Apartment, Investasi Menguntungkan Untuk Kaum Urban Kekinian?

Apa yang terpikirkan oleh kamu jika mendengar atau membaca kata 'Investasi' ? 

Mmmh.. berat ya bo' pertanyaannya. Semacam ditanya ama calon mertua "Mau kau kasi makan apa anakku?". Yah, sebelas dua belas lah dengan pertanyaan," Siap mi uang pa'nai ta 100 juta?" 

Eaaaa...  

Bicara tentang investasi biasanya gak jauh-jauh dari tanah, emas, tabungan, reksa dana dan tentu saja property.



Untuk pilihan yang terakhir ini, memang menjadi satu hal penting yang selalu jadi pikiran. Karena biar bagaimana pun sibuknya kita dan sejauh apapun kita melangkah tetap saja kita butuh suatu tempat untuk kita sebut 'rumah' kan? Tempat kita pulang dan disambut dengan pelukan. 

*Lalu peluk Park Bo Gum* *eh* 

Property dalam bentuk rumah biasanya merupakan top of mind kebanyakan orang. Saya pun demikian. Lahir dan dibesarkan di rumah dengan halaman yang ditumbuhi pohon Mangga, Alpukat sampai pohon Kelapa membuat saya ingin sekali memiliki tempat kurang lebih sama dengan tempat di mana saya dibesarkan. 

Namun seiring dengan waktu, pertumbuhan penduduk bertambah. Jumlah orang-orang yang menetap di Makassar makin banyak. Otomatis lahan untuk dijadikan lokasi rumah dengan halaman yang luas tidak lagi mudah ditemukan. 

Ada sih.. tapi jauh di pinggir kota. Sementara aktivitas sebagai kaum urban tentu lebih banyak bermain di pusat kota. Mikir lagi waktu yang dihabiskan terjebak macet jika hendak ke mana-mana. Bukan apa-apa, Makassar sudah mulai macet.

Maklum, kota kelahiran saya ini sudah menjelma menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di kawasan timur Indonesia. Macet di jalannya itu loh yang  terkadang bikin Hayati aja lelah. Rasanya pengen sanderan di bahu Song Joongki aja. #abaikan



"Tapi kalau untuk investasi, sebenarnya bukan rumah pun bisa aja,"kata bapak saya di suatu sore kami ngobrol di teras rumah. 

"Maksud bapak?"tanya saya mulai mikir bapak pengen buka kos-kosan yang lagi happening itu. 

"Kamu liat gedung di sana?"bapak menunjuk ke sebuah gedung yang menjulang tinggi melatarbelakangi atap-atap rumah di kompleks kami. 

"Apartmen maksudnya?"saya balas bertanya. 

Gedung yang saking tingginya sampai terlihat dari jarak 1 kilometer itu tampaknya memang semacam apartmen. Saya mulai membayangkan kalau punya 1 unit saja, sudah bisa dadah-dadahan sama Bapak.

Bapak saya mengangguk,"Betul! Kamu gak kepikiran investasi apartemen aja? Selain bisa kamu tinggali sendiri, bisa juga kamu sewakan pada orang lain. Hari gini kan tinggal di apartmen sudah semacam gaya hidup orang kekinian." 

Saya melongo. Cie cie ciee.. bapak saya ini pemikirannya lebih update dari anaknya sendiri.



Sejak obrolan santai kami di sore itu saya mulai berpikir tentang memiliki apartmen sebagai investasi. Usut punya usut, beberapa teman saya di Jakarta dan Bandung memang ada yang tinggal atau memiliki apartmen. Dari mereka saya jadi tahu kalau ternyata seperti halnya membeli rumah atau tanah, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat kita memutuskan. Ini beberapa diantaranya : lokasi, akses, konsep hunian, keamanan, fasilitas, ramah lingkungan, performa pengembang dan harga.

Dari kedelapan hal yang perlu diperhatikan itu, saya mulai melakukan research apartment di Makassar yang bisa dipilih sebagai investasi. Ternyata gak jauh-jauh dari yang ditunjukkan oleh bapak saya sore itu, Vida View Apartement

Vida View Makassar, Investasi Menguntungkan Untuk Kaum Urban Kekinian 


Kenapa saya bilang menguntungkan? Cukup simple jawabannya : karena sudah menjawab kedelapan hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli apartment.

