My Top 10 Favorite K-Drama of 2015

Sejak memutuskan untuk serius kuliah dan ngeblog lagi, saya kembali ke kebiasaan lama : beli DVDnya aja, pasang di DVD player dan nonton lewat televisi. Lebih puas rasanya. Selain layar televisi lebih gede dibanding nonton streaming di Viki atau My Asian TV via layar laptop, gak ada rasa digantung tiap akhir episode. Ya paling resikonya adalah tiba-tiba sudah adzan subuh aja. Tapi kan gak tiap hari juga. Sudah bisa mengatur ritme lah, ibaratnya. 

Makanya di penghujung tahun 2015 rasanya gak afdol tanpa membuat list drama Korea favorit yang sudah saya tonton sepanjang tahun ini.


My Top 10 Favorite K-Drama of 2015  

10.  Yong Pal 

Lagi-lagi drama tentang dokter dan rumah sakit. Joo Won sepertinya gak bisa jauh-jauh dari karakter dokter yang pinter, peduli sesama tapi bukan berasal dari keluarga kaya. Yong Pal pun begitu. Bedanya adalah karakter Yong Pal ini adalah dokter 'black market' yang spesial melakukan pembedahan dan penyembuhan bagi kalangan mafia dan penjahat kelas kakap. 

Joo Won Kim Tae Hee
Dokter, Dokter Apa Yang Unyu? Dokter Joo Won! 
Seru sih ceritanya di episode-episode awal, apalagi penasaran pula sama Kim Tae Hee yang sudah lama gak maen drama. Untungnya walaupun ceritanya sempat agak melemah di episode 10, which is very crucial for me karena bisa jadi bikin saya malas nerusinnya, so far 16 episode Yong Pal pantas untuk diperjuangkan ditonton sampai habis. Cuma ya gitu, kalau nonton pake logika emang jadinya ada aja yang bikin gak puas. Well, that's the beauty of K-drama anyway. Sepanjang yang maen masih Joo Won, 16 episode pun saya jabanin bang! 

9.  High Society 

High Society ini memasangkan Uee dan Sung Joon sebagai Jang Yoon Ha dan Choi Joon Ki. Jang Yoon Ha adalah seorang gadis dari keluarga kaya yang menutupi identitasnya dan memilih bekerja paruh waktu di supermarket untuk menemukan seseorang yang bener-bener mencintainya karena dirinya dan bukan kekayaannya. Bertemulah dia dengan Choi Joon Ki, manager supermarket yang berasal dari keluarga sangat miskin dan percaya untuk menemukan cinta seseorang harus menjadi kaya raya. 

Drama Korea 2015

Menariknya adalah sebenarnya bukan karakter pemeran utamanya yang mencuri perhatian, tapi malah karakter pemeran pembantu pria dan wanitanya. Mereka adalah Park Hyung Sik yang berperan sebagai Yoo Chang Soo, chaebol, bos sekaligus sahabatnya Joon Ki, dan Lim Ji Yeon yang berperan sebagai Lee Ji Yi, gadis miskin teman kerja sekaligus sahabat Yoon Ha. 

Chemistry Chang Soo - Ji Yi couple ini malah lebih berasa dibanding Yoon Ha - Joon Ki couple. Adegan paling memorable dari couple ini adalah saat mereka ngobrol di rooftop kostannya Ji Yi. Dengan seriusnya Ji Yi bertanya, "Apa yang kamu suka dari Daehan-Minguk (maksudnya negara Korea)? Chang Soo dengan polos menjawab,"Aku lebih suka Manse." 

And that's how this couple stole my heart, right away!  

8. Cheer Up! 

Kang Yeon Doo (Jung Eun Ji Apink) adalah leader dari klub street dance 'Real King' yang beranggotakan siswa-siswa yang berada di ranking terbawa di sekolah elit Sevit High. Suatu hari Yeon Doo terlibat scandal. Seseorang memotret Kang Yeon Doo saat ia tidak sengaja terjatuh dalam pelukan (aaaih bahasanya.. hihhihi)  Kim Yeol (diperankan Lee Won Keun), president dari klub elit siswa top 5%. Skandal ini membuat sang kepala sekolah mempunyai alasan untuk membubarkan klub Real King. 

