Novel Review & Giveaway : 1-4-3, It’s Not A Simple Game of Number

Beberapa orang menganggap menjadi fans Kpop itu cuma bisa teriak-teriak di konser, ribut di twitter (fanwar), delusional atau paling parah jadi sasaeng fan yang ngikutin idolnya sampe ke toilet. Ngeri ya? Terobsesi sekaligus over protektif membuat fans Kpop menjadi terlihat negatif.   

Ternyata gak semua seperti itu. Ada juga loh fans Kpop yang menggunakan 'kegilaan'nya untuk hal yang kreatif. Membuat cerita fiksi, misalnya. Nah biasanya fans Kpop yang punya kemampuan nulis menuangkan imajinasi ke dalam bentuk fanfic (fan fiction). Biasanya fanfic itu disebarkan di forum fanbase atau paling gak dipublished di blog. Belakangan para publisher buku pun melirik kemampuan para fans Kpop meramu ceritanya ini dan menerbitkannya dalam bentuk novel. 

Nah, 1-4-3 itu salah satunya.

Super Junior Fanfic

Sinopsis 1-4-3,  It’s Not A Simple Game of Number 


Henry Lau, seorang pria yang sedang patah hati memutuskan untuk berlibur ke Seoul untuk menenangkan pikirannya sekaligus mengobati sakit hatinya. Namun tidak disangkan Henry malah bertemu seseorang yang telah membuatnya sakit hati disana, dan parahnya lagi orang tersebut adalah wanita yang disukai sepupunya. Perang batin pun di alami oleh Henry tatkala harus melihat wanita tersebut bersama sepupunya. Di saat Henry tengah bergumul dengan sakit hatinya, seseorang datang ke dalam kehidupannya, Choi Raemun seorang gadis yang bekerja di café sepupu Henry. Henry dan Raemun berteman baik sejak mereka pertama bertemu, dan belakangan Henry mengetahui kalau Raemun menyukai sepupunya Cho Kyuhyun.

Henry memutuskan untuk melupakan sejenak sakit hatinya dan membantu Raemun yang juga terpuruk karena mengetahui Kyuhyun pria yang sangat ia cintai dan selalu menjadi pelindungnya ternyata menyukai wanita lain. Rasa simpati Henry kepada Raemun ternyata menumbuhkan benih-benih cinta di hati Henry, perlahan Henry mulai bisa menerima hubungan Kyuhyun dan juga Choi Hyena- mantan kekasihnya dan Henry pun mulai membuka hatinya untuk Raemun. Sama seperti Henry, Raemun pun mulai merasakan benih-benih cinta itu, apalagi saat Henry datang sebagai pelindung untuknya, sama seperti Kyuhyun. 

Raemun dan Henry mulai mencoba untuk melupakan masa lalu mereka dan memulai kehidupan baru serta membuka hati masing-masng. Namun disaat keduanya sudah mulai menerima perasaan masing-masing, Henry kembali bimbang dengan perasaannya. Tiba-tiba rasa simpati terhadap Hyena tumbuh di dalam hatinya membuatnya bingung dengan perasaannya sendiri. 

Bisakah Henry tetap menjaga perasaannya kepada Raemun saat Hyena kembali mengusik kehidupannya? Bagaimana Henry bisa menyelesaikan masalah yang ditimbulkan oleh masa lalunya agar tidak menyakiti siapa pun?


Review 

Novel ini merupakan novel Song Fiction, dimana setiap sub bab dari novel ini merupakan judul lagu dari album solo Super Junior M Henry. Cerita dimulai dengan sub judul Trap, kemudian I Would, Ready To Love, My Everything dan terakhir  1-4-3(One Four Three). Istilah 1-4-3 sendiri adalah bahasa gaul untuk kalimat I love you. Semua judul tersebut menghasilkan sebuah cerita cinta dengan konflik yang bikin gregetan.

Settingnya mengambil tempat di Seoul dengan menyelipkan satu dua patah kata berbahasa Korea (tenang.. ada artinya di bagian footnote, kok). Penulisnya, R.A,  juga berusaha dengan baik menggambarkan karakter Henry yang konyol seperti yang dikenal di dunia perkpopan. Di sisi lain penulis juga memperkenalkan sisi Henry yang digambarkan romantis. 