1. Lokasi 

Vida View terletak di kawasan bisnis Panakukkang, Makassar. Berada di jalan Boulevard sekitar 5 menit dari Mall Panakukang. Karena berada di kawasan bisnis, dekat perkantoran atau instansi pendidikan, tingkat okupansinya cukup tinggi.

Source : Fanpage Vida View Makassar

Seandainya pun tidak untuk ditinggali sendiri, kita bisa menggunakan kondisi ini untuk menyewakan apartemen sebagai tempat hunian bagi.. well let's say expatriat maybe? Atau para karyawan yang dipindah tugaskan  di daerah tersebut.

Saya malah kepikiran buat menyewakannya bagi para traveler atau karyawan yang lagi perjalanan dinas tapi gak dapat hotel misalnya. Lumayan kan? Fasilitasnya sudah setara bintang 5 loh. Yang nginap pasti sudah senang aja.

2. Akses

Dari sisi akses tentu saja karena berada di lokasi yang strategis Vida View Apartemen memiliki kemudahan aksesbilitas ke segala penjuru pusat aktivitas kota Makassar, terutama bandara Hasanuddin dan pelabuhan Makassar.

Bisa dikatakan Vida View Apartmen ini berada di Sunrise Area sebutan bagi kawasan dengan prospek cerah lima tahun ke depan. Tingkat pertumbuhan harga tanah pun melebihi rata-rata kenaikan harga pada umumnya, dengan akses yang mudah. Coba gimana gak menguntungkan dijadikan investasi?

3. Konsep Hunian 

Selain sebagai tempat tinggal, apartment yang baik dan bernilai jual tinggi harusnya sih juga dilengkapi dengan fasilitas perdagangan dan penataan ruang yang baik. Cek en ricek di website resminya, Vida View Apartment ini memadukan area residensial dan komersial dengan  3 tower apartmen (38 lantai), 42 unit shop houses eksklusif (ruko) dan 8 unit kios. Buset banyak bener ya!

Unit-unit apartmen ditawarkan dalam 5 tipe (1 bed room (BR), 1 BR+, 2 BR, 2 BR Corner dan 3 BR) dengan luas mulai 22 – 88 m2 dengan penataan ruang yang ditujukan untuk menciptakan kenyamanan, impresi lapang dan luas, serta elegan.





Tidak perlu khawatir terlalu sempit, asal ditata dengan baik insya Allah bakal nyaman juga kan?

4. Keamanan

Nah ini penting! Biar bagaimana pun hunian yang membuat kita nyaman salah satunya karena kita merasa aman. Sudah barang tentu keamanan di Vida View Apartment ini menjadi prioritas dengan security 24 jam dan kelengkapan smart card.

5. Fasilitas

Menjadikan apartmen sebagai hunian tidak melulu untuk pekerja kantoran saja, loh. Saat ini sudah banyak kaum keluarga muda yang mulai menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal. Biasanya mereka gak mau repot harus keluar 'kompleks' apartment lagi untuk nyari kolam renang atau taman bermain anak, misalnya. Oleh karena itu beragam fasilitas mau itu kolam renang, taman bermain anak, tempat makan, hingga jasa laundry harusnya sih ada.

Source : Vida View Apartment Official Website


Di Vida View Apartment fasilitas-fasilitas tersebut dibuat dengan standar bintang 5. Dengan mengutamakan kenyamanan dan keinginan kosumen untuk bersantai, maka disediakanlah parkiran yang luas, kolam renang, reflexology foot path, taman bermain anak, jogging track, spa, gym & fitness room, multi function plaza, lapangan futsal hingga area untuk barbeque an. Ihh asik bener sih.. bisa buat barbeque party dong ya?

6. Ramah Lingkungan

Harusnya sih, meski berada di kawasan 'hutan beton' bukan berarti hidup di apartement membuat kita gak bisa lihat yang pepohonan dan tanaman kan? Vida View sedikit banyak menyiapkan lahan untuk sky garden. Meski mungkin tidak seperti halaman rumah nenek di desa, tapi lumayan lah ya ada ruang hijau yang bisa bikin seger mata.




Dalam proses pembuatannya pun Vida View sangat memperhatikan lingkungan. Pekerjaan pondasi dan proses pemancangan menggunakan teknologi konstruksi yang ramah lingkungan, yaitu : Hydraulic Static Pile Driver tipe ZYC 600. Teknologi alat ini merupakan teknologi terbaru yang bebas getaran, bebas polusi debu, waktu pelaksanaannya lebih cepat, bebas kebisingan dan dapat digunakan di semua area perkotaan yang padat penduduk dimana bangunan sekitarnya saling berdempetan. Sip kan?

