My Life As A Blogger in 2015

Cieee.. judulnya sudah semacam judul postingan blog yang sering wara wiri di Pinterest aja nih. Eh tapi gak apa-apa lah ya. Mumpung akhir tahun saya mereview hal-hal yang telah dilalui sepanjang saya terjun bebas ke dunia blogging tahun 2015 ini. Gak semuanya menyenangkan, but in the end i found it excited and fascinating. Apa aja sih?


1. Pindah dari Blog Gratisan ke Domain Berbayar 

Ketika berniat untuk mulai serius ngeblog, saya mulai mempertimbangkan untuk pindah ke domain berbayar. Alasannya sederhana, supaya lebih berkesan profesional sekaligus personal. Tanggal 7 Maret 2015, blog lama bittersweet-m-e berubah nama menjadi vitamasli.com. Saya sempat kesulitan menemukan tagline dan logo yang pas sampai kemudian mentok di tagline dan logo yang sekarang. 



Vita Masli, An Excited Blogger saya pilih karena pada dasarnya saya mah blogger selalu semangat untuk ikut mengabarkan apa saja yang menarik dan bermanfaat. Diundang workshop, ayo! Ditantang ikut lomba, siapa takut. Ditawarin ngereview, saya terima dengan senang hati. Sepanjang hal itu tidak bertentangan dengan hukum, agama, dan norma, I always be excited and willing to do it. Syarat dan ketentuan berlaku yah *tambahin bintang-bintang kecil di sudut*

2. Aktif Bergabung dengan Komunitas Blogger

Satu hal yang saya pelajari dari kegagalan ngeblog di masa lalu adalah : Saya tidak bergabung secara aktif dengan komunitas blogger. Padahal bergabung dengan komunitas blogger punya banyak manfaat. Selain bisa lempar postingan (which is itu berarti meningkatkan trafik), silaturahmi a.k.a networking bisa terjalin. Seperti kata hadits Rasullah SAW : ”Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” (HR. Bukhari). 

Alhamdulilah dengan komunitas-komunitas blogger yang sekarang selain menemukan hubungan yang baik, dapat ilmu blogging dan ada aja rejeki yang menghampiri. Terima kasih mak Winda Krisnadefa yang selalu mau menjawab pertanyaan saya seputar job review, Annisa Steviani yang sempat saya repotin masalah header blog, Kang Arul dan mas Hazmi Srondol yang sudah menularkan ilmu penulisan reportase blognya dan teman-teman blogger lain yang sudah jadi teman bermain dan belajar ( Bobo kalii yaah...) di dunia blogging. Saranghae..

3. Konsisten Posting dan  Up To Date Perkembangan Media Digital 

"Katanya blogger, tapi kok jarang posting." 

Iya nih.. hihihi. Daripada bawel di media sosial yang  gak jelas juga apa hasilnya mending kebawelan itu dituangkan dalam bentuk postingan blog. Saya mulai membuat jadwal dan menyusun topik postingan dalam buku catatan agar tidak hilang fokus. Ini saya lakukan supaya tetap konsisten dan tidak sekedar semangat ngeblog kalau ada lomba atau lagi mood aja. 


Gak cukup berkomitmen untuk menulis, saya juga berusaha mencari tahu perkembangan media digital. Saya pikir ini cukup penting bagi blogger agar tahu karakteristik pembaca jaman sekarang dan gak gaptek. Kalau pengen nulis aja, bisa juga sih. Tapi sayang kalau tulisannya tidak membuat pembaca betah hanya karena gak tahu trend pembaca media digital, misalnya. Atau kurang tahu gimana caranya berkawan dengan Google dan perintilannya. 

It takes time dan mungkin ada yang merasa ribet, tapi percaya deh menambah pengetahuan itu gak ada salahnya. Kalau merasa gak tahu harus cari tahu di mana, bolehlah sering-sering mampir di blog saya aja, hihihihi.. *sekalian promosi*

4. Lebih Berani Ikut Lomba Blog

Tahun ini saya juga memberanikan diri ikut lomba ngeblog. Sebenarnyanya sebelum pindah ke domain berbayar, saya dulu sempat beberapa kali ikut lomba blog dan belum pernah menang. Setelah pindah ke domain berbayar, ikut lagi dan gak menang lagi. I wonder why. Sempat sedikit drop juga waktu itu, some kind of wasted time saja. Lalu saya kemudian berpikir,"Segitu aja ketangguhan mental lo? Mental rempeyek amat sih! You can do it better than this. "

Iyah, saya ngomong seperti itu pada diri sendiri.  

