7 Tips dan Trik Agar Bisa Menabung


Sejak kecil saya sudah dibiasakan menabung. Receh demi receh, lembaran demi lembaran sisa uang jajan dimasukkan dalam celengan ayam. Beranjak dewasa celengan ayam berubah menjadi rekening di bank. Alhamdulillah kebiasaan menabung ini menyelamatkan saya dari satu kejadian yang tak terduga.

Menabung Untuk Hal Yang Tidak Terduga 

Empat tahun lalu ketika saya memutuskan untuk berhenti menjadi karyawan swasta dan beralih mengabdi pada negara, saya sempat merasakan tidak gajian. Gaji Pegawai Negeri Sipil golongan IIIa tidak sebanding dengan gaji saya dulu di provider telekomunikasi, ok fine saya mengerti. Tapi jika ternyata gaji sejumlah itupun tidak diterima selama delapan bulan pertama, kebayang kan gimana galaunya. Tak ada gaji, tak ada uang makan, apalagi duit ini itu. Buset deh!

Pepatah sedia payung sebelum hujan memang ada benarnya. Saat itu saya sedang mengalami masa 'hujan deras' dan tabungan yang saya punya adalah payungnya. Jika tidak memiliki tabungan saya tidak tahu bagaimana menjalani masa hujan deras itu. Ketika pada akhirnya gajian juga dan pemasukan lain sudah mulai lancar, saya tetap membiasakan menabung. Amit-amit deh kejadian seperti itu lagi!  Selain untuk hal yang tak terduga, dana tabungan bisa digunakan untuk kebutuhan di masa depan.

Namun tidak sedikit yang menganggap menabung bukan perkara yang mudah. Memang sih, kalau tidak dibiasakan ada aja godaan. Dalam menjaga stabilitas keuangan biasanya kita memilih untuk berhemat.  Tapi, terkadang cara itu masih belum cukup ampuh. Nah, supaya tetap bisa menabung  tanpa menyiksa diri saya punya beberapa tips dan trik yang mudah-mudahan bisa membantu.

7 Cara  Menabung ala Vita Masli

 1. Menabung diawal JANGAN diakhir


Biasanya tabungan adalah 'sisa-sisa' uang di akhir bulan. Padahal belum tentu juga dalam sebulan itu ada sisanya kan? Adaaaa saja hal-hal tertentu yang harusnya tersisa untuk ditabungan masih saja terkuras untuk keperluan ini dan itu (apalagi kalo ada sale!). Supaya gak bablas begitu saja, saya biasanya membuat daftar kebutuhan-kebutuhan selama sebulan.  

Dengan begitu  saya tahu berapa jumlah yang diperlukan sebulan. Selisih dari perkiraan kebutuhan dan pendapatan itulah yang bisa didaftarkan sebagai auto debet di bank. Jadi setiap terima gaji otomatis terpotong untuk masuk ke rekening tabungan. Gak perlu pelit-pelit amat dengan diri sendiri tapi tetap tahu diri juga. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. 

2. Sesuaikan Pengeluaran Dengan Pendapatan

Ini tips jadul yang tak lekang oleh jaman karena memang ada benarnya. Jika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan bisa-bisa kita terbelit hutang. Untuk menghindarinya tentu butuh pengendalian diri. Pinter-pinternya kita deh memangkas pengeluaran tidak perlu.  Dengan mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu, kita bisa  terhindar dari defisit keuangan. Tapi yang mana yang perlu dikurangi? Disinilah kita perlu menerapkan trik selanjutnya.

3. Bedakan Kebutuhan dengan Keinginan 

Terkadang antara kebutuhan dan keinginan sudah semakin samar perbedaannya. Apalagi jika di depan mata sudah terpampang nyata tulisan "SALE", "DISCOUNT" , "BUY 1 GET 1" dan bermacam bujuk rayu penjualan. Walaupun pikiran mengatakan "gak butuh" tapi kalau hati sudah bilang " pengen.. ", pulang-pulang tangan sudah menentang belanjaan kiri kanan. Akhir bulan sudah nyesel aja duit habis untuk barang yang hanya sesekali dipakai atau malah tidak sama sekali.

Sebelum membeli pikir berkali-kali apa kita benar-benar membutuhkannya atau cuma sekedar 'pengen ah, barangnya lucu'. Bagaimana jika itu sudah menjadi gaya hidup dan kita tidak rela menurunkan standarnya?

4. Cari Penghasilan Tambahan 

Untuk menghindari besar pasak daripada tiang, maka tiangnya ini yang harus ditambah atau diperbesar. Penghasilan tambahan bisa didapatkan dari memanfaatkan skill yang ada. Setiap orang pasti punya kebisaan tersendiri.



Saya karena dari dulu sudah bawel-bawel berisi (eh apaan coba?) sudah menjadi penyiar radio sejak jaman kuliah. Walaupun sejak kerja full time gak bisa siaran tiap hari, paling tidak saat weekend suara saya masih mengudara. Dibayar untuk siaran delapan kali perbulan cukup lumayan.

Sekarang saya juga mulai menyeriusi blogging setelah tahu dari blog juga bisa menghasilkan 'sesuatu'. Mulai lebih semangat deh ikut lomba nulisnya. Kalaupun ternyata tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan, jalan keluarnya kembali ke point 2 ya! Hehehe...

