HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih - Ngobrol Sehat Bebas Worry di Makassar



Haid, Menstruasi atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala. Dimulai dari usia remaja sampai menopause.Umumnya sebulan sekali dengan rentang 3 – 7 hari. Setiap bulan kedatangan tamu spesial ini, seringkali membuat kita para wanita kurang memperhatikan detailnya. Asalkan masih di tanggal biasa, gak nyeri yang bikin kita ambruk, gak kebanyakan dan gak terlalu sedikit, biasanya kita mah santai aja kayak di pantai. Padahal, namanya juga tamu spesial, di kala haid datang harusnya persiapan kita harus maksimal. Supaya apa, buibu? Ya supaya organ reproduksi tetap sehat. Kita pun nyaman dibuatnya. Bebas worry gitu..

Memangnya ada ya hubungannya antara haid dengan kesehatan organ kewanitaan? Adaaaa banget lohh, mba-mba cantik.  

Jadi gini ceritanya, beberapa waktu lalu aku datang ke Event HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih - Ngobrol Sehat Bebas Worry di ON20 Bar and Dining Sky Lounge, Makassar. Alhamdulilah banget, event nya diadakan pada tanggal 8 Juni, dekat-dekat wiken dan cuti bersama lebaran. Jadi aku bisa deh terbang ke Makassar setelah tugas negara di Mamuju. 



Meskipun aku agak telat tiba di venue, gak rugi aku bela-belain datang ke event ini. Tiga orang nara sumber khusus dihadirkan untuk para blogger/vlogger dan penggiat media sosial  perempuan di Makassar. Ada Ashri Rizqky Rabani, seorang content creator yang aktif di YouTube dan Instagram. Kemudian ada dr. Bram Pradipta, SpOG dokter spesialis kebidanan dan kandungan  dan mewakili Softex ada Anastasia Erika selaku Brand Manager Softex Daun Sirih. Dipandu seorang MC, ngobrol sehat bebas worry tentang pentingnya organ reproduksi. 



Ngobrol Sehat Bebas Worry 

Ashri sebagai seorang conten creator sehari-harinya sangat sibuk beraktifitas. Seringkali ia merasa area kewanitaannya lembab karena outfit yang sering digunakannya adalah legging atau stocking. Ketat dong yaaa.. Nahh ini dia nih yang diakui Ashri sebagai penyebab ketidaknyamanan area kewanitaannya. Untuk mengatasinya Ashri menggunakan Pantyliner. Sedangkan jika tamu bulanan datang berkunjung, tentu saja Ashri menggunakan pembalut. Tapi yah gitu.. kadang-kadang agak ganggu juga sih kalau harus gonta ganti pembalut, akunya.

Akuu pun mbaaa.. Aku pun...

Kadang-kadang saking merasa nyaman dengan pembalut yang dipakai atau kesibukan yang dijalani, ingat ganti pembalut kalau sudah buang air kecil aja. Kamu juga gitu gak? Ternyata itu gak boleeehhh sodara-sodara. 

Dari Kiri ke Kanan : Ashri Rizqky Rabani, Anastasia Erika , dr. Bram Pradipta, SpOG  

dr. Bram Pradipta, SpOG mengatakan perempuan perlu mengganti pembalut atau panty liners sesering mungkin, setidaknya setiap tiga jam sekali. Darah haid pada pembalut bisa mengakibatkan bakteri gampang berkembang biak. Jadi jangan kelamaan gak diganti ya, ladies!

Selain itu bapak dokter yang ganteng ini juga mengingatkan kita untuk penggunaan celana dalam. Sebaiknya menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat. Jangan lupa ganti celana dalam dan baju usai berolahraga dan satu lagi, sebaiknya tidur tanpa celana dalam agar organ kewanitaan kita bisa bernafasss dengan bebas
  
Rempong amat, sis..

Eits, jangan salah! Hal-hal kecil seperti ini ternyata bisa menghindarkan organ kewanitaan kita dari kelembaban. Sudah tahu kan kalau kelembaban bisa memicu keputihan? Keputihan memang dapat terjadi dalam kondisi normal yaitu ketika ketika stres atau perubahan hormon seperti saat hamil, atau sebelum/sesudah menstruasi. Namun jika konsistensi dan kekentalannya berubah, gatal, berbau dan berwarna itu berbahaya. Ini bisa menjadi indikasi kanker ovarium. O.. My .. God! Amit-amit!

