Mencicipi Kuliner Khas Semarang

Kota Lumpia, itulah salah satu julukan yang diberikan kepada Kota Semarang. Lumpia, adalah makanan dari kulit lumpia yang diisi dengan berbagai macam jenis sayuran dan daging, kemudian digoreng. Di Semarang, Lumpia memiliki isian ayam, udang, dan rebung atau bambu muda. Tak hanya Lumpia yang menjadi kuliner khas Semarang, di sekitar Dafam Hotel Semarang juga terdapat aneka jenis kuliner yang harus Kamu coba. 

Pic : Hotel Dafam Semarang by Traveloka
Promo Hotel murah di Semarang juga mudah didapatkan. Kamu tinggal memilih hotel yang letaknya strategis dengan tempat wisata kuliner. Jangan sampai melewatkan kesempatan mencicipi kuliner khas Semarang, karena belum tentu Kamu dapatkan di kota-kota lain. 

Mencicipi Kuliner Khas Semarang


Berikut ini adalah referensi wisata kuliner khas Semarang: 

Sate House Sriwijaya

Mau berpesta aneka jenis sate? Cobalah untuk datang ke Sate House Sriwiyaya di Jalan Imam Bonjol Nomor 184. Ada banyak varian sate, mulai dari sate ayam, udang, sapi, kambing, bahkan sate vegetarian. Rumah sate yang satu ini bukanlah warung tenda di pinggir jalan, melainkan restoran yang nyaman dan luas sehingga bisa untuk kumpul keluarga besar, bahkan pesta pernikahan. 


Rasa bumbu satenya berbeda dengan yang lain, karena Sate House memiliki resep tersendiri. Bisa dikatakan, ini adalah sate khas Semarang. Di dalam restorannya, terdapat dua ruangan, ruangan untuk perokok dan non perokok. Jadi jangan khawatir bila Kamu makan dan tidak suka dengan orang yang merokok, mereka dipisahkan ke ruangan tersendiri. Harga yang ditawarkan juga masih cukup terjangkau, tak berbeda jauh dengan sate pinggir jalan. 

Bagi Kamu yang vegetarian, Kamu tetap bisa mencicipi sate di sini, karena satenya dibuat dari sayuran yang dicitarasakan menyerupai daging. Tersedia alat musik yang bisa digunakan oleh pengunjung secara gratis. Bila membawa anak-anak, mereka bisa diajak ke kolam renang di belakang restoran yang juga bisa dipakai secara gratis. 

Kedai Beringin

Banyak kuliner Semarang yang merupakan adaptasi dari masakan China, salah satunya Lumpia. Tak heran, warga keturunan Tiongkok memang menjadi salah satu penyumbang kebudayaan di Semarang. Di kota ini ada kawasan Pecinan yang banyak diisi oleh penduduk keturunan Tiongkok. Di Kedai Beringin ini, Kamu bisa mencicipi Lumpia dan aneka masakan China lainnya. 



Menu andalannya selain Lumpia, yaitu Nasi Hainan Panggang, Bubur Ayam, Bebek Panggang, Sup Asparagus, Bubur Phitan, Mie, Bihun, Kwetiau, dan lain-lain. Banyak sekali pilihan menunya dan harganya pun cukup terjangkau. Beralamat di Jalan Imam Bonjol Nomor 114A, Kedai Beringin lokasinya sangat dekat dengan Stasiun Besar Poncol. 


Nasi Pecel Mbok Sador

Nasi Pecel adalah kuliner yang mudah ditemui di Semarang, dari pedagang pinggir jalan, pedagang yang berjualan dari rumah ke rumah, sampai Restoran Nasi Pecel yang memberikan kenyamanan bersantap. Nasi Pecel Mbok Sador ini salah satu warung nasi pecel yang menggunakan tenda di kawasan Simpang Lima, Semarang. 

Menu Nasi Pecel berupa Nasi dengan aneka jenis sayuran yang kemudian disiram oleh bumbu kacang. Bumbu kacangnya terasa agak pedas. Bila menginginkan, bisa menambah Nasi Pecel dengan sate telur puyuh, sate keong, martabak, perkedel, aneka jeroan, kerupuk, tahu, dan lain-lain. Harganya sangat terjangkau dan bisa makan sepuasnya tanpa takut kantong bolong. 


Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

Tahu Gimbal adalah kuliner khas Semarang yang tidak ada di daerah lain. Tahu Gimbal adalah perpaduan tahu, bakwan udang, kubis, yang diguyur dengan sambal kacang. Di Warung Tahu Gimbal Lumayan ini, Kamu akan mencicipi Tahu Gimbal yang rasanya lebih dari lumayan. Harganya mungkin lebih mahal dari yang lain, tapi porsinya besar.  

Warung ini ada di Jalan Plampitan Nomor 54 dan mulai buka jam 11 siang. Jadi jangan datang pagi-pagi ya, karena menu Tahu Gimbal ini disajikan menjelang makan siang. Di dalam hidangan tahunya, ada udang yang cukup besar. Udangnya tidak hanya satu dan rasanya enak sekali. Warung Tahu Gimbal yang satu ini laris manis, dan tidak akan buka sampai malam karena sudah habis.  Warung ini termasuk warung favorit di Semarang Tengah.
 

 Nah sekarang jadi tahu kan mau nyicip apa kalau mampir ke Semarang. Ada yang sudah pernah kamu coba atau yang pengen kamu cicipin? Share di kolom komentar ya gaes..

1 comment:

  1. Sate vegetarian? Mungkin pake tempe kali ya, Mbak. Pengen nyobain. Tapi jauh aja di Semarang. Ekekekkk :p

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Boleh banget titip komen tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen. Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url. Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali. Sering-sering mampir, ya! A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Powered by Blogger.