[Review] LangitMusik, Aplikasi Asik Dengerin Musik


Music is the soundtrack of your life.

Tidak bisa dipungkiri musik menjadi bagian dari kehidupan seorang manusia. Sejak bayi kita sudah diperkenalkan dengan musik dari suara ibu yang melantunkan lagu 'nina bobo' atau gumaman ayah yang mencoba menidurkan kita.

Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapien yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Dalam perkembangannya musik malah menjadi terapi untuk membantu pasien dalam meningkatkan atau mempertahankan kesehatan. Terapi musik digunakan dalam proses penyembuhan gangguan kejiwaan, masalah medis, cacat fisik, gangguan sensorik, cacat perkembangan, penyalahgunaan zat, gangguan komunikasi, masalah interpersonal, dan penuaan. 


Saking dekatnya manusia dengan musik, terkadang ada saat tertentu dimana kata-kata tidak bisa diungkapkan. Orang-orang kreatif lalu memberinya lirik pada musik  yang kemudian kita kenal sebagai lagu. 

Dulu orang mendengarkan lagu lewat piringan hitam. Kemudian seiring jaman format berubah menjadi kaset lalu kemudian CD. Perkembangan selanjutnya musik dan lagu apapun bisa kita dengarkan lewat format yang lebih ringan, mp3. Sayangnya format ini juga memudahkan karya-karya kreatif para musisi ini rentan untuk dibajak dengan diunduh secara ilegal. "Mahal kalau beli CDnya..," begitu salah satu alasan yang paling sering saya dengar. "Ngapain bayar kalau bisa diunduh gratis,"mudah-mudahan ini bukan alasan kamu yah.. 

Tapi kasihan juga kalau karya yang dibuat dengan modal yang tidak sedikit itu malah tidak dihargai. Bagaimana mereka bisa berkembang dan menghasilkan karya-karya bagus? Trus kita nanti mau dengar lagu apa dong? Lagian kualitas audio dari lagu-lagu unduhan ilegal yang banyak beredar di internet kebanyakan tidak sesuai standar kestereoan telinga penyiar saya.. *tsaahh* *ngeles sebelum ditoyor headphone*

One good thing about music, when it hits you, you feel no pain.

Untungnya tekhnologi makin hari makin canggih. Setelah kita sudah akrab dengan mp3, sekarang kita bisa dengerin lagu-lagu favorit secara streaming atau di unduh lewat aplikasi yang diinstal di gadget. Nama aplikasinya adalah LangitMusik. 

LangitMusik ? Pernah Dengar Di mana ya... 

Sebenarnya aplikasi ini sudah cukup lama diluncurkan, tepatnya tanggal 18 Januari 2010. LangitMusik layanan hasil kerja sama Telkomsel dengan PT.MelOn Indonesia. Untuk yang suka musik Kpop dan jadi die-hard-fan dari boyband/girlband Korea, pasti tahu atau paling tidak pernah dengar situs musik MelOn. Para pencinta musik di Korea yang dikenal malu beli CD bajakan atau unduh ilegal itu mendukung artist/musisi favoritnya dengan mengunduh lagu di situs musik legal semacam MelOn ini. Mengunduh di situs MelOn sudah langsung pasti penjualannya tercatat karena menjadi salah satu barometer chart di Korea.  Nah, MelOn Indonesia ini adalah perusahaan gabungan antara perusahaan induk Telkom Indonesia dan perusahaan telekomunikasi Korea, SK Telecom. Duh.. jadi berasa saudaraan aja nih dengan pencinta musik di Korea yang gak demen unduh  lagu ilegal.



Kenapa harus LangitMusik?

Ini dia pertanyaan yang menarik untuk dijawab. Menurut saya, LangitMusik adalah aplikasi yang bisa memberikan kemudahan untuk menikmati lagu yang BUKAN bajakan. Koleksi lagunya lengkap dan dilengkapi dengan lirik lagu. Iyah.. kita bisa ikutan nyanyi bareng Ariana Grande, ngerap bareng Iggy Azalea atau sok-sokan nyanyi ala Raisa gitu deh. Seru kan? 

