10 Alasan Samsung Galaxy Note 5 Pantas Menjadi Smartphone Pilihan

Gue mungkin adalah salah satu orang yang paling sering terkena‘bujuk rayu’ drama Korea, salah satunya dalam hal pilah pilih jodoh gadget. Liat Sung Joon pegang Samsung Galaxy S6 Edge, gue pengen (Sung Joonnya). Liat Song Il Kook pake Samsung Galaxy Note 4 pas doi groufie-an dengan anaknya : Daehan, Minguk, Manse, gue juga pengen (gadget sama bapak dan anak-anaknya. Maruk ya?). Saking ngefansnya dengan produk mobile Samsung, review Samsung Galaxy Note Edge dan Samsung Galaxy S6 gue tulis juga di blog ini. 
Namun pada kenyatannya gue adalah pengguna Samsung Galaxy Tab 4 dan Samsung Galaxy A5. Padahal dari hati yang terdalam sebenarnya naksir berat dengan Samsung Galaxy Note 5. Sebagai ‘tukang catat’nya big boss, blogger dan sekaligus lagi semangat-semangatnya jadi mahasiswa S2, gue pikir Samsung Galaxy Note 5 bisa jadi andalan gue berikutnya. Eh, gue? Kalian juga, kali...  

10 Alasan Samsung Galaxy Note 5 Pantas Menjadi Smartphone Pilihan

Samsung adalah salah satu produsen ponsel yang kerap berinovasi dengan beragam tipe. Gue masih ingat ketika Samsung Galaxy Note pertama kali diluncurkan pada akhir 2011. Waktu itu Samsung Galaxy Note dilirilis dengan ukuran 5,3 inchi yang lebih besar dibanding smartphone yang saat itu rata-rata berukuran 4 inch . Karenanya Samsung Galaxy Note dimasukkan dalam kategori Phablet- Phone Tablet. 

Keunikan lain yang membuatnya berbeda yaitu Samsung Galaxy Note adalah smartphone pertama dengan fitur stylus yang disebut S-Pen. Saat itu mana ada smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk menulis di atas layar selayaknya menulis di atas kertas. 

Sementara pada saat itu kesiapan pasar untuk phablet masih dipertanyakan, Samsung sudah maju duluan dengan Samsung Galaxy Note series. Walaupun sempat dianggap gila, tapi langkah Samsung ini terbukti sukses besar. 



Kami memiliki filosofi sederhana. Kami melayani Anda, dengan mendengarkan Anda. Kami percaya Anda. Dan kami ingin mendapatkan kepercayaan Anda dengan cara kuno, dengan menawarkan produk yang lebih baik dan dengan menawarkan  produk-produk baru pertama kali.
JK Shin, CEO and President of IT & Mobile Division, Samsung Electronics

Tepok tangan deh buat Sajangnim. Emang bener juga ya kata orang bijak, salah satu kunci kesuksesan adalah dengan cara mendengarkan orang lain. Dari mendengarkan kita akhirnya bisa memahami orang tersebut. 

Samsung pun begitu. Mereka memahami bahwa pelanggan menginginkan sebuah perangkat yang membantu mereka menyelesaikan sesuatu, dan juga menawarkan view yang lebih besar. terutama pada pengguna bisnis dan pekerja kantoran yang memerlukan perangkat produktivitas mobile yang kuat untuk mendukung kinerja mereka.

Memang pada Samsung Galaxy Note series ditujukan terutama untuk kategori pengguna smartphone yang disebut: "Power User" . Biasanya ‘Power User’ ini merujuk pada orang-orang kantoran, sering bepergian dan harus menggunakan smartphone mereka sepanjang waktu untuk pekerjaan. 

Tapi bukan berarti diluar kategori itu gak bisa pake Samsung Galaxy Note series loh.. Bagi orang-orang yang tidak bisa lebih dari setengah jam tidak menggunakan smartphone untuk melakukan sekedar panggilan, membaca atau mengirim pesan dan kadang-kadang main game, streaming musik, selfie atau posting media sosial, Samsung Galaxy Note juga pas banget kok!

1000 orang menghadiri Samsung Galaxy Unpacked 2015 di New York
Kini setelah melewati serangkaian perkembangan dari masa ke masa, Samsung Galaxy Note 5 telah resmi diperkenalkan dalam event Samsung Galaxy Unpacked 2015 di New York pada Kamis, 13 Agustus 2015 lalu. Begitu Samsung Galaxy Note 5 diperlihatkan, ukuran  5.3 inchi yang dulu sempat dianggap kegedean di tahun 2011 menjadi hanya ukuran sebuah smartphone biasa saja. Bigger is Better. 