Merasa tidak terima, Yeon Doo melakukan serangkain unjuk rasa dan makin kesel pada Kim Yeol yang dianggapnya tambah menyulitkannya karena tidak mau membantunya memberi klarifikasi. Kedua team ini kemudian disatukan oleh sang kepala sekolah dengan satu tujuan licik yang akhirnya membawa team Kang Yeon Doo dan team Kim Yeol menemukan cinta, patah hati, sakitnya dikhianati dan persahabatan. 

Drama Korea 2015 sassy go go

Ceritanya khas anak SMU banget sih, tapi saya suka chemistry dan kekompakan para pemainnya. Endingnya juga gak dipaksakan walaupun drama ini hanya 11 episode saja, Untungnya drama ini tayang di KBS World jadi saya tidak perlu beli DVDnya ( hemat!). Yang paling penting sih, puas liat Lee Won Keun dan Ji Soo disini. Jadi gak bisa milih ada di pihak siapa, hihihi.. 

7. She Was Pretty 

Seriously, sebenarnya gak begitu tertarik nonton drama ini. Kalau bukan karena Choi Siwon ikut berperan di drama She Was Pretty ini, saya mungkin akan melewatkannya begitu saja. Saya penasaran setelah membaca komentar para ELF dan non ELF yang bilang kalau Choi Siwon di dalam drama ini berbeda dibanding drama-dramanya yang dahulu. Selama ini Siwon yah gitu deh.. kalau gak jadi anak orang kaya, jadi artis terkenal, pokoknya gak jauh-jauh dari identitasnya. Jadilah saya nonton She Was Pretty gara-gara second lead male, hahahaha.. 

Pemeran utama She Was Pretty sebenarnya adalah Hwang Jung Eum sebagai Kim Hye Jin dan Park Seo Jun sebagai Ji Sung Joon. Kim Hye Jin dan Ji Sung Joon ini sebenarnya tetanggaan sejak kecil. Saat mereka beranjak abege, mereka berpisah dengan kenangan masa kecil yang tersimpan di hati. Mereka bertemu kembali ketika Kim Hye Jin yang dulunya cantik, menjadi wanita yang awut-awutan sementara Sung Joon yang dulunya gendut berubah menjadi tinggi tegap dan ganteng pisan. 

She Was Pretty drama korea 2015
Salah Satu Quote dari She Was Pretty yang Saya Suka
Sebenarnya ceritanya biasa aja, bisa ketebak lah endingnya. Pinternya si penulis skenario adalah dia menyelipkan unsur kejutan di dalam ceritanya semacam twisted yang sedikit berbeda dari K-drama pada umumnya. Salah satunya menjadikan karakter Kim Shin Hyuk sebagai kejutan tersebut dan Choi Siwon memerankan karakter ini dengan sangat berbeda dibanding aktingnya di drama sebelumnya. Tepuk jidat Kyuhyun! Eh, tepuk tangan maksudnya.. *lalu pelukan sama Donghae* 

6. Who Are You : School of 2015 

Who Are You : School 2015 berkisah tentang si kembar identikal Go Eun Byul dan Lee Eun Bi (keduanya diperankan oleh Kim So Hyun) yang terpisah sejak berumur 5 tahun. Eun Bi tinggal di panti asuhan dan kerap jadi korban pembullian di sekolah oleh Kang So Young. Sementara Eun Byul hidup damai sejahtera dan bersekolah di sekolah bergengsi bahkan menjadi siswa nomer 1 dan disegani. Sangat bertolak belakang ya? 

Drama Korea 2015
Cast of Who Are You : School 2015
Konfliknya terjadi ketika suatu hari nasib mereka berdua tertukar karena satu kecelakaan. Eun Byul yang secara misterius menghilang saat karya wisata dengan teman-teman sekelasnya dianggap ditemukan saat melihat seseorang berwajah dan perawakan sama dengannya jatuh dari jembatan. Karakter mereka yang berbeda membuat teman, sahabat bahkan musuh keduanya bingung, Who Are You, siapa kamu sebenarnya?

Baca Juga : 5 Karakter Paling Nyebelin di Drama Korea 

Personally saya suka drama ini meski endingnya bikin pengen nyanyi, " I wanna reset.. i wanna reset.. I wanna reset.. " Haahaha... Ini OSTnya ganggu-ganggu ngagenin gitu deh! Kim So Hyun maennya bagus banget pula. Dia bisa membedakan dirinya menjadi Eun Byul dan Eun Bi hanya melihat dari sorot matanya aja. Keren deh anak ini! Yook Sung Jae juga gak kalah seru berperan sebagai Gong Tae-Kwang dan Jo Soo Hyang yang berperan sebagai Kang So Young, saya nobatkan jadi jawara karakter paling nyebelin sejagad drama Korea! 