Saya kemudian memperhatikan satu demi satu tulisan para pemenang agar tahu apa yang membuat satu postingan bisa menjadi juara. Dari situ saya mulai tahu sedikit demi sedikit formulanya. Ohh begitu toh... Saya mulai lagi, kali ini menantang diri sendiri. 


Lalu kemudian ikut lomba blog  mulai menjadi seru and so exciting, apalagi kalau postingnya dekat-dekat deadline. Beberapa lomba yang saya ikuti saya gak menang apa-apa, tapi diantaranya saya juga sempat ngerasain enaknya jadi juara. Alhamdulillah, lumayan lah buat modal naik haji.

Baca Juga : Berani Lebih Percaya Diri Berkompetisi 


5. Mendapat Job Review dan Menghasilkan Uang dari Blogging

Last but not least, ini dia jawaranya *nyengir lebar sambil mengucap syukur alhamdulillah*. Job review pertama saya dapatkan tiga bulan setelah pindah domain. Seterusnya ada aja tawaran yang datang. Mulai dibayar dengan uang, produk seperti pakaian wanita, makanan sampai nginap di hotel berbintang. Malah yang biasanya saya dapat tawaran ngemsi lewat radio, tahun ini saya tawaran itu datang lewat blog ini juga. Selain itu dari blog saya juga dapat tawaran jadi influencer di media sosial lain. Ada-ada aja deh, hahaha.. That's what i called the power of networking dan tentu saja kuasa Allah SWT dalam mengatur rejeki kita masing-masing. 

Ini tentu gak semena-mena terjadi cuma karena saya pindahan ke domain berbayar. Seperti juga para blogger yang lebih duluan eksis, semua perlu usaha juga loh, bo! Asal tahu saja saya sempat diremehkan seorang blogger kondang gara-gara Alexa Rank diawal pindahan ke vitamasli.com."Segitu mau dapat job review?" katanya. Ok, fine!!! Saya mulai rajin posting, aktif di sosial media, blogwalking, pelan-pelan belajar SEO dan digital marketing sambil membenahi tampilan blog. Alhamdulillah dari angka 19 juta, Alexa rank vitamasli.com sekarang sudah maen 500rban dalam waktu 9 bulan dengan DA 23 dan PA 31. Not bad for beginner. 


So, What's Next? 

Yang saya tulis diatas itu gak  ada apa-apanya sih dibanding blogger lain, still I'm proud of myself. Toh saya berkompetisi dengan diri saya sendiri and not to compare myself with other bloggers. Saya masih harus banyak belajar dan bekerja cerdas karena diprediksikan di tahun 2016 media digital akan lebih berkembang dibanding 2015. Tahun ini saja blog  bukan satu-satunya platform yang dilirik oleh advertiser untuk berpromosi. Twitter saja sudah mulai ditinggalkan walaupun Facebook tetap dipertahankan. Di tahun 2015 YouTube, Instagram dan Path naik daun dan orang-orang yang aktif di sosial media tersebut banyak mendapat tawaran kerjasama dari advertiser. 

Blog tentu saja masih akan tetap ada meski kata orang-orang yang berkompeten dibidangnya mengatakan booming bagi-bagi job review pada blogger mungkin hanya sampai 2016 saja. Setelah itu jika bloggernya tidak mampu mengikuti perkembangan jaman, kudet dan kontennya tidak menarik bisa saja ditinggalkan pihak advertiser. 



So let's keep up a good work, everybody. That's my 5 Blogging Highlights in 2015. What's yours? Boleh share di bagian comment ya. Semoga tahun 2016 lebih baik dari tahun ini. Fighting! 

34 comments:

  1. :) keren dah mbak vita, banyak belajar dari blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Danang, alhamdulillah jika berguna.

      Delete
  2. Wahhh keren banget perjalanannya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naikin DA, Annisa hahahaha.. Jadinya ingat kamu deh. Cieee yg berhasil mengejar DA 20.

      Delete
    2. Naikin DA, Annisa hahahaha.. Jadinya ingat kamu deh. Cieee yg berhasil mengejar DA 20.