Berhubung ‘cinta terpendam’ gue dengan Samsung Galaxy Note series yang belum berbalas sampai sekarang, gue jadi penasaran.Apa sebenarnya kelebihan dari Samsung Galaxy Note 5? Ini dia 10 alasan Samsung Galaxy Note 5 pantas menjadi smartphone pilihan : 

1. Screen and Design


Ada banyak smartphone dengan layar besar. Tapi hanya ada satu yang benar-benar menggunakan layar untuk digunakan secara tepat. Samsung Galaxy Note 5 berukuran 5.7 inch dengan layar Super AMOLED HD Quad (2560x1440) dan 518 ppi dapat mereproduksi gambar lebih jelas dan lebih hidup dengan kontras yang lebih dalam, sudut pandang yang lebih baik dan waktu respon lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya. 


Aktivitas gue sebagai sekretaris yang kerap membuat catatan, mengirim dan membaca dokumen akan sangat terbantu dengan layar yang lebih besar. Sebagai blogger yang perlu foto untuk dokumentasi layar yang lebih besar tentu saja memberi  gambaran yang lebih jelas tentang apa yang dipotret. Hobi gue merekam dan mengedit pun  video lebih mudah dengan layar yang lebih besar karena gue lebih gampang men-drag, meng-cut dan menyatukan gambar.  Sebagai mahasiswa yang harus rajin membaca literatur kuliah, layar yang lebih besar penting banget untuk membaca e-book. Singkat kata: Bigger is Better.

Secara design, Samsung juga telah mengurangi bezels di keempat sisi Samsung Galaxy Note 5 sehingga layar terlihat lebih besar. Bagian belakang terbuat dari kaca dengan rim logam di sisi kiri dan kanan, yang juga membuat lebih mudah untuk dipegang.

2.  Smart Multitasking


Dengan  layar yang besar dan platform Android Lollipop 5.1, Samsung Galaxy Note 5 ini memang sangat multitasking.  Membaca email pada setengah layar dan menonton drama Korea di sisi lain, misalnya (gue banget ini sih!).


Menariknya adalah ternyata tersedia fitur gambar ke gambar yang dapat kita pindahkan ke posisi yang diinginkan. Kita juga dapat mengubah ukuran setiap jendela yang terbuka sesuai dengan keinginan.
Ini menurut gue penting banget, just in case boss gue tiba-tiba melongok dari belakang. Jendela YouTube harus segera digeser supaya gak ketahuan lagi mantengin Daehan, Minguk, Manse.
3. Processor & Software
Sebenarnya untuk membuka banyak aplikasi dan melakukan multitasking di Samsung Galaxy Note 5 ini tidak masalah. Karena dibalik bodynya yang keren terdapat prosesor Octa-core 64-bit Quad 2.1GHz + Quad 1.5GHz dengan didukung  4 gigabyte memori sistem (RAM) dan 32GB/64GB memori internal. Meskipun tidak diupgrade dengan kartu microSD, seperti dengan model sebelumnya, tapi lumayan banget kan.. daripada lu manyun.
4. S Pen
Samsung terus berinovasi dalam mengembangkan fitur S Pen pada Samsung Galaxy Note 5 ini. Fitur Air Command baru pun ditingkatkan dan S Pen dibuat lebih sensitif agar lebih memudahkan pengguna dalam berkreasi atau mengedit hingga terasa seperti menggunakan mouse pada perangkat komputer.


Sekarang S-Pen pada Samsung Galaxy Note 5 memang dibuat makin canggih. Bisa nyatat bahkan ketika layar gak nyala. Keren ya? Dengan bantuan S-Pen juga lebih mudah untuk mengambil gambar atau teks dan drag ke aplikasi lain. Ini fitur yang menurut gue penting banget, apalagi untuk gue yang mengurusi presentasi dan dokumen-dokumen penting big boss.

Pernah kejadian gue sementara makan siang di mall, sementara big boss yang lagi rapat di Jakarta tiba-tiba minta presentasi pentingnya ditinjau ulang. Duh! Kebayang betapa mudahnya pekerjaan gue dengan Samsung Galaxy Note 5 ini.


Dengan bantuan  S Pen, gue bisa menambahkan keterangan langsung pada PDF atau PowerPoint lalu mengirimkannya langsung kembali. S Pen ini juga bagus untuk mencatat, membuat sketsa ide atau tanda tangan. Bantu banget kerjaan di kantor dan urusan perkuliahan gue sebagai mahasiswa lah!

5.  Refined Camera

Hari gini pilih smartphone pasti yang ditanyain pertama adalah : “Kameranya berapa pixel?” Fitur kamera memang menjadi salah satu kebutuhan para pengguna smartphone seperti gue. Selain ngantor, gue kan juga blogger dan mahasiswa bo’. Untuk melengkapi dokumentasi postingan atau paper gue kan gak enak kalau kualitas gambarnya gak bagus. Untuk kerjaan kantor juga penting banget apalagi kalo gue pengen ngescan dokumen disaat gak ada scanner di sekitar gue. Untuk urusan pribadi pun memiliki smartphone dengan kamera berkualitas tinggi pun juga penting (yang suka selfie dan foto-foto makanan mana suaranyaaaa?????).


