ANDROMAX R2, Smartphone 4G VoLTE Premium dari Smartfren

Apa sih yang kamu bener-bener butuhkan dari sebuah smartphone? Kebutuhan loh yaah, bukan keinginan. Karena terkadang yang kita inginkan sebenarnya bukanlah yang kita butuhkan. Terkadang juga keinginan belum tentu terwujudkan menjadi kenyataan. Kek jodoh-jodoh an gitu deh! Hehehe..

Saya sendiri (iyah maklum belum berdua. Eh, apa sih!) seperti orang-orang kekinian lainnya sebenarnya gak butuh smartphone yang macem-macem,kok. Asalkan bisa terhubung dan berkomunikasi melalui voice atau pun data, dimudahkan dengan bantuan teknologi, kualitas baik, keliatan stylish dengan harga terjangkau sudah cukup buat saya. 

Yah.. semua orang juga gitu kali. 

Makanya, saya senang banget ketika minggu lalu saya menerima sebuah paket yang isinya adalaaaahh… *sound effect* ANDROMAX R2. Waah, alhamdulilah yah. Selama ini smartphone dan perkembangan teknologi menjadi salah satu hal yang menarik perhatian saya. Jadi penasaran, smartphone ini sesuai dengan kebutuhan orang masa kini gak sih? 


Saat ini memang smartphone 4G LTE makin beragam baik dari fitur maupun harga.  Nah, tahun ini agar makin banyak orang yang bisa merasakan 4G LTE di tanah air maka Smartfren meluncurkan Andromax R2. Sebagai anggota terbaru dari varian Andromax, R2 merupakan ponsel pintar yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kita akan smartphone dengan fitur mumpuni. Kita cek satu-satu, yah... 

Design Stylish dan Elegan 

Dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain, saya melihat Andromax R2  ini lebih terlihat stylish dan elegan. Tampak depannya saja sudah keliatan menarik dan enak dilihat. Sementara bodi belakang sekilas terlihat seperti kaca, tapi kalau dipegang terasa bahannya seperti mika. Menurut saya ini jauh lebih baik dibandingkan plastik. Bentuknya pun tipis karena Andromax R2 ini unibodi, jadi baterainya menyatu di dalam. Lebih ringkas dan terasa ringan digenggam.


Selain penampakan depan dan belakangnya, yang semakin mendukung tampilan fisik Andromax R2 ini menurut saya adalah rangka bodinya. Framenya menggunakan bahan metal premium. Ini yang membuat R2 terkesan elegan sekaligus kokoh. Tetap kelihatan cantik dipegang oleh perempuan namun tetap 'gahar' terlihat dipegang oleh lelaki,



Saya sedikit terkejut ketika menyalakan Andromax R2 untuk pertama kalinya. Sebenarnya saya gak mengira kalau kualitas warna dari layarnya ini akan terlihat jelas, cerah dan natural. Kedalaman warnanya juga lumayan, enaklah dipandang mata. Dilihat dari sampingpun masih bisa terlihat jelas. Lumayan banget kan untuk smartphone 4G LTE seharga 1,699 juta, ya kan? 




Oiya, buat yang belum jelas apa sih teknologi OGS itu? Nah, teknologi OGS ini bikin tampilan layar R2 jadi terlihat nyata dan lebih dekat. Selain itu di bawah layar ada 3 tombol sentuh kapasitif untuk tombol navigasinya. Menurut saya ini membuat Andromax R2 ini lebih stylish karena gak ada tombol yang menonjol. 



Performa 

Setelah mencoba Andromax R2 ini hampir sebulan, saya merasa performa smartphone ini tidak mengecewakan, kok. Berhubung saya senang nonton drama Korea dan beberapa variety show, jadilah Andromax R2 ini sebagai media yang mempertemukan saya dengan Song Joongki (ahay!). Kadang-kadang ponakan kalau mampir ke rumah sering minjem pake untuk maen game car racing dan tembak-tembakan entah apalah namanya itu. No freeze, no lag, just smooth.


Dari sisi pemakaian daya, memang tergantung dari pemakaian dan sinyal di tempat masing-masing. Based on my experience dipemakaian pertama,  saya ngecharge baterai Andromax R2 ini dari posisi 19% hingga 100% memerlukan waktu sekitar dua jam. Setelah itu saya menggunakannya untuk streaming video dengan jaringan Smartfren 4G LTE, download, foto, merekam video dan browsing-browsing sampai saya jadikan modem (tethering) dari jam 10 malam sampe jam 6 pagi masih tersisa sekitar 30%.