      Delete
  3. Sukses terus ya, Vit. Dengan yang Vita punya sekarang, insya Allah bisa makin sukses. Jadi ada balancing asyik antara kerjaan dan blogging, kan, ya? ;)

    Oya ttg gambar di blog yang Vita komentari itu .... itu template gratisan di www.canva.com. Tinggal kasih masuk tulisan. Yang di bawahnya ndak bisa hilang hihi. Harusnya saya ganti gambar bunganya dih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake canva juga kak, tapi selalu ambil yg gratis. Kalaupun ada design yg sy suka tapi gambarnya berbayar (kayak punya ta) saya pilih untuk mengganti gambarnya supaya masih bsa di edit dan tdk ada garis atau watermark seperti yg ada di blog ta. Itu tips memakai canva kak. Semoga berkenan.

      Delete
  4. th 2015 juga berkah buat sy mba, dapet tiket ke Bali..hehe tiket doang sih tapi ternyata jadinya di acc suami utk pergi sekeluarga :)

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Terima kasih bimbingannya sensei! Hehehehhe

      Delete
  6. Mak say... Suka banget sm quotenya ttg compete.
    Bener banget ituuh dan berlaku bahkan di dunia kerja.
    Minjem yaa quote cakepnya.

    ReplyDelete
  7. Saya mulai aktif ngeblog bulan Februari lalu...beli domain bulan Mei, dari alexa rank 20 juta sekarang 600ribuan....
    saya paling seneng kalo baca postingan tentang blogging...keep inspire to other ya mb Vita... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mak Ika.. tetap semangat juga ya!

      Delete
  8. Waaw keren sekali, kita sama Mbak mulai merintis jadi blogger pro di tahun 2015. Alhamdulillah jalan dibuka lebar sama Allah, berkat networking pastinya. Salam kenal n sukses selalu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Ihwan. Saya masih amatiran mas blm pro, sedang menuju ke sana. Insya Allah.

      Delete
  9. Huaahh hampir sama kita kak vyta cerita highlight blogging ta nih hehehehy

    ReplyDelete
  10. Suka sekali quote, kamu keren deh kak...

    Moga makin sukses yah

    ReplyDelete
  11. Kereeen. Aku jadi mikir, kapan punya domain sendiri ya... Masih galau namanya hehehehe

    ReplyDelete
  12. keren ih mak..
    harus berguru nih saya :D

    ReplyDelete
  13. Maaaaak, itu kata 'blog' berkali-kali backlink ke halaman utama blog ini, hati-hati malah dianggap spam sama google. hehehehe kalau boleh saran sih satu aja, biar aman ^_^

    ReplyDelete
  14. Banyak belajar juga saya dari sini, terima kasih sharing-nya :)

    ReplyDelete
  15. wuihiii keren mbak, aku apa ya tahun 2015 kemarin, masih lempeng2 aja mbak, tahun 2016 juga masih belum terencana *hadeuhhh

    ReplyDelete
  16. aah semua itu saja udah keren mbak!! :) salut dan tetap semangat ya mbaaak. oh ya, salam kenal :D

    ReplyDelete
  17. Bagus. Belajar dari blognya mba' Vita.

    ReplyDelete
  18. Katanya blogger tapi kok jarang posting

    Sering mbak nemuin yang ginian. Tapi ya mau gimana lagi? Mungkin mereka nggak punya cukup banyak waktu untuk bikin update di blog milik mereka. Toh, yang penting bisa update setahun sekali juga nggak masalah. Masih boleh kan menyandang predikat sebagai blogger kalo gitu caranya? :)

    ReplyDelete
  19. Matur suwun mbak. Pencerahan banget ini bagi saya yg jarang ngeblog.

    ReplyDelete
  20. Tawwa,keren diet alexa ranknya ^^ dari belasan juta jadi 500rb. Tahun 2015 ini jadi pencapaian luar biasa sepertinya ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang malah sdh 300-an loh. Hahahahhaha #sombong #congkak #FoMo. Uahahahahahaha apalaaah.

      Delete
  21. Haloo :) baru mampir. Dan poin kelimanya keren :p tetap semangat ngeblog ^^

    ReplyDelete
  22. Point pertama masih dalam tahap persiapan, baik keuangan maupun nyari-nyari domain yang cocok.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.