Blogger atau Wordpress, Mana yang Lebih Baik?

Pertanyaan yang paling sering saya temui jika seseorang sudah mulai tertarik ngeblog adalah "Bagusnya pakai apa nih, Blogspot atau Wordpress?" Apalagi untuk rookie blogger (tsah.. kayak idol aja ada rookie nya) yang ingin serius ngeblog menentukan platform seperti menentukan mau ngekost di mana. Gampang aja sih kalau mau pindah, tapi kalau sudah ditata segala rupa kan males banget pindahan lagi ( hehehe.. analogi anak kost). 

Pertama-tama, kita bahas sedikit mengenai sejarah dua platform ini sebelum kita melakukan perbandingan terhadap biaya, desain, fitur dan pendukung lainnya.   




Blogger 


Blogger lahir pada 23 Agustus 1999 sebagai layanan penerbitan blog di Pyra Labs, yang merupakan raksasa mesin pencari, Google,  pada tahun 2003. Sejak itu, Blogger telah tumbuh dengan pesat seiring pertumbuhan Google sebagai mesin pencari. 

Dalam bentuknya yang paling dasar, Blogger adalah layanan blogging gratis seperti WordPress.com, yang membantu Anda membuat blog di subdomain seperti namaanda.blogspot.com. Misal, blog pertama saya di Blogger adalah : http://bittersweet-me.blogspot.com . Loh, katanya Blogger kok domainnya blogspot? Yang bener yang mana nih? 

Sebenarnya gak perlu terlalu dipermasalahkan sih  tentang nama domain blogspot.com, Blogger dan Blogspot hanyalah sinonim untuk layanan blogging Google. Meskipun pada akhirnya lebih banyak yang menyebut blogspot sebagai platform dan Blogger sebagai orang yang ngeblog. It doesn't matter. Ini sama saja nyebut merk A*ua saat mesan air mineral walaupun kemudian yang dianterin ntar merk lain. Hehehe.

Untuk membuat blog di Blogger hanya memerlukan email gmail (Google Mail). Dalam satu menit, dan tanpa mengeluarkan sepeser pun, kita bisa meluncurkan blog sederhana di Blogger dan mulai berbagai konten sesuai keinginan kamu.  Tapi karena Blogger adalah milik Google, artinya pengguna harus mematuhi kebijakan konten dan persyaratan layanan (TOS) mereka. 

Ekstrimnya sih seperti ini, situs blogger pengguna bisa 'ditenggelamkan' Google ketika pengguna melanggar TOS atau kebijakan Google apa pun, baik itu disengaja atau tidak. Kalau kamu punya niat jelek misalnya ngespamm atau yang lebih parah nyebarin hoax, meneror atau niat jahat lainnya Google gak segan-segan ngeblocked bahkan menghapus blog kamu. Namun jika sesuai aturan dan memiliki niat yang baik tentu saja tidak masalah. Lagian ngapain juga sih buat blog yang aneh-aneh, ya gak?

Wordpress 

Berbeda dengan Blogger, awalnya WordPress dimulai pada 24 Januari 2003 oleh Matt Mullenweg yang memutuskan untuk membeli b2 / cafelog untuk mengakomodasi kebutuhan blogging-nya. Empat bulan kemudian pada tanggal 27 Mei, Matt dan kontributor lainnya merilis versi pertama WordPress. 

Sama dengan Blogger, untuk mendapatkan subdomain blog di Wordpress sangat mudah. Setelah memiliki blog di Wordpress, pengguna dapat membangun situs apa pun yang diinginkan. Bedanya adalah WordPress menawarkan kendali mutlak atas situs web dan konten pada pengguna. Kita yang memiliki konten kita sendiri, dan tidak ada yang dapat melarang atau menghapus situs kita.

Blogger atau Wordpress, Mana yang Lebih Baik? 

Banyak pengguna menyukai Blogger karena ada lebih sedikit gangguan teknis, dan banyak pengguna menyukai WordPress karena kekuatan dan fiturnya yang meningkat. Khususnya templatesnya banyak yang lucu-lucu. Gak seperti Blogger yang lempeng... aja gak banyak perubahan (hiks).  Tentu saja, untuk menentukan kamu lebih sreg sama yang mana gak cuma hanya sekedar dengerin apa kata orang karena preferensi dan selera tiap blogger tuh beda-beda. 