Oleh itu diingatkan sebaiknya perlu merawat organ kewanitaan kita lebih maksimal dengan cara :

  1. Menjaga kelembabab area kewanitaan dengan mengeringkannya setelah buang air kecil/besar.
  2. Menggunakan pembersih area kewanitaan tanpa pewangi dan bahan kimia. Sebaiknya gunakan yang berbahan alami seperti air rebusan daun sirih, seperti kata ibu ibu kita dulu. Air rebusan daun sirih ini terbukti bersifat antiseptik, loh.
  3. Jangan douching alias menyemprotkan cairan kimia ke dalam area kewanitaan kita. Meskipun douching itu dimaksudkan untuk membersihkan, tetap aja kalau cairan dengan bahan kimia itu berbahaya bagi area kewanitaan kita yang sensitif (seperti orangnya).
  4.  Basuh vagina sebelum dan sesudah berhubungan intim (bagi yang sudah berkeluarga yaa..).
  5.  Jangan mencukur abis bulu di area kewanitaan. Fungsi bulu-bulu di area tersebut sebenarnya untuk memprotect organ kewanitaan kita dari bakteri atau kuman. Cukup dirapikan dan dicukur seperlunya aja, jangan dibabat habis (hutan kali!). Gak mungkin lah Allah menciptakannya jika gak ada gunanya, yes?

Selain menjaga organ kewanitaan kita dengan cara merawat, penting juga untuk menggunakan pembalut atau pantyliner yang dapat menjaga kita tetap dapat beraktivitas dengan nyaman dan tetap sehat. Caranya dengan memilih pembalut atau pantyliner yang tidak berparfum, gak bikin alergi dan iritasi serta memiliki kandungan bahan alami. 

Inilah yang kemudian dibahas oleh mba Anastasia Erika . Dari pembahasan mba cantik ini, ternyata pembalut yang nyaman gak sekedar bisa menyerap haid namun juga gak berbau dan menjaga kita dari bakteri. Namun, meski nyaman dipakai jangan lupa untuk mengganti pembalut atau pantyliner setiap 3 jam sekali demi kesehatan organ kewanitaan kita, gengs!

SOFTEX Daun Sirih, Teman Bulanan yang Membuat Nyaman

Bicara tentang haid dan pembalut, pasti gak jauh-jauh dari kata Softex. Sebagai merk pembalut dari jaman kapan tahu, kebanyakan perempuan kalau nyebut membicarakan pembalut malah nyebut ‘Softex’ dan bukannya pembalut. Gak salah sih, aku juga mengenal Softex sejak haid pertama di kelas dua SMP. Meski sempat berpaling beberapa tahun untuk mencari yang lebih tipis dan lebih nyerap, nyatanya aku balik lagi menggunaan Softex gara-gara ini : SOFTEX Daun Sirih. 



Pertama, aku penasaran aja apa bedanya dengan pembalut lain yang sudah ada dan produk terdahulu Softex. Kedua, Daun Sirih sudah terkenal dari jaman nenek ke mamah aku sebagai pencegah penyakit yang menyerang organ kewanitaan seperti keputihan. Ketiga, yah mereknya lah! Sudah jaminan mutu. Terdaftar di BPOM, mempunyai label HALAL dari MUI serta Hypoallergenic dan dermatologist tested. Alhamdulillah ya, aman!



Varian Softex Daun Sirih

Softex Daun Sirih seperti tahu banget ya masing-masing wanita itu memiliki tipikal haid masing-masing. Ada yang haidnya sedang, ada yang volume haidnya banyak. Saking banyaknya ada loh teman aku yang tiap kali pakai pembalut menyambung dua pembalut menjadi satu.  Ada juga pas malam hari haidnya malah banyak banget sampai merembes ke mana-mana. Haduh! Senangnya, Softex Daun Sirih menghadirkan varian sesuai kebutuhan kita, gengs! 

SOFTEX DAUN SIRIH - PEMBALUT SLIM REGULER FLOW 

Bagi kamu dengan volume haid ‘sedang sedang saja’ , Softex Daun Sirih menghadirkan series Slim Regular Flow. Ukuran 23 cm dan tersedia dalam dua kemasan wings dan non wings. Aku biasanya lebih suka yang non wings, tak bersayap, tak sempurna.. tak rupawan.. (you sing you loose!). 



SOFTEX DAUN SIRIH - PEMBALUT SLIM HEAVY FLOW

Varian ini diperuntukkan bagi wanita dengan volume haid yang lumayan banyak. Ukurannya 29 cm biasanya kugunakan di hari kedua saat haid lagi banyak-banyaknya. Tersedia dalam dua tipe juga, wings dan non wings. Kamu tahu kan pilihanku?  



SOFTEX DAUN SIRIH - PEMBALUT SLIM EKSTRA HEAVY FLOW  

Ini dia yang cocok bagi wanita yang volume haidnya lancar jaya. Ukurannya lebih panjang daripada dua varian sebelumnya yaitu 36cm. Aku biasanya menggunakan ini disaat beranjak tidur karena ukurannya yang panjang bisa melindungi dari insiden celana dalam atau seprei bernoda. Tersedia pula dalam dua tipe wings dan non wings. 



