K-Drama

Top 10 K Drama 2016 Versi Vita Masli

Thursday, December 15, 2016 Vita Masli 38 Comments

Wihh.. gak berasa sudah bulan Desember aja. Itu berarti waktunya untuk mikirin kembali apa aja yang sudah kita jalani sepanjang tahun ini. Tsaaah... serius amat, mbak! Ok, in my case 'drama Korea apa aja yang membekas di hati' di tahun 2016.  

Tahun lalu kita sudah disuguhi ceritat hantu perawan yang gak tahu kenapa dia masih jadi arwah penasaran, bu ibu jadi siswa SMA, mamak-mamak beranak satu yang kuliah di kampus anaknya, dokter bedah bayaran yang jatuh cinta sama cewek kaya melintir atau kisah standard cewe yang biasa banget ditaksir dua cowo ganteng. Begitupun dengan genre saeguk dengan kostumnya yang ribet minta ampun dan kisah lompatan waktu.

Baca juga : My Top 10 Favorite K Drama 2015 

We've been watching all those kind of Drama. Jadi apa nih tahun 2016? Masa cerita Alien sih? It's so 2014, writer nim!



Gue yakin para writer-nim juga gak mau lah cerita yang dilempar ke pasaran itu gitu-gitu aja. Bisa-bisa mereka gak dipake lagi sama rumah produksi, ya kan? Nah, tahun 2016 ini meski drama Korea masih menebar virus-virus cinta, namun beberapa drama membungkusnya dengan sudut pandang yang berbeda.Memang gak semuanya bagus dan sukses di pasaran rating . Tapi apalah arti rating kalau kamu sendiri yang nonton gak suka. Betul?

Top 10 K Drama 2016 Versi Vita Masli


So, here are my top 10 K drama List of 2016. Bisa jadi dari 10 drama ini ada yang sesuai dengan list kamu juga, tapi tidak menutup kemungkinan malah kita berseberangan arah. Namanya juga selera, dalam K Drama gak ada yang benar atau salah. Ini bukan politik, ini drama. Drama Korea! Hahahaha..

10. Descendants of The Sun (KBS 2)


Gue sengaja menempatkan drama ini di list paling bawah dari countdown ini. Alasannya simple, gue gak begitu suka aja. Mungkin bagi banyak orang drama ini membuat cowok-cowok berseragam tentara jadi keliatan ganteng atau tiba-tiba tipe cowo ideal kamu berubah menjadi kapten Yoo Shi Jin, siapa yang bisa menyalahkan? Gue juga kok.. hahaha

Hanya saja, gue gak begitu sreg aja dengan drama ini dalam beberapa hal. Meski Song Joongki bermain dengan gantengnya eh maksud gue berperan sangat baik sekali dalam drama ini, begitu juga penggabungan genre romantis dan action tetap aja plotnya biasa aja dan gampang ditebak.


Beberapa adegan seru yang mestinya bikin gregetan menjadi biasa aja karena (uhuk!) akting Song Hye Kyo yang sangat datar. Maaf ya fans SHK, gue rasa mba cantik ini perlu belajar gimana kaget dan ketakutan lebih real. Percaya deh, dia masih tetap akan keliatan cantik kok meski awut-awutan dan scared to death. Cantik mah cantik aja, ya kan?

Baca juga :  First Impression  Descendant of The Sun

Jika kemudian ada rumor yang mengatakan akan ada season ke 2 nya, semoga saja plot ceritanya bisa lebih menarik dari season 1. Katanya sih Lee Min Ho bakal jadi orang ke tiga diantara kapten Yoo Shi Jin dan dokter Kang Mo Yeon. Heol!

OST Favorite : Everytime - Chen EXO feat Punch


9. Doctors ( SBS )


Ada tuh ya, drama yang meski ceritanya biasa aja tapi chemistry pemainnya bikin kita gregetan. Nah, ini salah satunya. Plot ceritanya sih sederhana aja. Ada anak yang disia-siakan orangtuanya kemudian dibesarkan oleh neneknya. Anak ini tumbuh menjadi anak yang rebel namun cerdas. Dia kemudian menjadi dokter yang gak cuma jago mendiagnosa dan membedah penyakit yang rumit tapi juga mahir bela diri. Ambisinya menjadi dokter bedah berawal dari kematian neneknya yang dianggapnya janggal.

