Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Berkat Travelling

Travelling tidak hanya menyenangkan, menawarkan petualangan dan merefresh pikiran, tapi juga merupakan sarana pembelajaran. Banyak orang melakukan travelling karena yakin bahwa mereka akan mendapatkan lebih banyak wawasan dan manfaat-manfaat lainnya ketimbang hanya mendapatkan informasi dari buku atau majalah. 


Masih penasaran dengan manfaat-manfaat travelling lainnya? Nah, ini dia 5 manfaat travelling : 

1. Lebih Percaya Diri

Percaya atau tidak ternyata hobi travelling membawa dampak positif yaitu membuat kita lebih percaya diri. Kenapa tidak? Dengan banyaknya pengalaman seru, keberhasilan mengeksplor satu destinasi ke destinasi lain, tentu akan menambah wawasan dan cerita yang berkesan dalam hidup kita untuk diceritakan. 

Pertama Kali Backpacking Ke Singapore 
Hal ini merupakan suatu pencapaian yang berharga. Kepuasan bercampur kebahagiaan tentu hadir dalam diri kita. Merasa bisa menaklukan suatu hal dan tantangan baru ketika kita berhasil menjejaki pengalaman baru tentu saja akan meningkatkan rasa percaya diri. 


2Menjadi Lebih Mudah Beradaptasi

Dengan travelling, para traveller belajar untuk bersikap fleksibel dan terbuka pada perubahan. Hari demi hari yang dilalui saat sedang travelling biasanya memiliki cerita seru tersendiri, sebab para traveller yang berkunjung ke daerah yang menjadi destinasi wisata akan berhadapan langsung dengan adat dan masyarakat setempat, iklim dan makanan setempat, serta budaya dan lingkungan yang berbeda dari tempat asal mereka. 

Beradaptasi dengan Burung Kakatua Papua di Museum Blanco Ubud Bali 


Secara tidak langsung, para traveller menjadi terbiasa keluar dari zona nyaman dan masuk ke dalam zona baru. Dengan keterbiasaan mengunjungi tempat-tempat baru, rute baru, situasi baru, orang-orang baru, pada akhirnya akan membuat kita menjadi lebih mudah mengatasi segala sesuatu secara spontan. Pola pikir dan cara kita merespon akan lebih cepat namun tetap rileks karena terbiasa membaca situasi dan memikirkan problem solving yang baik ketika dihadapkan pada sesuatu dalam segala situasi.

3. Menjadi Lebih Bahagia

Saat sedang travelling, kita dihadapkan pada hal-hal yang jauh berbeda dari rutinitas yang menjemukan. Kesan santai dan pemandangan indah yang mengelilingi kita dapat mengalihkan fokus pikiran dari hal-hal yang memicu stress. Karenanya, kita bisa menjadi lebih bahagia. 

Foto di Depan Tongkonan, Rumah Adat Toraja 


4. Menjadi Pribadi yang Lebih Pintar Bersosialisasi dan Mempertajam Playfulness 

Ternyata manfaat travelling tidak hanya sekedar untuk menciptakan momen seru dan berkesan, atau merefresh pikiran, namun juga membuat kita semakin luwes bersosialisasi dan mempertajam sisi playfulness kita.

Bagi orang yang hobi melakukan travelling dan yang tidak, akan terlihat perbedaannya dalam berinteraksi dan bersikap, serta memkitang suatu hal. Orang yang hobi travelling akan lebih tahu bagaimana caranya bersenang-senang dibandingkan orang yang hanya terus berhadapan dengan kondisi serius dan tegang seperti bekerja atau menjalani rutinitas harian yang monoton. 

Rammang Rammang Maros Trip 

Orang yang terbiasa dengan aktivitas travelling juga lebih mampu bersikap luwes dan terbuka, karena mereka lebih sering berhadapan secara langsung dengan orang-orang, sehingga hal tersebut melatih kemampuan mereka bersosialisasi dan berinteraksi satu sama lain. 

Biasanya, orang-orang yang menyukai aktivitas outdoor juga memiliki lebih banyak teman, pemikiran yang lebih terbuka, serta wawasan yang luas, dan ketiga hal tersebut juga menjadi alasan tambahan kenapa mereka banyak disukai orang. Itulah sebabnya kenapa aktivitas travelling ini worth it dan dapat membuat Kita lebih pintar bersosialisasi sekaligus mampu mempertajam sisi playfulness diri kita. 

5. Membuat Kita Melihat Dunia dari Sudut Pandang yang Berbeda.

Dalam rutinitas sehari-hari, Kita hanya menghabiskan waktu di tempat yang sama dengan orang-orang yang sama. Keadaan ini membuat Kita cenderung memandangg dunia dengan cara yang sama. Namun, dengan segala keindahan yang Kita rasakan dan alami secara langsung saat travelling, Kita mendapatkan kesempatan untuk memperkaya pengalaman dan memperluas pandangan Kita terhadap dunia.




