Wanna One - I Promise You vs iKON - Rubber Band, Lebih Keren Yang Mana ?

Lama gak ngeupdate blog, kali ini posting yang ringan-ringan aja dulu. Kebetulan hari ini tanggal 5 Maret 2018, ada dua lagu dari dua boyband yang lagi ngehits di Korea sama-sama mengeluarkan single di jam yang sama. Mereka gak lain gak bukan adalaaaaahhhh... Wanna One dan iKON. 

Dua boyband ini berasal dari agency yang berbeda dan segmentednya juga beda. iKON, seperti yang kalian tahu semua, adalah boyband bentukan YG Entertainment yang mana disebut sebagai 'The Next Big Bang'. Sementara Wanna One adalah boyband keroyokan hasil 11 besar ajang survival Produce 101 Season 2. iKON di awal tahun ini  sudah unjuk gigi setelah dua tahun gak comeback lewat single mereka Love Scenario. Lagu ini menjadi lagu nomer 1 all-killed selama 40 hari. Wanna One sendiri tahun lalu dijuluki Monster Rookie karena album debut mereka kejual hampir sejuta copies. 

Nah, tanggal 5 Maret 2018  mereka ngerilis single spesial dengan alasan yang serupa pula : sebagai tanda terima kasih kepada fans. Yang gue gak habis pikir adalah, kenapa juga sih harus barengan dan mendadak aja gitu pemberitahuannya. 



iKON melepas single 'Rubber Band' dengan alasan sebagai satu-satunya hadiah yang bisa iKON berikan. Menurut Hanbin, leader iKON di V app, "Kami tidak tahu bahwa 'Love Scenario' akan sangat dicintai ini, dari masyarakat dan para penggemarnya. Rubber Band adalah satu-satunya hadiah yang bisa kami berikan. " Malah sebenarnya Rubber Band ini  awalnya disisihkan oleh papa YG a.k.a Yang Hyunsuk sebagai judul lagu berikutnya dari album iKON. Tapi setelah melihat antusias orang-orang pada lagu 'Love Scenario' dan menjadi iKON sebagai boygroup yang bertahan sebagai nomor satu dalam chart dalam 10 tahun terakhir, dia memutuskan untuk memberikan kejutan untuk iKON dan fans.

Wanna One pun gak mau kalah. I Promise You (I.P.U) dirilis sebagai tanda 333 hari nya mereka bertemu sebagai trainee di Produce 101 season 2 dengan para fans. Lagu ini juga menjadi track pre-release album comeback Wanna One pada tanggal 19 Maret 2018 nanti. 

Diluar dari background kedua lagu ini yang katanya sebagai hadiah buat fans, gue kok ngeliat semacam YG dan YMC (agensi yang membawahi Wanna One) ini sedang 'ngecek ombak' siapa yang lebih powerful. Well you know, Love Scenario nya iKON ini kan awalnya gak diprediksi bakal selama ini di chart. Apalagi mengingat mereka dua tahun lebih sibuk nyangkul di Jepang dibanding Korea. Jadinya banyak yang nyinyir, jangan-jangan pengaruhnya berasal dari agensi besar aja  makanya bisa all-killed. Sementara dari sisi YG mungkin pengen pasang taring juga sama 'anak kemarin sore'. Mungkin yaah.. 

Soalnya menurut gue timingnya dipas pasin banget. Kenapa sih harus ngeluarin single sebelum comeback? Biasanya kan sekalian aja pas hari comebacknya. Toh, sudah diumumkan jauh-jauh hari bakal comeback tanggal 19 Maret. Kenapa juga harus di hari ke 333? Kenapa gak hari ke 300 aja seperti kebiasaan orang-orang Korea memperingati hari jadi ke 100 hari, 1000 hari, 2000 hari? Yah pokoknya yang pas pas aja lah. Sudah gitu awalnya kan emang YG duluan yang ngasih pengumuman iKON bakal rilis single special di tanggal 5, berhubung masa promote lagu Love Scenario sudah lebih dari 30 hari. Jadi nya kan yah gak salah dong gue curiga. Hahaha

Wanna One - I Promise You vs iKON - Rubber Band, Lebih Keren Yang Mana ?

