Blogging dan Konten Marketing

Beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti pelatihan blogging di Makassar. Memang belakangan ngeblog menjadi suatu hal yang saya seriusi sampai-sampai rela pelatihan segala. Kenapa sih? Apa gak cukup nulis curhat aja di blog seperti biasa? Toh memang pada dasarnya blog itu kan ‘diari’ yang berubah bentuk ke media digital dan akhirnya disebut blog. Tapi ternyata media blog ini sekarang tidak bisa dianggap sebagai media curhat saja,loh.

Blog di era digital akhirnya menjadi satu media baru untuk ‘promosi’. Pada dasarnya seorang blogger biasanya berbagi informasi tentang hal-hal yang sesuai dengan minat dan keseharian mereka. Ketika tulisannya menarik pembaca dan banyak yang suka, akhirnya orang-orang marketing dan communication perusahaan pun jadi ikut mendekat. Disinilah konten dari sebuah blog, tidak melulu curhat tapi bisa menjadi 'curhat' jualan alias konten marketing.


Apa sih konten marketing itu? 

Konten marketing adalah program pemasaran yang berpusat pada menciptakan, menerbitkan, dan mendistribusikan konten untuk audiens yang menjadi target. Biasanya konten marketing ini ditemukan di media online dengan tujuan untuk menarik pelanggan baru. 

Ketika sebuah produk disosialisasikan kepada masyarakat dengan cara menggunakan publik figure yang mengucapkan barisan kalimat-kalimat promosi sudah menjadi hal yang sangat biasa dan cenderung bikin eneg pemirsa, banyak orang-orang yang lebih percaya pada review seseorang tentang suatu produk. 

Dengan berkembangnya teknologi di era digital, kita bisa mendapatkan informasi apa saja dan dimana saja dari internet melalui gadget. Bingung dikit, nanya Google. Mulai dari resep masakan, cara memperbaiki ini itu, tempat makan yang asik, gadget yang murah tapi menarik dan hal-hal lain yang bisa menjadi perbandingan atau gambaran tentang sesuatu yang ingin kita beli. Biasanya orang lebih percaya pada informasi dari orang lain yang sudah punya pengalaman dengan hal tersebut. 

Saya pernah menulis postingan tentang blogger content di blog ini sebelumnya. Intinya sih blogger sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi hanya sebagai orang yang suka nyampah curhat di internet. Blogger yang baik selain disayang Tuhan (kek Baim yah..) juga disayang para marketing communication dan agency juga loh.



Dengan sekali menghired blogger, mereka sudah mendapat tiga keuntungan : Live Tweeting, Blog Posting dan Social Media. Ketika sebuah konten marketing dipublished di blog, dari waktu ke waktu konten marketing tersebut bisa  menarik pembaca bahkan sampai bertahun-tahun. Pernah terdampar ke postingan yang ditulis tiga tahun lalu? Seperti itulah sebuah konten yang sudah dipublished ke blog, tidak akan lekang oleh waktu (meski cinta tidak selalu begitu. Eh ups!). 

Blogging dan Konten Marketing


Maka tidak heran jika penawaran menulis konten marketing semakin banyak beredar di kalangan blogger. Para blogger jadi senang, dong. Allhamdulilah yah.. Saya pun sudah  sering dapat job review beberapa kali. Hanya saja saya melihat ada hal yang bikin gregetan.

Sebagai blogger saya menilai memang ada yang berasa banget tulisan berbayarnya, tapi ada juga yang sampai habis bacanya saya masih bertanya,”Ini tulisan berbayar atau bukan ya?” Namun sebagai pembaca saya pun terpikir, kalau blog berubah menjadi media promosi dengan konten marketing seperti itu, bisakah saya tetap mempercayai para blogger itu menulis berdasarkan kenyataan dan bukan titipan sponsor belaka? 

Ah pikiran saya ini sungguh terlalu.. Maafkan saya yah, tidak bermaksud menuduh.

Blogging, dalam 10 tahun ke depan, akan menjadi pilar dari setiap bisnis dan merek individu.

Itu prediksi dari para pengamat media revolusi web 2.0 atau paling tidak begitulah yang saya sempat saya baca. Dalam beberapa tahun ke depan, semakin banyak (calon) konsumen yang lebih dekat pada teknologi web. Bisnis akan berputar dalam lingkaran digital media dan blogger tentu menjadi salah satu partner yang tidak terlewatkan. 