Selain Henry ada pula karakter Kyuhyun, salah satu member Super Junior, sebagai second lead male. Di dunia nyata, Kyuhyun adalah mentor Henry agar tidak lost in translation dalam berbahasa Korea. Maklum, aslinya kan Henry orang Taiwan yang gede di Canada. Dalam novel ini Kyuhyun digambarkan sebagai sepupu Henry, tentunya tanpa sifat evilkyu. Yalaahh.. namanya juga novel percintaan dewasa. Kyuhyun harus berubah lebih bijak! Hihihi..

Hal yang saya suka dari novel 1-4-3 ini adalah ceritanya gak maksa, cara bertuturnya enak, penulisannya juga tidak seperti novel Korea terjemahan. Gak salah kalau 1-4-3 ini terpilih menjadi salah satu naskah yang terpilih untuk dipublikasikan oleh Grasindo dalam PSA 3 (Publisher Searching For Authors) di tahun 2015 lalu. Penulisnya, R.A atau lebih akrab saya panggil Dewi ini bisa ditebak adalah seorang ELF juga. Tapi entah kamu ELF atau sama sekali bukan fans kpop, novel 1-4-3 bisa dinikmati sebagai salah satu novel romance yang manis.

Giveaway Novel 1-4-3

It's giveaway time!!

Pengen tahu ending dari kisah segi empat antara Henry-Hyena-Kyuhyun-Raemun ini? Penulis novel 1-4-3 berbaik hati berbagi 1 novel 1-4-3 dengan bonus pembatas buku dari empat karakter utamanya.

Novel Korea


How to Win 


1. Follow akun Twitter penulis novel 1-4-3  @Rabiyatulakhmar dan akun @vitamasli 

2. Share info giveaway ini di twitter beserta url postingan ini dengan hastag #143NovelGiveaway dan mention @vitamasli  dan @Rabiyatulakhmar . Di bagian bawah ada "share this post ", klik itu aja lebih mudah.

3. Cantumkan nama, akun twitter, link share info giveaway dan jawaban pertanyaan di bawah ini di kolom komentar :

"Jika kamu diberi kesempatan untuk menentukan ending 1-4-3, Henry dipasangkan dengan Hyena  atau Raemun ?" 


Tulis juga alasannya, yah!

Udah, itu aja syaratnya. Gak ada jawaban benar atau salah, tapi kalau pengen dapat poin lebih, silahkan follow akun Instagram @Rabiyatulakhmar dan akun @vitamasli. Serius, kita gak nolak, hehehehe..

Giveaway novel 1-4-3 ini akan berakhir pada tanggal 29 Februari 2016 Pukul 24.00 WITA. Pengumuman pemenang paling lambat 3 hari setelah giveaway berakhir.

So, what are you waiting for? Yukkk ikutaaaan!! 

22 comments:

  1. Nama : Chairunnisah Adhetia
    Twitter : @caadhetia
    Link : http://pic.twitter.com/ol0HWNCztA

    Menurutku yang cocok jadi pasangan Henry adalah Raemun

    Alasannya karena Henry dan Raemun sama sama pernah tersakiti, bila nantinya mereka jadi sepasang kekasih akan saling pengertian dan selalu belajar dari masa lalu nya mereka masing-masing. Lain halnya bila Henry dipasangkan dengan Hyena, jika Henry dan Hyena balikan, takutnya ditengah perjalanan hubungan mereka, Hyena kembali mengulang kesalahannya, dengan menyakiti Henry lagi.


    ReplyDelete
  2. Hai, Vitaaaa. Salken, ya. Mau ikutan GA-nya, nih.

