K-Drama Special : Splash Splash Love

Mungkin karena saya sudah lamaaaaa nonton drama Korea, belakangan saya lebih milih-milih tontonan. Yang menye-menye gak jelas, coret! Cerita si kaya pacaran sama si miskin, lewat! Drama yang kepanjangan juga, enggak ah.. Kecuali ceritanya bagus seperti Reply 1988, ya bolehlah!

Baca juga : Review K-Drama Reply 1988

Ada satu drama Korea yang sudah saya tonton bulan lalu (iya maapkeun, baru sempat ngereview) dan menarik banget. Drama special ini hanya dua episode saja, dibintangi Yoon Doojoon BEAST dan aktris berbakat Kim Seul Gi. Judulnya Splash Splash Love, atau kalau diterjemahkan menjadi Percikan Percikan Cinta.. Halah! 


Sinopsis Splash Splash Love 

Splash Splash Love adalah drama percintaan time-traveling, di mana tokoh utama wanitanya secara ajaib terdampar ke era Joseon. 

Kim Seul Gi memainkan karakter Dan Bi, seorang siswa SMA masa kini yang males belajar padahal bentar lagi ujian nasional. Ibunya sudah berulangkali mengingatkan dia untuk serius belajar, begitu juga wali kelasnya di sekolah. Soal matematika dengan perkalian 3 x 6 saja sangat berat diselesaikannya. Pfft...

Dan Bi bukannya tidak mau belajar, dia kemana-mana membawa buku pelajaran dan tidur dengan bukunya, kok (yes, literally). Mungkin karena tertekan batin harus lulus ujian nasional saja yang membuat dia malah tidak bisa berkonsentrasi. 



Di hari pertama ujian nasional, hujan turun dengan derasnya. Dan Bi, yang sudah tertekan batin duluan malah makin tidak pede mengikuti ujian. Bukannya masuk kelas, dia malah kabur dengan paniknya ke sebuah taman. Dengan kegalauan level tinggi, dia berdoa agar dia bisa menghilang. 

Disaat itu dari sebuah genangan air di taman tersebut, Jang Dan Bi mendengar bunyi dentuman. Entah bagaimana, dari genangan tersebut Jang Dan Bi melihat sebuah proses upacara yang membuatnya penasaran. Antara takut, ingin tahu bercampur nekat Jang Dan Bi melompat ke dalam genangan tersebut. Ajaibnya, dia muncul dari dalam wadah air di era Joseon. 

Disitulah, Jang Dan Bi bertemu Lee Do (diperankan oleh Yoon Doo Joon), raja Josoen. Saat itu Lee Do sedang ogah-ogahan memimpin upacara minta hujan. Sudah tiga tahun kerajaan Joseon kekeringan. Di jaman itu, orang-orang di istana sangat percaya supranatural. Para dukun istana mengklaim kekeringan ini akibat raja mereka belum punya anak juga.



Raja Lee Do adalah raja yang mencoba berpikir logis berdasarkan ilmu pengetahuan. Dia sama sekali tidak mau percaya hal-hal mistis. Raja Lee Do sebenarnya membutuhkan orang yang jago matematika. Makanya dia berpikir ritual yang mereka lakukan ini percuma dan berniat membubarkannya. Saat itulah Jang Dan Bi muncul dari dalam wadah air dan mengagetkan seluruh orang di tempat itu, termasuk raja Lee Do dan Jang Dan Bi sendiri. 

Jang Dan Bi mengira dia terdampar di lokasi syuting drama saeguk (hahaha, gila parah banget ekspresinya Dan Bi), sedangkan Lee Do dan orang-orang di Istana mengira dia adalah utusan dewa yang menghantar hujan. Jang Dan Bi akhirnya ngeh bahwa tempat dimana dirinya berada sekarang bukan lokasi syuting dan kelangsungan hidupnya bergantung dari turunnya hujan. Jang Dan Bi akhirnya membuat kesepakatan dengan raja dengan mengaku jago matematika dan bersedia menjadi tutornya. 