Jadi tidak heran jika banyak orang yang tiba-tiba pengen jadi blogger hanya karena melihat peluang untuk mendapat tawaran menulis konten marketing di blognya. Ini bisa hal bagus, akan ada persaingan (positif)  bagi para blogger untuk membuat konten yang baik. Sekarang pertanyaannya : 

Bagaimana seharusnya konten marketing yang baik dari sebuah blog post?

pic dari sini

Saya bukan blogger yang sangat sangat sangat jago sih dalam menulis sebuah konten marketing, tapi sebagai blogger yang juga suka membaca postingan blog blogger lain, menurut saya konten marketing yang baik dari sebuah blog post itu idealnya sih seperti ini : 

1.  Bermanfaat, Informatif dan Menghibur

Agak malesin juga ya baca postingan yang isinya tidak sesuai dengan informasi yang kita inginkan. Sudah gitu nulisnya kaku banget lagi, semacam memindahkan press release ke blog aja. Tulisan yang santai, menghibur tapi tetap memberi informasi sesuai dengan target pembaca itulah yang biasanya lebih tepat sasaran.

2.  Singkat, Menarik dan To The Point  

Ini nih biasanya kadang-kadang terlalu senang ngobrol, ketika nulis di blog akhirnya jadi panjang.. Yah mending meski panjang enak dibaca karena menarik, kalau enggak? Biasanya akan berakhir dengan klik tanda silan di ujung kanan layar. Gimana tulisan jualannya bisa tepat sasaran kalau gitu? 

3. Jujur dan Tidak Berlebihan 

Maunya sih bikin klien senang, makanya isi tulisan muji-muji melulu. Sebenarnya gak salah, asalkan tidak berlebihan juga. Sebuah blog dilirik pembaca pada awalnya kan karena user experienced yang ditampilkan dalam konten yang ditulis blogger. Jika memang dalam pengalaman blogger tersebut ada sesuatu yang tidak begitu baik, kenapa juga harus ditulis bagus?

Tapi bukan berarti juga jadi menjelek-jelekkan, mungkin komunikasi penulisannya lebih diperhalus dalam menunjukkan sisi yang kurang bagus. Sisipkan pula tautan atau link ke website resminya sebagai pembanding. Dengan begini sisi kredibilitas blogger dan  klien bisa terjaga, SEO tidak terlupakan dan pada akhirnya keputusan ada di tangan pembaca. 

4. No Picture, Hoax!

Sering banget gak sih berpendapat seperti itu? Dalam penulisan konten marketing di blog pada khususnya dan blogging pada umumnya, orang-orang lebih percaya jika ada bukti tidak hanya berupa tulisan tapi juga foto. Penelitian membuktikan bahwa 90 % dari informasi yang dikirim ke otak, visual diproses 600.000 kali lebih cepat dari teks.  Foto dan gambar berkualitas baik dan menarik bisa menjadi nilai lebih. Makanya postingan blog dengan tambahan beberapa foto mendapatkan 35 % lebih re-share di media social.

5. Nyaman Di Mata dan Di Gadget 

Apalah arti konten marketing yang menarik jika tidak dibarengi dengan tampilan yang nyaman di mata. Ini tentu ada hubungannya dengan pemilihan font dan body tulisan. Berhubung blog tanpa visual tampak sangat tidak kekinian, harusnya sih gambar yang ditampilkan tidak menyedot quota (maklum, pengguna internet di Indonesia rata-rata sangat hemat quota, yak an?) dan tentu saja tampilan blog pun harus responsive.  Rata-rata pengguna internet saat ini mengakses media online menggunakan tablet, smartphone meski tidak sedikit yang tetap memakai PC dan laptop. Dengan design  yang responsive sebuah blog dapat secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar dari perangkat yang digunakan oleh pengguna. 

Nah itu dia menurut saya 5 point dari sebuah konten marketing yang baik dalam sebuah blog post. Blogger tidak lagi sekedar blogger curhat tapi bisa menjadi Infopreuner yang merangkul semua informasi agar layak diketahui, menjual dan bermanfaat. 

