World Blood Donor Day With Song Il Kook and Daehan Minguk Manse

Tau gak kalau tanggal 14 Juni ditetapkan sebagai Hari Donor Darah Sedunia a.k.a World Blood Donor Day? Walaupun sudah ditetapkan sejak tahun 2004 oleh WHO, saya baru ngeh kemarin. Itu juga gara-gara tweetnya Song Il Kook, bapaknya Daehan Minguk Manse. Sebagai duta donor darah Korea, Song Il Kook melakukan donor darah lalu share di twitter sebagai penyemangat bagi orang lain untuk melakukan hal yang sama.  

Song Il Kook Triplets
 Song Il Kook Donor Darah Ditemani Triplets 

Duh saya merasa kudet!

Tahun ini WHO menetapkan tema hari donor darah sedunia adalah "Thank You For Saving My Life". Fokus tema ini adalah sebagai ucapan terimakasih kepada pendonor darah yang telah menyelamatkan nyawa setiap hari melalui sumbangan donor darah mereka. Ini juga sebagai dorongan untuk lebih banyak orang di seluruh dunia untuk menyumbangkan darahnya secara sukarela dan rutin.



Saya juga pengenlah  'saving' somebody's life dengan rutin mendonorkan darah. Ketika seseorang rutin mendonorkan darahnya banyak manfaat yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah meremajakan darah. Menurut informasi dari PMI Makassar, umur darah merah di tubuh kita hanya 120 hari (4 bulan). Ketika melakukan fungsinya sebagai pengangkut oksigen dan zat-zat makanan, keelastisan dari sel darah merah kita akan menurun. Ibarat mobil yang nganterin kita kemana-mana, kalau sudah lama perlu diganti juga. Cara menggantinya itu dengan mengeluarkan yang lama jadi tubuh secara otomatis memproduksi sel-sel darah baru lagi. Makanya PMI menyarankan untuk mendonor darah setiap 3 bulan sekali. 

Maksud akal banget, dengan sirkulasi darah baru yang lancar, zat-zat makanan juga bisa terserap dengan baik. Jika ternyata pada saat pemeriksaan darah di laboratorium ternyata apes-apesnya dalam darah kita terdapat kelainan tertentu, kita bisa mengetahuinya. Tentu saja jika terjadi hal yang seperti itu, darah yang didonorkan tersebut tidak dapat disumbangkan pada orang lain. Amit-amit lah yah.. 

Sebenarnya saya sudah seringkali ingin mendonor. Sebelum mendonor, saya harus isi formulir lalu kemudian dicek kesehatan dan wawancara dengan dokter. Ternyata ada syarat dan ketentuan berlaku juga. Tidak asal boleh asal niat saja. Saking seringnya mengajukan diri (dan ditolak) saya jadi hapal persyaratannya :   

1. Sehat jasmani dan rohani
2. Usia 17 sampai dengan 65 tahun.
3. Berat badan minimal 45 kg.
4. Tekanan darah :
    - sistole 100 - 170
    - diastole 70 - 100
5. Kadar haemoglobin 12,5g% s/d 17,0g%
6. Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5 kali dalam 1 tahun)

Biasanya saya gagal di point 4 & 5. Tekanan darah dan kadar hemoglobinnya dianggap rendah. Menurut dokter itu karena saya keseringan begadang. Uhuk! Dokternya gak nanya sih saya begadang gara-gara drama Korea apa. Mana tahu ternyata selera kita sama. *halah* *dibahas* 

Saat wawancara, dokter juga menanyakan perihal riwayat penyakit kita. Ini penting karena penderita dengan penyakit berhubungan erat dengan darah DILARANG mendonorkan darahnya, seperti : 

1. Mempunyai penyakit jantung dan paru paru 
2. Menderita kanker
3. Menderita tekanan darah tinggi (hipertensi)
4. Menderita kencing manis (diabetes militus)
5. Memiliki kecenderungan perdarahan abnormal atau kelainan darah lainnya.
6. Menderita epilepsi dan sering kejang 
7. Menderita atau pernah menderita Hepatitis B atau C.
8. Mengidap sifilis
9. Ketergantungan Narkoba.
10. Kecanduan Minuman Beralkohol 
11. Mengidap atau beresiko tinggi terhadap HIV/AIDS
12. Dokter menyarankan untuk tidak menyumbangkan darah karena alasan kesehatan. 

Alhamdulilah sih, saya sehat-sehat saja dan bebas narkoba serta gak pernah minuman beralkohol. Yang jadi masalah malah  saat saya pengen mendonor tekanan darah dan hemoglobin pas, ternyata saya sedang haid, Itu juga gak boleh sama dokter. Bukannya gak bisa, cuma memang harus ditunda. Takutnya saya lemes karena haid sudah mengeluarkan darah juga kan. Selain perempuan yang sedang haid, ada beberapa alasan lain yang membuat seorang calon donor harus menunda niat donornya seperti : 