Sebagai pengguna dua platform ini saya melihatnya seperti ini : 

Pro and Con Blogger 

Platform Blogger (alias BlogSpot) sangat berguna ketika kita hanya ingin memulai sebuah blog untuk berbagi pemikiran kita saja. Saat kita tidak ngeblog untuk uang, atau kamu memerlukan platform sederhana yang tidak memerlukan pengetahuan teknis, BlogSpot benar-benar pilihan yang tepat (duh kayak kata mba-mba di kedai Pizza ya?). 

Meskipun ada banyak keterbatasan dalam hal fungsionalitas seperti templates bawaan yang gitu-gitu aja, saya pikir kalau buat tulisan sederhana aja sih gak masalah ya. Banyak kok contoh blog yang isinya menarik dan berbasis blogspot. Contohnya blog A Cup Of Tea nya Gita Savitri. Isinya menarik meskipun templatesnya ngambil bawaan Wordpress. Conten is the king, but tampilan juga harus menarik dong.. 

Pada saat yang sama, jika kamu ngeblog untuk uang, membangun otoritas, atau untuk personal branding, Blogger bukanlah pilihan ideal. Ini karena kontrol kita terbatas pada visibilitas di mesin pencari, dan ketika kamu ingin menambahkan fitur baru pilihannya menjadi terbatas. 

Bagaimana dengan SEO? Setelah membaca berkali-kali postingan master-master SEO, kesimpulan saya meskipun Blogger adalah produk Google yang berarti memberikan lebih banyak manfaat SEO, ternyata tidak sepenuhnya benar. Mau kita menggunakan WordPress, Blogger, atau platform lainnya, SEO ditentukan oleh cara kita mengkonfigurasi situs agar dapat didetect oleh  mesin pencari. CMIIW. 

Singkatnya, kalau kamu membuat blog tanpa alasan lain selain ingin menulis, ya sudah pakai Blogger aja. Cara membuat blognya pun cukup sign up dengan menggunakan email gmail, tentukan nama subdomain, pilih template dan voila! Jadi deh. Namun untuk menghasilkan uang atau menciptakan dampak jangka panjang, mungkin kamu bisa melirik platform WordPress. 

Pro and Con Wordpress

Berbeda dengan Blogger, Wordpress memberi kontrol penuh atas blog kamu, dan kamu bisa secara teknis melakukan apa pun yang kamu mau. Kamu menghosting file kamu sendiri, dapat mendesainnya sesuka kamu, dan dapat menggunakannya untuk tujuan apa pun (pribadi atau profesional). 

Kamu juga mendapatkan kontrol penuh atas SEO termasuk menambahkan plugin SEO untuk membuat blog Anda lebih SEO friendly. Pokoknya WordPress itu ibarat ibu kos yang membiarkan kamu melakukan semua yang kamu pengen lakukan.

Tetapi pada saat yang sama, kita terpaksa perlu mengelola blog kita sendiri. kamu perlu menginstal WordPress di server sendiri dan hal-hal teknis lainnya. Tampak ribet namun tidak perlu khawatir karena pada komunitas WordPress dukungan untuk mempelajari semuanya dalam waktu singkat itu tersedia. Jika kamu berencana untuk membuat blog untuk menghasilkan uang, sebaiknya gunakan blog WordPress yang dihosting sendiri. 

Cara membuat blog di Wordpress pun sama mudahnya dengan membuat blog di Blogger. Email yang digunakan pun gak harus gmail, apapun boleh. Lebih lengkapnya bisa kamu baca di hostinger.co.id/tutorial/cara-membuat-blog-di-wordpress/ sekalian bisa lirik-lirik gimana ngehost blog Wordpress kamu. 

Kesimpulannya... 


Jika kamu seorang penulis yang ingin menjadi blogger hanya untuk sekedar hobby, Blogger adalah pilihan terbaik untuk kamu. Sementara kalau kamu pengen menjadikan aktivitas blogging lebih serius, mempertimbangkan memiliki blog di Wordpress mungkin lebih baik. Apalagi jika ingin memiliki domain blog sendiri dengan nama yang kamu sukai. Fiturnya pun lebih banyak, kontenmu pun bisa lebih menarik. 

Bukan berarti blog yang berbasis Blogger tidak bisa dijadikan domain sendiri. Bisa aja. Blog saya ini salah satu contohnya. Hanya saja yah itu, sedikit banyak ada beberapa hal yang menurut saya sudah bikin saya nyaman di Blogger. Meskipun kalau lihat blog temen-temen lain yang berbasis Wordpress pengen dipindahin juga sih.. Hehehe.. (dasar labil!). 