All in all, segala pengalaman yang Kita dapatkan saat melakukan travelling membuat Kita tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih hidup. Dan dengan kenangan yang pastinya akan terus melekat hingga usia lanjut nanti, dapat dikatakan travelling merupakan salah satu aktivitas yang sangat berharga.

Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Berkat Travelling 


Dengan banyaknya manfaat travelling, tak heran jika semakin banyak orang yang menggemari aktivitas yang satu ini. Terdorong oleh fakta ini, banyak bermunculan perusahaan-perusahaan agen perjalanan berbasis online seperti Traveloka, Pegipegi, Tiket.com, Agoda, Nusatrip, dan sebagainya. Mereka menawarkan kemudahan untuk membooking tiket pesawat dan hotel dengan penawaran harga yang lebih murah ketimbang memesan secara offline. 

Perusahaan-perusahaan online ini memiliki filter yang memungkinkan konsumen memilih tiket pesawat dan hotel yang sesuai dengan kebutuhan tanpa berbelit. Tak hanya itu, mereka juga menyediakan aplikasi yang dapat diunduh dan diinstall pada smartphone konsumen agar konsumen dapat membooking dengan cepat dan praktis. Dengan kemudahan seperti ini, siapa yang tak tertarik melakukan travelling

Bagaimana dengan kamu? Tertarik merasakan sendiri manfaat-manfaat travelling? Ayo rencanakan perjalananmu! It's worth it, and you deserve to have a great times too.  #HappyTrip.. 

20 comments:

  1. Bener bangt tuh kk. bnyak bangt dampak positif dr travelling. ayo travelling! :)

    ReplyDelete
  2. Beneeeer... traveling itu kece banget manfaatnya. Ah... jadi kangen buat traveling nih jadinya :)

    ReplyDelete
  3. Bener banget mba, pas travelling itu pikiran putek, bosen dan sebagainya hilang berubah jadi fresh. Pengalaman ketemu orang-orang baru juga bikin seneng banget. Aku sih belum masuk tahap "harus" travelling setiap berapa bulan atau apa tapi punya rencana untuk itu hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enggak bisa lah yaah sesekali.

      Delete
  4. keren banget deh bu vita, wah aku pengen banget ke marros tuh..secara kalau dari jawa jauh ya :)

    ReplyDelete
  5. banyak manfaatnya ya ngetrip itu, priceless ngga bisa dinilai dengan uang saja, dan postingan ini sukses bikin kangen Sulsel akkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mak Dedew.. Traveling lagi dong ke sini! Sudah pernah ke mana aja mak di Sulsel?

      Delete
  6. Betul..asyik dan berguna banget yg namanya travelling. Tp terakhir saya travelling selama 2 mingguan, hr hr terakhir rasanya 'capek dan pengen plg ke rumah' hahaha. Thanks for sharing!

    ReplyDelete
  7. Traveling bisa membuat lebih bahagia. Banget! Aahh Baca ini jadi pengen ngetrip deh.. Aku belum pernah ke Sulawesi hiks

    ReplyDelete
  8. Bener banget beberapa point yang disebut di atas. Paling ngga, traveling bikin kita lebih open minded dan woles. Masih ada kehidupan lain dan rupa-rupa manusia di luar zona nyaman kita.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya saya harus beralih nih jadi travel blogger. Hehehe

    ReplyDelete
  10. menjadi lebih bahagia itu betul, pulang dr traveling bukannya capek tapi hati senang

    ReplyDelete
  11. bener banget tuh banyak dampak postif yang dapat kita ambil dari travelling slain kita berjalan jalan kita juga dapat memikirkan hal postif.

    ReplyDelete
  12. yang gak saya suka dari traveling itu tumpukan pakaian kotornya hehehe. Tapi teteuuupp pengennya jalan terus :)

    ReplyDelete
  13. kyk slogan di blogku, traveling itu kebutuhan hidup kalo buatku mbak ;).. dan aku masukin sbg kebutuhan primer.. :D.. ini bikin kecanduan juga, dan bikin aku stress kalo dalam setahun aja g ada travelingnya.. ;p.. jujurnya, 60% dari gajiku, itu masuk ke budget utk traveling.. sisanya baru utk jajan ;D

    ReplyDelete
  14. Kalau traveling itukan, kita kalau nggak nginap dihotel, ya paling dirumah saudara. Jadi saya setuju banget sama poin nomor 2 hehe.

    Jadi pengen traveling deh jadinyaa....

    ReplyDelete
  15. Ternyata manfaat travelling banyak juga ya, kalau begini jadi pengen traveling biar selalu bahagia.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.