Sejalan dengan itu guru SMU yang ngekost di rumah neneknya juga ternyata adalah dokter yang sedang 'cuti' karena masalah tertentu di rumah sakit milik keluarganya. Pak guru dan anak muridnya yang rebel ini kemudian bertemu lagi di rumah sakit yang sama dan bertugas sebagai dokter ahli bedah.



Terus terang gue baru sekali ini nonton dramanya Park Shin Ye dari awal sampai akhir. Biasanya gue sudah skip aja dari awal. Kalau bukan karena Kim Ra Won ahjussi, mungkin gue juga bakal ngeskip drama Doctor Crush ini. Dia gak ganteng sih, cuma tatapannya itu loh kalau sudah ketemu Park Shin Ye. Di drama ini Park Shin Ye juga sedikit berbeda dibanding drama-dramanya yang lain. Gak tahu kenapa. Hayo kalian berdua, jadian aja apa gimana?

OST Favorite :  No Way -  Park Yong In & Kwon Soon Il ( Urban Zakapa)


8. Lucky Romance (MBC)


Another sitcom romance dengan plot cerita yang bisa ditebak. Kisahnya berkisar pada seorang cewe yang merasa dirinya pembawa sial. Orangtuanya meninggal karena kecelakaan sementara adik semata wayangnya koma. Karirnya gitu-gitu aja. Seorang peramal mengatakan bahwa dia harus meniduri cowo yang lahir di tahun Harimau jika ingin keluar dari kesialannya. Gak sengaja dia bertemu dengan cowo "harimau' yang kemudian menjadi bosnya.



Agak boring sih.. yang bikin betah cuma Ryu Jun Yeolnya aja. Sejak dia maen di Reply 1988, gue jadi penasaran dengan semua kerjaan dia. Semua film indie nya yang bisa gue dapat di internet gue tonton, hahaha! Jadi gak heran ketika dia diberitakan sebagai lead drama Lucky Romance, langsung aja gue niatin buat nonton. Seandainya lead actress nya Hye Ri, drama ini bisa jadi lebih menarik. Sayang Hye Ri malah maen The Entertainer bareng Ji Sung. Pfft.. berasa kek tukar pasangan aja ya?

OST Favorite : Tell Me - Soyou Sistar 


7. Mirror of The Witch ( JTBC)


Gak banyak drama saeguk yang bikin gue betah nonton. Selain karena entah kenapa kostum mereka yang tampak ribet itu gak begitu appealing di mata gue, biasanya intrik ceritanya paling perebutan tahta, harta dan wanita.

Mirror of The Witch sebenarnya gak jauh-jauh dari situ sih, masih bicara tentang rebutan harta dan sedikit mantra alias main dukun. Hahaha.. Biasanya tahta itu diperebutkan antar anak atau kerajaan tetangga kan ya? Nah intrik Mirror of The Witch ini gara-gara seorang dukun istana beraliran hitam yang ingin menguasai tahta.



Baca juga : Review Mirror Of The Witch  

Terus terang gue nonton drama ini karena efek Yoon Shi Yoon jadi member baru di 2 Days 1 Night. Gue sudah pernah nonton dia jadi tukang roti Kim Taek Gu, pembuat game di Flower Boys Next Door sampai jadi asisten perdana menteri di Prime Minister and I. Drama Mirror of The Witch ini pun menjadi drama saeguknya yang pertama. Ditambah cast yang lain aktingnya gak mengecewakan khususnya si mbah dukun yang super duper minta disantet itu, drama ini not bad at all.

OST Favorite : Love - Lush


6. Squad 38 (OCN)


Ini dia salah satu drama yang bikin gemes bukan karena pemainnya (walaupun Seo In Guk keren banget di sini) melainkan karena ceritanya. Petugas pajak yang kena tipu akhirnya bekerja sama dengan para penipu untuk menipu pengusaha-pengusaha yang gak mau bayar pajak.



Karakter Yang Jung Do yang diperankan oleh Seo In Guk sedikit mengingatkan saya pada film Leonardo diCaprio 'Catch Me If You Can', namun makin ditonton makin gak mirip sama sekali. Konsep ceritanya juga beda kok. Meski sedikit rumit jangan takut gak bakal ngerti, malah bikin penasaran. Selain itu bisa jadi setelah nonton drama ini, kamu bakal pengen di negara kita ada petugas pajak seperti mereka khusus menangani orang-orang kaya yang enggan bayar pajak.