7. Performa Pengembang

Terkadang kalau sudah ketemu dengan lokasi yang oke, akses yang mudah dijangkau, apalagi ketemu dengan sales marketing yang jago banget jualannya, banyak orang yang seringkali khilaf. Langsung deal aja. Padahal agar investasi kita aman, kita perlu melihat performa pengembang dari apartment tersebut. Investasi yang kita keluarkan kan tidak sedikit.

Disini lah kita perlu riset kecil-kecilan mengenai performa pengembang, termasuk mencari tahu mengenai reputasi mereka. Paling gampang sih sebenarnya adalah melihat jaringan yang telah dibangun oleh mereka.

Nah, misalnya Vida View Apartment ini. Dikembangkan oleh Ciputra Grup dan Galesong Grup, developer nasional yang sudah terkenal dengan proyek-proyek hunian maupun non hunian di berbagai kota di Indonesia. Tahu gak pengembang dengan reputasi baik  biasanya mempunyai jaminan kesuksesan memasarkan apartmen dan menaikkan nilai investasi di masa depan, loh.



8. Harga 

Biar bagaimana pun juga, sebagai pembeli kita harus pinter-pinter agar tidak lebih besar pasak daripada tiang. Namanya juga investasi, harusnya menguntungkan dan bukannya merugikan, bukan? Oleh karena itu harga apartment yang ingin kita miliki harus sesuai budget dan tentu saja sebanding dengan apa yang kita dapatkan nantinya. Ada harga ada kualitas gitu deh..


Dengan segala fasilitas dan lokasi terbaik yang diberikan oleh Vida View, harga 1 unit apartment dipatok mulai dari 440 juta rupiah atau bisa dicicil hingga 60x. Lumayan lah yah, cukup masuk akal dengan fasilitas bintang lima.



Jadi gak salah kan pilih Vida View Apartment? Entah itu untuk dipake sendiri namun tidak menutup kemungkinan disewakan pada orang lain, pantas lah ya menjadi Vida View ini menjadi investasi yang menguntungkan untuk kaum urban kekinian seperti kita.

Siapa tahu ketika berniat melamar seseorang pas ditanya,"Siap mi uang pa'nai ta 100 juta?" sudah gak keder duluan.  Jangankan 100 juta, apartment di Vida View saja sudah punya. Mantap kan? Yuk, #MariInvestasi !

Postingan ini diikutsertakan dalam lomba blog : Vidaview Apartments Blog Competition



Referensi :

http://www.vidaviewmakassar.com/
http://vidaviewmakassar.webs.com/
Fanpage Vida View Makassar 

10 comments:

  1. di sini juga ada ciputra, mb. dan desainnya emang bagus2, naksir sih tapi harganya mahal wekeke. :D masukin wishlist dulu, siapa tahu nanti bisa kebeli. aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amieeen... Iya sih, harganya sebanding kualitasnya.

      Delete
  2. kak vyta mi ini juaraaa
    kerenn kak ^^b
    tetap ya ada aktor2 korea terselip :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Signature style penulisanku toh hahaha.. Sama dengan Qiah,di postingannya selalu ada foto diri yang bergaya dng keren :D

      Delete
  3. Kalau untuk investasi, bolehlah. Tapi kalau untuk hunian, nda bisaku saya kurasa tinggal di apartemen, nda bisaka goyang wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ko mo goyang ngebor atau goyang gergaji kah? Hehehe.. tapi buat investasi boleh lah ya. Bisa disewakan ke karyawan-karyawan muda. Atau dijadikan Air n B kek gitu.

      Delete
  4. sekarang pembangunan apartemen sudah bertaburan dimana-mana, bahkan deket kampung mertuaku di solo juga dibangun apartemen, dan itu satu satunya gedung tinggi 25 lantai..lainnya gak ada (pinggiran kota)

    ReplyDelete
  5. jadi pengen tahu hidup di apartement itu seperti apa
    hehehe
    pengen aah..nabung dulu

    ReplyDelete
  6. Waahh.. kereen vita. Calon pemenang ini 😇

    ReplyDelete
  7. Yups...apartemen investasi yang cukup menjanjikan.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.