Pengalaman Pertama Membuat Pizza

Sesekali cerita tentang urusan dapur, boleh dong?

Minggu lalu rasanya pengen banget makan pizza. Sebenarnya lebih gampang beli jadi. Mulai dari pizza traditional yang dibakar sampai pizza goreng, sekarang ada dimana-mana. Tapi pengen aja bikin sendiri. Jadilah saya mengubek-ubek resep yang tersebar di seantero sosmed. Ternyata bahannya tidak terlalu menyusahkan untuk ditemukan (di supermarket, hehehehe). Cara membuatnya pun tidak seribet yang saya perkirakan. Jadi dengan modal nekat (eh... modal duit juga ding!), mari kita membuat pizza sendiri........ !!!



Berhubung ini pengalaman pertama dan saya gak mau terlalu ribet, jadi bahannya bener-bener dasar. Sedasar apa yang ada di lemari penyimpanan bahan di dapur saja, yah bu ibu.. jeng, ceu, kak, dek, mas.. (ya kali ada).

Bahan Adonan Pizza

250 gr tepung terigu berprotein tinggi
  50 gr tepung terigu berprotein sedang
200 ml air hangat
1 bungkus ragi instant
1 sdm minyak sayur
sejumput gula, garam dan cinta (yang disebut belakangan ini opsional. Tergantung stok hari ini)

Cara Membuat Adonan 

1. Tempatkan tepung terigu dalam wadah terpisah.
2. Dalam mangkuk kecil, larutkan ragi dalam air hangat beserta gula dan diamkan selama 10 menit hingga berbusa.
3. Campurkan larutan ragi dengan tepung. Tambahkan garam.
4. Uleni adonan hingga tercampur rata hingga kalis dan elastis. Tambahkan minyak sayur agar tidak lengket.
5. Bentuk adonan menjadi bola dan tutupi dengan serbet. Tempatkan mangkuk di daerah yang hangat dan biarkan naik selama 30 menit atau sampai dua kali lipat dalam volume.

Pada akhirnya saya gak merhatiin jam karena adonan saya tinggal untuk cuci mobil. Iyesss, saya nyuci mobil sendiri lohh. Begitu mobil kelar dicuci, adonan sudah naik. Tinggal nunggu ditepuk-tepuk ( tapi gak usah sambil bilang,"yang sabar yah..). 




Bahan Isi Pizza: 

1 bungkus Saus Spaghetti instant
3 buah Sosis
Mentega secukupnya untuk menumis
Keju slice / keju parut sesuai selera

Cara Membuat Isi Pizza

Lelehkan mentega, masukkan saus spaghetti bersama 3 buah sosis yang telah dipotong-potong. Aduk rata hingga mengental. And that's how it's done! *miss praktis*

Cara Membuat Pizza

Menurut resep yang saya contek dan pengalaman melihat almarhum mama membuat pizza, adonan yang tadi dibiarkan mengembang kita ambil lalu dipelototin supaya mengkeret.

Ehhh.... gak gitu juga kali! Ok serius! 

Tekan adonan ke bawah untuk menghilangkan gelembung yang ada. Uleni lagi sebentar dan bagi menjadi 2 bola adonan. Tempatkan pada permukaan yang sudah diberi tepung. Tutupi dengan serbet dan biarkan adonan naik selama lebih kurang 1 jam.


Sementara itu ayo cuci pakaian ! 

Setelah lebih kurang sejam, ambil 1 adonan sementara yang 1 lagi saya biarkan tetap tertutup. Adonan kemudian saya ratakan di loyang segiempat bawaan oven listrik yang saya gunakan.

Olesi adonan dasar pizza dengan saus yang sudah disiapkan. Panggang dengan suhu 170 derajat kurang lebih 25 menit.

Di 10 menit terakhir tambahkan potongan keju.

Sembari nunggu pizza matang, mari kita lanjut nyuci pakaian.

Ting!

Timer oven sudah berbunyi, berarti saatnya melihat hasil eksperimen. Tadaaaa.......



Berhubung wanginya menggoda selera pizzanya buru-buru diletakkan di piring yang tidak compatible dengan bentuk pizzanya sendiri. Foto juga sudah buru-buru, gak pake prinsip Food Photography lagi. Maklum, sudah nyuci mobil plus nyuci baju rasa laparnya naik 3x lipat. *cari pembenaran*

Baca juga : Food Photography Untuk Pemula 

Meski penampakannya tidak seindah pizza bermerk kondang, gak yangka ternyata rotinya empuk, pinggirnya garing, toppingnya sudah berasa di Italia aja (ya keleeess kan pake saus spaghetti). Hahaha...

Saya sukaaaaa... Hanya ada satu hal yang bikin kecewa. Kejuuuunyaaaa kurang ngejuuuu.. Memang ada harga ada kualitas. Kebetulan yang ada di stok cuma keju biasa saja. Ok, next time perlu diperhatikan.

Jadi yah gitu deh pengalaman pertama saya membuat pizza. Namanya juga percobaan pertama, disana sini pasti ada kekurangan. So far, gak membuat pizzanya gagal sih. Lumayan nyantai juga pembuatannya, karena saya bisa sambil nyambi cuci mobil dan nyuci pakaian diantaranya. Hehehe..

Bagaimana dengan kamu, sudah pernah bereksperimen membuat pizza sendiri juga? Atau mending beli jadi aja ? Share your comment, below ya!

4 comments:

  1. Kakakku pernah bikin di rumah, cuma pake teflon. Lumayanlah rasanya :D tapi tetep aja enakkan beli yg udah jadi hihi :))

    ReplyDelete
  2. gak masalah ya sama penampakan yang pentingn enak... :)

    ReplyDelete
  3. beli sajalah mba :D.. sayang bahan2nya kalo gagal hahaha ;p aku trmasuk penyuka italian food.. tp memang ga hobi masaknya :D..

    ReplyDelete
  4. Pernah dua kali bikin pizza, belum sempat difoto-foto udah langsung lenyap pindah ke perut anak-anak. Nggak tanggung-tanggung, emaknya gak disisain, hikss...

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.