[K-Drama] Angry Mom, Ibu-Ibu Galak Jadi Siswi SMA



Angry Mom, sebuah drama Korea yang sebenarnya tayang barengan dengan Sensory Couple. Berhubung waktu itu lagi suka-sukanya dengan Park Yoochun  sudah ilfil duluan dengan premisnya : Ibu-ibu jadi siswi SMA karena anaknya dibully. Emang ada yang percaya ahjumma berumur 37 tahun jadi siswa SMA dan gak ada yang ngeh dia kelihatan lebih tua dibanding siswa-siswa lainnya?

Dengan alasan itu saja jadilah drama Angry Mom ini gue tonton belakangan lewat DVD. Ternyata keputusan saya untuk nonton setelah drama ini kelar tayang di televisi itu tepat. Kenapa? Karena saya gak yakin bakal bisa sabar menunggu episode berikutnya tayang. Ceritanya seru pemirsaaahhhh!!! 

Angry Mom Story Line

Angry Mom adalah tentang Kang Ja, seorang mantan 'Iljin' (preman sekolah) yang putrinya Ah Ran kena bullied di sekolah. Berhubung Ah Ran diancam, dia menolak untuk bicara. Kang Ja sudah berupaya melapor pada pihak sekolah dan pihak berwajib namun tidak ditanggapi. Hingga suatu hari Ah Ran dibully lebih berat dari biasanya hingga babak belur dan shock. Ibu mana coba yang tega liat anaknya masuk rumah sakit gara-gara di bully?

Untuk mengetahui siapa yang di belakang pembullian putrinya, Kang Ja dengan bantuan Han Gong Joo (teman sekolahnya sesama mantan 'preman sekolah') menyamar sebagai seorang siswa SMA dan mendaftar ke sekolah yang sama seperti Ah Ran. 

Di sekolah, Kang Ja yang memakai nama sekolahnya dulu "Jo Bong Wool" mulai pasang taring sebagai mantan preman sekolah. Dari preman cewe cemen sampai preman nomer 1 di sekolah semua dilibas Kang Ja dengan harapan mereka tidak lagi menganggu putrinya. Ternyata dia malah tahu sesuatu yang tidak disangka-sangkanya. Pembullian Ah Ran itu hanya efek dari satu skandal ke hal-hal lain yang ditutup-tutupi. Ada orang penting yang akan jatuh jika skandal ini terungkap.


Gitu aja? Ya enggaklah! 

Angry Mom lebih dari yang saya pikirkan. Awalnya, saya pikir plotnya terlalu ringan, ibu-ibu jadi siswa SMA. Saya juga mengira bully-annya cuma sekedar sirik-sirikan doang. Eh ternyata ceritanya lebih complicated dari perkiraan. Bullynya tingkat berat, masalah sekolah, hubungan guru-murid, pembunuhan, pemerkosaan, politik dan masalah keluarga. 

Sampai disini ada yang mau skip drama Angry Mom ini karena ' keliatan ' nya berat ? Hold that thought! Meski lumayan berat dibandingkan K-drama yang bergenre remaja/keluarga, Angry Mom masih punya sisi lain yang lebih ringan dan lucu tanpa dipaksakan. Untuk itu gue harus berterimakasih pada writer-nim. Tidak salah MBC memenangkan skenario Angry mom sebagai pemenang pertama lomba menulis naskah drama MBC tahun 2014. Daebak!!

The Casts

1. Kim Hee Sun Sebagai Jo Kang Ja/Jo Bong Wool 

Beneran deh, serius! Kim Hee Sun sebagai Kang Ja bener-bener luar biasa.  Kim Hee Sun bisa menjadi seorang ahjumma-ahjumma galak sekaligus seorang ibu yang khawatir. Dia juga bisa jadi siswa baru di kelas atau preman yang paling tidak kenal takut di sekolah tapi bisa jadi menantu yang masih hormat sama mertua yang bawel. Setelah dikhianati teman semasa SMA pas ketemu lagi masih tetap dimaafkan dan kembali percaya. Ampun deh ahjumma ini !  

Ibu dan Anak Beda Tipis Lah Ya,,, 
Keserdehanaan, kesungguhan, tekad dan nekadnya Kang Ja bisa diinterpreatsikan dengan baik oleh kekuatan akting Kim Hee Sun. Saya belum pernah melihat aktingnya sebelum Angry Mom, tapi yang bisa saya bilang ahjumma satu ini  benar-benar membawa Kang Ja seakan real di layar kaca. 

Oiya, satu yang bikin iri adalah tampang dan body Kim Hee Sun ini  masih meyakinkan sebagai anak SMA. 'Ditaksir' abege pula. Abegenya juga bukan sembarang abege, tapi abege yang sekeren ini.... 