5. Pisahkan Rekening Gaji Dan Rekening Tabungan 



Saya punya beberapa rekening di bank yang berbeda. Rekening utama tentu saja tempat gaji disalurkan setiap bulannya. Rekening kedua adalah rekening tabungan utama dan rekening ketiga dipergunakan untuk tabungan khusus semisal untuk ibadah. Ribet? Tidak juga. Dengan begini uang pemasukan dan simpanan tidak tercampur jadi gak ada cerita duit di rekening dikuras hingga ke dasar. Kalau seperti ini gimana caranya mau nabung coba?

6. Cermat Memilih Jenis Tabungan dan Bank 

Ada berbagai macam jenis produk tabungan yang diselenggarakan oleh bank. Mulai dari tabungan biasa, tabungan bisnis, tabungan anak, tabungan pensiun sampai tabungan haji. Sebelum memutuskan untuk memilih produk tabungan dan banknya  ada beberapa hal yang harus dipertimbangakan karena setiap bank dan jenis tabungan kebijakannya berbeda.

Sekarang lebih mudah untuk mengetahui produk tabungan terbaik di Indonesia yang sesuai dengan keinginan. Cukup klik situs Cermati.com dan pilih menu tabungan. Mulai dari tabungan biasa, tabungan bisnis, tabungan anak, tabungan mahasiswa, tabungan pensiun, tabungan pegawai sampai ke tabungan haji yang diselenggaran pelbagai bank di Indonesia bisa didapatkan informasinya.


Dengan memilih opsi sesuai tabungan yang kita perlukan, kita bisa membandingkan produk tabungan di bank yang satu dengan lainnya. Jika memenuhi kriteria kebutuhan langsung melakukan pengajukan juga bisa. Saya yang penasaran pengen tahu bank apa saja yang mengeluarkan tabungan haji dan apa saja benefitnya, mengklik menu tabungan haji, dan voila! Sesederhana itu.



7. Tetapkan Motivasi Agar Tetap Semangat Menabung

Masih tetap merasa berat untuk menabung? Perjelas dulu duitnya ditabung buat apa supaya bisa dijadikan motivasi. Pengen jalan-jalan ke Korea misalnya. Kalo perlu tempelin deh gambar Seoul Tower dan foto Lee Jong Suk lengkap dengan caption "Neng.. abang tunggu disini yah.." (lalu dijambak Park Shin Ye).


Apapun kegunaan tabungan itu nantinya, jadikan itu sebagai motivasi supaya tetap semangat menabung.

Itulah 7 Tips dan Trik Menabung ala Vita Masli. Mudah-mudahan berguna dan bisa dipraktikan. Selamat menabung ya. Semoga dapat untung!

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati"

14 comments:

  1. Iya kalo nabung mesti banget di depan. Lgsg disisihkan. Good luck ya buat lomba nya...

    ReplyDelete
  2. Wihh keren inspirasi menabungnya Kak Vita, Btw sudah buka rekening 2 in 1 di Prudential Syariah ga kak? Biar saat hujan derasnya dobel, kali saja payung 1 nya dah ga kuat nahan, boleh dong ada payung cadangan :).. Saya Hasriani, Agen Prudential. Salam kenal kak Vita.

    ReplyDelete
  3. Refrenai untuk nabungnya bagus mbak, cermati bagua juga sih bisa kasih solusi

    ReplyDelete
  4. ini mi saya malas skali menabung,, menabung di cafe kekinian #EH
    wkwkwkk,.
    btw ikuut ke korea kak nah , upa' hhaha
    goodluck kak for this competition !

    ReplyDelete
  5. Aku menabung di awal jugaa, tapi kemudian diambil lagi karena butuh. Hadeeeh

    ReplyDelete
  6. Setuju menabung itu jangan diakhir ya mba, habis gejongan langsung tabungin hahaha...

    ReplyDelete
  7. Xixixi, kebiasaan nabung di akhir.

    ReplyDelete
  8. Untuk point 1,2 dan 5 sudah dilaksanakan dan memang lumayan sekarang gak terlalu kuatir tentang finansial. Nah point 3 ini yang agak susah, biasalah cewek ada aja yang dibutuh-butuhin :D

    ReplyDelete
  9. masih ga ngerti yang no 5
    soalnya, kalo saya punya rekening di bank itu yang semuanya ditampung
    he he he

    tapi bagus juga mbak, harus dipisahin biar ketahuan kas masukn dan keluarnya

    ReplyDelete
  10. tipsmu oke dan realistis mbak
    hehe sama2 dapet merchandise ya kita ^ ^

    ReplyDelete
  11. tips yang menarik, semoga dengan artikel diatas dapat bermanfaat buat saya sendiri

    ReplyDelete
  12. Bermanfaat banget tipsnya. Makasih mbak :))
    Sukses GAnya ya ;)

    ReplyDelete
  13. tips yang sangat menarik dan bermanfaat banget
    Thanks

    ReplyDelete
  14. selain diatas, kalo saya tipsnya ditambah menabung dengan cara investasi emas. Selain nilainya stabil kita juga bisa sekalian menabung

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.