Sakuku, Aplikasi Seru Pengganti Dompetmu

Pilih mana ketinggalan hape atau ketinggalan dompet, hayoooo?? Gak mau kejadian dua-duanya dong, ya. Kebayang repotnya ketinggalan dompet. Mau bayar ini itu susah. Ketinggalan hape juga bisa bikin kita mati gaya. Ya lah, hari gini! Aktivitas kaum urban yang mobilitasnya tinggi kebantu banget dengan beragam hal yang bisa dilakukan oleh teknologi. 

Jadi, kalau ditanya mending mana ketinggalan hape atau ketinggalan dompet saya sih lebih milih ketinggalan dompet. Praktisnya sih gini, dengan hape di tangan, saya masih bisa nelpon orang rumah buat nganterin dompet saya. Seapes apesnya pun tanpa dompet, urusan bayar membayar saya masih bisa mengandalkan aplikasi SAKUKU dari BCA. 

Eh… what? Saku.. who ?



Ok, jadi gini. Beberapa hari yang lalu saya ngumpul bareng dengan teman-teman blogger Makassar di Bistropolis – Wine & Dine, salah satu tempat nongkrong asik di Makassar. Ngumpul bareng blogger ini sebenarnya bukan sekali dua kali diadakan, kita sudah sering ngumpul kok. Bedanya malam itu, kami ngobrol hal-hal seru dan bermanfaat sambil menyantap hidangan makan malam full set nya Bistropolis. 

Sebenarnya gak cuma makan malam aja sih, tapi juga ngobrol seru tentang optimasi Instagram untuk mengarahkan pembaca ke postingan blog. Adalah seorang selebgram Makassar yang bernama Al Hafsi yang berbagi pengalamannya mengelola akun dengan follower sekitar 15K. Buset.. apalah arti akun Instagram @vitamasli yang baru 450-an ini. Hahaha..

*kode, minta difollow tuh* 

Hafsi juga berbagi tips bagaimana mengambil gambar yang baik. Biar bagaimana pun media sosial Instagram berfokus pada gambar. Meski begitu tidak boleh asal jepret dan upload aja. Ada ribuan hingga ratusan juta foto yang diupload ke Instagram setiap harinya. Jadi gimana caranya agar foto kita menarik perhatian? 


Hafsi mengatakan foto-foto yang ada di akunnya @hhacii_ diedit menggunakan Snapseed. Selain foto, Hafsi juga menambahkan caption yang puitis dan bikin baper. Tau aja deh, kalau anak jaman sekarang bawaannya gampang baper. Diuploadnya pun di jam-jam tertentu yang diyakininya menjaring lebih banyak loves seperti di pukul 10 pagi, 5 sore dan 10 malam. Jangan lupa pake hashtag yang meng-international supaya kemungkinan muncul di tab explore lebih besar. 

Nah, blogger bisa banget memanfaatkan Instagram untuk memboost postingan-postingan di blog. Walaupun memang IG tidak memberikan link hidup pada caption, tapi lumayan kan bisa dijadikan sebagai teaser postingan. Sayangnya Hafsi bukan blogger sih ya.. Jadi gak bisa berbagi tips atau pengalaman seputar hashtag yang tepat untuk para blogger. 

Saya sendiri beberapa kali memanfaatkan Instagram untuk teaser postingan di blog dengan hashtag #blogger #bloggerlifestyle dan beberapa hashtag lainnya. Cuma ya gitu.. apalah saya yang akun Instagram @vitamasli baru 450-an itu.. 

*kode lagi, biar makin banyak yang follow*  

Tapi iya sih, mengoptimalkan media Instagram itu penting banget buat para blogger. Menurut saya bukan cuma untuk sekedar biar eksis aja. Instagram bisa dijadikan media personal branding blogger juga. Ya kale ada yang nawarin jadi buzzer atau endorsement. Siapa tahu bisa jadi selebgram seperti Al Hafsi atau Awkarin gitu yaah..  

*diunfollow massal* 

SAKUKU, Aplikasi Seru Pengganti Dompetmu

Setelah Hafsi, giliran Mba Diandra dari tim pengembangan internet dan mobile banking BCA yang berbagi informasi. Kali ini tentang inovasi terbaru dari BCA. Itu loh, aplikasi yang saya singgung di depan tadi. Namanya Sakuku. Ini adalah sebuah dompet elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran belanja, isi pulsa dan transaksi perbankan lainnya.



Ketinggalan dompet? Tenang.. pake aplikasi Sakuku urusan bayar-bayar atau beli apalah ini lah itu lah, bisa! Termasuk juga untuk patungan bayar ketika lagi hang out bareng teman. Hal-hal yang biasanya kita bayar menggunakan uang tunai, sekarang bisa dilakukan menggunakan aplikasi Sakuku. 

