Tips #AsikTanpaToxic Agar Tak Gampang Ngedrop dan Stress Gara-Gara Kerjaan


Hai semua! 

Gimana aktivitas kamu di Bulan Agustus ini? Banyak kegiatan gak? Agustus tahun ini memang banyak banget ya perayaan dan kemeriahan. Pertama tentu saja Hari Kemerdekaan RI. Saya yakin gak di RT/RW, kantor sampai senasional pun ada banyak kegiatan yg disiapkan untuk merayakannya. Mulai dari lomba-lomba personal yang lucu-lucu sampai lomba beregu yang membutuhkan kekompakan dan team work. 

Kedua, Idul Adha. Lebaran kurban tahun ini jatuh beberapa hari setelah 17an. Habis gerakin badan ikut lomba 17an, diserbulah kita dengan masakan daging-dagingan. Meskipun persiapan lebaran Idul Adha itu biasanya gak seheboh Idul Fitri, tetap aja ada persiapan dong ya.. especially buat buibu gimana caranya mengolah daging dan semacamnya. 

Ketiga, Asian Games.  Meski gak bertanding seperti atlit-atlit nasional yang berjuang di cabang olahraga masing-masing, sebagai rakyat Indonesia kita ikut mendukung mereka dengan nonton pertandingan baik itu live di arena atau lewat televisi dari gelanggang ke gelanggang (baca:mindahin channel tv). Euphoria Asian Games bikin banyak orang tiba-tiba pengen main bulu tangkis padahal aturan main aja gak ngeh. Tiba-tiba pengen nyoba manjat tebing dengan semangat "manjat pagar sekolah dulu aja gue bisa kok..". Bahkan ada yang niat pengen jadi atlit bridge makanya curi-curi maen bridge online di komputer kantor sebelum akhirnya ke gap kepala HRD. 

Tambahan buat saya, kantor tempat 'mendulang sekeping emas, 3 perak, 4 perunggu' ini merayakan hari jadinya di bulan Agustus ini. Hari jadi ini hanya selang dua hari dari Agustusan. Lima hari setelahnya, kantor pusat pula yang berulang tahun. Kebayang dong total 3 perayaan hari jadi yang diperingati, 17an, hari jadi kantor, hari jadi kantor pusat. Diluar itu secara beban kerja pribadi, sementara ini saya harus megang dua divisi karena sesuatu dan lain hal. Tantangannya jadi dua kali lipat tapi saya berusaha gak mengeluh. How can I complain if I love this job? Tsah.. 




Anyway, memanage kesejahteraan pegawai sekaligus menjaga kedisiplinan bekerja dan mensupport perlengkapan pekerjaan memang gak mudah. Gak banyak yang (mau) tahu gimana jungkir baliknya team di belakang layar agar kerjaan sehari-hari dan event off air perayaan hari jadi bisa terselenggara dengan baik. Seberusahanya kita untuk mempermudah dan melancarkan segala urusan,tetap saja kita gak bisa membuat semua orang bahagia. Saya pikir, di antara kalian juga pernah ada yang mengalami hal yang sama.

Di saat aktivitas bertambah, Lelah fisik memang paling gampang paling gampang ketahuan. Indikator utamanya ya pastilah rasa capek. Namun buat yang workoholic, hal ini seringkali diabaikan. Tiba-tiba ngedrop aja kayak saya ini, kemarin. Ketika pemeriksaan kesehatan, ternyata tekanan darah saya cukup rendah. 

Penyebabnya selain waktu istirahat yang kurang dan makan yang tidak teratur. Maklum, saking keasikan bekerja terkadang  ingat makan kalau sudah lapar banget, itu pun menunya kurang nutrisi. Apa aja yang penting terasa kenyang agar bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum waktunya. Belum lagi disaat beraktivitas bertemu dengan perokok yang merokok dalam ruang ber-AC itu kan bener-bener gak peka lingkungan banget ya? Hanya memberi polusi aja buat yang lain. 

Gaya hidup tidak sehat, stress, polusi inilah yang kemudian akhirnya membuat badan drop. Duh.. sedih! 

Tips #AsikTanpaToxic Agar Tak Gampang Ngedrop dan Stress Gara-Gara Kerjaan

Setelah mengetahui penyebab badan saya ngedrop, saya akhirnya instropeksi diri apa yang seharusnya saya lakukan agar tak gampang ngedrop dan menghindari stress gara-gara kerjaan.