1. Sedang sakit demam atau influenza, tunggu 1 minggu setelah sembuh.
2. Setelah cabut gigi, tunggu 5 hari setelah sembuh.
3. Setelah operasi kecil, tunggu 6 bulan.
4. Setelah operasi besar, tunggu 12 bulan.
5. Setelah tranfusi, tunggu 1 tahun.
6. Setelah tatto, tindik, tusuk jarum, dan transplantasi, tunggu 1 tahun.
7. Bila kontak erat dengan penderita hepatitis, tunggu 12 bulan.
8. Sedang hamil, tunggu 6 bulan setelah melahirkan.
9. Sedang menyusui, tunggu 3 bulan setelah berhenti menyusui.
10. Setelah sakit malaria, tunggu 3 tahun setelah bebas dari gejala malaria.
11. Setelah berkunjung pulang dari daerah endemis malaria, tunggu 12 bulan.
12. Bila tinggal di daerah endemis malaria selama 5 tahun berturut-turut, tunggu 3 tahun setelah keluar dari daerah tersebut.
13. Bila sakit tipus, tunggu 6 bulan setelah sembuh.
14. Setelah vaksin, tunggu 8 minggu.
15. Ada gejala alergi, tunggu 1 minggu setelah sembuh.
16. Ada infeksi kulit pada daerah yang akan di tusuk, tunggu 1 minggu setelah sembuh.

Saking seringnya ditolak saya pernah menganggap persyaratan diatas sangat ribet dan ganggu. Tapi karena itu untuk kebaikan pendonor dan orang yang menerima darah kita, akhirnya saya hanya bisa berlapang dada dan mengambil hikmahnya (lohh kok jadi lagu Sheila On 7?). Jangan keseringan begadang, perbanyak banyak makan sayur bayam dan minum kopi tanpa gula supaya tekanan darah normal dan hemoglobin pas. Oiya, juga berdoa semoga pas ada event saya gak lagi haid aja. Jadi besok-besok saya bisa ikutan donor darah juga seperti Song Il Kook, appanya Daehan Minguk Manse.

Walaupun saat ini saya masih belum bisa ikut mendonorkan darah, paling tidak saya cukup bahagia lihat foto-foto Daehan, Minguk, Manse yang semangat mensupport bapaknya mendonor darah. Song Triplets ini juga kelihatannya gak takut tuh, nyante aja dudukin bapaknya sambil ngemil. Minguk malah sepertinya sudah ngeces aja lihat darah bapaknya mengalir lewat selang. Hahaha.. Mingukie, semoga dia gak kepikiran jadi vampire aja ala vampire-vampire di Orange Marmalade. 

Song Triplets
Song Il Kook Donor Darah untuk Hari Donor Darah Sedunia 2015 (source : twitter @songilkook)
Selesai nemenin bapaknya donor darah, Daehan, Minguk, Manse pun berlalu diikuti fans yang langsung berubah menjadi papparazi. Jepret..jepret. 

Song Il Kook Triplets
pics cr to owner (fan taken)
Oiya, yang saya perhatiin biasanya di Indonesia sehabis donor darah pendonor diberi snack seperti roti, kue, susu bahkan sampai mie instant. Nah ini bapaknya yang donor darah, anaknya malah dapat banyak cemilan.
Song Il Kook Triplets
pics cr to owner (fan taken)

Song Il Kook Triplets 2015
pics cr to owner (fan taken)

Mianhae Il Kook appa. Memang appa yang donor. Tapi siapa yang paling gaya jalannya aja lah keluar dari klinik.  Hihihihi....  Manse yaaah, mau jadi model atau saya culik aja? 

Song Il Kook Triplets
Walk Like Manse.. (cr to owener, fan taken)

Song Il Kook Triplets
This Is How We Do It. Moves Like Song Triplets
Beginilah jadinya jika donor darah bareng Daehan, Minguk, Manse. Yang donor siapa.. yang heboh siapa. Apalah! Mudah-mudahan besok-besok saya juga bisa ikut donor darah seperti Song Il Kook appa, walaupun gak ditemani Daehan Minguk Manse.

Give freely, give often. Blood donation matters. Yuk, mari donor darah!

7 comments:

  1. waaah...drama Korea itu ternyata selain bikin nyandu juga membuat orang terinspirasi gerakan sehatnya ya. saya belum pernah ikut donor darah padahal keluarga bahkan si kembar sudah pernah. alasannya ya karena kesehatan, tapi bukan karena ada virus aneh looo... :))

    ReplyDelete
  2. Berat badanku ndak memenuhi syarat -_-
    Moga2 kali berikut mengajukan diri, Vita lulus ya ... eh, diterima permohonannya, maksudnya .. permohonan jadi pendonor

    ReplyDelete
  3. Saya kepengin nyoba donor tapi terkendala tekanan darah dan berat badan sih, saya termasuk tekana darah rendah. Salam kenal Mbak :-)

    ReplyDelete
  4. Salam kenal Mbak Vita, wah baru tahu juga Song Il Kook duta donor Korsel, say juga suka sama Triplets, seneng deh baca postingan Mbak tentang Triplets. Izin copy beberapa foto ya Mbal..makasih

    ReplyDelete
  5. Nice info.. saya belum pernah donor darah dengan 2 alasan
    1. Event donor darah biasanya diadakan di tempat terbuka, aurat booook..
    2. Cuma niat aja ke PMI gak pernah terlaksana T_T (masih mikir juga yang bakal ngambil darah laki apa perempuan)

    ReplyDelete
  6. TRIPLEEEETTSSSS!!!!! Aku seumur - umur belum pernah donor darah karena takut sama jarumnya. Ciyus deh :(

    ReplyDelete
  7. Salah fokus sama bapak.a Daehan Minguk Manse ><
    Saya terkendala sama no 3,4 dan 5 oii...
    Yah karna BEGADANG gara" drama dan FF ><

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.