5 Aplikasi Mengetahui Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya

Jadi ceritanya, saya ini sering kangen sama Daehan, Minguk, Manse. Meski mereka sudah 'graduate' dari The Return Of Superman, saya masih penasaran dibuat penasaran dengan sebuah lagu yang dijadikan backsound di episode 116. Gak cuma saya, ternyata banyak juga loh penggemarnya Daehan, Minguk, Manse yang pengen tahu apa sih judul lagu itu. Saya sampai dikejar-kejar pertanyaan oleh salah seorang fansnya triplets di Instagram.

Biasanya kalau saya gak tahu judul sebuah lagu, saya berusaha menangkap beberapa kalimat dari lyrics lagu tersebut. Abis itu baru deh nanya Om Google. And it works all the time, except for this one : Lagu Backsound di episode perpisahan Daehan, Minguk, Manse. Mesin pencari seperti Google atau Bing tidak akan banyak membantu kecuali kita tahu beberapa kata dari lirik lagu atau clue tentang nama artis atau band. Dan saya gak bisa menangkap sama sekali liriknya juga gak tahu pasti siapa yang nyanyi. Gimana caranya ya?


Aplikasi Lirik Lagu


5 Aplikasi Mengetahui Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya 

Untungnya saya termasuk orang yang gampang penasaran dan tidak mudah menyerah mendapatkan apa yang saya inginkan (halah!). Setelah sempat mencari dengan kata kunci yang salah gara-gara mengira yang nyanyi adalah Sun Shi Kyung, akhirnya saya berhasil menemukan lagu yang menjadi backsound episode perpisahan Daehan, Minguk, Manse. Yay!

Nah, berikut adalah beberapa yang terbaik layanan pengenalan musik yang dapat membantu kita menemukan nama lagu tanpa harus mengetahui lirik. Kita dapat menggunakannya untuk mengidentifikasi  musik dari radio, TV, internet atau yang CD.

1. Shazam

Ini dia aplikasi yang akhirnya mempertemukan saya dengan lagu backsound episode perpisahan Daehan, Minguk, Manse. Shazam merupakan aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk menemukan nama lagu dari iPhone, BlackBerry, Windows Mobile, dan Android. Kita juga dapat menggunakan Shazam pada iPod Touch asalkan memiliki mikrofon eksternal.

Caranya gampang, cukup instal aplikasi Shazam di appstore/playstore, pegang ponsel di depan sumber audio dan tekan tombol Tag untuk membiarkan Shazam mengidentifikasi musik yang sedang dimainkan. Se simple itu! And finally i found lagu yang menjadi backsound episode perpisahan Daehan, Minguk, Manse. O My Baby - Yoon Jong Shin.


2. Midomi 

Kadang-kadang ada sebuah lagu yang terjebak di kepala, gak jelas juga liriknya gimana apalagi siapa yang nyanyi. Pokoknya tahunya na-na-na aja. Senangnya sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membantu kita hanya dengan menggunakan mikrofon, senandungkan nada sendiri dan voila! Midomi akan dapat memberitahu kamu apa lagu itu. Atau, kamu juga dapat memainkan rekaman pendek dari lagu yang "tidak diketahui" itu dan Midomi akan mengidentifikasi judul dan penyanyinya.

Selintas aplikasi Midomi ini mirip dengan Shazam. Midomi bebas digunakan online, tetapi juga menawarkan aplikasi mobile untuk iPhone, Android, Nokia Ovi dan Windows Mobile. Bedanya adalah tidak seperti Shazam yang merupakan aplikasi mobile saja, Midomi juga memberi layanan aplikasi web di mana kamu dapat dapat bersenandung atau bernyanyi selama sekitar 10 detik dan akan menampilkan daftar lagu yang cocok. Untuk hasil terbaik, jaga volume bar di hijau dan hindari kebisingan latar belakang supaya Midomi nya fokeessss.

3. Audio Tag

Jika kamu memiliki rekaman singkat dari lagu yang kamu gak tahu judulnya itu di komputer atau ponsel, kamu dapat menggunakan layanan pengenalan musik online di AudioTag untuk mencari tahu judul dari lagu itu.

Caranya kamu dapat meng-upload cuplikan audio singkat (atau bahkan seluruh lagu) dan Audio Tag akan mencoba untuk mengidentifikasi judul lagu dengan membandingkan audio ke database musik lagu dan mesin pengenalan akan memilih irisan secara acak dengan sendirinya.

Aplikasi ini sangat berguna jika kamu kebetulan dapat merekam sebagian dari lagu pada perangkat mobile, dan kemudian memeriksa informasi lagu manapun saat kamu sudah bisa online.


4. WatZatSong 


Ketika aplikasi di smartphone atau di web gagal untuk mengidentifikasi lagu yang kamu cari, kamu boleh call a friend alias minta bantuan dari manusia yang mungkin tahu tentang lagu itu.

WatZatSong (dari kata "What's That Song?") Adalah sebuah situs sosial di mana kamu dapat meng-upload rekaman audio MP3 pendek dari lagu tersebut (atau merekam diri sendiri dengan bersenandung) dan anggota lain dari situs tersebut kemudian dapat membantu kamu  menebak dengan tepat nama lagu. Memang sih jawaban mungkin tidak akan datang langsung,  tetapi kamu dapat membuat tugas orang lain sedikit lebih mudah dengan memberi detail tentang lagu seperti bahasa yang digunakan atau jenis musiknya.

Kamu juga bisa loh mershare postingan permintaan WatZatSong ke situs media sosial lain seperti Twitter, Facebook, dll sehingga kemungkinan yang  dapat membantu kamu dalam pencarian judul lagu itu lebih besar.

5. Musipedia 


Dengan Musipedia, kamu dapat mencari lagu dengan memainkan nada yang kamu ingat  di keyboard piano virtual. Bisa juga dengan bersiul ke komputer menggunakan mikrofon apapun.

Musipedia ditata seperti Wikipedia dan lebih cocok untuk menemukan musik klasik. Tidak seperti Shazam yang hanya akan menemukan lagu yang tepat sesuai rekaman, Musipedia dapat mengidentifikasi semua musik yang berisi melodi tertentu yang kamu rekam entah itu dengan cara disenandungkan atau melalui keyboard komputer.

Nah, itu dia 5 aplikasi untuk mengetahui judul lagu tanpa mengetahui liriknya. Semoga berguna jika kapan-kapan there's a song stuck in your head. Selamat mencoba!

8 comments:

  1. hmmm, keren juga aplikasinya, tapi bisa gak untuk lagu2 indonesia ?

    ReplyDelete
  2. inovasi teknologi yang keren
    saya yg kudet masalah lagu pasti sangat terbantu
    salam sehat dan semangat

    ReplyDelete
  3. Lagunyaaaaa :'(

    Selain di TROS pernah dipasang dimana lagi ya? Kok kayak gak asing.

    ReplyDelete
  4. hahaha iya saya juga suka gemes kalau gak nemu judul soundtrack di film/ tayanagn tipi, apalagi klo lagunya enak :D

    TFS infonya mbak :)

    ReplyDelete
  5. Aplikasi sekarang canggih-canggih banget

    ReplyDelete
  6. Aih bagusnya musik backsound episode perpisahan Daehan, Minguk, Manse. O My Baby - Yoon Jong Shin tersebut. Terimakasih atas sharingnya, saya lagi dengerin nih :)

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.