Serba Serbi Membeli Gadget

Gadget menjadi kebutuhan masyarakat kekinian dengan tingkat mobilitasnya yang tinggi. Sejak awal tahun 2000, teknologi dunia telekomunikasi berkembang pesat. Penggunaa piranti telekomunikasi canggih ukuran genggaman (gadget) di Indonesia tidak lagi sebatas kalangan menengah ke atas namun juga bergerak merangkul kalangan kelas di bawahnya. Tidak salah jika para produsen gadget berlomba-lomba mengeluarkan gadget terbaru sesuai pangsa pasar yang dibidik. Saking banyaknya kadang-kadang jadi pusing sendiri.

Ini yang saya rasakan pas mau belanja gadget sebelum lebaran kemarin. Ada beberapa alternatif merk dan type yang sudah dilist jauh-jauh hari, tapi makin dicari informasinya di internet makin bingung. Merk A fiturnya begini, merk B punya fasilitas begitu. Kalau kayak gini mending cari opini kedua atau ketiga, ya kan? Maka datanglah saya ke counter resmi merk-merk tersebut dengan harapan selain bisa merasakan sendiri menggunakan gadget yang saya incar, harusnya sih bisa dapat informasi lengkap dari mbak atau mas di sales counternya.

Tapi ternyata... gak gitu juga sih.

Kebanyakan counter yang saya datangin mbak atau masnya hanya semangat di depan pintu toko aja. Begitu dia tahu kita nyari gadget diluar produk yang ada dalam masa promosi, dengan ogah-ogahan dia memberikan penjelasan. Malah di salah satu counter saya sempat ditinggalin begitu saja untuk customer yang pengen liat gadget yang 'hot promo' itu. Aduhh.. disitu saya merasa sedih. Tega amat sih embaknyaaa.. hahahaha... Saya kan gak mampu beli gadget harga belasan juta itu. *nangis dipojokan*

Pengalaman menarik lainnya dalam masa pencarian gadget adalah mbak-mbak counternya semangat banget memberi informasi seputar gadget yang saya taksir. Saking semangatnya jadi cenderung memaksa harus beli hari itu dan harus sama dia. Waduh!

Di kesempatan berbeda saya ke counter berikutnya pengen ngecek harga saja karena untuk gadget yang pengen saya beli ternyata ada promo cashback berhadiah sampai akhir bulan. Mbak dan mas salesnya malah bilang promonya sisa hari itu saja, katanya. Wah.. mulai menjurus pembohongan publik lagi nih. Gak tahu yah, apa ini trik sales jualan baru agar calon pembeli terintimidasi untuk membeli atau memang kebetulan, Berhubung saya sudah pernah ketipu sekali dengan trik ini waktu beli vacum cleaner. jadi... maaf ya mbak, saya berlalu dengan sebuah lagu :

           Pliss jangan membohongi ... Karena perihnya berasa ( Please - Slank )

 Dudududu...

Eh, baru ingat!
Beberapa waktu lalu saya bersama teman-teman Blogger Makassar pernah diundang acara #NgabuburitErafone yang dirangkaian dengan seminar Digital Marketing di Erafone Megastore Jalan Ahmad Yani No. 37A&B (ntar saya posting terpisah yah). Waktu itu saya sempat memperhatikan store dan aktivitas pelayanan di Erafone. Terus terang saya terkesan.

Sejak di pintu masuk, pengunjung sudah ditunggu oleh deretan sales person Erafone. Awalnya saya sempat kaget juga sih. Ini semacam disambut pager ayu dan bagus di kondangan aja, hihihi. Ternyata itu agar lebih memudahkan pengunjung saat berbelanja nantinya. Setiap pengunjung akan diguide oleh satu sales person yang akan membantu memberikan informasi dan proses pembelian nantinya.


Saya pikir ini sangat membantu karena Erafone ini luasss banget, memiliki dua lantai dengan beragam counter dari berbagai merk. Mau cari gadget apa aja, ada. Erafone memang pertama kali buka di Indonesia, dikenal sebagai distributor resmi Nokia. Selanjutnya Erafone juga menawarkan merk Sony, Samsung, Blackberry, Xiaomi hingga Asus dan bermacam merk terkemuka lainnya
Erafone Megastore Makassar berada di lokasi paling strategis di Jl Ahmad Yani No 37A-B Makassar. Berlantai 2 dengan total luas  856 meter persegi menjadikan Erafone Megastore Makassar sebagai toko ponsel - gadget terbesar di Indonesia. Produk yang ditawarkan Erafone Megastore mulai dari produk seluler terbaru, produk gadget  dan aksesories dari merk terkemuka. 
Biasanya kita kalau belanja suka muter-muter dulu, apalagi cewek-cewek, ya kan? Kalau perlu toko dikitari tujuh kali deh walaupun pada kenyataannya belum tentu beli juga. Di situasi seperti itu biasanya mbak & mas sales personnya keburu capek duluan. Nah, di Erafone Megastore gak usah takut pindah dari satu counter ke counter yang lain. Mbak dan mas sales personnya setia menemani tapi gak sampai ngintilin kita juga sih. Karena sistem pelayanannya one on one, kita bisa santai nanya-nanya sampai coba-coba gadgetnya. Jadi gak ada cerita ditinggalin sama mbak atau mas sales person untuk pengunjung lain (hiks!). Bahkan jika cuma window shopping aja atau gak jadi beli, mbak dan masnya tetap ramah dan gak memberengut kok. Santai banget lah belanja di Erafone Megastore ini.