What I Like About Splash Splash Love

Meski Splash Splash Love ini bertema perjalanan waktu yang pernah beberapa kali diangkat pada drama Korea sebelumnya, writernimnya asik banget memadukan beberapa fakta dengan fiksi seperti :

Raja Lee Do atau lebih dikenal dengan nama raja Sejong, adalah raja yang menciptakan karakter jungeum (karakter lama hangul) yang merupakan cikal bakal aksara bahasa korea. Dikisahkan dalam Splash Splash Love, terciptanya huruf hangeul ini karena terinspirasi oleh Jang Dan Bi.  

Park Yeon adalah guru pribadi raja Lee Do. Dia sebenarnya lebih tertarik pada bidang musik. Berhubung di jaman itu menjadi musisi belum bisa menjadi pilihan, maka dia berjuang agar lulus menjadi pegawai kerajaan. Dalam Splash Splash Love, Park Yeon digambarkan sebagai pengawal pribadi raja Lee Do.




Jang Yeong Sil, ilmuwan astronomi penemu alat ukur hujan, jam air dan globe angkasa di jaman Joseon. Fakta tersebut sudah tertulis dalam sejarah Korea. Bahkan Jang Dan Bi yang males belajar pun tahu hal itu. Dia malah mengira Park Yeon adalah Jang Yeong Sil. Dia gak tahu bahkan para penonton pun clueless bahwa di tangan writernim, Jang Yeong Sil adalah seorang perempuan. Gilaaaa!! Hahahaha.. Yah, namanya juga fakta bercampur fiksi, ada disclaimer di awal drama. 

Tentang  Jang Yeong Sil memang jarang banget disinggung di drama Korea. Tapi di awal tahun 2016 ini KBS 2TV akhirnya menayangkan drama sejarah pertama yang mengangkat kehidupan Jang Yeong Sil sebagai karakter utama. Pemerannya tentu bukan perempuan, tapi bapaknya Daehan, Minguk, Manse : Song Il Gook. Reviewnya nyusul yaaakk setelah dramanya kelar! 

Kembali lagi tentang Splash Splash Love, drama ini menjadi spesial juga berkat aktor dan aktrisnya. Gak ada yang lebih pas memerankan Jang Dan Bi selain Kim Seul Gi.  Dia memainkan karakter Jang Dan Bi dari stress gara-gara ujian akhir, sampai pada titik di mana dia tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan hidupnya dengan baik. 

Karakter Jang Dan Bi yang senang maen, panjang akal dan ceplas ceplos terasa hidup. Ekspresinya tuh dapat banget, apalagi kalau mengeluarkan komentar yang ' ajaib ' sampai bawa-bawa Kim Soo Hyun dan Jang Geum segala. Kocak parah lah anak ini! 

Selfie Jaman Joseon
Raja Lee Do, si arogan, agak kekanakan, pokoknya khas pangeran baru keangkat jadi raja deh. Setelah bergaul dengan Jang Dan Bi, mulai deh kelihatan sifat manis dan baik hatinya. Auuhh.. 

Raja Lee Do ini diperankan oleh Doo Joon. Awalnya saya gak ngeh loh ini Doo Joon nya Beast. Berubah sekali penampakannya, apakah karena dia kelihatan kurus? Atau logatnya yang mendadak Joseon? Haduh pokoknya, suka lah sama Doo Joon di sini. Seperti kata Jang Dan Bi, dia lebih keren daripada Kim Soo Hyun di The Moon That Embrace The Sun. ROLTF.

Selain itu saya juga suka cinematographynya yang bikin betah nonton. Endingnya juga sukaaaaaa... beneran gak maksa. Pertanyaan saya cuma satu : Kenapa adegan payungan di semua drama Korea selalu pake payung berwarna kuning? Wae? Wae?? 



Conclusion

Secara keseluruhan, Splash Splash Love ini adalah drama romantis komedi yang membuat hal-hal sederhana terlihat keren. Bahwa gak selamanya seorang siswa yang kelihatan bodoh, gak tahu apa-apa sama sekali itu ada pada karakter Jang Dan Bi. Ibu yang doyan nonton drama saeguk dan bawaannya bawel mengingatkan belajar, sebenarnya memperlihatkan perhatiannya dengan cara yang mungkin bikin telinga panas. Sekesal-kesalnya anak dibawelin melulu, dalam hatinya pasti menyimpan cinta dan kerinduan yang akan membawanya pulang kembali ke dalam ibu. So sweet.. 