    Kalau dari aku pribadi, lebih prefer ke Henry dan Raemun. Alasannya, karena Hyena adalah masa lalu dan pernah membuat luka. Memang, ada yg bilang memperbaiki kesalahan dari org yang sama lebih baik daripada mengenal orang baru. Tapi, Henry dan Raemun pernah sama-sama merasakan perasaan yang bertepuk sebelah tangan. Dari sini, mereka bisa belajar untuk saling menghargai perasaan orang lain dan bagaimana menjaganya. Bukan pelarian, namun ada kalanya ketika benih itu tumbuh di saat sama-sama terpuruk akan menguatkan hubungan mereka ke depannya. Awalnya, mereka saling cerita, nyaman, tapi masih belum bisa lepas dari masa lalu. Karena keadaan yg sama-sama terpuruk, mereka jadi saling menguatkan dan kebiasaan itu berlanjut ke hubungan kenyamanan alias friendzone. Kata orang Jawa, "Tresna iku jalaran saka kulina" (cinta itu dimulai dari kebiasaan). Akhirnya, mereka sampai pelaminan dan mengundang Kyuhyun sama Hyena. Sayangnya, ketika di hari pernikahan, Kyuhyun dan Hyena malah bukan sepasang kekasih. Mereka hanya bisa mengucapkan "Selamat, ya" sambil terpaku dalam hati, melihat orang yang dulu pernah 'disia-siain'.

    "Seharusnya aku dulu tak melepaskannya."

    Haha. Kebawa baper -_-
    ------

    Nama : Happy Fibi
    Twitter / Ig : @fibihappy
    Url link : https://twitter.com/fibihappy/status/699744414856425474

    ReplyDelete
  3. Ini judulnya clbk ya, mak.Hihi sukses buat GA-nya, ya. Pengen ikutan tapi masih banyak tumpukan buku yang belum khatam nih.

    ReplyDelete
  4. Nama : Kiki
    twitter :@KykiieeRFW
    Url Link : https://twitter.com/KykiieeRFW/status/700479117817294848

    Jika saya yang diberi kesempatan buat nentuin ending dari novel ini, saya mah bakal milih Henry sama Hyena kembali, alasannya yaa apakah harus selalu sama jalan sebuah cerita novel fiksi dimana yang tersakiti harus bersama dengan yang tersakiti juga ? nga kan ? terlalu mudah ditebak suatu alur cerita novel yang mengangkat tema ini jika tidak menampilkan suatu yang berbeda,akan lebih menarik jika Henry memberikan kesempatan kedua kepada Hyena tapi Hyena juga harus diuji apakah dia betul-betul serius ingin kembali kepada Henry yang telah memberinya kesempatan kedua atau tidak. saya suka sesuatu yang berbeda jadi lebih cocok aja kalo Henry dipasangkan dan memberi kesempatan kedua kepada Hyena dan memaafkan kesalahan yang Hyena lakukan dulu kepadanya. Tuhan saja Maha Pemaaf dan saya yakin Henry pun pemaaf juga heheh ^^ . sekian alasan saya

    semoga berkenan yaa hehehe

    ReplyDelete
  5. Sukses untuk GA-nya, mbaa. Aku nggak pernah membaca novel korea. Jadi penasaran untuk baca. Hihii

    ReplyDelete
  6. Nama : Nyi Penengah Dewanti
    Twitter : @nyipenengah
    Link Shared: https://twitter.com/NyiPenengah/status/700896115714084864

    Jawaban

    Henry kembali bersama Hyena, siapa pun berhak mendapatkan kesempatan dan menebus kesalahannya.

    Salam kenal ya, Kak ^_^

    ReplyDelete
  7. Hallo kak salam kenal, aku ikutan giveawaynya yaaaa...

    Eris Andriani
    @RizAnNie88
    https://twitter.com/RizAnNie88/status/701025775462522881
    IG: Eyis_yis
    Jawaban:

    Jika aku diberi kesempatan untuk menentukan endingnya maka aku tidak akan memasangkan Henry dengan Raemun ataupun Hyena.
    Alasannya karena diceritakan bahwa Henry masih bimbang dengan perasaannya kpd Raemun,kalau emang bimbang alias nggak yakin mending nggak usah menjalani suatu hubungan daripada ujung.ujungnya cuma bikin sakit hati. Hehe..
    Lalu Hyena tuh cuma masa lalu alias mantan, mantan mah gitu habis nyakitin, ngilang, trus muncul lagi seolah.olah semua baik.baik aja. Emang dimana.mana mantan gitu ya NGESELIN...Mending nggak usah terlalu perhatian bgt sama dia, cukup perhatian sbg sahabat aja dan nggak lebih.