Saya sempat juga loh ngetest-ngetest 'kesabaran' sales personnya. Di acara #NgabuburitErafone sempat disebut tentang Nokia X. Penasaran lah saya gimana bentuknya. Saya pun mampir ke counter Nokia Lumia yang terletak di lantai dua Erafone Megastore Makassar. Oleh mbak sales personnya saya diberitahu kalau Nokia yang saya maksud sudah tidak dipajang di counter karena produknya sudah discontinue.

Berhubung dalam proses 'ngetest' saya pun bertanya tentang produk Lumia mana yang pas dengan kebutuhan saya yang socmed freak, suka memotret, harus gampang dihubungi via telepon, sms dan email dan suka dengar lagu ini. Harga gak masalah deh, kata saya (iya kan lagi ngetest, songong dikit gak apa-apa dong. Hahaha...). Ada beberapa alternatif produk Lumia di display dan mbak sales person mempersilahkan saya untuk mencoba fitur-fitur yang saya perlukan. Informasi yang diberikan cukup lengkap dan dia sangat antusias untuk membantu menentukan pilihan.

Pada akhirnya saya memilih untuk berlalu dengan ucapan terimakasih tanpa membeli, namun keramahan dan antusias mbaknya tidak berkurang. Ini lalu menjadi 'user experienced' yang membekas di ingatan saya dalam masa kegalauan membeli gadget idaman saat itu.

Selain itu Erafone Megastore Makassar juga banyak memberi kejutan-kejutan bagi pembeli. Beberapa contoh promo yang diberikan sepanjang Juli hingga Agustus ini adalah :

Promo Aksesoris


Promo The Ultimate Lumia (sampai 31 July 2015) 



Promo Sony Xperia berhadiah Umroh Gratis ( 3 Juli - 2 Agustus 2015) 


Promo cashback khusus untuk pembelian iPhone ( sampai 31 July 2015) 


Promo Weekend Special Deal untuk produk Sony Xperia 4G ( hingga 2 Agustus 2015)



Promo Samsung S6 & S6 Edge ( Sampai 15 Agustus 2015)


Dan masih banyak promo menarik lainnya. Sering-sering aja ceki-ceki fanpage facebook, Instagram dan twitter Erafone. Jangan lupa di likes dan follow supaya tidak ketinggalan berita.

Di kota Makassar, Erafone hadir di 5 titik yang berbeda. Selain di Erafone Megastore Jalan Ahmad Yani , terdapat 4 lokasi Erafone store lainnya, yaitu di :

Erafone

Erafone Makassar


Erafone Makassar

Oiya, salah satu dari 5 store Erafone di Makassar ini sudah menjadi tempat observasi untuk Lomba Blog Review Samsung Galaxy S6. Alhamdulillah karena informasi yang lengkap dan diperbolehkan untuk uji gadget, tulisan saya jadi lebih akurat dan terpilih menjadi salah satu pemenang. Terimakasih ya, Erafone!

Bagi yang berada jauh dari Erafone store, jangan kecewa. Masih bisa belanja via online, kok. Erafone mempunyai website khusus untuk berbelanja online di www.erafone.com. Berbagai macam pilihan merk ternama seperti Nokia, Blackberry, Samsung, Apple, Sony, Motorola, LG, Xiaomi, Dell, Huawei, Acer serta Venera tersedia di website. Erafone.com juga menjual berbagai pilihan produk seperti aksesoris dan wearable gadget. Semua merk gadget yang disediakan di store offline tersedia pula di website ini. Untuk yang gak punya waktu muter-muterin toko seperti yang saya lakukan, belanja online di erafone.com ini lebih praktis dan juga aman.

erafone online store

.
Pembayaran boleh memilih dengan kartu kredit (Visa & Mastercard) atau bank transfer.  

Beli gadget online

Pengiriman  produk akan dilakukan setelah Erafone mendapatkan dana pelanggan sesuai dengan nilai barang yang dibeli. Perlu diingat Erafone tidak menerima alamat pengiriman ke tujuan PO.Box dan Hotel. Harap maklum yah..

Beli gadget online

Lewat website Erafone.com ini pula akhirnya saya menemukan pilihan gadget yang belum pernah saya tahu sebelumnya : Microsoft Lumia 640 LTE (Iyahh saya kemana aja ya?). Berhubung di Indonesia lagi kena demam 4G LTE, gak salah dong kalau mengintip gadget yang satu ini.

