Fitur GoodFood, Makanan Biasa Jadi Tampak Luar Biasa!

Sejatinya segala persiapan food photography yang sepintas terlihat ribet itu memang dilakukan agar makanan yang difoto dapat menggugah selera yang melihatnya. Agar menarik menu sehari-hari rumahan biasa, bisa ditata sedemikian rupa sehingga tampak cantik dan tampak mewah. Menunya mungkin cuma tahu tempe, tapi dengan plating alias pengaturan di piring yang cakep plus hasil foto yang juga cakep, pasti bikin yang liat fotonya jadi ngeces. 

Masih ingat kan sebelumnya saya sempat mengikuti workshop Food Photography bersama salah satu komunitas? Dalam workshop tersebut seorang peserta bertanya (uhuk, saya maksudnya!),"Gimana kalau saya gak punya kamera DSLR. Bolehkah mendalami food photography dengan modal kamera dari smartphone saja?" 



Jawabannya boleh banget! Karena sekarang kamera smartphone itu sudah canggih, malah terkadang hasilnya gak beda jauh dari kamera DSLR. Nah, kebetulan saat workshop tersebut Huawei baru saja mengeluarkan produk baru yaitu Huawei G8 yang mempunyai fitur yang keren banget buat motret makanan, namanya GoodFood. Kalo pas motret makanan, aplikasi kamera di-set pake fitur GoodFood, warna makanan jadi lebih bagus, otomatis tampilan pun jadi lebih menarik dan menggiurkan. 

Artinya fitur ini jadi penting banget kan, apalagi buat yang kerjaannya memang “jualan” makanan. Dari yang memang punya usaha menjual makanan maupun yang menjual jasa berhubungan dengan makanan, seperti food blogger. 

Bahkan ya, ada yang berawal dari selalu motret sajian makan siang hasil masakannya di rumah, pake smartphone, eh malah jadi punya profesi baru jadi food stylist. Itu gara-gara dia mengatur makanannya dengan cantik sehingga tampilan sajian dan hasil fotonya cakep. Serius banget jadi seperti hasil masakan restoran mahal yang difoto di studio foto profesional dengan food stylist profesional pula! 



Sst.. asal tahu saja, bayaran jadi food stylist dan food photographer itu gede loh. Apalagi di Makassar, kedua profesi ini  masih jarang digeluti. Padahal satu makanan bisa dihargai 500ribu rupiah. Kebayangkan kalau dapat job dari hotel atau restaurant yang gak mungkin jenis makanannya cuma satu... (otak cepat mikir aja kalau masalah duit). 


Jadi, mungkin memang sudah saatnya ya lebih membuat makanan rumahan jadi lebih sadar kamera. Nggak bisa asal-asalan! Siapa tau malah jadi peluang rejeki baru, ya gak? 

Yuk lebih serius menekuni Food Photography. Googling  Huawei G8 aja yah buat tahu lebih banyak tentang smartphone ini dan fitur GoodFood-nya. 

Selamat memotret! 

17 comments:

  1. Sampe ada food stylish juga ya. Tapi emang bener sih kalau tata makanan yg apik malah cenderung bikin 'laper'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.. dan ini profesi yang menjanjikan loh.

      Delete
  2. Makasih infonya.btw smartphone yg bisa seperti itu yg recomended apa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pake Huawei G8 seperti yang saya tulis di atas. Ada fitur Good Food nya.

      Delete
  3. food stylest gede banget bayarannya per 1 potretan
    cuma kudu modal kamera bagus deh kayaknya :)

    ReplyDelete
  4. Eh busyet, bikin makanan yg sadar kamera. Ntar kalo rasa nya ala2 ngak jelas bikin muntah hahaha

    ReplyDelete
  5. ada juga profesi beginian ya mbak, emang asik sebelum makan foto berdoa baru dimakan..lapernya kerasa banget hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dong.. Belum banyak yang 'ngeh' aja.

      Delete
  6. saya pernah menu cafe dikasih sejuta untuk semua menunya, abis itu semua menunya dihabisin bersama setelah di foto hahahahahah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergoda hasil karya sendiri ini sih ceritanya, heheheh

      Delete
  7. Wow, baru tahu bayarannya segede itu. Kalau dah mahir pastilah lebih tinggi lagi.

    ReplyDelete
  8. baru tau kalo makanan ada stylishnya juga :|
    kereeen :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah.. gak cuma model, makanan juga perlu dibuat keliatan keren.

      Delete
  9. tehnik yang tepat menghasilkan karya yang bagus.. thanks sharingnya.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.