SOFTEX DAUN SIRIH - PANTY LINERS  

Jika haid menipis namun belum bersih juga dan masih menyisakan bercak-bercak cokelat gitu, aku lebih memilih menggunakan pantyliner. Biasanya di hari terakhir periode haid. Bisa juga digunakan saat menjelang haid dan sedang banyak beraktivitas, Biar nyaman aja, Softex Daun Sirih menyediakan Panty Liners Reguler dengan panjang 15 cm isi 30 pads dan 20 pads. Tidak lupa untuk kamu yang aktif bergerak ada varian Longer & Wilder dengan panjang 18 cm isi 30 pads.  



SOFTEX DAUN SIRIH - PEMBALUT 3 in 1

Nah kalau yang ini gak ada di goodie bag sih, tapi aku pernah sekali beli untuk kepraktisan aja. Isinya lengkap, 3 varian Softex Daun Sirih terdiri dari 4 pads regular flow, 6 pads 6 pads heavy flow dan 6 pads extra heavy wing plus 2 panty liners. Kalau aku bilang sih, ini paket hemat bisa buat sekali periode haid dan juga bisa dijadikan hadiah. Coba deh! 



Flatlay Fotography Mini Workshop

Setelah obrolan dengan 3 narasumber handal tadi, masih ada lagi nih yang dipersiapkan Hij Up dan Softex untuk para undangan. Ternyata ada mas Sandy Geta! Tahun lalu aku sempat menghadiri event fotografi dengan narasumber mas yang satu ini, makanya berasa familiar aja melihatnya lagi. Ngapain mas Sandhy ada di event ini? Apa dia pakai Softex Daun Sirih atau ingin meggunakan HijUP ? 

Oooww tentu tidak.. malu ah ama kumis!



Sandhy Geta ini adalah fotografer dan food stylish di Makassar dan Bogor. Makanya sore menjelang buka puasa itu kami diajarin deh foto flat lay. Itu loh gaya fotografi dengan cara membidik beberapa objek, baik makanan, produk, dan lainnya melalui jepretan kamera dari atas ke bawah lurus 90 derajat.  Mas Sandy gak banyak ngasih teori sih, langsung praktek aja dengan menggunakan properti yang ada di sekitar kami.  


Stylenya juga terserah masing-masing peserta. Mau yang clean, minimalis, preppy, terserah deh! Dikondisikan saja. Gadgetnya pun terserah, mau pakai kamera mirrorless atau DSLR bisa, kamera smartphone pun gak masalah. Intinya, perhatikan komposisi gambar, pencahayaan dan sisanya diedit menggunakan aplikasi. Menurut mas Sandy, aplikasi yang sering ia gunakan ada 3 yaitu Snapseed, Lightroom dan finishingnya menggunakan VSCOcam. Cukup simple dan bisa digunakan di smartphone.  



Belajar foto flat lay gak terasa membawa kami ke waktu berbuka puasa. Setelah berbuka puasa bersama sambil memandang indahnya cahaya lampu kota Makassar dari ketinggian lantai 20 hotel Ashton, akhirnya event Hijup Blogger Meet Up X Softex Daun Sirih di Makassar harus berakhir. Thanks banget loh Hijup dan Softex yang sudah mengundang aku. Informasi dan workshop foto flatlay nya sangat berguna sekali. Mudah-mudahan besok besok ada kesempatan lagi mengikuti event seperti ini.


VOUCHER BELANJA Dari HijUP Buat Kamu!

Sudah pernah menggunakan Jilbab dari HijUP? Aku sudah dong.. kan ada di goodie bag. Alhamdulillah ya, senangnya! Jilbab segi empat dari Hijup ini mudah dibentuk dan nyaman banget, gak bikin gerah. Paling penting sih tidak menerawang dan stylish abis! 

Kamu juga mau?  Aku ada voucher senilai Rp.50.000 dari HijUP yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja senilai minimal Rp.250.000 di website HijUP. Caranya klik  gambar di bawah dan jangan lupa masukkan  kode  HIJUPSFTXMKS sebelum check out barang belanjaan kamu. Masa berlaku kode voucher ini hingga tanggal 12 Agustus 2018, masih bisa buat dipakai belanja hijab ke arisan.  

 Voucher HijUP


Semoga informasi yang aku dapatkan dari event Hijup Blogger Meet Up X Softex Daun Sirih di Makassar berguna. Kamu sendiri sudah coba Softex Daun Sirih gak? Share dong pengalaman kamu di kolom komen.

You Might Also Like

0 comments

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.