Celebes Beauty Fashion Week, Pesona Fashion dari Makassar

Jam digital di panel dashboard mobil sudah menunjukkan pukul 20:03. Seharusnya saya sudah berada di Four Points Hotel, Makassar sejam yang lalu. Tapi saya masih berada di tengah kemacetan berjarak kurang dari 300 meter saja dari venue. Gila! Jalan Landak Baru yang trafiknya ramai lancar kini tersendat. Padahal ini malam Kamis, sudah lewat jam pulang kantor juga. Mungkinkah ini gara-gara event Celebes Beauty Fashion Week?


Deretan mobil dan motor di depan dan samping tak kunjung mempercepat lajunya. Dari kaca spion tampak antrian kendaraan di belakang mobil saya yang mengular sampai jauh. Yang sabar yah.., kamu. Saya menepuk-nepuk setir mobil.

Hari itu, tanggal 11 Mei 2016 saya bersama beberapa blogger Makassar diundang oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar untuk menghadiri fashion show pembukaan Celebes Beauty Fashion Week, salah satu rangkaian acara di Femme 2016. Seharusnya saya sudah ada di venue pukul 7 malam. Apa daya karena ada acara lain yang mendesak maka terjebaklah saya di kemacetan ini. Pintu gerbang Four Points tempat penyelenggaraan acara sudah terlihat tapi terasa begitu jauh. Seperti kata pepatah, dekat di mata jauh di kaki. 

Lima belas menitan kemudian saya berhasil masuk ke area parkir. Akhirnya!! Sekarang giliran nyari tempat parkiran yang nyaman, gak nyusahin dan tentunya aman buat mobil saya. Bagusnya hotel bintang empat yang baru beroperasi sekitar Agustus 2015 ini menyediakan tempat parkir yang luas. Selain di depan gedung, ada parkiran basement dan juga lahan parkir di bagian lain. Parkiran full bo’! Tapi berhubung buru-buru dan dengan kekuatan doa, akhirnya dapat parkir di halaman depan gedung. Yay! Alhamdulillah.

Celebes Beauty Fashion Week, Pesona Fashion dari Makassar


Gedung ballroom Four Points yang lapang, lega, kini dipenuhi dengan orang berlalu lalang diantara deretan stand berisi beragam produk fashion. Ballroom utama disulap menjadi exhibition area di mana para pelaku dunia fashion dari dalam dan luar Makassar memamerkan produknya. Di sisi lain terdapat space khusus untuk Sociolla Beauty Week dengan sederet stand make up dari Jepang dan Korea nya. Haduh haduh haduh.. lalu di mana main stage runaway nya? 


Ternyata main stage nya ada di bagian ballroom utama juga, dibatasi dengan kain hitam dan ketutupan oleh stand-stand artis. Ketika akhirnya saya bisa duduk dengan cukup nyaman,  pagelaran desain Dhanet by Steve & Joe sudah kelar. Yah.. padahal belum juga bener-bener merhatiin detail koleksinya. Kata teman-teman blogger lain sebelumnya ada koleksi Oki Setiana Dewi. Duh, telat! 

Celebes Beauty Fashion Week


Senangnya itu bukan sesi terakhir dari fashion show perdana malam itu. Last but not least dan pastinya ditunggu-tunggu hadirin adalah gelaran karya Ivan Gunawan. Desainer yang kerap hadir hampir setiap malam di layar kaca ini mengusung tema Rambu Solo, sebuah upacara adat Toraja yang mana merupakan salah satu etnis di Sulawesi Selatan. 

Opening nya aja sudah menarik perhatian banget. Ketika MC selesai mengumumkan tema desain koleksi Ivan Gunawan, semua lampu dipadamkan. Terdengar suara teriakan lelaki yang cukup mentrigger rasa penasaran (kalau tidak ada yang ngaku kaget sih) hadirin. Rasanya pernah dengar, cukup akrab. Ah.. itu kan biasanya ada di upacara adat Toraja. 

Secercah cahaya datang dari display segede gaban yang menjadi latar runaway. Terpampang grafis air terjun dengan beragam tumbuhan dan bunga disekitarnya. Seekor kupu-kupu mengepakkan sayapnya diantara daun-daun yang berguguran. Suara seruling khas Toraja pun memecah suasana. Satu persatu perempuan mengenakan pakaian adat Toraja muncul dari sisi panggung. Mereka adalah penari yang membuka pagelaran koleksi Ivan Gunawan. 

Celebes Beauty Fashion Week

Sepanjang hampir tiga menit para penari memperlihatkan keindahan tarian khas Toraja hingga akhirnya mereka silam ke balik panggung diiringi tepukan hadirin. Lampu kembali dimatikan. Begitu pula display background LED. Tak berapa lama layar LED kembali dinyalakan dan terpampanglah logo 'Ivan Gunawan'. 

Ivan Gunawan

Satu persatu para model berjalan di atas catwalk dengan balutan busana yang terinspirasi kain tenun Toraja dan asesorisnya. Rancangan Ivan Gunawan tampak elegan dengan garis desain yang  wearable.  Bagi yang bodynya gak semampai model pun masih tetap bisa pakai kok. 