Anyway, diluar kesamaan 'tak sengaja' itu ternyata ada beberapa hal yang membedakan ke dua lagu ini. Gue  mencoba mereview ke dua lagu ini and hopefully no biased, so I can review these two songs fairly. Yuk mari dimulai! 


1. Genre  

I Promise You sangat kental sekali EDM nya. Mohon maaaaaf sekali Wannaable, gue kok dengerin I Promise You sedikit banyak teringat sama lagunya Seventeen -Thanks. Apalagi pas bagian refrainnya di mana ada yang nyanyi 'Yaksokhaeyo', gue otomatis refleks ikutan nyanyi "GOMAMPTAAAAA...." Hahaha. Ya maaap.. ! Tapi lagunya lumayan catchy kok gaes, bisa lu putar berkali-kali sambil lu bayangin mas Daniel ngasih lu cincin. 

Actually ini tangannya Sungwoon bukan Kang Daniel.  


Sementara Rubber Band sendiri mengambil genre musik yang menurut gue lebih ke tropical dance musik gitu. Sesuatu yang lebih anteng aja gitu dengernya. Berisik kagak, tapi upbeat. Ngerti gak lo maksud gue? Hahahaha. Such a chill song but can make your body rolling. Jadi misalnya pun kita tuh gak begitu ngeh lagu ini sebenarnya tentang apa, tapi karena melodinya itu enak dikuping yah dengan senang hati di replay lagi. Kalau perlu dimasukin ke playlist favorit. 

2. Lirik Lagu 

I Promise You lebih kepada pengambaran perasaan Wanna One ketika mereka pertama kali bertemu dengan fans mereka di awal musim semi, saat di mana beberapa di antara mereka ada yang terancam bakal disbanned, lama gak debut-debut juga. Jadi pertemuan para member Wanna One dengan para Wannable yang mendukung mereka dari awal ini lah yang mereka janji gak bakal mereka lupakan. Seperti itu...




Rubber Band sendiri meskipun dikatakan sebagai lagu hadiah bagi para pendengar yang sudah mendukung Love Scenario, namun lirik lagunya itu bukan lagu cinta ungkapan terima kasih gitu. Malahan sebenarnya berkisah tentang pasangan yang sudah lama pacaran, masing-masing sudah punya perasaan yang berbeda, tapi agak sungkan buat mutusin duluan karena gak enakan aja.

Rubber Band a.k.a Karet Gelang, posted by Jinhwan. Karet Gelangnya Banyak Berarti Pedes dong ya? 

Kalau menurut Hanbin yang menulis lagu ini bersama Mino Winner dan Bobby, "Seperti hubungan pasangan yang telah lama jadian, jadi jika mereka menarik sedikit saja rubber band nya,  (yang diibaratkan sebagai hubungan pacaran) mereka bisa putus." Nah salah satu dari keduanya di lagu ini memutuskan untuk menyudahi saja meskipun pada akhirnya ada yang terluka. Azzaaaa!! Dalem banget mas liriknya..  

3. Music Video 

Sekali lagi Gue minta maaf banget kalau ada yg tersinggung, secara gw ngeliat MVnya Wanna One I Promise You, itu ngingetin gue sama MVnya (lagi2) Seventeen - Clap. Bisa jadi karena tone warnanya, slow motion nya, tapi yah gitulah. Gue jadi teringat aja. Nothing so special about the MV. I just found it so so gitu deh, mulai dari story nya sampai dance move nya. Gak lebih bagus dari Energetic atau Burn It Up dari segi dance dan gak lebih drama daripada Beautiful.

Btw.. kalau ada yang ngerusak koleksi kaset gue kayak gini, enaknya dijewer aja atau gimana? 