1. Istirahat Disela Pekerjaan 

Satu hal yang sering terlupa karena keasikan bekerja adalah istirahat disela pekerjaan. Gak perlu lama, cukup meluangkan waktu 10 hingga 15 menit. Berbaring sejenak, ngobrol dengan rekan kerja, sholat atau sekedar beranjak dari kursi kerja.  Saya harus mengakui bahwa selain sholat, saya memang jarang banget beranjak dari kursi. Mata dan pikiran terfokus pada layar computer. Makan aja di meja kerja. Padahal gak ada salahnya juga berhenti sejenak melihat suasana lain. Asal jangan kebablasan aja sih. 

2. Tahu Batas

Ketahui batas kemampuan tubuh dan pikiran kita. Jangan memaksakan untuk menyelesaikan pekerjaan karena mengejar waktu. Pekerjaan gak selesai malah kita yang K.O duluan. Untuk itu perlu untuk tetap fokus pada satu titik. Titik itu.. #ehmalahnyanyi . Pengalaman nih, kalau dak mentok banget mending gak usah diteruskan. Kembali ke poin 1, istirahat sebentar aja.

3. Serius tapi Santai

Serius mengerjakan aktivitas memang penting, namun terlalu serius juga gak sehat. Ini nih yang bisa bikin stress. Apalagi kalau sudah ada unsur baper alias bawa perasaan. Jalani dengan santai, jangan lupa tetap tersenyum, tertawa dan bahagia. Asal jangan senyum atau tertawa sendiri. Ntar disangka stress beneran, hehehe.

4. Makan Teratur

Biasanya disaat beban kerja sedang tinggi, ingat makan hanya pada saat perut keroncongan. Ini biasanya makin gak berasa jika sudah mengkonsumsi kopi untuk memboost tenaga. Triknya adalah menyiapkan cemilan sehat di laci meja. Jadi gak perlu nunggu perut meronta minta diisi baru ingat untuk makan. Belajar dari pengalaman, makin lapar makin gak konsen. Mending makan dulu aja.

5. Minum yang Cukup

Di ruangan ber AC seperti di kantor, rasa haus untuk minum apalagi minum air putih jarang dirasakan. Tanpa disadari bisa terkena dehidrasi. Gangguan kesehatan seperti lelah berkepanjangan, sakit kepala, tekanan darah tinggi bahkan rendah bisa menerpa. Selain itu akan sulit mempertahankan fokus. Sebuah studi menemukan, produktivitas karyawan yang mengalami dehidrasi menurun secara signifikan. Kalau dehidrasi cukup parah, kita akan mudah bingung, tak bisa mengambil keputusan dengan cepat. Wah.. gak asik banget!

Selain itu ada beberapa alternatif minuman yang dapat memberi nutrisi sekaligus menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi untuk kita yang gak begitu doyan air putih. Salah satunya adalah air putih dengan madu dan lemon.

Manfaat Madu dan Lemon Bagi Tubuh 


Menurut sebuah artikel yang dilansir dari lifehack.org, air putih yang ditambahkan madu dan perasaan lemon itu ternyata memberi banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

1. Membuat Kulit Jadi Lebih Sehat

Vitamin C dalam lemon dapat membangun kolagen pada tubuh, jaringan ikat penting yang membuat kulit tetap kencang dan tampak muda. Sedangkan Madu memiliki banyak senyawa yang membantu melembabkan kulit dari dalam. Hasilnya adalah kulit yang sehat dan awet muda. Asik!

2. Melancarkan Pencernaan

Lemon kaya akan pektin, suatu zat yang bertindak sebagai semacam scrubber di usus, mendorong gerakan usus untuk membantu membuang tubuh limbah dan membuat seluruh proses pencernaan lebih efisien. Pembuangan lancar, rasanya nyaman kan?

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dalam lemon dan kekayaan mineral dalam madu dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh. Ini dia yang membuat tubuh lebih mudah melawan bakteri, virus dan kuman lain yang dapat membuat sakit. Madu juga memiliki sifat antimikroba alami untuk membuat badan tetap sehat. Kurang tidur, makan tidak teratur, tekanan akibat pekerjaan yang membuat kita rentan drop, bisa dilawan deh!