Tidak perlu takut dicap kudet alias kurang update tentang lagu terbaru yang enak untuk didengerin. LangitMusik punya fitur-fitur dan pilihan kategori yang sangat membantu. Cek saja kategori Top 100 untuk kumpulan lagu-lagu yang paling banyak diunduh. Ada juga kategori Lagu Terbaru untuk kumpulan lagu-lagu terbaru. 


Pengen dengerin lagu tertentu? Silahkan.. ada  Pencarian Lagu untuk mencari lagu yang disukai. Lagi sedih, lagi bete atau mood lagi tidak menentu? Tenang.. ada kategori Mood yang menyediakan playlist lagu sesuai mood saat ini. Mau susun playlist sendiri juga bisa di LangitMusik. Playlist buatanmu juga bisa dinikmati oleh pendengar yang lain. Berasa jadi Music Director di radio deh. Ihiy! 


Sekarang malah bisa karaoke lewat aplikasi LangitMusik. Dengan lebih dari 800.000 lagu (dan terus bertambah) lokal dan internasional, mulai dari lagu jadul sampai yang kekinian, Britpop hingga Kpop semuanya ada disini. Sesuaikan saja dengan seleramu. Kualitas audionya yang Dolby Digital sudah jelas stereo di kuping. Gak mendem seperti lagu-lagu unduhan ilegal itu. Lagu yang kamu dengerin bisa di share juga di media social. Lumayan kan, bisa jadi 'kode' buat gebetan, hehehe... 

Oiya jangan khawatir dengan virus-virus yang biasanya rentan menyerang gadget kita lewat file lagu yang diunduh ilegal. Lagu-lagu yang kamu dengerin streaming atau unduh di LangitMusik bebas dari virus. Lega kan jadinya.. 

Music is a moral law. It gives soul to the universe, wings to the mind, flight to the imagination, and charm and gaiety to life and to everything.
                                                                                                                                                         Plato  

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi LangitMusik ?  

Gampang! Pertama unduh aplikasi LangitMusik di apps store sesuai platform gadget masing-masing secara gratis. Pengguna iOS di sini, Android di sini, BlackBerry di sini , dan pengguna Windows phone di sini. Setelah aplikasi terinstal, siapa saja bisa mengakses dan mendengarkan koleksi lagu streaming gratis tapi dibatasi hanya satu menit. Kalau mau full dan puas dengerin lagu pilihan, pengguna harus menggunakan nomer Telkomsel (Halo/simPATI/AS) dan sign up/login terlebih dahulu untuk berlangganan paket-paket yang disediakan. 


Saya misalnya pengen nyoba gratisannya dulu (yayayaya.. saya Indonesia banget). Pilih LangitMusik Basic dan nantinya saya akan mendapatkan user (nomor Telkomsel saya) dan password yang akan diterima  via SMS setelah registrasi berhasil. User dan password inilah yang saya gunakan untuk login dan mengakses lagu-lagu yang ada di LangitMusik. 


Harga paketnya mahal? Tentang mahal dan murahnya harga suatu produk itu relatif. Memang untuk tipikal orang Indonesia (tidak mengeneralisasikan yah..) tidak sedikit yang menganggapnya cukup mahal. Belum lagi bahwa aplikasi LangitMusik ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna Telkomsel. Namun jika dilihat dari koleksi lagu, fitur-fitur yang sudah saya paparkan diatas dan kualitas suara yang Dolby Digital, harga segitu untuk mendengarkan musik melalui LangitMusik masih masuk akal. 


Selain diakses di gadget, LangitMusik juga dapat diakses melalui portal. Terdapat informasi mengenai katalog musik, rekomendasi lagu pilihan, daftar tangga lagu terpopuler, fitur twitter feed, komunitas musik, berita terbaru seputar dunia musik (artis dan event musik), lagu top download dan new release, hingga search engine untuk mencari lagu yang akan diunduh. 