5. Heard It Through The Grapevine 

Salah satu drama Korea genre keluarga yang cukup berbeda dibanding dengan drama Korea lain yang bergenre sama. Menjadi drama terbaik versi Baeksang Award tahun ini, Heard It Through The Grapevine sebenarnya penuh sindiran dari kehidupan nyata keluarga kaya terpelajar. Han In Sang (diperankan oleh Lee Joon) dari keluarga kaya menghamili pacarnya keluarga miskin, Seo Bom ( diperankan Go Ah Sung) ditengah persiapan mereka masuk ke universitas. Reputasi keluarga Han yang bersih dan terpelajar seketika tercoreng dengan skandal ini. Sedangkan keluarga Seo Bom pun tidak ingin direndahkan hanya karena kehidupan mereka hanya bermodalkan usaha membuat plakat saja.

Drama Korea 2015

Menyimak tiga puluh episode (iyah.. 30 episode dengan rating tinggi dan bukan drama akhir pekan) Heard It Through The Grapevine bikin saya ngeship In Sang - Seo Bom couple. Tipe cowok manja yang harus tegas dan tegar karena mendadak jadi bapak dan anak perempuan tertua yang sudah merasakan pahit getirnya jadi orang miskin membuat couple ini saling melengkapi. Kedua orangtua mereka masing-masing juga gak kalah unik. Drama ini juga semacam menyaksikan tidak ada keluarga yang sempurna, bahkan ketika terlihat tenang-tenang saja. Image bisa dibentuk dan dijaga tapi hal yang buruk meski ditutupi tetap akan tercium oleh ibu-ibu tetangga atau arisan yang doyan gosip. Serulah pokoknya! 

4. The Producers 


Bukan gara-gara Kim Soo Hyun loh saya suka drama The Producer ini. Skenarionya juga standar aja, Dua producer KBS, PD Music Bank Ye Jin ( Gong Hye Jin) dan PD 2D1N Joon Mo ( Cha Tae Hyun), berteman sejak kecil membuat mereka diam-diam saling suka tapi tidak bisa mengungkapkannya, apalagi jadian. Persahabatan berubah jadi cinta ini terusik gara-gara ada produser baru bernama Baek Seung Chan ( Kim Soo Hyun) yang baru saja patah hati akhirnya malah naksir PD Ye Jin. Kisah percintaan mereka makin ribet gara-gara artis kondang yang sok banget, Cindy (IU) ternyata juga naksir Baek Seung Chan. Kira-kira sampai disini sudah tahu kan endingnya gimana? 

Sebenarnya drama ini bagus cuma kenapa yah saya merasa seperti nonton Misaeng versi KBS? Obrolan di rooftop, Baek Seung Chan si anak baru yang karakternya mirip Jang Geu Rae dan Joon Mo yang mirip dengan chef Oh. Yang menarik bagi saya malah latar belakang ceritanya : pekerja stasiun televisi dan keribetan dibalik sebuah tayangan yang tidak diketahui oleh pemirsa. Bagi saya semacam melihat pekerjaan sehari-hari setahun kemarin (uhuk!). Bagaimana sebuah program acara diproduksi, kerjasama team yang harus dijaga, mengedit dan merangkum semua footage dari berbagai rekaman kamera sampai tekanan batin jika program acara gagal secara rating dan kualitas. Banyak banget quotes keren dari drama ini. 

Editor Pasti Ngerti.. 
Berhubung latar belakangnya kerja di televisi beneran (KBS), banyak program acara beneran juga yang dipake dan banyak cameo. Sayang, meski sempat disebut Daehan, Minguk, Manse dan Song Il Gook tidak sempat jadi cameo di drama The Producer. Hiks.. 