    Aku akan memasangkan Henry dengan wanita lain sebut saja Mawar (??). Biar endingnya nggak ketebak dan bikin gereget aja hehe..soalnya aku tuh suka bgt sama cerita yg endingnya meleset dari tebakan. Lebih bikin terkejut dan geregetan aja hehe...Asal dijelaskan dgn jelas siapa Mawar itu biar nggak nggantung..
    Sekian...

    ReplyDelete
  8. Sumpah blogmu keren banget mbak. Tulisannya gk terburu2. Dah saya cuma mau komen itu doang.

    ReplyDelete
  9. Nama: Afif Rohman
    Twitter: @_Afif_Rohman
    Link share: twitter.com/_Afif_Rohman/status/699838456831352832

    Pertanyaan: "Jika kamu diberi kesempatan untuk menentukan ending 1-4-3, Henry dipasangkan dengan Hyena atau Raemun ?"

    Kalau kehidupan nyata. Mungkin saya lebih suka jika Henry berpasangan dengan Raemun.

    Tapi kalau ending sebuah novel. Saya pasti akan memasangkan Henry dengan Hyena. Alasannya sangat simpel. Novel akan menjadi lebih menarik jika endingnya melenceng dari dugaan para pembaca.

    Jika ending sebuah novel itu mudah ditebak dan sesuai dugaan pembaca! Lantas apa alasan pembaca harus membaca novel itu sampai selesai? Dan menurut saya, ending seperti "Henry yang akhirnya memilih dan menikah dengan Raemun itu ending yang Sangat Mainstream". Sebab dalam sebuah cerita, harus ada yang menyakiti dan tersakiti untuk menjadikan cerita itu lebih menarik.

    ReplyDelete
  10. Nama : Ajeng yps, Id twitter : @ajengyps , link : https://mobile.twitter.com/ajengyps/status/701206830186246146 >>>>> Aku lebih setuju klo Henry bareng Raemun karna mereka sama sama pernah patah hati dlm percintaan. Kalau menurutku Hati seseorang itu bisa berubah terlebih jika hati itu tidak dijaga.

    ReplyDelete
  11. Nama : Dera Devalia
    Twitter : @deradevalina
    Link Share: https://twitter.com/deradevalina/status/701334188675432448

    "Jika kamu diberi kesempatan untuk menentukan ending 1-4-3, Henry dipasangkan dengan Hyena atau Raemun ?"

    Henri dengan raemun, mungkin dulu hendri pernah mencintai hyena, tapi sekarang hendri harus bisa membuka hati untuk orang lain dan harus bisa menentukan pilihannya yang tentunya adalah raemun karena hyena adalah masa lalu.

    ReplyDelete
  12. Nama : Anggun Mawar Sari
    Twitter : @anggunmawar
    Link share : https://mobile.twitter.com/anggunmawar/status/703496765778075649

    Henry dengan Raemun
    Alasan lebih baik membuka lembaran baru dengan orang yang tepat daripada masuk ke lubang yang sama dengan orang yang salah #143NovelGiveaway

    ReplyDelete
  13. Nama: Muthia B
    Twitter: @tiarizee
    Link share: https://twitter.com/tiarizee/status/703573961603465216

    Pada akhirnya, tak ada satu pembaca pun yang tidak menyukai sebuah ending yang tak terduga. Aku akan memilih Henry dengan Hyena dengan catatan Hyena dan Henry tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk memperbaiki hubungan mereka kembali dari awal. Ntah mengapa aku sangat menyukai dimana salah satu tokoh dalam cerita berakhir harus menelan kenyataan bahwa keinginan mereka untuk bisa bersama pasangannya tidak terwujud(Seperti Raemun, maksudku). Benar-benar sesuai realita walaupun cerita tersebut hanya sekedar fiksi. Pembaca pasti akan senang+greget banget saat perasaan mereka diaduk-aduk karena ending yang diharapkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Menurutku, seorang penulis harus bisa membawa pembacanya untuk bisa hanyut dalam cerita, penasaran akan endingnya, dan dibuat tercengang saat sampai di penghujung cerita :)