OST Favorite :  Run - Up10Tion
 

5. Memory (tvN)


Drama keluarga ini terbilang cukup sedih dan muram. Masalahnya berkisar pada seorang pengacara yang tanpa ia sadari mengidap Alzheimer. Bisa bayangin gak seorang pengacara kondang yang juga menjadi nara sumber acara hukum di televisi, sedikit demi sedikit kehilangan ingatannya. Dia di mana, mau apa, ketemu siapa, semua tiba-tiba jadi blank. Kadang-kadang malah dia mengingat hal yang sudah berlalu, termasuk mantan istri dan almarhum anaknya.



Memory dengan leading cast Lee Sung Min ( yang pernah maen di Misaeng, masih ingat kan?) ini memang bukan drama yang menebar hura hura. Ini tentang perjuangan melawan diri sendiri bersama kenangan yang saling tumpang tindih bahkan terlupa. Setelah nonton ini bisa jadi kamu jadi lebih sayang bokap kamu dan ingin mengabadikan semua hal yang kamu lalui bersama keluarga. Coba aja!

4. Cheese in The Trap (tvN)


Bisa dibilang tahun ini banyak drama yang diangkat dari webtoon. Salah satunya adalah Cheese in The Trap. Kisah anak kuliahan biasa bernama Hong Seol yang bisa jadi mirip dengan kebanyakan mahasiswa Korea. Pengen kuliah tapi gak punya cukup uang jadi harus kerja serabutan buat menutupi biaya kuliah.

Lalu datanglah senior cakep kaya melintir bernama Yoo Jung yang entah dengan alasan apa tiba-tiba menaruh perhatian. Anaknya baik dan ramah walaupun sedikit membuat Hong Seol ketakutan karena beberapa kali memergoki Yoo Jung sunbae ini sifatnya agak berbeda di belakang.

Go Eun Sebelum Ketemu Abang Gong Yoo

Nonton drama ini semacam nebak-nebak personality Jung sunbae, are you for real or what? Sayangnya ending drama ini gantung abis. Mungkin karena webtoon nya sendiri pun sementara masih jalan (kamu bisa baca via apps Line Webtoon. Bahasa Indonesia nya ada, kok). Dengar kabar akan ada versi film layar lebarnya dengan Park Hae Jin tetap sebagai Yoo Jung. Lead female nya aja yang masih di cari. Yakin gak mau casting akuhhh, PD nim?

3. Moonlight Drawn by Clouds (KBS 2)


Salah satu drama yang jadi trend di tahun ini selain Descendant of The Sun adalah Moonlight Drawn by Clouds atau disebut juga Love in The Moonlight. Dulu.. waktu pertama kali baca berita kalau Park Bo Gum bakal main di drama saeguk, saya sempat mikir "Oh ya deh.. liat gimana nanti lah." Belum lagi ceritanya tentang seorang cewek yang menyamar jadi cowok, mengingatkan saya pada Sungkyunkwan Scandal. Sama-sama di KBS pula maennya. Duh.. bakal seru gak ya?

Ternyata setelah nonton episode pertama pendapat saya berubah. Ceritanya sih standar ya, berlatar belakang perebutan tahta, raja 'boneka', pangeran yang rebel dan permaisuri yang jahat. Nah, disini lah sebenarnya pinter-pinternya penulis skenario dan sutradara mendaur ulang sesuatu yang biasa menjadi keliatan seperti baru. Siapa yang gak gregetan dihadapkan pada kenyataan sang pacar adalah anak dari kaum pemberontak? Pilih tahta atau cinta.. hayo?

Aku Pilih Park Bo Gum Aja..
 
Drama ini sukses menjadi nomer satu hingga ratingnya mencapai 20%. Katanya sih bikin kesel-kesel gemes pemain drama channel sebelah yang maen di jam yang sama.Yah gimana dong.. di sebelah boleh bertabur 7 pangeran (sampai ribet ngapalin namanya). Gue sih sudah cukup puas dengan Park Bo Gum aja. Gak nyangka gara-gara dia, gue dan jutaan orang bisa sangat merindukan hari Senin. And that's what we called "Park Bo Gum's Magic".

