiri deh bisa dicium ama GD *eh*

    ReplyDelete
  2. Song triplet is my fav ! Dulu awal nonton suka sama sarang dan junu, junseo cuma sejak mereka out karna kesibukan mereka rada malas nonton sampai akhirnya si seojun bersaudara mulai gede dan belajar bicara sama triplet appears. Cuma skrg, entah kenapa klo nonton aku suka skip part anaknya si Taewoong kurang greget aja rasanya.

    dan bener banget kalau The Return Of Superman para ayah tidak ragu memperlihatkan sisi yang berbeda dari tipikal ayah Korea khususnya, dan tipikal ayah di Asia pada umumnya dan juga bisa belajar cara mendidik anak dari sisi ayah. Meskipun aku belum menikah tapi pas lihat ilgook mendidik dan mendisplinkan anak2nya jadi kepikiran cara buat didik anak2ku kelak seperti itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain kepikiran nyari suami yang mirip Il Gook. Hehehe.. amien amien, semoga kesampaian bisa mendidik anak seperti yang diinginkan yah...

      Delete
  3. Kangen para alumnus... Mereka dengan ciri khasnya masing-masing... Beberapa hari yang lalu saking kangennya sama Haru akhirnya stalking IGnya Tablo..hihi..

    ReplyDelete
  4. Ak juga salut sma cra ill gok di2k anknya, konsisten dan tega aja, mau anknya nangis kjer klo emg hrus ditgal ya ditgal. Ak jga pgen di2k ank ak kyak gtu. Pgen jga pnya suami kya ill guk, spa si yg nggak pgen. Lhat dia dsni dia itu suami impian stiap wnita dan ayh impian stiap ank. Family man bgit lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya cowo2 juga nonton ini yah, supaya ada gambaran. hehehe

      Delete
  5. Aku sih masih kecil, but aku lebih suka nonton acara ini daripada sinetron indonesia yg gk jelas... Dan aku paling suka nonton DMM (Song Triplets)

    ReplyDelete
  6. Ini acra paling mendidik bngat..khuasnya buat para bapak2,bhwa ngurus anak it tdk smudh yg mreka byangkan

    ReplyDelete
  7. Pertama baca judulnya kirain supermen ala film hollywood, setelah dibaca ternyata supermen di dunia nyata, memang bener2 manusia super, gak gampang lho ngasuh anak apalagi bagi seorang ayah.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.