Mari Belajar Bahasa Korea [Part 1]

Katanya belajar banyak bahasa itu bagus untuk memperluas wilayah sel abu-abu di otak kita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mampu berbicara lebih dari satu bahasa lebih sehat. Mereka memiliki kemampuan yang lebih baik dalam membaca dan kemungkinan untuk terkena penyakit Alzheimer juga lebih kecil. Selain itu, menguasai bahasa asing juga sangat membantu hobi traveling  ke mancanegara atau bagi yang sedang mengejar beasiswa. Jadi belajar lebih dari satu bahasa asing sebenarnya banyak gunanya kan?

Nah, salah satu bahasa asing yang saat ini sedang menjadi favorit di Indonesia adalah bahasa Korea. Ini gara-gara demam K-wave dari drama, musik, tv programme sampai fashion yang kemudian membuat banyak yang akhirnya tertarik untuk belajar bahasanya. Aku pun, walaupun dengan alasan yang menurutku cemen banget : supaya gak perlu lama nungguin English subbed dari drama atau variety show favorit. Hihihi... 



Sebenarnya susah gak sih belajar bahasa Korea? 


Jawabannya relatif. Untuk yang tekun dan sangat menikmati, ngapalin huruf Hangeul mah gampil (kalo kata orang sunda mah). Tapi katanya belajar apapun itu sebenarnya lebih gampang kalau belajarnya rame-rame. Kata orang bijak sih, ilmu yang dibagi itu gak bakal habis malah akan bertambah. 

Kenapa?

Karena disaat berbagi pengetahuan, seseorang sebenarnya menguji kemampuannya sendiri. Ia mengasah otaknya, memperluas wawasannya dan menjaga daya pikirnya sekaligus mengasah ketrampilannya. Kalau kata aku sih, seseorang yang berbagi itu bertumbuh dengan orang yang lain yang menerima hal yang dibaginya itu. Tsaahh...

Jadi supaya pengetahuan aku gak stuck disitu-situ aja dan biar lebih nempel (mudah-mudahan yah..), mulai minggu ini akan ada satu postingan kecil tentang bahasa Korea. Bukan yang susah-susah, yang sederhana saja dulu. Aku kan juga baru belajar. Daehan Minguk Manse, triplets umur tiga tahun itu  aja masih lebih jago kok dari aku *yaiyalaaaahh*. Jadi ceritanya kita sama-sama belajar yahh pemirsaaahh.... 

Untuk kali pertama, kata yang akan kita pelajari adalah : 



안녕하세요 (an-nyeong-ha-se-yo) adalah cara paling umum untuk menyapa seseorang dalam bahasa Korea formal/sopan. Ketika kita disapa seseorang dengan 안녕하세요 (an-nyeong-ha-se-yo), kita dapat menjawabnya dengan 안녕하세요 pula. Dalam suasana formal, untuk menyapa orang yang lebih tua, kita dapat mengatakan : 안녕하심니까 (annyeonghasimnikka). Namun jika pada teman dekat atau menyapa orang yang usianya lebih muda, kita dapat menyapanya cukup dengan 안녕 (an-nyeong) saja. 



Dalam percakapan sehari-hari, selain menyapa kata yang paling penting untuk diingat adalah : terima kasih.  


감사합니다 (gam-sa-hap-ni-da) adalah cara formal/sopan yang paling umum digunakan untuk mengungkapkan 'terima kasih'. Ungkapan lain seperti 고맙습니다 (go-mab-seub-ni-da) atau 고마워요 (go-ma-wo-yo) biasanya digunakan antar teman/usia sepantaran atau dalam suasana yang lebih akrab. 


Oke, dua kata itu aja dulu yah. Minggu depan kita akan kenalan dengan kata-kata/ungkapan yang berbeda. Kalau ada yang mau ditanyakan, boleh comment dibawah (tsaaah.. ntar juga kalo gak bisa jawab aku lempar juga ke pengunjung blog yang lain, hihihihi..). Mudah-mudahan minggu depan, sudah sempat memasukkan contoh pengucapannya dalam bentuk audio atau video. 

나중에 봐요! [ Najung-e bwayo! ] 

Sampai ketemu lagi! 