OST Favorite :  Sealbum full. Hahahahahha 


2. Signal ( tvN)


Lupakan sejenak drama romance penuh percintaan segitiga. Here comes drama detektif yang penuh misteri dan bikin deg-degan. Signal adalah sebuah remake dari film Bong Joon Ho yang hits di tahun 2003 "The Memories of Murder". Terinspirasi oleh kasus sebenarnya dari "Hwaseong pembunuhan berantai" yang terjadi pada tahun 1980 (1986-1991). Pembunuhan ini merenggut nyawa 10 wanita mulai dari nenek 71 tahun sampai anak sekolah berusia 13 tahun yang mana pemerkosa-pembunuhnya tidak pernah tertangkap.


Uniknya drama ini menceritakan kisah detektif jaman sekarang dan seorang detektif dari masa lalu yang berkomunikasi melalui walkie-talkie untuk memecahkan kasus yang lama belum terpecahkan. Sedikit demi sedikit kasus terungkap bersama terungkapnya kisah cinta yang terpendam.. Aihh.. so sweet yet tragic.

Mungkin karena temanya time lap, endingnya berasa gantung abis. Mudah-mudahan ada season 2 nya deh.

1. Reply 1988 ( tvN)


Apaaaa?? Ini kan drama tahun 2015..., some might said. Iyaahh tapi kan lanjut di tahun 2016  dan berakhir di Januari......... *kemudian nyanyi ala Glenn Fredly*

Seriously, this is one of a kind drama yang kayaknya agak susah untuk dilewatkan begitu saja. Gue adalah salah satu dari sekian pencinta Reply series yang mengaku bahwa Reply tahun ini benar-benar daebak. Memang bukan Reply series namanya kalau bukan mempermasalahkan 'siapa sang suami' diantara kandidat-kandidat dengan charm mereka masing-masing. We've been through the struggle of having crushed to second lead male di Reply 1997 dan Reply 1994 but nothing beat second lead male sydrome yang kita lalui di Reply 1998.

Choi Taek atau Jung Hwan? Jung Hwan atau Choi Taek? Atau jangan-jangan Sun Woo?



Diluar itu drama ini sebenarnya berfokus pada keluarga dan bagaimana kehidupan di tahun 1988 yang kelihatannya sederhana tapi penuh makna (dan ngangenin). Serius, saya jadi sering nangis gara-gara nonton drama ini karena keingat almarhum nyokap gue dan almarhum kakak.

Baca juga : Review Reply 1988 

Pada suatu masa rambut nyokap gue juga pernah keriting-keriting disco semacam para ahjumma di Ssamungdong itu. Love-Hate relationship antar sodara Sung Deok Seon  dengan Sung Bora semacam gue sama almarhum kakak gue (cuma gue lebih ke Sung Bora nya sih, hahaha.. Mian). Tetangga-tetangga yang care satu sama lain, termasuk teman-teman masa kecil yang susah dicari gantinya.

Selain cerita, chemistry sesama pemain juga luar biasa. Soundtracknya juga keren-keren. Seandainya aja sinetron Indonesia jaman dulu semacam Jendela Rumah Kita atau Keluarga Cemara bisa diremake, bisa jadi gak kalah kok dengan Reply 1988. Yah semoga saja ada yang seganteng Park Bo Gum, tapinya.. *halah*

OST Favorit : Hyehwadong - Park Bo Ram

What's Next for 2017 ?


Di penghujung tahun 2016 sebenarnya ada beberapa drama yang lagi running. Makanya belum gue masukin di list ini, karena belum tahu gimana endingnya dan kira-kira bakal gue terusin nonton apa enggak. Secara ada beberapa drama di tahun ini yang gak gue terusin nontonnya dengan berbagai alasan ( next postingan deh ya.. ). Tapi  secara garis besar, gue pikir drama-drama ini bakal masuk list Top 10 K Drama 2017. Apa aja?

Goblin 


Baru 4 episode dan sukses bikin gue nonton ulang drama ini beberapa kali sambil nunggu episode 5 tayang. Kurang kerjaan banget ya kesannya, padahal proposal Thesis sudah nunggu harus diselesaikan. Tapi siapa yang bisa menolak cerita Goblin yang menarik ditambah casting yang menurut gue jaminan mutu itu.