Nah, makanya mudah-mudahan postingan ini bisa memberi kamu sedikit pencerahan ya milih 'rumah' yang tepat buat blog kamu. Blogger atau Wordpress, menurut kamu mana yang lebih baik? Share di kolom komen ya! 

You Might Also Like

18 comments

  1. Blogku pakai platform Wordpress, Mba. Dan belum pernah coba yang Blogspot. Pakai WP nyamannya tampilan bisa lebih clean karena bebas dari iklan yang bersliweran. Sejauh ini aku nyaman dengan WP :).

    ReplyDelete
  2. Masih setia dengan blogger. Aku orangnya gaptek, mba.

    ReplyDelete
  3. Mending blogspot. Cuma bayar dotcomnya aja

    ReplyDelete
  4. Memang lebih bagus wordpress sih tapi gak tw knp gak bisa lepas dari blogger hehe

    ReplyDelete
  5. Buat saya, wordpress lebih powerful. sayangnya, wp dot com ga bisa langsung custom domain. Jadinya saya pakai blogspot buat blog pribadi, hehe.

    ReplyDelete
  6. Aku lebih nyaman pake WP mba, mau ngapa-ngapain bebas heheheh

    ReplyDelete
  7. Blogger vs Wordpress selalu menarik untuk disimak walaupun udah sering baca artikel sejenis, tapi topik ini memang tak lekang oleh jaman.

    Saya sendiri memilih menggunakan Blogger dengan pertimbangan:
    1. Tujuan ngeblog, dan
    2. Budget

    😄

    ReplyDelete
  8. Kalau untuk plugin ini-itu, aku prefer Wordpress, tapi yang self-hosted. Kalau Wp gratisan, terbatas banget. Kalau yang gratis dan simple, aku prefer Blogger.

    ReplyDelete
  9. saya nyamannya sama blogspot.. wordpress masih terbata-bata soalnya :)

    ReplyDelete
  10. Sebelum punya wordpress self hosting, saya pernah punya di blogspot malah lebih dari 2 alamat hahaha. Tapi terbengkalai...
    setelah itu saya mulai serius ketika buat di wordpress gratisan, akhirnya menggunakan wordpress beli domain dan hosting sendiri. Lika liku dunia ini :))

    ReplyDelete
  11. Thankyou mba, jadi punya jawaban kalau ditanya lagi enakan blogger atau wordpress?

    Saya pribadi lebih nyaman di blogger, karena nggak punya banyak waktu untuk utak-atik. Fokus di konten dan kerapihan template aja.

    ReplyDelete
  12. Makasih mba sharingnya. Bermanfaat banget buat newbi kaya saya.

    ReplyDelete
  13. wah wah wah bahasannya menarik nih, bikin aku bimbang untuk setia atau tidak dengan blog bawaan google wkwkwk.. secara pribadi aku lebih nyaman sama blogspot (sekarang udah TLD sendiri) meskipun diakui wordprss emang lebih cantik. tapi benear juga buat pemula memang cocoknya blogspot dlu, aku punya wordpress dan sekarang masih kosong karena masih pelenga pelengo beda rumah haha...
    fix setelah membaca tulisan ini aku akan tetap setia sama blogspot, dan akan membuka cabang lagi di wordpress... dari pusing hijrah bikin lagi aja. tks for sharing

    ReplyDelete
  14. Saya pengguna WordPress dgn domain & hosting berbayar. Lucu2 sih plugin & template di WP, sampe kadang bingung alias maruk pengen install ini itu pdhl ga perlu juga. :-D Cuma masih ribet dgn urusan SEO dan gimana caranya meningkatkan traffic. Pdhl udh dilakukan sih hal2 yg di-suggest sama suhu2 SEO. Nulis aja masih belajar.. Hahahah >.<

    ReplyDelete
  15. saya sekarang pakai wix. Karena di platform ini saya bisa bebas membuat tampilan yang menarik.. .
    silakan main ke web saya... www.nomilknocry.wixsite.com/nomilknocry
    terima kasih

    ReplyDelete
  16. Saya pilih blogspot, krn simple banget, gak ribet. Loadingnya juga cepet, kn gak kebanyakan plugin aneh2. Wkwkwk...

    ReplyDelete
  17. aku dulu pemakai wordpress, trus karena biaya hosting wp lumayan mahal dan kapasitasnya juga terbatas akhirnya aku pindah ke blogspot. Awalnya sih sempat kesulitan tapi sekarang sudah terbiasa. Yang nyebelin dari blogspot ini aplikasi ponselnya jelek banget. nggak bisa buat apa-apa

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.