Bae Jinyoung, Anak Nakal yang Merusak Koleksi Kaset TANTE 

Sedangkan Rubber Band dari iKON tidak memiliki MV karena memang hanya sekedar dirilis sebagai single digital bukan untuk dipromote gitu. Tapi katanya sih bakal ada video dance practice nya. Hanbin dan Junhoe sudah confirm kalau dance move untuk lagu Rubber Band ini lebih berat daripada Love Scenario dan lebih keren. Hanbin malah sudah ngasih teasernya segala di akun IGnya. Sila diintip aja, jangan lupa follow ya gaes! #eh 

4. Sing Part 

Sing part untuk boyband bermember 13 tentu akan berbeda dengan boyband ber member 7 orang saja. Namun untuk ini gue pikir ke dua lagu ini membagi porsi bernyanyi cukup adil. Selama ini banyak yang nyirikin Minhyun yang lebih banyak diberi durasi di single-single Wanna One sebelumnya,so I'm relieve that this time he only got like 7 seconds sing part of 3 minutes I Promise You. Lumayan, selain bisa bikin para akgaes gak banyak berkoar, gue jadi lupa kalau dia sekarang ini membernya Wanna One. Paling enggak Minhyun bisa lah jadi pengantar saserahan di kawinan gue.

Barisan Cowok-Cowok Pembawa Saserahan Kawinan Gue 

Lain lagi dengan Rubber Band nya iKON, finally Chanwoo dapat sing part yang lebih mendingan dibanding pada lagu Love Scenario. We finally can listen to his voice before the song end. Hahaha. 

5. Chart Debut 

Rubber Band debut position on Melon Chart at number 7 after released, sedikit lebih baik dibanding debut Love Scenario sebelumnya di posisi 9. I Promise You by Wanna One debut di Melon Chart di posisi dua ketahan sama Love Scenario nya iKON. So, iKON has two songs on top 10.



Lalu kemudian sejam kemudian, I Promise You jadi lagu nomer 1 di Melon, Soribada, Genie, Bugs, Naver, kecuali MNET doooong masih dipegang sama Love Scenario nya iKON. Padahal kalau mau dipikir-pikir Wanna One itu 'anak'nya Mnet loh ya. Entahlah kalau besok gimana. Soalnya gue nulis ini pas jam 11 malam tanggal 5 Maret.

UPDATE :

LOVE SCENARIO masih megang banget. Rubber Band malah nyungsep di 30 besar aja. 

Melon Chart 

Mnet Chart 

Conclusion 

I don't wanna start a fanwar here because these two songs actually good. As a non fan of those two groups, I'd prefer Rubber Band because of both the melody and the lyrics suit me well. Memang sih Rubber Band ini gak secatchy "Love Scenario" tapi telinga gue masih lebih bisa mencerna Rubber Band dibanding I Promise You. 

Diluar siapa yang bakal all killed apakah I Promise You atau Rubber Band, kayaknya akan susah untuk break record 40 hari all killed and PAK nya Love Scenario iKON. But, who knows.. Malaikat juga tahu siapa yang jadi juaranya... *Lah, malah nyanyi!* 

So, Wanna One - I Promise You vs iKON - Rubber Band, lebih keren yang mana nih gaes? Share what you think about these two songs on the comment section below. No fanwar tapi yaah...  


You Might Also Like

3 comments

  1. Yasss. Pertama2 aku disini sebagai fans karbitannya wanna one dan tau iKon cuma love scenario jadi aku hanya akan mengomentari IPU wkwk. Nah di IPU ini dari teaser-nya aku udah ngerasa biasa aja. Malahan mikir kenapa kayak "I heart you"-nya SM*SH itu ya di bagian dancenya? Beneran loh langsung terbersit gitu aja saking kurang nendangnya dancenya.
    Trus yang pembagian line itu, malahan Minhyun paling sedikit jadi banyak yang protes di kolom komentar MV coba cek aja. Paling banyak Hasung (akhirnya setelah selama ini bagiannya dikit...). Yha segitu aja komen receh dari fans karbitan lol

    ReplyDelete
  2. Wkwkwkwk, kalau aku malah belum dengerin lagunya.

    ReplyDelete
  3. Iya bner2 mirip lagunya dgn tak samain yg thanks lirik.. Dpikir2 sama saja smua dri prtama, reff smpek akhir.. Wkwkwk klau si videox blm tak ulang2 apakah itu bner mirip dgn clap

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.