Gong Yoo ( Train To Busan dan jangan lupa Coffee Prince), Kim Go Eun ( China Town, Cheese in The Trap), Lee Dong Wook, Yoo In Na, Sung Jae.. haduh Tuhan tolong akuuuhhh!! Berasa nonton drama rasa film layar lebar. Sepertinya Goblin bakal menyusul kesuksesan Reply 1988.

Hwarang 


Sewaktu postingan ini ditulis, drama ini baru akan maen menggantikan 'Stranger and Me'. Lagi-lagi drama saeguk. Bedanya adalah drama ini bersetting di jaman Goryeo dan sudah diproduksi duluan alias gak kejar tayang. Kalau dari list para pemainnya sih, sepertinya ada harapan walaupun mungkin gak bakal sebooming Moonlight Drawn by Clouds. But hey.. kita tunggu aja kali ya.



Nah, itu dia Top 10 K Drama 2016 versi Vita Masli. Gimana, ada yang sama gak dengan list kamu? Kamu boleh loh ngelist Top 10 K Drama 2016 versi kamu di kolom komentar. Oiya di channel YouTube Vita Masli ada OST K-Drama andalan 2016 juga loh. Boleh mampir untuk menyimak biar sekalian bapernya nambah. Hahahai.. Annyeong!




38 comments:

  1. Hehe... Pagi2 sy sdh penasaran mo baca 10 drama korea 2016 versi mbak vita ^^
    Beberapa drama favoritku masuk di chartnya mbak vita yeayyy...seperti dots walaupun naruhnya di nomor buntut, love in the moonlight yg membuat sy jd penanti hari senin (eh... Bukan ding penanti hari selasa krn sy nontonnya online, downloadan yg bersubtitle hari selasa baru kluar), doctors (eh... Iya sih ceritanya biasa sj tp ntah knp pengen nonton sj), reply 1988 ga nyangka d masukin chart di no. 1 sy malah mikirnya yg masuk K2 atau W. Ternyata dua drama itu ga masuk chart versi mbak vita. Masukin dong mbak *maksa banget wkwkwkwk... Tapi sy setuju lah dengan reply 1988 bikin nostalgia bgt *sok tua (1988 kan sy baru 3 tahun sy bs ingat apa ya?) etapi d bbrp episode akhir ada setting tahun 90an hehe... Bikin bernostalgilaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentang K2 dan W, akan ada di postingan berikut. Kenapaaa? Adaaaa deh alasannya.. *sok bikin penasaran* :))

      Delete
  2. Aih nomor 1 dan 2 emg luv banget. Tapi kok moon lovers scarlet heart ryeo ga dimasukin? 😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Why oh whyyy?? Tunggu di postingan berikutnya ya :)

      Delete
  3. Baru nonton DOTS sama Goblin aja hehe . Yang lain mau dicatet dulu buat rekomendasi nonton selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh serius? Kirain dirimu sudah khatam banyak drama. Wihh jangan2 krn Jang Hyuk gk maen drama tahun ini?

      Delete
  4. cuman nonton yang no 1 aja. Goblin itu nonton kemaren yang pertama tapi bingung jadi stop nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noooniii kamu seringkali komen di sini baru sekali ini aku lolosin. Nama dan url ada di bagian bawah loh.. gak usah repot2 nulis di bagian nama.

      Anyway, baru kali ini saya tahu ada yg bingung nonton Goblin. Waah :))

      Delete
    2. Awalnya emang bingung. Kudu dabar aja terus nonton nya. Ntar bakal ngerti sendiri dan bikin penasaran. :) suka lah pokoknya

      Delete
  5. drama favoritku masih dipegang sama DOTS dan Reply 1988! :D
    Cheese in trap bagus sih, tapi endingnya aku ngga suka berasa gantuung T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gantung banget ya? Secara webtoonnya masih jalan sampe sekarang dan writernimnya gak mau kalo endingnya dibuat aneh.

      Delete
  6. Dots sama cheese in the trap. :D kalo goblin lagi on going juga ya. Nungguin eps 5 ni.

    ReplyDelete
  7. saya juga termasuk yang biasa aja sama DOTS, mbak. Berasa biasa aja ceritanya. Tapi mungkin kalau yang main gong yoo bakal lain ceritanya. hehe. Reply itu drama yang sukses bikin baper gara-gara salah tebak siapa yang jadi suaminya duksun. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi Gong Yoo nolak maen di DoTs krn ceritanya terlalu biasa. Denger2 sih gitu..