2. Ji Soo Sebagai Go Bok Dong 


Go Bok Dong Angry Mom

Eh jangan mikir Go Bok Dong ini karakternya lucu, humoris gitu yah. Dia ini sebenarnya cakep-cakep-galak-tapi-sebenarnya-butuh-kasih-sayang #halah! Cowok ini seriously need seseorang yang bisa membawanya keluar dari hidup kepremanan yang kelam (siniiihh ama aku ajaaaahhh.....).  Go Bok Dong hidup dibawah tekanan seseorang yang lebih berkuasa, menjadi kaki-tangan dan dijerumuskan ke hal-hal yang membahayakan masa depannya. Kakaknya terjerat satu masalah yang mengharuskannya dipenjara hingga akhirnya Go Bok Dong harus hidup dengan walinya yang sebenarnya malah lebih parah.

Awalnya dia sempat kesal dengan Jo Bong Wool alias Kang Ja tapi dengan kelembutan hati ala emak-emak akhirnya Go Bok Dong bisa dijinakkan juga lewat makanan. Sedikit demi sedikit kedekatan antar Go Bok Dong dan Bong Wool terjalin. Cuek dan judesnya sih tetap, tapi sebenarnya Go Bok Dong diam-diam juga gak nyangka ternyata dia jadi suka pada Bong Wool. Jihaaa... impian semua ahjumma ini sih, ditaksir berondong secakep Ji Soo.

Angry Mom



3. Ji Hyun Woo sebagai Park No Ah 

Park No Ah, pak guru muda yang idealis, sok tahu dan mengira semua masalah remaja bisa diselesaikan dengan membaca puisi. *dihh emang kamu Rangga di Ada Apa Dengan Cinta ?* Dia sebenarnya adalah pemeran utama pria dalam drama ini. Untungnya si penulis skenario tidak memakai faham 'harus-ada-love-line-antara-pemeran-utama'.

Park No Ah angry mom

Pak guru No Ah malah digambarkan sebagai guru dan teman yang baik bagi Kang Ja dan teman-temannya. Biar bagaimanapun pak guru idealis ini harus terluka juga perasaannya karena kenyataan yang terjadi di dunia pendidikan. Kasian juga sih.. #lalunyodirin bahu

4. Kim You Jung Sebagai Ah Ran 

Anak dari Kang Ja yang menjadi korban bully di sekolah gara-gara sahabatnya Jin Yi Kung. Sebenarnya Ah Ran ini hanya berusaha melindungi sahabatnya, apa daya malah dia juga ikut mencari sasaran.

Ah Ran yang selau menjaga jarak pada Kang Ja sempat makin kesal karena merasa Kang Ja selalu ingin turut campur. Padahal sih namanya juga emak-emak, Kang Ja hanya selalu khawatir pada keselamatan anaknya. Pada akhirnya dia mengerti bahwa kasih ibu sepanjang jaman. Iyalah.. kalau enggak dikutuk jadi tawas, mau?



5. Ko Soo He sebagai Han Gong Jo 


Ini dia karakter yang bikin ngakak abis. Sahabat Kang Ja dari jaman kapan tahu ini sebenarnya adalah pemilik pub yang cukup berpengaruh di kalangan gangster. Penampilan boleh sangar tapi penampilan feminim banget.



Han Gong Jo ini pula yang membantu Kang Ja diterima di sekolah sebagai siswa. Dalam penyamaran Kang Ja sebagai siswa, Han Gong Jo mengaku sebagai ibu Kang Ja. Han Gong Jo sangat menikmati sekali perannya sebagai ibu Kang Ja sampai-sampai dia kebablasan mau nyomblangin Kang Ja dengan Go Bok Dong. Kocak dehh!!

Sebenarnya masih ada beberapa cast lagi dalam drama ini termasuk villiannya. Tapi supaya kalian penasaran saya gak mau bahas deh. Nonton aja sendiri. Yang jelas di drama ini juga gak lupa menyisipkan idol dalam daftar pemain. Ada Baro B1A4 yang berperan sebagai Hong Sang Tae, si ketua osis yang juteknya minta ampun tapi diam-diam suka sama Ah Ran. Ada juga Lizzi dari After School yang memainkan karakter Wang Jung Hee, siswi paling galak di sekolah yang kemudian ditaklukkan Jo Bong Wool.

Conclusion 

Drama ini memang ceritanya gak ringan dan memang sedikit 'gelap'. Nah disitu serunya, karena di beberapa episodenya malah cenderung mengejutkan. Ketegangan sempat menurun di episode 10 dan mulai agak sedikit membosankan. Tapi mulai episode 14 sudah seru lagi kok.

Intinya terkadang kesuksesan dan ketenaran sering berkorelasi dengan perbuatan yang tidak etis. Makanya jangan terlalu percaya pada orang yang bersikap terlalu manis atau terlalu tunduk padamu karena bisa jadi dia adalah orang yang paling berpotensi mengkhianatimu. Bahkan jika diberi kesempatan kedua, orang yang dibutakan ambisi tetap akan mampu menyakiti orang-orang yang peduli padanya. Tsaaahh... Tapi tenang aja, walaupun dunia berkhianat yang penting masih ada ibu dan orang-orang yang menyayangimu, kau akan tetap baik-baik saja.