    ReplyDelete
  14. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/703898410508660736

    Ending-nya Henry dengan Raemun saja. Hyena kan hanya masa lalunya. Sudahlah, Henry. Kau tidak harus bergalau ria oleh seseorang di masa lalu. Ada cewek cantik yang bersedia menyayangi dan membuka hati untukmu saat ini.
    Sebuah cerita dalam novel baiknya bisa menunjukkan prinsip yang jelas pada pembaca. Kalau menurutku sebaiknya Henry berpegang teguh pada prinsip nggak-usah-balikan-lagi-sama-mantan. Masih banyak ikan di lautan. Kenapa masih harus stuck sama ikan lele di empang? :p

    ReplyDelete
  15. Nama : Fransisca Susanti
    Akun twitter : @siscacook
    Link share : https://twitter.com/siscacook/status/703899909787820033
    Jawaban :
    Aku lebih memilih Henry dengan Hyena karena Henry memang masih mencintai Hyena dan twist ceritanya akan lebih menarik. Ternyata Hyena hanya pura-pura saja berpacaran dengan sepupu Henry.Ada rahasia kelam yg disembunyikan oleh Hyena. Dulu ia mendekati Henry dan berpacaran dengan Henry karena ia dendam pada Henry yg membuat saudara kembar Hyena depresi berat.Henry suka mengolok-olok kakak kembarnya di sekolah (kakak kembar Hyena beda telur, sehingga wajah Hyena dan dia berbeda) ^^ Hyena memutuskan Henry untuk membalas sakit hati kakak kembarnya tapi akhirnya ia menyesal. Ia cinta Henry dan memutuskan untuk membuka lembaran baru. =) Trims atas kesempatan giveawaynya =)

    ReplyDelete
  16. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Link Share: https://mobile.twitter.com/DiddySyaputra/status/704206542959046656?p=v

    Henry dan Raemun. Bagaimana pun juga meski kisahnya hanya sekadar fiksi. Tapi akan terasa realitasnya jika Henry dan Raemun dipersatukan. Yap, walaupun akan terkesan klise namun pembaca akan menemukan pesan tersirat yang nyata, bahwa nggak semua yang semula dicintai harus dimiliki, nggak jarang cinta akan dimiliki meskipun pada awalnya ia tak pernah hadir di hati, yah karena CINTA itu MISTERI. Juga mereka akan saling melengkapi jika dipesatukan, saling menambal luka pasangan, pun berbekal pengalaman terluka yang dimiliki masing-masing mereka akan lebih berhati-hati dalam mencinta sebab cinta nggak hanya menjanjikan bahagia tapi juga luka.

    Terima kasih! ;D

    ReplyDelete
  17. Nama: Wiloni
    Link share:https://twitter.com/wilonivania/status/704258283159183361
    Twitter: @wilonivania

    Henry dan Raemun.
    Benih-benih cinta itu sudah muncul antara Henry dan Raemun dan mereka berdua menyadari mereka saling membutuhkan.
    Kehadiran Hyena di tengah proses bertumbuhnya cinta Henry dan Raemun merupakan tantangan yang menghadirkan konflik batin yang akan menguji cinta Henry kepada Raemun. Hal itu juga menjadi penguat bagi Raemun apakah ia akan mampu bertahan dan percaya pada Henry.

    Pada akhirnya Henry yang awalnya tampak terjerat kembali ke masa lalu, pada akhirnya menyadari bahwa Raemun tidak dapat ia tinggalkan demi kenangan lama.
    Benih cinta itu justru semakin kuat untuk Raemun dan tidak mungkin dipisahkan lagi.
    Mereka telah menemukan rasa untuk terus bersama, saling memiliki dan saling membutuhkan.
    ♡♡♡

    Terima kasih untuk GAnya :)

    ReplyDelete
  18. nama lengkap: Daisy
    twitter: @daisy_skys
    domisili: Semarang
    link share : https://twitter.com/Daisy_skys/status/704292122967609344

    "Jika kamu diberi kesempatan untuk menentukan ending 1-4-3, Henry dipasangkan dengan Hyena atau Raemun ?"
    Tulis juga alasannya, yah!