4. Mendetoks Tubuh

Dalam udara yang kita hirup, minuman dan makanan yang kita konsumsi, seringkali kita terpapar berbagai macam bahan kimia dan racun. Untuk itu tubuh butuh meningkatkan pertahanan alamiahnya terhadap toxic dan polusi tersebut. Madu dan lemon dapat membantu tubuh untuk melakukannya karena lemon meningkatkan fungsi hati untuk membantu detoksifikasi tubuh. Sementara madu memiliki sifat antimikroba dan antiseptik alami.

5. Membantu Mengurangi Stress

Madu dan lemon memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasinya membantu melindungi otot-otot jantung dari peradangan dan bentuk-bentuk stres lainnya. Paling tidak bisa membantu jantung untuk tidak bekerja terlalu keras.

Minum Air Madu Lemon adalah Pilihan yang  Tepat 

Gimana caranya membuat minuman Air Madu Lemon yang tepat? Gak sulit, kok! Setiap pagi pun bisa kita lakukan sendiri. Cukup tambahkan perasan satu setengah lemon dan 1 sendok teh madu ke segelas air hangat, aduk bersama dan minum. Katanya sih paling efektif jika diminum pagi hari sebelum sarapan.

Tapi kalau aktivitas sedang banyak-banyaknya, boro-boro ya bikin sendiri di pagi hari. Ada juga harus buru-buru ke kantor, sampai di kantor juga gak sempat lagi mau meras-meras lemon segala. Kalau aku sih, lebih memilih untuk menyiapkan Natsbee Honey Lemon di meja kerja. 

Natsbee Honey Lemon, Minuman Madu Lemon, Bersihkan Hari Aktifmu 

Jadi gini loh ceritanya, sepulang dari pemeriksaan rumah sakit saya kan dianjurkan banyak minum air putih tuh sama dokter. Minum madu juga mba, kata mba-mba Apotiknya. Dasar saya tuh orangnya gak suka yang manis-manis, malah kepikiran untuk minum madu dan lemon aja. Eh, pas mampir ke mart malah ketemu ini dong! Nastbee Honey Lemon.

Manfaat Madu Lemon

Selain memang butuh minuman madu lemon, saya juga penasaran  dengan Natsbee Honey Lemon ini karena postingan-postingan di Instagram. Kedua, pas saya ke mart itu lagi ada promo. Hanya nambah 1000 rupiah dari harga botol pertama, sudah boleh bawa pulang dua botol. Lumayan banget buat anak kost. Lebih praktis kalau gak sempat meras lemon sendiri atau madu di rumah stoknya kosong.

Ketika saya coba, alhamdulillah rasanya pas dengan selera. Tidak terlalu manis, tapi juga gak kecut. Untuk yang gak doyan manis seperti saya dan orang yang gak kuat maagnya dengan yang kecut-kecut, Natsbee Honey Lemon ini pas buat kamu. Rasanya menyegarkan dan ringan di lidah. Paling penting, sudah bersertifikat HALAL.

Menariknya,  Natsbee Honey Lemon ini mengandung banyak manfaat loh,  untuk kita yang aktif. 

Madu Lemon


Nah itu dia, tips #AsikTanpaToxic Agar Tak Gampang Ngedrop dan Stress Gara-Gara Kerjaan ala saya based on pengalaman selama didera kesibukan selama bulan Agustus ini. Mudah-mudahan gak menimpa kamu ya gengs. Semoga tipsnya bermanfaat dan bisa kamu terapkan dalam aktivitas kamu sehari-hari. Semangat!! 

You Might Also Like

4 comments

  1. Tipsnya asik deh mba Vita. Walaupun saya nggak bekerja kantoran,tapi bisa diterapkan juga nih.

    ReplyDelete
  2. Thank you untuk tipsnya kak. Iya hari-hari ini ngerasa badan kurang vit gitu ya. Apalagi anak kos macam aku sakitnya kadang gantian. Bisa nih nyobain minuman ini, lebih praktis juga :D

    ReplyDelete
  3. kalo ada egitu emang jadi terasa jauuhhh lebih capek yaa mbak.
    Btw, jadi penasaran pengen cobain natsbee honey lemon. Segerrrr banget kayaknya.

    ReplyDelete
  4. aku tuh yang percaya banget sama manfaat lemon madu. sempet si rutinin minum ini. tapiiiii, ga sabar tiap pagi kudu meresss. makasi banget ada Natsbee.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.