Angry Mom adalah drama anak sekolahan 16 episode yang bisa ditonton ibu dan anak. Saya suka banget penulisnya  lebih memilih untuk menuliskan cerita cinta antara ibu dan anak perempuan daripada cinta antara pria dan wanita. Meski saya penasaran, gimana kalau Go Bok Dong beneran nungguin Kang Ja sampai dia dewasa. Ahay!!

Menurut kamu bagaimana? 

16 comments:

  1. Aku belum nonton Angry mom sih, baru baca sinopsis2nya aja tapi emang seru banget ya ini dari sinopsisnya juga. Mungkin kalau waktu itu nonton Angry mom bakalan punya masa2 indah bareng Jisoo kemudian berpaling di Cheer Up, haha *aku emang kadang ga setia*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lbh suka Ji Soo di Angry Mom dibanding Cheer Up. Entah kenapa aktingnya Ji Soo lbh kuat di AM loh.. mungkin krn skenarionya juga. Ya sudah selesain aja Cheer Upnya, abis itu baru nonton Angry Mom. Ntar berasa hambar liat Ji Soo di CU loh kalo kebalik nontonya. Tertanda #TeamYeol

      Delete
  2. MEnarik sekali. Saya bukan penggemar film - film apapun tapi saya bisa menilai dari review-nya. Film ini keunggulannya luar biasa. Apa film2 Korea seperti ini semua ya,Vita? Sampai2 penggemarnya banyak sampe ibu2 yang nota bene orang2 terpelajar? Kalau kayak ini semua, pantas di' .... bagus tawwa.

    Dan ibu itu .. siapa tadi namanya? Ahjumma? Aiih gang .. bikin siriknya, badannya masih kayak anak SMA. Biasa kan kalo mamak2 kakinya rada besar, itu masih ramping tawwa ... ckckck. Wajahnya memang rada sedikit lebih tua dari anak SMA tapi masih bisa ji mengibuli, kan ada anak SMA yang keliatan tua .. eh tapi kalo di Korea ndak ada barangkali anak SMA keliatan tua yah?

    Keren .. keren ... angkat jempol saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama ini serial drama, 16 episode jadi bukan film kak :) Tidak semua drama Korea isinya bagus. Ada juga yang menjual mimpi tapiiiiiiii.................. masih lebih mending daripada sinetron kita #eh.
      Ibunya itu Kang Ja, si ahjumma itu. Ada juga ji anak SMA di Korea yang keliatan tua kak. Pernah baca di mana.. gitu. 11-12 ji lah sama di Indonesia. Coba mi nonton dulu kak 2 episode. Ada satu lagi drama ibu dan anak yg saya suka, baru selesai juga saya tonton. Nanti saya bahas dipostingan berikutnya.

      Delete
  3. Dilihat dari wajahnya memang masih seperti anak remaja. Padahal akalu dilihat dari segi usia bukan remaja lagi.

    ReplyDelete
  4. Kalau nurut kakak ini drama pointnya berapa dengan range 1-10. Soalnya aku mau download cuma suka ragu kalau temanya emak2 gaul gitu HAHAHA.

    Meski sekarang pengen liat Jisoo karna kena second lead syndrom di drama Sassy Go Go hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak gaul2 amat kek tante2 kurang kerjaan kok.. Dia bener2 sekolah loh. Nonton aja, dari 1-10? Mmh... 8.5 ( karena point 9 masih milik Misaeng)

      Delete
  5. Entah kenapa langsung ngebayangin makpon Mira Sahid or Mak Sary Melati nyamar ke skul anak gadisnya. Pasti gak ketauan jg tuh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yaaa? Ayo coba yukk kita tantangin Makpon & Mak Sary..

      Delete
  6. jadi penasaran pengen nonton dramanya :)
    terimakasih karena sudah bersedia mereview drama ini, kebetulan sudah rencana ingin nonton tapi belum sempat, baca reviewnya jadi gak sabar pengen segera nonton :)

    ReplyDelete
  7. belom nonton nih, masukin ke list dah!
    btw, yang jadi momnya boleh juga hehehe cantik!

    ReplyDelete
  8. Drama korea mah bagus2, cewe nya cantik-cantik....

    ReplyDelete
  9. akting hee sun itu sebelumnya sudah saya tonton di drama kolosal bersama lee min hoo yang judulnya great doctor. terbengong-bengong saya liatnya, cantik sekali dia, paslah dia oleh anggota running man dijuluki dewi

    ReplyDelete
  10. Udah absen nonton drama dari awal tahun, belum move on dari HEALER! Wahahaa, baiklah bisa ini buat next drama, thanks reviewnya yah! Cita-citaku banget ni, jadi mamak2 yang awet muda dan sahabat buat anaknya kalau udah pada gede ntar.

    ReplyDelete
  11. Jadi penasaran pgn nonton drama ini :D

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.