Di kali lain saya hanya menggunakannya untuk menelpon, sms atau sekedar sosmed dalam pemakaian wajar, baterai Andromax R2 bisa bertahan seharian, bahkan kadang-kadang besoknya baru dicharge lagi.

Untuk audio dari Andromax R2 ini tidak mengecewakan. Saya menginstal aplikasi Spotify dan betah mendengarkan musik berlama-lama baik dengan menggunakan earphone atau langsung menggunakan speaker. Mumpung sudah Dolby Digital Plus, bolehlah sesekali digedein volumenya. Tentu saja asalkan tidak menganggu tetangga sebelah meja. Sampai sekarang sih belum ada yang nimpuk yah, berarti masih aman dong.. :D

Kamera 

Salah satu hal yang paling diperhatikan saat memilah milih smartphone adalah kamera. Iyes..sebagai orang yang kekinian rasanya gak afdol jika tidak mengabadikan moment-moment spesial. Andromax R2 tentu saja tidak ketinggalan menghadirkan kamera yang bisa diandalkan untuk pemakaian sehari-hari. 



Tidak ketinggalan ditambahkan pula fitur yang cukup banyak untuk menunjang hasil foto yang lebih baik. Terdapat beberapa pilihan filter, pengaturan exposure, iso, white balance, kontras, dan saturasi, Bagi yang senang traveling terdapat pilihan pemotretan HDR, dan panorama. Sementara para pencinta selfie,  Andromax R2 menambahkan fitur gesture tangan agar selfie kamu lebih maksimal.

Hasil jepretan kamera Andromax R2 bisa dilihat di bawah ini:

Indoor (Low Light) 

Showcase Tulus

Indoor (normal light) 


Outdoor 

Auto Focus 

Mode Panorama

Video 

Sempat-sempatnya saya pake ngerekam video pas nonton showcasenya Tulus di Four Points, Makassar. Gambarnya sih oke yah, cuma audionya aja agak pecah. Mungkin karena saya berdiri sangat dekat dengan panggung. Maklum, penganut faham 'front row', biar gratis yang penting paling depan. #eh 



Selain beberapa hal yang saya sebutkan diatas, ada beberapa hal menarik dari Andromax R2 yang menjadi favorit saya :

Andromax R2, Generasi Andromax pertama yang memiliki kemampuan VoLTE

VoLTE (Voice Over LTE) merupakan layanan berbasis data yang mengandalkan teknologi LTE dari jaringan 4G LTE. VoLTE memungkinkan kita sebagai pengguna untuk melakukan panggilan telepon maupun video call dengan kualitas suara yang lebih baik, stabil, dan jernih namun tetap hemat baterai. Dengan VoLTE ini, aktifitas panggilan suara ataupun video bisa dibarengi dengan download disaat yang bersamaan.


Bagaimana cara mengaktifkan fitur VoLTE ini? Cukup mudah, kok. Geser turun menu Setting di Andromax R2, lalu tekan tombil 'VoLTE' sampai warnanya berubah dari abu-abu menjadi putih. Pastikan sudah mendapat sinyal 4G Smartfren di perangkat kamu yah sebelum mengaktifkan fitur ini.

Fitur Gerakan dan Isyarat 

Saya merasa meng-underestimated Andromax R2 hanya karena harga dan pabrikannya. Ternyata Andromax ini punya fitur Gerakan dan Isyarat juga, loh.


Masih ada beberapa gesture lain sih sebenarnya, bisa disetting juga sesuai keinginan pengguna. Bahkan kita bisa memunculkan display jam di layar sebagai alarm meski layar dalam keadaan mati. Not bad untuk smartphone 4G LTE dibawah 2 juta an.

Harga 

Dengan fitur-fitur yang sudah saya bahas diatas, Andromax R2 ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau : Rp. 1.699.000,- . Harga segitu juga sudah termasuk dengan starterpack Smartfren 4G LTE yang sudah dilengkapi paket data 2GB (24 jam) dan 6GB (untuk pukul 01.00 - 6.59 WIB) yang berlaku selama 7 hari,

Gak puas dengan quota segitu? Saat ini pengguna Andromax R2 bisa menikmati paket True Unlimited (24 jam) hanya dengan 75ribu saja. Paket promo ini hanya berlaku sampai bulan April, sih. Tapi semoga diperpanjang yah. Lumayan banget kan, 75rb sudah bergelimang quota, hehehe...