Jika sudah terdaftar silahkan masukkan user dan password. Kalaupun belum bisa sign up lewat website ini juga. Oiya pelanggan Telkomsel bisa juga berlangganan NSP lewat website ini loh.. 



LangitMusik, Cara Asik Cari Musik 

Untuk beberapa orang mengunduh lagu secara legal lebih gampang dan yang paling penting tidak mengeluarkan biaya. Paket internet saja sudah mahal, masak harus ditambah lagi dengan biaya berlangganan segala hanya untuk mendengarkan lagu. Huhuhu.. apa kabar dengan uang saku? 

Oke, kalau gitu saya langganan paket di LangitMusik deh supaya bisa di unduh terus diupload lagi di blog. Mungkin.. ada yang berpikiran seperti itu. Hohoho.. lupakan ide buruk itu ya! Lagu yang diunduh dari aplikasi LangitMusik memiliki format .DCF. Artinya lagu tersebut merupakan format audio yang sudah dilengkapi dengan copy-protection dengan  Digital Rights Management (DRM). DRM inilah yang akan  membatasi file agar tidak di-copy atau diubah untuk mencegah terjadinya pembajakan. 

Lagipula dengan kita mengunduh, streaming bahkan menjadikan sebuah lagu menjadi NSP dari  LangitMusik, berarti kita turut mendukung perkembangan dan kemajuan industri musik di Indonesia. Jangan mikir jauh-jauh dulu ke Super Junior, Bigbang, Ariana Grande atau One Direction dulu deh! Coba pikirkan kakak Afghan, dede Raisa, abang-abang di Noah, mas Tulus dan artist Indonesia lainnya. Saya pikir mereka gak bisa berkarya dengan tulus lagi kalau kita menikmati hasil karya mereka dengan cara membajak. 




Kebiasaan buruk mengunduh ilegal bisa diubah. Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi LangitMusik dan berlangganan paketnya. Kita bisa menikmati musik sekaligus mendukung karya para pekerja seni. Untuk informasi lebih lanjut jangan segan mampir ke langitmusik ya.
LangitMusik, cara asik cari musik. Mainkan! 

Referensi : 

1. Musik - Wikipedia 
2. FAQ - LangitMusik
3. LangitMusik - Wikipedia
4. Quotes : BrainyQuote
5. Foto : vitamasli.com



8 comments:

  1. Ooh .... ini punyanya Tekomsel ya .... keren.

    Keren review-nya VIta. Saya suka alur logikanya.
    Btw, boleh ralat? --> yang benar "di mana", bukan "dimana"
    *Eh, saya kayak juri saja ya wkwkwk*

    Sukses ya Vita ... keren ini, saya mendukungmu UNTUK MENAANG :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja kak.. berarti yg komen beneran baca. Hihihi.. iyah yang benar memang di mana. Thanks ya kak

      Delete
  2. aplikasi langit musik, aplikasi mendengarkan lagu non bajakan. keren

    ReplyDelete
  3. aku udah download applikasi nya, udah siap materi, tinggal di ketik tapi oohh ternyata kelewatan saking sibuk nya.. Tapi sekarang aku jadi asik cari lagu disini.. Tapi, aku tetap suka Super Junior hehehe..

    ReplyDelete
  4. Uraiannya lengkap sekali vit.... menarik. semoga menang yah 👍

    ReplyDelete
  5. nah itu tuh... karena ini punyanya telkomsel makanya aku nggak bisa ikutan. aku kan keluarga indosat..semoga menang ya Vita

    ReplyDelete
  6. Bener, mba. Setelah pengalaman mudik kemarin ketinggalan flesdisk dan lagu yg tersimpan di smartphone mulai terdengar membosankan, untung ada langitmusik...perjalanan kami sekeluarga jadi asik
    Salam..

    ReplyDelete
  7. Seru yah emang dengerin musik di LangitMusik! Semoga menang lombanya! :D

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.