Untuk segala kebutuhan gue itu Samsung Galaxy Note 5 menjawabnya dengan ‘Refined Camera’.

6.  Battery

Tidak ada yang lebih ngeselin dibanding saat lagi hectic banget dengan kerjaan atau pengen eksis di social media trus baterai ngedrop atau cepat lowbat.

Bayangkan pergi nonton konser trus sampai di venue baru nyadar isi baterai tinggal 20%. Mana sinyal di sekitar venue ngos-ngosan, gak bawa power bank, colokan pake ngantri pula. Ah lengkap lah penderitaan gak bisa eksisnya.

Dengan segala aplikasi dan fitur yang ada pada Samsung Galaxy Note 5, Samsung menyiapkan baterai berkapasitas 3000mAH untuk mendukung performa smartphone keren ini. Tidak hanya kapasitas baterai yang besar, waktu pengisian pun bisa lebih cepat. Dari kondisi kosong hingga terisi penuh 100% hanya perlu 120 menit saja. Pengisian baterai pun bisa dilakukan tidak hanya menggunakan cara konvensional dengan memakai kabel tapi bisa menggunakan wireless charger juga loh. Ihh keren yak...


Bye bye mati gaya karena lowbat!! Eksis jalan terus..

7. Video Live Broadcast

When it comes to content, video is king, kata pakar media sih gitu. Saat ini lebih banyak orang yang lebih tertarik pada video ketimbang tulisan semata (hey bloggers, be ready!). Dan ketika bicara tentang video, tidak ada yang lebih ngehits dibanding video yang menjadi viral di YouTube.


Nah, Samsung yang selalu memberi inovasi terbaru pada setiap produknya menghadirkan fitur terbaru pada Samsung Galaxy Note 5: Video Live Broadcast. Ini adalah fitur hasil kerjasama dengan YouTube yang memungkinkan pengguna Samsung Galaxy Note 5 merekam video dan menyiarkannya secara langsung melalui channel YouTubenya.
Hey mana tahu bisa jadi the next YouTube top star gara-gara Samsung Galaxy Note 5, kan?

8.  Sidesync (PC-Phone Connection)

Lagi sibuk-sibuknya kerja tapi notifikasi smartphone bunyi melulu entah dari pesan, telpon atau social media *uhuk*. Gak mau kerjaan terganggu tapi informasi tetap jalan terus? Samsung Galaxy Note 5 jawabannya.

Jadi si smartphone yang gak cuma stylish tapi cerdas ini menyediakan fitur Sidesync Pc-Phone Connection. Fitur ini memungkinkan catatan-catatan yang ada pada Samsung Galaxy Note 5 kita bisa tersimpan pula di laptop atau PC.

Selain itu jika PC dan Samsung Galaxy Note 5 terhubung dengan SideSync, memeriksa jadwal meeting, menerima panggilan telepon atau membalas pesan elalui jendela pop-up. Lebih simple kan?

9. Samsung Pay

Simple, safe, open, and fun to use.
Injong Rhee, EVP of Samsung Electronics, Global Head of Samsung Pay

Samsung Pay adalah layanan pembayaran secara mobile yang sederhana dengan proses yang aman dan dapat digunakan hampir di mana saja. Tujuannya tentu agar konsumen bisa lebih familiar melakukan transaksi keuangan tanpa dompet.

10. Entertaining

Selain membantu pekerjaan, Samsung Galaxy Note 5 ini sebenarnya punya sisi hiburan juga loh. Setiap kali butuh semangat atau inspirasi, lagu-lagu terbaik siap untuk didengarkan melalui wireless headphone. Selain gak ganggu orang sekitar, gak ribet sama kabel, sebenarnya yang paling penting kualitas suaranya menjanjikan. 

Kurang kerjaan pengen selfie? Boleh. Tapi kalo bosan dengan foto selfie biasa, boleh bikin steady video biar kekinian dikit kek artis-artis K-pop di Instagram. Mau lebih seru lagi, satukan kumpulan video atau foto berseri menjadi sebuah film 'dokumenter' sederhana. Tinggal rekam dan satukan. Jadi deh! 


Tuh kan.. gimana gak jatuh cinta dengan Samsung Galaxy Note 5 ini. Gak cuma cocok buat mbak-mbak kantoran, blogger, bahkan mahasiswa pun sah-sah aja kalau mau pake. Buat kerjaan bisa, buat hiburan juga bisa. 

Gue sudah membeberkan 10 alasan Samsung Galaxy Note 5 pantas menjadi smartphone pilihan. Sebenarnya masih banyak hal-hal menarik lain tentang smartphone keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi GalaxyLaunchPack dan subscribe untuk mendapatkan informasi paling update tentang Samsung Galaxy Note 5, smartphone pilihan kita.


3 comments:

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.