16 comments:

  1. pernah baca buku.. bhsa korea itu bhsa paling susah di dunia kata FBI/CIA.. sulit ditembus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu ya mak.. padahal menurutku secara huruf lebih susyeh bahasa Jepang loh. Huruf aja ada tiga. Tiap kali tes, writing kanji saya selalu paling jelek. Hiks *lalu curhat*

      Delete
    2. kalau menurutku bahasa korea, bahasa paling gampang dibandingkan bahasa china dan jepang..hihihi
      karena bhs korea menggunakan abjad/huruf sedang china langsung satu suku kata (kalau tidak salah siiihhh) #soktahu =D

      Delete
    3. Bener mba @Aireni, saya belajar bahasa mandarin tiga tahun. Dan itu harus menghapal banget baik itu nadanya dan juga kosakatanya. Bahasa jepang juga. tapi untuk bahasa korea saya belajar otodidak saja lumayan banyak kanji yang saya dapet selain ada media belajarnya seperti drama korea hehe. Kalau bahasa mandarin sulit dibagian nada dan kosakata yang beberapa mirip, sedangkan grammarnya lebih sulit jepang sih menurutku.

      Delete
  2. Annyeong...Aireni-imnida
    bangkamseumnida...kamsahaeyo untuk pontingannya (campur2 bahasanya..hehehe)
    gidarike, onnie =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Annyeong Airen-ssi. 만나서 반가워. 자주 방문하는 하십시오. Karena kamu manggil aku oennie jadi sepertinya kamu lebih muda kan ya? kamu kalo ngomong gini sama orang Korea yang umurnya diatas kamu bisa digetok loh. Nah, kapan2 aku bahas tentang kapan dan bagaimana penggunaan tata bahasa banmal (informal) dan jondaetmal (sopan) dalam percakapan bahasa Korea ya. Hihihii.. Sering2 berkunjung. Follow blog aja sekalian. 고마워요.

      Delete
    2. looohh..haruskah aku manggil dongsaeng..hehe
      apapun itu, ditunggu kelanjutannya ya...btw, udah di follow vita-ssi =D

      Delete
  3. Ya ampun Minguk sama Kim Soo Hyun >,< #histeris. Iya emang perlu banget belajar bahasa Korea, biar ga perlu nunggu subtitle haha.
    Aku suka Korea, tapi belajarnya bahasa Jepang, kan jadi bingung :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... kamu maunya apa sihh sebenarnya? Aku juga belajar dua-duanya.Cuma bahasa Jepang sudah agak lupa nih. Kebanyakan keracunan K-wave sih.

      Delete
  4. kemarin pernah niat belajar bahasa korea karena dapet kenalan *dan sempat saling naksir* orang korea pas lagi ngebolang ke Karimunjawa.
    tapi terus lupa seiring komunikasi dengan si korea man yang mulai jarang :D *motivasinya nggak jelas nih ehhehhe*

    ReplyDelete
  5. bahasa korea pakai abjad? betul kah? selama ini saya kira kayak kanji atau kana gitu. ditunggu next parts-nya mak.

    ReplyDelete
  6. wah jadi tertarik belajar bahasa korea neh ;)

    ReplyDelete
  7. aku juga tertarik banget sama bahasa korea, mak ^^
    pernah nonton drakor yang belum ada subtitle-nya, dan senangnya aku ada satu adegan yang aku tau banget terjemahannya. waktu itu adegan seorang ibu yang berdiri di depan rumah, dan terheran2 dengan rumahnya yang jelek. Lalu begitu ada orang lewat, dia tanya dengan terbata-bata karena kaget dengan rumahnya yang jelak. "i jibe, bla bla bla (nyebut nama) jibiyeyo?" (maaf, komputernya nggak bisa nulis hangeul). Yes, aku tau arti kata-kata itu. Artinya: Rumah ini, rumah bla bla bla (nyebut nama)?

    I = ini
    Jib = rumah

    Dua kata yang dah aku hafal banget. wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  8. bahasa korea susah penulisannya maupun buat nyebutinnya ya mbak.. paling inget tuh cuma kata2 Saranghaeyo aja haha

    ReplyDelete
  9. Halo salam kenal , 안녕하세요. Bisa terdampar di sini karena si kembar 3. Bahagia banget ada pembahasannya detail. 너무좋아
    BTW, Bahasa korea dengan pemakaian hangeul 한글 ,jika dilihat dari bentuk aksaranya, tampak lebih mudah dibanding negara tetangganya, Jepang/China. Karena hurufnya paling sedikit, bukan begitu?
    Belajar sedikit demi sedikit lah,sambil ditemani si kembar 3 keluarga Song.
    감사합니다

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.