Begini Cara Membuat Konten Blog Berkualitas dan Menarik


Sebagai seorang blogger, hal yang paling sering kita dengar akhir-akhir ini adalah membuat konten berkualitas tinggi. Katanya, dengan membuat konten yang berkualitas diharapkan bisa membantu membangun kepercayaan pada pembaca. Dengan begitu, pembaca kemudian menjadi betah dan datang lagi untuk mencari referensi berikutnya di blog kita. 


Laptop ringan tipis


Gak salah sih. Coba cek deh, kita nih apa-apa nanya om Google. Mulai dari nanya cuaca sampai 'Berapa Biaya Traveling ke Korea Selatan' atau  'Jarak dari Makassar ke Mamuju', misalnya.  Apa sih sekarang yang gak bisa dicariin jawabannya sama Om Google kecuali hidup, mati dan jodoh yang semua itu hanya di tangan Allah SWT?

Baca juga : Jalan Kemana Namsan Tower di Musim Semi 

Eitss.. tapi how to nyari 'jodoh'nya bisa aja sih nyari tipsnya di Google. Biasanya kebanyakan pencarian berakhir di pelaminan (aamiin) halaman blog. Tidak sedikit para penggoogle lebih menyukai informasi yang ditulis di blog personal. Alasannya sederhana, blog itu ditulis berdasarkan user experienced

Gue ingat jaman tahun 2007-2008 pertama kali gue ngeblog itu asli postingan gue isinya curhat melalui kata-kata doang. Maklum, gue terinspirasi banget pada serial TV Sex and The City. Carrie Bradshaw, tokoh utamanya adalah seorang kolumnis.

Postingan mba Carrie ini berisi cerita sehari-hari aja sih yang dibungkus dengan opini pribadinya pada topik tersebut. Pada ending tulisannya dia sering mempertanyakan kembali seakan ia bertanya pada dirinya sendiri. Tapi sebenarnya ia mengajak pembacanya untuk merenung dan berkomentar. Postingan yang isinya tulisan aja, namun kuat isinya, ternyata bisa bikin betah pembaca dan menarik engagement juga, ya! 

Laptop Ringan Tipis


Lalu kemudian gue nonton serial Gossip Girl. Serial ini mengisahkan kehidupan socialita remaja upper east side New York yang dibeberin abis beritanya lewat postingan di blog Gossip Girl. Postingannya sederhana, gak lebih 1 paragraf, bisa jadi 2 tapi gak lebih dari 500 kata (hahaha).

Blog Gossip Girl ini ngehits banget dan jadi andalan pemburu gossip socialita New York. Selain karena beritanya up to date, postingannya kerap dilengkapi foto. Yaah, meskipun konten gosip tapi kan gak mau dianggap nyebarin hoax. Gak cuma foto, di blog Gossip Girl pun menyelipkan video pendek sebagai bukti nyata. Diluar ceritanya, gue jadi belajar banyak dari serial Gossip Girl dari season 1 - 6, bahwa ternyata satu postingan itu selain text, akan lebih akurat, terpercaya dan menarik perhatian jika menggunakan foto dan video. 


Laptop Ringan Tipis


Konten Visual Agar Blog Tambah Menarik

Makin ke sini, gue makin sadar bahwa untuk membuat agar konten di blog kita itu berguna untuk orang lain, kadang kata-kata itu itu tidak cukup kuat untuk menggambarkan apa yang kita rasakan, lihat dan alami. Dibutuhkan konten visual agar pengalaman tersebut lebih ngena di hati dan pemikiran pengunjung blog kita.

Harus diakui, kadang mata capek aja kan ya ngeliat teks melulu. Lagipula ternyata otak kita ini memproses konten visual 60.000 kali lebih cepat daripada informasi teks. Nah, apa aja konten visual itu?

      1.     Foto

Menurut salah satu penelitian  yang dilakukan oleh Buffer, sebuah social media management, ditemukan bahwa konten yang dilengkapi dengan foto 40x lebih besar kemungkinannya dishare di social media dibanding yang gak pake foto. Kembali ke pembelajaran dari Gossip Girl, foto juga bisa menjadi bukti nyata dari apa yang kita bicarakan.

Lalu fotonya seperti apa? Asal jepret bisa aja, tapi emang tega sama mata pembaca blog kamu? Ada beberapa hal yang memang harus dipersiapkan dan diperhatikan khususnya untuk foto produk misalnya komposisi, pencahayaan, sampai editing. Agak ribet emang. Tapi yakinlah, usaha gak akan mengkhianati hasil.