Smartphone 4G LTE

Microsoft Lumia 640 LTE adalah smartphone yang bisa diandalkan untuk kerja dan main. Tersedia beragam aplikasi dan game yang diinginkan dari sekian ratus ribu aplikasi di Bursa Windows Phone – dari Trip Advisor, Instagram, WhatsApp hingga Candy Crush Saga, semua ada. Dilengkapi pula dengan aplikasi Office 365 agar bisa mengedit dokumen office walaupun sedang di luar kantor. Prosesor quad-core Qualcomm® Snapdragon™ processor, serta daya baterai  2500 mAh yang besar membuat pengguna lebih nyaman membuka beberapa aplikasi tanpa takut boros baterei. Untuk hasil foto saya percaya dengan kamera depan dan belakangnya Lumia yang cling banget. Dan yang paling penting : Harganya terjangkau dan sudah LTE 4G. Di erafone.com Microsot Lumia 640 LTE ini hanya dibandrol dengan harga Rp.2.599.000. Dengan spesifikasi mumpuni rasanya masuk akal kan harganya?

Ada banyak serba serbi cerita tentang bela beli gadget dan setiap orang punya pengalaman yang berbeda. Bagi saya sejauh ini untuk membeli gadget offline atau online di Indonesia rasanya tidak ada yang senyaman dan semudah di Erafone. Jadi ya sudahlah yah, beli gadget di Erafone aja. the best gadget online and offline store. Yuk!

20 comments:

  1. Artikel Mbak Vita keren dan lebih menarik isinya. Saya hari ini bersusah payah posting tulisan berhubung modem rusak. Akhirnya nyoba-nyoba gunain wireless Hp Android.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an sih juri jg berpendapat begitu. Ditulis dri user experienced, tdk jiplak atau terinspirasi tulisan orang lain biasanya lebih mudah nulis postingannya.

      Delete
  2. Saya mau S6 nya Erafone 😭 hikzzz....

    ReplyDelete
  3. Asusnya belum ada di toko online ya? Erafone di Kendari masih kecil tokonya, barangnya belum ada juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aahhh Irly, belum baca lengkap ya? Seperti yg sy tulis diatas barang yang disediakan di store offline juga ada di website erafone.com. Hayoo.. ceki2 deh

      Delete
  4. mbak vitaaaaaaa... tq infonyaaaaaa... aku sukaaaaaa.. ooouuooooo... *ala tarzanita* tetiba jleb ! nyangkut di pohon .. huuwwaaaaaa... *nangis di dahan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Merida jangan nangis di dahan dong.. ntar susah nuruninnya hehehe

      Delete
  5. Informasinya menarik dan tidak membuat bingung, terimakasih

    SAlam Blogmate Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks juga sdh berkunjung, semoga berguna

      Delete
  6. Waah ini mi yang menang lomba? Pantasan ... kumplit plit plit ...

    Selamat yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh kak niar suka gitu deh... saya kan jadi malu *ngumpet di belakang counter samsung* Thanks kak..

      Delete
    2. SAya ke sini lagi .... (efek ngobrol kemarin jadi semangat ngeblog, takut dituduh seleb blog yang kena sindroma haha ... geer sendiri). Sy kira postingan baru, ternyata sudah ma' komen di sini pale

      Delete
    3. Sering2 mi kak.. hahaha follow sekalian. Tuh sudah ada postingan terbaru. Mampir na kak..tq

      Delete
  7. Banyak promo di Erafone ya, jadi bahan rekomendasi buat saya nih mbak nanti kalo mau beli gadget lagi

    ReplyDelete
  8. Pengalaman kmrn pas hunting hape baru, alhamdulillah si embak si emas nggak monoton di satu produk ato fanatik dgn jualannya. Bahkan nih, waktu saya tny ttg perbandingan kamera hape si A dgn hape si B. Jawaban mereka nggak subyektif loh, salut!!! Jarang bgt kan skrg nemu kek gini *malah curcoool

    ReplyDelete
  9. Erafone juga jadi tempat gua sering beli gadget, soalnya pelayanannya ramah. Gua juga pernah ngalamin pelayanan ga ramah dari pesaing Erafone (ga usah disebut), pas kita ga tertarik sama promo yang ditawarin, mereka ga ngelayanin kita dengan baik, kesannya ogah-ogahan. Haha.

    Btw, bagus nih pemaparannya. Meskipun panjang, tapi enak dibaca. Nice post :-)

    ReplyDelete
  10. selain di gerai resmi, saya juga pernah beli di erafone di roxy mas, jakarta
    salah satu kelebihannya, ada layanan purna jual (garansi)

    eh itu, ngetes kesabarannya "sadis" banget
    mana puasa lagi :)
    he he eh

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.