    Aku akan memasangkan Henry dengan Raemun . Karena aku fikir Henry dan Raemun adalah tokoh utamanya . Ini kisah mereka , tentang Hyena aku fikir dia lebih baik menjadi bumbu antara dua tokoh itu .Mungkin jika aku memilih dua orang tersebut para pembaca pasti bisa menebaknya dengan mudah , tapi disitulah keistimewaannya . Biarlah mereka menebak , ketika tebakannya benar mereka akan puas dan ketika tebakannya keliru mereka akan kagum pada alur yang dibuat penulis .

    Jika Henry berpasangan dengan Hyena aku yakin novel ini tidak akan semenyenangkan kisah Raemun . Mereka berdua hanya akan menjalani kisah yang sama seperti kemarin tidak akan semenarik alur yang diciptakan jika bersama Raemun .

    Karena kisah Henry dan Raemun yang akan membuat kisah ini lebih hidup . Dengan latar belakang masa lalu dan pernah membuat luka yang sama . Pasti akan sangat menarik mengisahkan bagaimana kedua orang itu bisa berdamai dengan masa lalu memulai langkah baru dan bersiap untuk jatuh cinta lagi . Jika awalnya keduanya tidak percaya cinta karena luka masa lalu . Aku fikir jika keduanya bersatu mereka bisa percaya lagi pada cinta . Apalagi dengan pelajaran tentang cinta yang pernah menyakiti keduanya , mereka pasti akan lebih dewasa menjalani hubungan mereka .

    Ketika seseorang telah meninggalkanmu lalu tiba - tiba ia kembali apakah kamu bisa semudah itu menerimanya lagi ? Bagaimana jika dia meninggalkanmu untuk yang kedua kali ? Jadi Henry Raemun gadis yang baik .Tidak sepatutnya kau menyakitinya dengan kembali pada Hyena . Kau tidak mau jatuh dengan luka yang sama kan ? Coba raba hatimu , Dimana cintamu berada Hyena atau Raemun .


    Raemun !

    Benar , dialah yang sesungguhnya kau cintai . Memang setiap cinta selalu meninggalkan bekas , jadi yang kau lihat pada Hyena cuma fatamorgana yang tidak nyata . Itu cuma cinta yang semu dan bayanagan indah masa lalu yang terlalu sayang untuk dihapus .Masa lalu dan sekarang berbeda , jika hari ini kau kembali pada Hyena ,aku tidak yakin hubungan itu akan bertahan hingga akhir . Karena Tuhan kecil dalam cerita ini telah memilihkan jodoh yang tepat Dan dia adalah Raemun . Menurutku Raemun merupakan kandidat yang tepat untuk Henry , begitu pula sebaliknya .


    Btw aku tambah ngiler lihat pembatas bukunya . Ah sudahlah.



    ReplyDelete
  19. Nama : Yulia Lia
    Twitter : @Hi_Wkkie
    Link :https://twitter.com/Hi_Wkkie/status/704313263828303873

    Henry - Hyena

    Kalau seandainya Henry-Raemun, itu sudah biasa. Aku sering baca fanfiction dengan rumus(?) kaya gitu, dan akhirnya pasti ketebak, pasti sama si A.
    Jadi aku bakal buat pembaca itu mengerutkan dahi saat membaca novel ini, tapi akhirnya setuju bahkan mendukung dengan ending tersebut.

    Misalnya nih *Imajinasi aja*

    Menjebak pembaca untuk memihak sama sosok Raemun sedari awal dan membenci sosok Hyena (Jadi Hyena itu aku buat seakan menjadi tokoh antagonis, begitupun sebaliknya Raemun).Menciptakan berbagai pertanyaan untuk pembaca dan akhirnya akan terjawab di akhir cerita. Membuat pembaca kembali membuka halaman-demi halaman kebelakang, dan baru sadar jika pemikiran mereka salah dari awal. Membuat mereka yang tadinya kesal dan tidak terima sama endingnya tapi pada akhirnya akan menertawai pemikiran mereka sendiri. 'Kok bisa ya?'
    Aku rasa Henry - Hyena akan membuat endingnya lebih memorabel untuk si pembaca.


    *Berharap menang, pengen baca Mochi...

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.