AD

Penyebab Utama Kebotakan Pada Wanita Dan Cara Menghindarinya

  • Tuesday, September 20, 2016
  • By Vita Masli
  • 1 Comments

Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita, setuju gak? Namun terkadang para wanita pun  mempunyai masalah dengan rambut rontok. Apabila rontok itu semakin parah bisa jadi mengakibatkan kebotakan, loh. Ih ngeri banget ya!  Tapi wait... bukannya, kebotakan itu lebih sering terjadi pada kaum pria? Sebenarnya  apa saja penyebab utama kebotakan pada wanita? 



1.    Siklus Pertumbuhan Rambut

Seharusnya rambut manusia tumbuh sekitar setengah inci perbulan. Mungkin dikarenakan faktor genetik atau adanya gangguan yang disebabkan hormon maka pertumbuhan rambut menjadi tidak normal seperti orang pada umumnya.

2.    Stres Fisik

Operasi, penyakit berat, dan kecelakaan dapat menimbulkan trauma. Rasa stres terhadap trauma inilah yang dapat memicu kebotakan pada rambut wanita. Maka jika kita rentan terhadap stres fisik maka kita akan rentan mengalami rambut rontok.

Cara Menghindari Kebotakan Pada Wanita 

Rambut rontok bisa menjadi  masalah terbesar bagi wanita. Tetapi ada beberapa cara untuk menghindari masalah tersebut, misalnya :

1.    Menggunakan Kuning Telur

 

 

Kuning telur adalah kondisioner rambut alami yang sangat bagus karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk rambut, seperti protein, mengandung vitamin A, E, & D, serta tinggi asam lemak dan sulfur. Caranya taruh kuning telur di kulit kepala lalu pijat selama 10-15 menit lalu cuci bersih menggunakan sampo. Lakukan hal ini 3-4 kali seminggu.

2.    Membakar Biji Kemiri

Selain untuk menghitamkan rambut, kemiri juga berkhasiat untuk kesuburan rambut. Kemiri juga bermanfaat untuk menguatkan akar rambut sehingga akan mencegah terjadinya kerontokan rambut. Caranya, bakar biji kemiri hingga hangus lalu dihaluskan, oleskan pada bagian rambut, dan bungkus menggunakan kain. Sebaiknya hal ini dilakukan malam hari sehingga keesokkan harinya keramas menggunakan shampo. 

3.    Menggunakan Santan Kelapa

 

Selain dapat digunakan untuk bahan pelengkap masakan, ternyata santan juga mempunyai manfaat lainnya, yaitu bermanfaat untuk rambut. Di dalam santan kelapa terdapat kandungan minyak esensial, vitamin, mineral dan protein. Semua kandungan tersebut mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya dengan mengoleskan santan ke rambut dan kulit kepala sekitar 300-500 ml. Lalu tutup rambut dengan menggunakan handuk hangat dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan 3-4 kali semingu untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Sebenarnya cara ini sangat mudah dilakukan dan bahannya pun mudah didapatkan. Bisa dibilang cara klasik jaman nenek-nenek kita dulu, kan? Nah, kamu sudah pernah melakukan yang mana nih? Kalaupun belum pernah, tidak ada salahnya mencoba agar terhindar dari kerontokan rambut yang bisa menyebabkan kebotakan. 

Kamu punya tips lain? Share di kolom komentar ya.. 


You Might Also Like

1 comments

  1. Baca judulnya aja udah deg degan yah hahaha. Mengerikan sekali kalau sampai kaum hawa mengalami kebotakan, coba tipsnya ah ~

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.