3. Twenty Again  

Ha No Ra ( diperankan Choi Ji Woo) awalnya pengen jadi penari, tapi berhubung keburu hamil sebelum sekolahnya kelar, akhirnya dia mendedikasikan hidupnya menjadi ibu rumah tangga. Setelah sekian lama menjadi istri dan ibu yang baik Ha No Ra digugat cerai suaminya. Dia juga didiagnosa mengidap kanker dengan sisa umur enam bulan saja. Ha No Ra pun berpikir melakukan keinginannya yang belum kesampaian : Kuliah lagi. Maka kembali lah Ha No Ra ke kampus menjadi mahasiswa di umurnya yang sudah kategori ahjumma. Banyak mahasiswa yang serba salah didekatnya karena biar bagaimana pun di Korea umur menentukan senoritas. Serunya adalah dia malah keterima di kampus yang sama dengan anaknya dan di sana dia bertemu dengan Cha Hyun Seok (diperankan Lee Sang Yeon) teman SMUnya dulu yang sekarang berubah menjadi dosen yang jutek padanya tanpa alasan. 


Drama ini keren banget, bisa memberi inspirasi khususnya buat ibu-ibu rumah tangga. Ayo dong bu, mengurus keluarga, suami dan anak itu penting. Tapi sebagai personal, kalian pasti punya cita-cita kan? Jangan diumpetin dalam hati aja. You should go and do it, selagi bisa, selagi mampu. Suaminya Ha Nora di drama ini juga minta cerai karena dia merasa Ha Nora ga selevel tingkat edukasi dengan dia. Serem amat sih.. So, ladies get yourself together ya! Let's reach out our dream. 

2. Oh My Ghost 

Ceritanya tentang hantu perawan yang stuck di dunia tidak bisa masuk ke dunia arwah. Si hantu, Shin Soonae ( diperan Kim Seulgie) ini berpikir dia masih terkatung-katung karena masih perawan. Maka dia merasuki tubuh para gadis-gadis cantik untuk merayu para lelaki agar bisa melakukan hal 'itu'. Tidak sengaja saat dikejar-kejar dukun pengantar hantu, Shin Soonae bertemu dengan Na Bongsun ( diperankan Park Boyoung) yang bisa melihat hantu. Na Bongsun ini sebenarnya tipikal cewe pemalu yang tidak punya teman. Sehari-hari dia bekerja di sebuah restaurant sebagai asisten chef dan jadi bulan-bulanan kemarahan chef kondang Kang Sunwoo ( diperankan Jo Jung Suk). Begitu dia kemasukan hantu Shin Soonae, Na Bongsun berubah menjadi cewe centil yang suka godain chef Kang Sunwoo. 



Sebagai hiburan, Oh My Ghost ini lucu banget, romancenya juga dapat. Hubungan dengan orang tua dan keluarga juga ditonjolkan disini. Sedih deh liat Shin Soonae dan ayahnyanya. Hiks. Chemistry pemainnya juga oke banget. Pantaslah ada di nomer dua. 

1. Angry Mom 

Ini dia posisi yang membuat saya bingung memilih antara memilih Oh My Ghost dan Angry Mom. Pada akhirnya saya memilih Angry Mom berdasarkan tema ceritanya yang unik, plot yang menarik dan akting para pemain. Gak salah skenario Angry Mom ini terpilih sebagai juara satu dalam lomba skenario drama yang digelar MBC.

Baca juga : Review Angry Mom


Web Drama

Selain drama Korea yang durasinya 60-90 menit dan tayang di televisi, tahun 2015 ini juga ada kategori lama yang bangkit kembali karena kejayaan internet dan mobile gadget : Web drama. Durasinya hanya 10-13 menit dan hanya tayang di web atau aplikasi tertentu seperti Daum dan Line, tapi lumayan loh menarik juga. Ini dia web drama favorit saya di tahun 2015 ini :

EXO Next Door

Awalnya penasaran aja dengan konsep web drama, sekalian pengen tahu gimana sih kalau member EXO berakting. Tahukan, D.O sempat disebut-sebut sebagai idol actor terbaik tahun 2014 kemarin gara-gara maen di drama It's Ok It's Love. Eh ternyata malah ketagihan ngikutin tiap minggu.


Berhubung yang jadi lead male ternyata adalah Chanyeol, akhirnya saya terkena second lead male syndrome lagi deh karena ngejagoin D.O. Meski tidak menyangkal sesekali merhatiin Sehun yang kocak abis juga sih (Eh, apa sih yang gak kocak dari Sehun buat saya?).