Baca juga : Tips Food Photography Untuk Pemula 

Jika butuh foto berkualitas sebagai ilustrasi postingan, bisa juga didapatkan secara gratis. Namun ingat, jangan asal comot aja dari Google. Ada beberapa situs penyedia foto gratis tanpa copyright, hanya perlu mencantumkan credit kepada fotografer dan situs penyedianya saja. Rekomendasi gue adalah situs Pixabay, Pexels dan Unsplash. Tinggal ketik aja tema foto yang kamu cari di kolom search (misal: blogging), ntar muncul deh banyak pilihan gambar yang bisa kamu pilih. 


vlog banyak viewer
Photo by Kaboompics .com from Pexels

2.  Infografis

Infografis adalah gabungan teks dan gambar untuk meringkas isi postingan yang cukup panjang. Konten kamu terlihat kreatif dan enak di mata tanpa meninggalkan kata-kata. Gampang dishare pula ke sosial media.

Untuk yang satu ini, emang agak susah-susah gampang juga buatnya. Susahnya lebih kepada mendisain tata letak teks, gambar dan perpaduan warnanya. Gampangnya adalah, kamu bisa membuat infografis sendiri melalui Photoshop atau Power Point. Ikon dan vektornya bisa didapatkan di situs Freepik secara gratis dan atau berbayar.

Baca juga : How To Write Creative Content Blog 

Tapi kalau lu gak mau repot-repot, saat ini sudah banyak situs penyedia layanan templates infografis baik yang berbayar maupun yang gratis. Situs langganan gue adalah Canva, Piktochart, Venngage. Tinggal pilih templatenya, trus geser, tempel, ganti teks, jadi deh! 


cara viewer youtube banyak
Salah Satu Infografis Yang Dibuat Menggunakan POWER POINT dengan Vektor dan Ikon dari Freepik

3. Video

Saat ini video memang jadi salah satu andalan karena kita seakan-akan berada di tempat yang sama dengan pembuat videonya. Sama seperti dengan menonton televisi, ini dikarenakan pada video ada gambar bergerak dan ada suara. Sehingga experience itu lebih berasa.

Faktanya postingan yang memasukkan video menarik 3x lebih banyak inbound dari postingan link biasa. Serunya lagi, video yang kita unggah ke YouTube Channel pun bisa dishare ke berbagai sosial media. Ibaratnya sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. (iyah, ini pepatah beneran. Lu ngarep plesetan kan ya? Hahaha).  Di bawah ini adalah video yang aku upload ke YouTube channel Vita Masli sebagai pelengkap postingan Youtube Creator's Day in Makassar, Workshop Sehari Jadi YouTubers. 




Pembuatan video agak lebih sulit tapi gak lebih ribet dibanding foto dan infografis. Kameranya bisa apa aja, mulai dari kamera smartphone, kamera poket atau kalau ada modal yah kamera Mirrorles/DSLR. Setelah merekam, agar tampilannya layak siar biasanya harus diedit dulu. Untuk itu harus menggunakan aplikasi video editor. Memang harus belajar lagi sih, tapi sekali lagi ya, belajar itu gak rugi pemirsah! 


Video yang gue edit pakai Adobe Premiere CC 

Toh sekarang sudah banyak aplikasi video editor yang gampang dalam penggunaannya. Rekomendasi gue untuk pemula adalah Filmora dan Movavi Movie Editor. Untuk upgrade skill, besok-besok sudah bisa pakai Adobe Premiere CC agar tampilan video bisa lebih ciamik. 

Perangkat Pendukung Konten Visual Blog Kamu

Untuk proses pembuatan konten visual tersebut, tentunya gak cuma aplikasi atau situs di internet aja yang kita butuhkan. Ada perangkat pendukung utama yang mumpuni agar kerjaan kita lebih gampang. Gak lain gak bukan adalah komputer baik itu berupa PC ataupun laptop. Gue sih lebih memilih laptop, kenapa? Selain lebih ringkas, mudah dibawa ke mana-mana, gak makan tempat dan yang paling jelas sih : tahan kerja keras dan awet!


Laptop ringan buat edit video


Ya bukan apa-apa, konten visual itu memerlukan laptop yang kuat secara performa agar dapat digunakan secara maksimal. Tau dong, gambar dan video itu memori dan processor yang handal. Selain itu, layar juga harus enak dipandang mata karena kita akan lebih lama mengedit foto dan video dibanding nulis teks biasa. Dari segi desain harusnya sih gak malu-maluin yah ditenteng ke mana-mana. Gak boleh berat juga, kan kita orangnya mobile. Ngeupdate blog butuh refreshing cyn.. nongkrong di cafe sekali-kali boleh dong!