Sinyal 4G LTE Smartfren

Alhamdulillah, Makassar - kota tempat saya menetap- sudah tercover jaringan 4G LTE Smartfren. So far tidak ada kendala, diajak mobile ke mana-mana di seputar kota Makassar. Download juga cepat dibanding dulu pake EVDO atau jaringan 3G. Di tempat saya, 1 file drama Korea ber size 700MB bisa selesai dalam waktu 15-20 menit. Jadi rugi banget, jika kamu berada di 86 kota di Indonesia yang sudah tercover jaringan 4G LTE dan tidak menggunakannya.  

Oiya, kalau kamu adalah pelanggan Smartfren yang telah aktif selama lebih dari tiga bulan, secara aktif melakukan panggilan dan melakukan top-up (prabayar) atau membayar tagihan (paska bayar) dan sedang tidak dalam posisi masa tenggang (prabayar) atau belum melunasi tagihan (paska bayar) berhak melakukan pemindahan layanan ke 4G LTE dan mendapatkan berbagai penawaran menarik. Tahun lalu Modem usb saya yang masih EVDO dan sudah saya gunakan setahun lebih mendapat penawaran cukup beli pulsa 100rb yang langsung direload ke nomer eksisting sudah langsung dapat modem 4G, gratis! Gimana gak cinta saya sama Smartfren! 


Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi mba/mas call centre di 888 dari nomer Smartfren kamu. Bisa juga mengirimkan SMS ke nomor 6046 dengan mengetik “LTE” untuk informasi promo dan potongan harga  atau mengunjungi website resmi  https://my.smartfren.com/upgrade4G.php

Simpulan

Kalau balik lagi ke awal pembicaraan kita tentang kebutuhan dan keinginan, saya pikir Andromax R2 ini sudah cukup jadi pilihan smartphone sesuai kebutuhan. Sudah 4GLTE, punya fitur VoLTE, desainnya stylish dan elegan, hardware dan softwarenya pun cukup mumpuni. Dari sisi harga juga cukup terjangkau.

Memang sih di sana sini masih ada beberapa kekurangan bagi saya misalnya kapasitas baterai yang kurang besar, gak ada fitur beauty pada kamera depan dan earphone jacknya berada di atas, bukan di bawah. Tapi so far dengan harga Rp.1,699 juta is worthed untuk dimiliki.

Coba aja! 

14 comments:

  1. Asyik nih, punya Hp baru dari Smartfren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah gitu deh. Alhamdulillah.. Buruan tukar modemnya ke 4G lah, biar ngebut.

      Delete
  2. Seri Rnya aja udah kece berat y Mbak Vita, apalagi yang R2 nya deh ya. Huehehehehe. Beruntungnya dirimu merasakan R2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri Rnya malah belum pernah liat aku. Kamu bukannya pegang R2 juga? Yg kemarin di Vlog itu apa?

      Delete
  3. Andromax keren, harganya juga ramah di kantong :)

    ReplyDelete
  4. quota 4g adromax itu paketanya mehong2 ane liat beda sama bolt ia :D apa ane kurang upate...sorrry melencong dr artikel..soalnya ane mau beli modem tapi bingung bolt apa adromax

    ReplyDelete
  5. Promo unlimitednya itu lumayan banget. Sayangnya cuma buat HP dan sampai April aja ya?

    ReplyDelete
  6. Asyiknya yang punya Andromax baru.
    Baca ulasan tambah buat saya jadi pengen miliki Andromax juga. Nih, Hp sudah lama saya incar. Sayangnya, ada-ada saja halangan untuk mewujudkannya.

    ReplyDelete
  7. Andromax kece yah, sayangnya di bau-bau belum ada jaringan andromax :(

    ReplyDelete
  8. waduh, saya gak tahu ada promo tukar modem ke mifi (udah keburu beli mifinya)... :(
    btw, R2 keren juga ya mbak. :D

    ReplyDelete
  9. Wuih, hasil kameranya kece.. mupeng! Haha *gila foto*

    ReplyDelete
  10. Sayang banget di Cianjur Selatan tempat saya tinggal belom ada sinyal smartfren :(
    Pernah teman dari Jakarta main, dia pake andromax juga, yah, gak guna dech... pinjem hape saya jadinya, hahaha...

    Salam Okti Li

    ReplyDelete
  11. oughhh tetapi belum terdaftar di promo andromak 4G LTE sih jadi kurang seru???
    soalnya saya msih tunggu sms promo untuk andromak R2 nya nih, kira-kira kapan yach masuk daftar sms promo nya???

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.