Baca juga :  Review EXO Next Door 

Nah itu dia Top 10 Favorite K-Drama 2015 versi Vita Masli. Apa drama Korea favorit kalian tahun ini?  Silahkan share di bagian komen, siapa tahu ada yang terlewatkan. 

26 comments:

  1. hah, akhirnya ada juga kolom komentarnya :)
    penasaran sama Twenty Again Mbak Vita kayaknya ceritanya bagus yah :)

    btw Joo Won itu mirip mantan Kacab saya di kantor loh, tapi sekarang beliau sudah dipindahkan ke Makassar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh kamu jangan gituh, godain aku aja. Hahahahahhaa *masih available gak? kenalin dong.. hahahahahahha* #modus

      Delete
  2. Mampir ke sini jadi tau deh tentang artis2 korea. Jarang ngikutin soalnya. Like it dah mba Vita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiah Ahliah, sering-sering mampir ya!

      Delete
  3. Duh, saya baru nonton yang ke 6 sama ke 2. Bisa buat jadi rekomendasi. Makasih mba ;)

    ReplyDelete
  4. Cuma nonton Oh My Ghost, The Producer, sama EXO Next Door. Yang paling suka pastinya Oh My Ghost doooong :D

    Belom sempet nonton She Was Pretty. Aku penasaran sih sama aktingnya Siwon. Tapi ngikutin Oh My Venus dulu aaah ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh betewe.. Oh My Venus kok jadi gitu sih? Kasian tahuu couchnimnya kecelakaan. #eh #malahdibahas

      Delete
    2. Aku baru sampe nonton episode 9 hiksss. Di Viki kok telat banget sihh. Aku belom cek yang di My Asian TV tuh. Nanti deh bablas pas libur taun baru hehehehe

      Delete
  5. hwaaa.. sukak sama artikel iniii XD
    akhir-akhir ini saya kebingungan mau nonton drama apa karena keranjingan nonton daehan minguk manse. Hahaha

    Beberapa udah ditonton sih, tapi abis baca ini jadi pengen nonton cheer up sama twenty again, kayanya keren :D terimakasih informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan depan jangan lupa nonton drama bapaknya Daehan, Minguk, Manse ya kalo gitu. Jang Yeong Sil. Catat itu! Hahahaha...

      Delete
  6. Dari kemarin saya mupeng pengen nonton drakor, efek teman-teman suka ngomongin drakor, sekarang jadi punya list judulnya. Iya, sama sekali belum nonton judul-judul di atas. :|

    Makasih sharing-nya, Mbak :)

    ReplyDelete
  7. Saya kok sekarang nggak ngikutin drakor, lumayah deh bisa tahu dikit film yg bagus yang mana aja :)

    ReplyDelete
  8. thank you mba, saya simpen ah buat kapan2 klo lg gak ngeblog bisa nonton :)

    ReplyDelete
  9. tahun 2015 cuma nonton oh my ghost sama exo next door aja XD gakuat ngikutin drama banyak-banyak, kedistrak sama RM dan WGM sih kalo aku kak, hehehehe. park boyoung itu unyu syekaliiiii duh masih ketawa2 sendiri kalo inget dia godain chefnim. ngeship boyoung sama jo jungsuk eh ternyata jo jungsuknya udah punya gummy, piye terus :(

    ReplyDelete
  10. Paling suka sama Who Are You, mungkin karena lagi kangen kali ya sama masa sekolah. Eh, malah curhat. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Aku blm nntn semuaaaa. Paling baca2 sinop doang, udah. 2015 ini gak keburu liat drakor

    ReplyDelete
  12. libur panjang mau ngabisin stok Korama ah, udah lama gak begadang buat nonton Korama

    ReplyDelete
  13. Sbenernya ga terlalu suka korea sih. Tapi rasa2nya karena doi suka korea setidaknya kalo diajak ngobrol korea harus nyambung. Listnya membantu bnget nih. Biar ga rugi nontonnya nanti ternyata jelek hhe. Thks ya..

    ReplyDelete
  14. Nice info :)

    *langsung download.hha

    ReplyDelete
  15. Saran dong kakk :)
    Nonton oh my venus dulu atau she was pretty dulu nih enaknya? Galau xixi... thankyouu

    ReplyDelete
  16. wah nonton ah, bingung nonton drama korea yg mana, sy mau ikutin yg ini aja

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.