      Delete
    2. Setujuuu. Nonton dots terhenti ditengah jalan gegara ceritanya biasa aja menurut saya dan (maaf) sedikit membosankan, hehe..

      Delete
  8. Aaakkk.....mau komen apa yaa...??
    Emm..cuma mau bilang, pingin bikin blogpost kaya gini...


    Soalnya Scarlet Heart Ryeo ga masuk list.
    Huuhhuu...


    Tapi setuju sangat.
    R88 nomer 1.
    Yeeah...you're rock, beib!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya buatlah list versi kamu sendiri..:))

      Delete
  9. Aaaaa.... Ga ada scarlet heart. Hehehe.... Sy ga selesai nonton moonlight, doctor juga suka :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa gak ada Scarlet Heart? Karena eh karenaaa.. *wink*

      Delete
  10. Favoritku DOTS sama Reply asli bikin baperrr..
    jhaha aku tiap hari mbak nonton goblin ampe di ulang2 teruus, ceritanya memang top deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentang Goblin : Jangan pernah percaya sama Preview episode berikutnya. Menipu! :))

      Delete
  11. Lama absen dari drakor, ternyata banyak yang baru jadi harus ngelist drama bagus Korea lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fika.. ini baru sepersekiannya loh. Masih banyak yg lain :)

      Delete
  12. Dari 10 drama di list sy cuma nonton DOTS doang. Hahahaha,,, saya tipe yg nonton drakor karena pemainnya. Kalo sesuai selera nonton kalo nggak ya skip. Tfs btw. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.. krn semua tergantung selera pribadi. Ya iyalaah kita yg nonton kan? *wink*

      Delete
  13. Jealousy Incarnate nggak masuk ya jeng? Plotnya lumayan, terus ada part yang bromance and fams juga, JJS juga kece banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Gie! Seperti aku tulis di atas ada beberapa drama yang dgn alasan tertentu ada di postingan selanjutnya. Mungkin ada Jealousy Incarnate. Mungkin ya.. :) tungguin aja postingan selanjutnya ya *wink*

      Delete
  14. Aku suka Goblin. Jalan ceritanya serius tapi menarik. Si fenomenal Go-Eun bener-benar berhasil mernarik perhatian aku. Kakak suka sama Go-Eun juga nggak? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka dong... Tapi lebih suka Kim shin ahjussi sih :))

      Delete
  15. wahhh di antara semuanya baru nonton yang nomor 1, dan di antara 9 drama lainnya saya tertarik nonton memory deh soalnya saya suka sama akting lee sung min. sejak dia main di king 2 hearts saya udah suka dan tambah suka lagi setelah nonton misaeng :)

    ReplyDelete
  16. Legend of Sea ga masuk ya mak? Xixiixii... Aku ga begitu ikutin semua drama di atas kecuali Signal yang DAEBAK banget. Kece bukan main yang polisi perempuan, ga nyangka ternyata doi yang main di film keren The Thieves bareng Kim So Hyun n Gianna Jun.

    Dari kemaren kemaren pengen nonton Reply 1988 tapi khawatir kejebak sndrom second lead lagi. Reply 1994 aja ga aku lanjutin padahal tinggal empat episode gegera dapat bocoran siapa suaminya -_- ga terima dan ga bisa move on *yah jadi curhat

    By the way, dramanya Song Ji Hyo yang terakhir juga keren loh, My Wife is Having an Affair This Week.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Annyeong! Seperti yg aku tulis di atas, drama2 yg sementara tayang blm dimasukin ke list. Dan jangan lupa, list ini sesuai selera akuh loh yaa :))

      Delete
  17. 7 sampai 4 aku belum tonton mba, sepertinya harus coba download neh. Ahhhh aku juga suka Goblin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7 sampai 4 itu rekomended banget mak.. Goblin? Toss dulu aahh.. :))

      Delete
  18. Nyasar ke blog unnie gk sengaja krn nyari review reply 1988. Baru sempat nonton sekarang, krn awalnya gk tertarik tp kok kyknya booming banget heheh. Nih msh nonton episod 5. Degdegan juga baca reviewnya takut spoiler hahahah

    ReplyDelete
  19. aku kurang suka drma korea , lebih suka film action :)

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.