Tidak hanya koleksi busana untuk wanita, Ivan Gunawan pun menyisipkan busana pria yang bisa menjadi inspirasi tampil formal sekaligus tetap terlihat manly. Ini nih mungkin yang membuat desain Igun ditunggu-tunggu. Abis desainnya asik banget, kelihatan gak ribet dan tak tampak aneh. 

Celebes Beauty Fashion Week

Rambu Solo Ivan Gunawan

Celebes Beauty Fashion Week Rambu Solo

Koleksi Ivan Gunawan merupakan penutup fashion show hari pertama Celebes Beauty Fashion Week, salah satu rangkain acara di Femme 2016. Dasar orang kekinian, begitu para model silam ke balik layar dan lampu dinyalakan para hadirin segera menyerbu runaway stage. Untuk apa? Ada yang ngejar-ngejar Igun tapi lebih banyak sih memanfaatkan runaway dan display LED sebagai background foto. Iyess.. foto! Termasuk saya dan tiga teman blogger yang diundang. 



Celebes Beauty Fashion Week adalah salah satu rangkaian event yang ada di Femme 2016, sebuah h event fashion terbesar di Indonesia Timur. Tahun ini  adalah kali ke sebelas Femme diselenggarakan sementara Celebes Beauty Fashion Week menginjak tahun kedua. Kali ini dalam Femme 2016  tema yang diusung adalah ‘A Woman In Style” dengan mengusung Baju Bodo, baju adat tradisional Bugis Makassar sebagai centre pointnya. 

Rangkaian acaranya padat. Selama 5 hari fashionista (atau fashionista wanna be) Makassar akan dimanjakan dengan kehadiran deretan fashion designer ternama Indonesia. Sebut saja Anne Avantie, Ida Noer Haris, Poppy Dharsono, Nita Seno Adji, Ivan Gunawan, Misan, Sikie Purnomo, Malik Moestaram, Rudy Chandra, Defrico Audy, Erdan, Chintami Atmanegera, Verlita Evelyn, Oki Setiana Dewi  dan Luna Maya. 

Makanya di hari kedua saya datang lagi. Kali ini iseng aja sambil nemenin teman yang emang doyan belanja busana muslim. Koleksi busana muslim di Femme banyak cyn.. Sampai pusing milihnya. Tidak hanya dari Jakarta, tapi juga dari Bandung, Bogor hingga Makassar. 

Gak melulu busana muslim aja sih. Untuk yang suka Korea Style atau casual ada juga kok. Busana formal sampai gaun pengantin aja ada. Koleksi kain tenun, hijab, sepatu, tas, aksesori hingga make up dan skin care siap diserbu. Harganya berkisar antara 5rb (sudah dapat bros cantik) hingga juta-jutaan aja ada. Malah ada kain motif batik, rangrang dan tenun ikat lainnya seharga 50rb perlembar. Langsung diserbu bu ibu lah pastinya. 

Celebes Beauty Fashion Week


Kalaupun misalnya gak mau kalap belanja (kek saya misalnya), boleh ikutan talkshow dengan para desainer/artis dengan koleksi desainnya. Di hari kedua kebetulan banget pas lagi nunggu teman di ruangan Sociolla, ternyata ada Zaskia Sungkar brand Ambasador Wardah. 

Selain talkshow ada beauty class sampai sharing knowledge mengenai konten kreatif untuk para beauty vlogger (atau yang mau coba-coba sih). Jadi gak cuma dapat belanjaan aja, ilmu dan pengalamannya juga nambah. 

Celebes Beauty Fashion Week

Rencananya hari terakhir Celebes Beauty Fashion Week akan ditutup dengan pagelaran fashion koleksi Anne Avanti. Tahun depan acara ini akan diadakan kembali sebagai barometer fashion Indonesia bagian Timur. Ini juga sekaligus menambah opsi bagi orang-orang dari luar Makassar bahwa kota Makassar tidak hanya sekedar wisata pantai dan kuliner sedap. We have a fashion week going on just like Jakarta or even Paris and New York.

Masyarakat pemerhati dan pencinta fashion yang berasal dari Kendari, Samarinda, Menado, Palu dan beberapa kota lain di kawasan Indonesia Timur aja jauh jauh hadir bergabung bersama fashionista Makassar. Kalau tahun ini tidak sempat hadir, jangan sedih. Tahun depan jangan sampai ketinggalan menjadi bagian dari Celebes Beauty Fashion Week, gelaran fashion terbesar di kawasan timur Indonesia. 

Sampai ketemu! 

5 comments:

  1. seru ya nonton fashion show... keren2 bajunya diinspirasi sama baju tradisional ya...

    ReplyDelete
  2. Keren tulisannya. Foto2nya apalagi! Syukaakkk :)

    ReplyDelete
  3. bisa lihat langsung itu pasti lebih seru. apalagi kalau bisa ketemu langsung sama desainnernya. Sharing classnya pasti seru ya mba, keliatan dari tulisan dan fotonya mba Vita seneng banget.. :-)

    ReplyDelete
  4. sepertinya acaranya seru yaa :D
    belom pernah nih aku ikutan acara2 beginian :3


    http://rusydinat.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Sepertinya seru sekali ya mbak acaranya, tapi ditempat saya belum ada nih mungkin kapan diadakannya ya ditempat saya.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.