Menceritakan kisah yang kuat, menciptakan tokoh yang berkarakter dan mengembangkan kisah serta menghubungkannya dengan cara yang masuk akal memang bukan hal yang mudah. Splash Splash Love hanya perlu dua episode saja untuk merangkum keseluruhan cerita yang biasanya memerlukan 16 episode hingga lebih dalam drama Korea biasa. Gak maksa, gak dipanjang-panjangin, tuntas dengan pas. Lucu, nyeleneh, mengharukan, manis jadi satu. Serasa makan cilok pake saus tteokbokki, hihihi..


Jadi kalau butuh tontonan drama Korea yang asik tapi gak makan banyak waktu, Splash Splash Love bisa dijadikan pilihan. Selamat makan tteokbokki, eh.. selamat nonton! 

23 comments:

  1. Jadi pengen nonton. Itu beneran 2 episode kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneraaaan... Percaya jangan ama Doo Min Joon aja dong, sama aku juga. Hahahaha

      Delete
    2. Hahahahaha...
      Akhirnya download di youtube dan emang bagus kak :)

      Delete
  2. Setuju pake bingit ^^. Padahal nontonnya udah kemarin2, tapi manis2nya masiii aja brasa smpe skrg ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa ada manis-manisnya gitu ya? :))

      Delete
  3. Cocok nih... lagi cari tontonan drama korea yang lucu2 gemesin.. hehe

    Tapi paling suka drama korea itu setting tempat dan cara makannya. Hmm... bikin laper...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa!!! Jadi jangan coba nonton Let's Eat tengah malam ya. Bawaannya laper bukan baper. :D

      Delete
  4. Waaa jadi pengen nonton... Aku suka romantic comedy ala kDrama. Jatuh cinta sama Do Joon sewaktu dia di drama Let's Eat. Dan aktrisnya itu yg jd hantu di drama Oh My Ghost yah...

    ReplyDelete
  5. Iya kak emang rekomended banget lah drama ini. Ehh aku baru sadar juga kak kenapa kalo adegan payung di drama korea selalu pakai payung warna kuning yaa ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah kenapa coba? Jdi pengen punya payung kuning juga jadinya. Tapi yang mayungin kalo bukan Yoochun yah Doo Joon, lol

      Delete
  6. Replies
    1. Dramanya Jang Hyuk gak kelar2 sudah 30 episode gituu.. ampun deh. Capeee nontonnya

      Delete
  7. Seneng deh kalau cuma 16 episode, jadi gak bertele2. BTW Thanks infonya, saya blm nonton hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma 2 episode neng.. gak nyampe 16 pula, hahahaha *haduh sy merasa gagal jdi blogger kalo gini*

      Delete
  8. 2 episode? nontonnya di mana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang 2 episode, sudah kutulis di atas kan? Hehehehe.. Coba nonton di Viki atau di Soompi.

      Delete
  9. salam kenal mbak vita
    mbak biasa nonton drama korea di web apa?
    saya biasa nonton di dramacool.com tpi nggak bs di akses skrng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau drama yg tayang di KBS, saya nontonnya di KBS World. Ada beberapa drama tvN juga tayang di Mnet Channel. Keluaran SBS bisa ditonton di SONE channel. Semuanya di TV berlangganan. Sisanya semacam drama MBC (seperti Splash Splash Love ini) nonton di Viki atau di Soompi.

      Delete
  10. Aku sebenarnya suka sama Drakor, selain memang layak tonton, banyak muatan moralnya, bukan sekedar hiburan

    ReplyDelete
  11. Udah nonton, dan emang bagus sih. Kim Seul Gi juga bagus pas jadi hantu di Oh my ghost

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah si KSG emang bagus. Film-film layar lebarnya juga keren2 loh. Sudah nonton?

      Delete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.