Aplikasi Sakuku BCA

Masih dari presentasi Mba Diandra, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Sakuku ini adalah : 

1.  Pastikan OS smartphone yang digunakan adalah Android (OS 4.0 ke atas) atau iPhone (iOS 7.1 ke atas) dan tidak pernah di jailbreak. 
2.  Isi data dan lakukan verifikasi
3.  Buat PIN Sakuku dalam 6 digit numerik
4.  Jika smartphone hilang, segera laporkan pemblokiran Sakuku melalui Halo BCA 1500888 atau cabang BCA terdekat. 

Bagaimana dengan keamanannya? 

Pihak BCA sudah mempertimbangkan hal keamanan, tentu saja. Makanya, satu nomer handphone hanya bisa digunakan untuk satu rekening. 

Khusus untuk nasabah BCA yang telah memiliki m-BCA akan langsung otomatis ditawarkan untuk mengaktifkan Sakuku Plus. Kamu bisa juga aktivasi melalui menu Setting dalam aplikasi Sakuku, supaya bisa mendapatkan lebih banyak fitur menarik dari Sakuku.

Bagaimana kalau belum punya rekening di BCA, bisa gak ya pake aplikasi Sakuku ini? Bisa.. banget! Datang aja ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa KTP atau tanda pengenal lainnya. Tapi saran saya mending sekalian aja buka rekening. Kenapa?

Soalnya banyak merchant-merchant gaul dan keren di mana kamu bisa menggunakan Sakuku ini. Di Makassar aja ada 9 tempat hangout favorit seperti : Black Canyon Coffee, Agappa Fast Food & More, Bistropolis, Bonchon, Chatime, Fireflies, Kopi Oey, Myoung Ga  dan Share Tea. 

Untuk list merchant seluruh Indonesia, silahkan cek di sini

Serunya Ngobrol Bareng Blogger Makassar 


Obrolan tentang Sakuku bersama BCA adalah salah satu dari sekian banyak hal yang menyenangkan di acara ngobrol bareng blogger Makassar. Hang out para blogger dengan tim BCA makin seru karena kehadiran stand up comedy yang lucu disaat hidangan utama dihidangkan. Gak hanya itu, penampilan home band membuat atmosfer  Bistropolis makin asik. Ada doorprizenya pula.

Sayang, saya gak menang. Tapi gak apa-apa. Malam itu saya pulang dengan setangkup kebahagian tersendiri karena sudah ngumpul lagi dengan teman-teman blogger, makan gratis, seru seruan foto di photo boot dan menenteng goodie bag. 

Makassar



Mmh.. besok-besok kita hang out lagi ya gaes. Gak pake alasan ketinggalan dompet pas mau bayar ya! Kan bisa split bill alias patungan pake Sakuku dari BCA. Jadi, mending ketinggalan hape atau ketinggalan dompet? 

Mmh.. saya sih yang penting jangan ditinggal nikah aja. #eh ! 

21 comments:

  1. Kok kebanyakan peserta eventnya cewek-cewek yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger cowoknya pada malu foto bareng.

      Delete
  2. Ada juga itu anonim biasa bilang "bayarkan dulu nah nanti sy ganti uangmu nda bawaka cash" uuudeeedeee malasenmi suruh donwload sakuku itu aahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Aihh dak ada paket dataku.." sodorin password wifi. "Haduhh dak ada rekening BCAku." Ihh kasi mi link blogpostku saja deh biar dia baca. Hahaha

      Delete
  3. hihi...gak ada alasan lagi deh ketinggalan dompet wkakaka

    ReplyDelete
  4. Aku juga udah donlod sakuku hehehe lagi banyak diskon lagi sekarang, hemat banget jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba. Diskonnya banyak banget. Gak rugi lah.

      Delete
  5. haha jangan sampe ditinggal nikah XD
    kalau di luar cara pembayaran seperti ini sdh lama, tapi kalau di indonesia kira2 aman tidak ya kalau hape hilang misalnya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sering liat ini di drama Korea. Kalau di Indonesia memang masih baru. Kebanyakan orang Indonesia lebih bahagia liat uang cash kan :D

      Delete
  6. Sayang Hafsi bukan blogger
    Dan sayangnya lagi, dia belum melirik postingan instagramku yang nge-tag dia, Vit hahaha. Saya nunggu2 sekadar komentarnya di postingan itu tapi blm ada tuh sampe sekarang. Sibuk kali ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wauhahahahahaha. Sibuk ki kapang kak.

      Delete
  7. baru tau sakuku dari BCA...makasih infonyaaaa

    ReplyDelete
  8. nanti ada lagi event BCA tawwa judika sama siapa lagi itu artisnya

    ReplyDelete
  9. Jadi mau punya rekening di BCA. Biar bisa pakai Sakuku.

    ReplyDelete
  10. Wah keren ya...nanti lama-lama orang kemana2 ga perlu bawa duit beneran

    ReplyDelete
  11. Sy sdh download sakuku tapi lupa paswordx 😀

    ReplyDelete
  12. aku udah donlot, tinggal diisiinn saldo ya kaakaaakkk

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.