Mari Belajar Bahasa Korea Bersama Daehan Minguk Manse

Annyeonghaseo, yorobun...
Di edisi ke-5 'Mari Belajar Bahasa Korea', kita akan belajar bersama Daehan, Minguk, Manse.
Eh?? Belajarnya kok sama anak umur tiga tahun sih? *kali ada yang protes*



Yah, walaupun mereka masih berusia tiga tahun tapi mereka ORANG KOREA dan ngomong koreanya masih lebih lancar daripada kita yang modalnya cuma nonton drama dan variety show ini. Hehehe...  Anak di usia tiga tahun kan juga sebenarnya lagi belajar bertutur dan menambah kosakata dari orang-orang sekitar mereka. Jadi gak ada salahnya kan jika kali ini kita belajar bahasa Korea bersama Daehan, Minguk, Manse!!!
Daehan, Minguk, Manse
Let's check it out! (untuk pengucapannya silahkan klik link di kalimat yang dibold yah!)

1. Saranghaeyo 사랑해요

Sebenarnya kata ini bisa dikategorikan 'common word' kata umum yang paling sering muncul di drama, film, lagu dan variety show. Dalam percakapan sehari-hari Saranghaeyo adalah bahasa Korea untuk mengungkapkan "Aku mencintaimu".

Dalam video ini Minguk mengatakan : 아빠, 사랑해요 - Appa, saranghaeyo - . Boleh dicoba nih diucapkan kepada orangtua tercinta.


Daehan, Minguk, Manse



2. Gwaenchanhayo (괜찮아요)

Kata yang berarti 'baik-baik saja' atau 'Oke' digunakan untuk mengungkapkan kalau kita itu 'baik..baik sajaaaa.....' eh malah nyanyi, tidak sakit atau kondisi / status kita tidaklah buruk. 

Jika kita ingin menanyakan keadaan seseorang karena merasa khawatir akan keadaannya, kata ini juga bisa dipakai hanya dengan mengubah tonenya saja. Contohnya seperti dialog Daehan dan Song Il Kook ini. 
Daehan Minguk Manse

3. Massiseoyo (맛있어요)

Kata ini digunakan untuk mengekspresikan makanan/minuman yang kita santap itu lezat dan dapat juga digunakan untuk menanyakan apalah makanan/minuman tersebut enak atau tidak. 

Ungkapan ini penting diketahui dan diucapkan apalagi jika makanan atau minuman tersebut dibuat sendiri oleh orang yang menanyakannya. 

4. Jalmeogeosseubnida ( 잘 먹겠습니다)

Ungkapan ini sangat sering digunakan di antara warga Korea ketika akan mulai makan. Biasanya jika seseorang ditraktir atau disediakan makanan, orang yang ditraktir/disediakan makanan itu akan mengatakan  잘 먹겠습니다 kepada orang yang mentraktir/menyediakan. 
Setelah selesai makan kita pun bisa menggunakan ekspresi ini untuk berterima kasih.
Contoh pengucapan saat Daehan,Minguk, Manse, makan bersama orangtua dan guru. 

Daehan Minguk Manse

5. Hajima (하지마) 

Berasal dari kata kerja Hada/하다 yang berarti melakukan' dan Jima /지마 partikel untuk pernyataan negative. Kata ini dipergunakan jika kita melarang seseorang melakukan sesuatu. 

Contoh di video ini Minguk meminta ayahnya,  Song Il Kook untuk TIDAK menyanyikan bagian yang disukainya. Minguk mengatakan : 아빠, 노래하지마 / appa, nolae hajima.

6. Silheo (싫어)

Kata ini adalah kata sifat yang bisa digunakan untuk mengekspresikan pendapat kita terhadap sesuatu yang tidak kita sukai atau tidak ingin dilakukan. Bentuk dasarnya adalah silheohada/싫어하다 dan bentuk formalnya adalah shilheoyo/ 싫어요.

Contohnya bisa disimak saat Song Il Kook appa mengajak Minguk bernyanyi bersama. Song Il Kook mengatakan : gajihaja Minguka/가지하자, 민국 dan dijawab Minguk dengan shilheoyo/ 싫어요.

Daehan Minguk Manse

Ok, segitu aja dulu yah. Minggu depan kita bahas yang lain lagi. Kalau ada yang pengen dibahas, boleh komen dibawah. 
Sampai ketemu di edisi berikutnya. 
Annyeong!! 

7 comments:

  1. Aseli, aku ngeliat tulisan bahasa Korea itu ribet banget ya. Hahaha.. But, matur thank you mba iseng belajar dikit ah :)

    ReplyDelete
  2. Wuih... pengen deh bisa Bahasa Korea. Hehehehe... tapi kalo dengernya jarang, susah ya bisanya. Cuma denger di drakor aja...

    ReplyDelete
  3. Aku mau di ajarin cara nanya suatu tempat atau kamu di mana, dengan siapa, semalam berbuat apa? hahaha

    ReplyDelete
  4. ini katakata yang biasa diucapkan di dramadrama korea atau film gitu yaa ..kaya hajima sama saranghaeyo gitu :D

    ReplyDelete
  5. tulisanya juga udah ribet apalagi bacanya hi, tapi pengen bisa juga sih bahasa korea :D

    ReplyDelete
  6. Saya hampir 2 tahun kerja di perusahaan korea tapi ngg bisa bisa jugaaa tuh bicara bahasa ini hehehe.. Ini makin naik daun karena drakor yaaa

    ReplyDelete
  7. pengen bisa bahasa korea biar gak perlu nunggu eng subnya kalo liat song triple

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.