Untuk itu pilihan gue jatuh pada laptop yang satu ini :

ASUS VIVOBOOK A407 MEMBUAT KONTEN BLOG KAMU LEBIH MENARIK


Laptop ringan murah


Bukan apa-apa, gue emang dari dulu sudah pake ASUS sejak 2011. Boleh dikata, laptop ASUS sudah membantu gue mengupdate postingan blog sejak gue memutuskan untuk serius ngeblog di tahun 2012. Bisa diliat deh postingan blog gue sejak 2012 itu gak cuma melulu teks, tapi ada foto, infografis dan videonya. Sampai sekarang masih awet, gila gak tuh? Jadi gue percaya-percaya aja lah sama kemampuan ASUS.

Apalagi makin ke sini teknologi yang diusung ASUS emang sudah gak main-main deh. Coba liat aja ASUS VIVOBOOK A407 ini, spek nya sudah bikin ngiler :


Lebih rinci kalau diulik, makin bikin tertarik.

Laptop Ringan Murah


Sumpah, pengen banget punya ASUS VivoBook A407 ini. Harganya Rp.6.499.000 gaes! Ini cukup masuk akal untuk spesifikasinya yang sudah bisa mendukung pembuatan konten grafis dan video. Ketangguhan yang ditawarkan oleh ASUS juga gak main-main. Boleh banget nih jadi pilihan perangkat pendukung kita sebagai kreator untuk membawa konten kita ke level yang berikutnya. 

Jadi gimana, sudah siap untuk membuat blog kamu berkualitas dan makin menarik? Kasi tahu gue ya  apa yang sudah dilakukan sejauh ini di kolom komen di bawah. 

You Might Also Like

20 comments

  1. selamat berlebaran.. :)

    dan selamat berlomba tentunya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat lebaran juga mas. Terima kasih.

      Delete
  2. Aikhirnya asus kasih keluar lagi produk barunya. Bagusnya itu kak videonya, kapan-kapan ajari dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih perasaan lebih jago jako dek hehehe.

      Delete
  3. Produk ASUS memang bobotnya enteng,, sangat recommended buat bloger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas Viktor. Worth to have lah!

      Delete
  4. Iya, sih, di mana-mana disarankan untuk memperkuat visualisasi di blog. Setengah mati buat saya belajarnya :)

    Mau ka' tanya, Vita:
    Adobe Premiere CC --> kayaknya harus bagus ya spesifikasi laptopnya, yang mendukung grafis begitu? Kalau yang standard sepertinya ndak memadai ya?

    Oya, makasih tipsnya, Vita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk adobe premiere CC spec nya :

      Multicore processor with 64-bit support
      Microsoft Windows 7 with Service Pack 1 (64 bit) or Windows 8.1 (64 bit), or Windows 10 (64 bit). However Windows 10 is recommended
      Supporting Windows 10 Creator Edition & Dial
      8 GB of RAM (16 GB or more recommended)
      8 GB of available hard-disk space for installation; additional free space required during installation (cannot install on removable flash storage devices)
      1280x800 display (1920x1080 or larger recommended)
      Sound card compatible with ASIO protocol or Microsoft Windows Driver

      Delete
  5. sangat berguna bgt tipsnya buat saya.. mkasih

    ReplyDelete
  6. Makasih artikelnya.Yg sudah saya lakukan? Baru mulai belajar ngeblog ditengah kesibukan mengajar dan kuliah.Semangat..semoga bisa mraktekin tipsnya mbak Vita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiien. Wih keren! Ngajar sambil kuliah tapi masih aktif ngeblog. Semangat mba!

      Delete
  7. Good share Vita.... makasih ya infonya. Visualisasi blog memang sangat penting ya, ini menarik perhatian pembaca atau pengunjung blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak.. ada orang yang lebih suka liat gambar daripada huruf. Jadi kita harus bisa menarik perhatian orang-orang seperti ini juga.

      Delete
  8. saya fokus ke tipsnya ya mbak. hehe

    ReplyDelete
  9. Saya juga pakai ASUS meski bukan tipe ini, mba. Awet memang. Kalaupun ada masalah tinggal reinstall beres :D

    ReplyDelete
  10. biar konten berkualitas, peralatan perangnya juga harus berkualitas yaa mbak

    ReplyDelete
  11. Enam setengah jetong, hampir 2x lipat dari Asus guweh, haha... Konten yang berkualitas, kalau buat saya bukan masalah penting atau tidak, tapi harus. Ketika membaca review yang lengkap pastinya lebih enak. Apalagi dilengkapi dengan foto atau video pendukung ya.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.