Bagaimana menurutmu? Seperti biasa, silahkan share komen di bawah ini yah..  

44 comments:

  1. foto memang bikin orang tertarik ya, mba. :D

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Aahh mak Tetty, ilmu apa sih? Saya mah curhat aja ini.. hahaha. Masukan buat yg sering ketiban job review kek dirimu ya mak.. hehehe..

      Delete
    2. Aahh mak Tetty, ilmu apa sih? Saya mah curhat aja ini.. hahaha. Masukan buat yg sering ketiban job review kek dirimu ya mak.. hehehe..

      Delete
  3. Replies
    1. Amien.. alhamdulillah kalau dianggap ilmu nih. Padahal curhat doang sih..

      Delete
  4. Makasih tipsnya, bermanfaat sekali & nambah ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seadanya aja mak.. semoga bisa jadi masukan untuk job reviewnya yah mak hihihi

      Delete
  5. Keren, suka juga sama image2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih.. meski no sense of design art gitu dibilang keren, aku terharu.. makasih

      Delete
  6. Nambah ilmu lagi nih, makasih mak :)

    ReplyDelete
  7. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa kekreatifan sangat menunjang bagaimana sebuah blog terlihat menarik dan enak untuk di baca.

    ReplyDelete
  8. betul banget
    saya juga mengais rejeki dari blog
    tepatnya content marketing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip!! Semoga bisa jadi masukan yah mas..

      Delete
  9. siip lah..langsung ng save diotak... ilmunya oke punya..buat aku yang baru belajar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak.. aku juga masih belajar kok. :)

      Delete
  10. Saya Setuju, meski belum bisa nerapkan semuanya di blog saya... Lambat laun pasti bisa nyaman di mata pembaca... (ngarep)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mas.. soalnya kalo nyaman di kaki namanya sendal bukan blog #eh hehehe..

      Delete
  11. Wah... ilmu baru nih. TFS, Mak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mak Nia.. Duh jadi gak enak nih, secara mak Nia ini sudah pengalaman di tulis menulis content marketing :)

      Delete
  12. Ilmu blogging memang sangat banyak, jika kita pelajari satu per satu tentu suatu saat nanti kita akan menjadi ahlinya, dan itu penting jika kita ingin terus maju di dunia blogging. Terima kasih ilmunya dan sukses selalu buat Admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Admin... woiii.. saya nulis sendiri loohh masnya hahahaha.. Thanks anyway. Hehehehehe

      Delete
  13. Replies
    1. Trimss.. based on experience aja mas..

      Delete
  14. Stuju... Smoga konsisten ngeblog sampe nanti

    ReplyDelete
  15. kapan ya ada di bandung acaranya...

    ReplyDelete
  16. Keren mbak ilmunya....thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mba.. senang kalo bisa membantu.

      Delete
  17. "Singkat, Menarik, dan To The Point"
    Point ini yang sulit buat saya, Mbak.. soalnya tiap nulis bawaannya pengen cerita terus. :))
    Makasih infonya, ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu ingat aja mba, kebanyakan org membaca lewat gadget mobilenya. Orang jaman sekarang gak suka yang panjang2, mrk juga punya banyak hal yg harus dilakukan.

      Delete
  18. Thanks mak buat sharingnya. Kadang-kadang beberapa hal penting seperti diatas suka terlupakan, terutama poin Singkat, Menarik dan To The Point.

    ReplyDelete
  19. sangat membantu terutama yang poin 5.. serba mobile sekarang

    ReplyDelete
  20. Makasih mba.. poin2nya makjleb bgt... mudah2an bisa dipraktekkan...

    ReplyDelete
  21. Bener banget aku selalu gak afdol sebuah blog tanpa poin 4. sampai sampai dalam satu postingan aku bisa memuat belasan foto, krn bertabrakan dengan poin ke 5. maka picturenya aku kurangin hihihi. yang penting ada dokumentasi yak biar gak dikatai hoax :p salam kenal kak, follback g+ yah hehehe :D

    ReplyDelete
  22. Postingan lama ya mak tapi tetap enak dibaca :)

    ReplyDelete
  23. Yang no 5 itu gimnana caranya mbak? Aku tersesat Disini.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.