Resep Masakan Rumah Khas Ramadhan : Pecel Bakso Tahu


Seperti yang kemarin-kemarin saya ceritakan di postingan terdahulu, sudah dua bulan ini aku jadi anak kost. Jauh dari rumah, kerjaan di kantor juga lebih banyak dibanding sebelumnya, membuat saya harus lebih kreatif dalam menentukan pilihan makanan. 

Apalagi di bulan Ramadhan seperti ini. Maunya sih gak pake ribet, biar lebih fokus ke ibadah. Tapi gak mau juga beli makanan jadi melulu. Gak mau keseringan juga makan masakan instan. Pengen makan masakan sehat sesuai selera. Mau gak mau ya harus masak sendiri meskipun gak jago-jago banget.  

Kebetulan, saya suka makan sayuran. Selain sehat untuk pencernaan, juga bagus buat kulit. Olahan sayuran kan banyak banget ya, mulai di buatin kuah, ditumis, tapi saya lebih suka kalau direbus biasa aja semacam Pecel, Gado-Gado atau Karedok. Praktis aja sih menurut saya, karena sayurannya tinggal direbus sebentar di air mendidih, diangkat, ditiriskan, terus disiram bumbu kacang deh.


Nah, sebenarnya saya tuh punya penjual Pecel langganan di Makassar. Biasanya, temen si Pecel daging empal dengan bumbu khas Jawa Timuran. Disantap dengan nasi putih hangat, mantaapp tenan.. Sayangnya, ketika saya ditugaskan di Mamuju, gak ada cabangnya. Memang sih ada penjual Pecel yang katanya ngehitz banget, tapi rasanya gak sama dengan rasa yang pernah ada. #eh

Baca juga : Hello, Mamuju!

Akhirnya saya memutuskan daripada saya ngeces aja mending saya buat sendiri Pecelnya untuk menu berbuka puasa. Lupakan empal daging! Saya gak mungkin bela-belain beli daging di pasar sekilo ( sekedar info, beli daging di pasar Mamuju minimal sekilo. Gak ada itu beli seperempat aja.) demi sepotong dua potong empal. Mending ganti aja dengan Bakso Tahu. 

Kenapa Bakso? Ya karena lebih mudah mendapatkan Bakso Kuah Instant So Good di mart dekat kos an. Praktis, enak pula. Saya suka banget beli ini kalau lagi pengen makan bakso tapi males ke mana-mana. Sudah gitu, produk So Good ini HALAL oleh MUI dan juga lulus uji BPOM. Insya Allah aman untuk semua. Sementara Tahu, selain mudah ditemui di lapak-lapak sayur dekat kost an, bukankah Bakso dan Tahu adalah jodoh tak terpisahkan?

Resep Masakan Rumah Khas Ramadhan :  Pecel Bakso Tahu

Bahan :
1 Ikat Bayam
1 Ikat Kangkung
Segenggam Tauge
3 Potong Tahu
1 Bungkus Bumbu Pecel Instant
1 Bungkus Bakso Kuah Instant Sapi So Good
5 sdm Terigu
Minyak Goreng secukupnya
Air secukupnya. 



Cara Membuat 
  1.  Cuci bersih Bayam, Kangkung, Tauge Potong-potong sesuai selera.
  2.  Belah dua (atau empat, sesuai keinginan saja) Bakso Kuah Instant Sapi So Good.
  3. Panaskan air hingga mendidih, masukkan Bakso, Tauge, Kangkung dan Bayam. Rebus sekitar 3 menit lalu tiriskan.   
  4. Cuci bersih Tahu dan potong sesuai ukuran Bakso. Sisipkan Bakso yang telah dipotong tadi ke dalam Tahu.
  5. Campurkan terigu dengan bumbu Bakso Kuah Instant Sapi So Good, aduk merata dengan air secukupnya.
  6. Lumurkan Tahu isi Bakso tadi dengan adonan terigu berbumbu Bakso Kuah Instant Sapi So Good hingga merata.  
  7. Panaskan minyak goreng.
  8. Goreng Tahu isi Bakso hingga matang dan kekuningan. Angkat dan tiriskan.
  9. Haluskan bumbu pecel instant dengan menambahkan air panas sedikit demi sedikit hingga didapatkan kekentalan yang diinginkan.
  10. Siram bumbu pecel ke atas rebusan Bayam, Kangkung, Tauge, Bakso dan Tahu Goreng isi Bakso So Good.

Gampang banget kan ya? Waktu pengerjaan juga gak begitu lama, hanya sejam. Untuk kamu yang sudah lebih mahir dari saya bisa jadi malah lebih cepat dan penampakannya bisa lebih ‘Wow’ dibanding hasil buatan saya. 



Namun yang jelas, makanan itu harus enak di lidah dan bikin puas yang makan. Alhamdulilah, Bakso Kuah Instant Sapi So Good yang digandeng dengan Tahu ini melengkapi rasa Pecel. Semacam makan Pecel dengan Batagor, perpaduan Jawa Timur dan Jawa Barat yang dibuat oleh orang Makassar Sulawesi Selatan dan disantap di tanah seberang, Mamuju Sulawesi Barat. Hihihi.. duh berasa  Bhineka Tunggal Ika. 



Mudah-mudahan Resep Menu Praktis Ramadhan Pecel Bakso Tahu ini bisa membantu kamu yang pengen berbuka puasa dengan menu rumahan yang gak ribet dan enak. Selain Bakso, varian lain dari series So Good siap masak adalah Chicken Nugget, Chicken Cuts, Wonton Soup Pangsit Udang Kuah dan Premium Chicken Sausage. Bisa jadi malah ada inspirasi lain dari kalian nih, yang bisa dishare. Boleh dong, dibagi di kolom komentar. 



Selamat memasak dan selamat menikmati.

Comments