Work-Vacation at Grand Mercure Hotel Harmoni Jakarta

Yes,ini bukan staycation, karena pada dasarnya nginap di Grand Mercure Hotel Jakarta Harmoni ini sebenarnya kerja yang harus diinapin di hotel. Bulan September ini kantor gue mengadakan Rapat Kerja Nasional untuk penyusunan kebutuhan barang tahun 2020. Berhubung rapatnya dijadwalkan selama empat hari dari pagi sampai malam, daripada ngerepotin, peserta rapat dan nginap di hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta.




Ini sebenarnya kali kedua gue nginap di salah satu hotel berbintang lima di Jakarta ini. Hanya baru kepikiran untuk ngereview tempatnya, karena just in case ada yang perlu tempat nginap selama di Jakarta atau beneran staycation bareng keluarga bukannya rapat kayak gue. Lokasinya strategis, berada di jalan Hayam Wuruk no, 36-37 Jakarta Pusat. Mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi umum seperti Trans Jakarta (Halte Sawah Besar itu pas ada di depan hotel), gak begitu jauh dari stasiun Gambir buat kamu yang naik kereta dan armada online lainnya.

Work-Vacation at Grand Mercure Hotel Harmoni Jakarta  


Begitu memasuki area gedung Grand Mercure Hotel Harmoni Jakarta ini, kita harus melewati security check. Demi keamanan, gak apa-apalah. Gak begitu ganggu juga. Setelah itu barulah kita memasuki area lobby disambut oleh door boy yang ramah. 

Dua kali menginap di sini, proses check in memang agak lama karena tamu datang gak henti-hentinya. Berombongan pula. Gue aja cape liatnya. Sepanjang kamu sabar dan gak lagi kebelet, gue rasa bakal fine-fine aja. Toh lobbynya juga nyaman dan luas. Silahkan duduk-duduk dulu aja nunggu antrian. Gak begitu lama juga sih, karena receptionnya ada enam dengan satu line khusus VIP membernya Grand Mercure Hotel.






Kali kedua ini alhamdulillah diarrange sama panitia gue dapat kamar di lantai 17, lantai non smoking area. Kamarnya juga lebih luas dibanding kemarin. Kali ini gue dapat kamar double bed, sofa dan TV 50" lebih gede dibanding yang kemarin dengan city view. Alhamdulillah..




Tempat Nongkrong Favorit 


Pardon my messy bed, 
Fasilitas kamar lainnya seperti kamar mandi sangat sangat memuaskan banget menurut aku. Ruang shower dan wc kering terpisah oleh ruang dandan dengan kaca super gede. Toiletries nya pun lengkap. Mulai dari yang standar macam sabun gel dan sabun batang, sampai alat shaving dan sewing kit pun tersedia. 

Hal yang paling aku suka adalah lightingnya yang sangat-sangat mengundang untuk ngerekam video ala-ala beauty vlogger itu. Hahaha! Ada sejam kali gue ada di kamar mandi saban pagi. Mandi dan dandan aja sampai puas.



Selama gue nginap, makan pagi, siang dan malam disediakan di restaurant. Letaknya di lantai 1, gak begitu jauh dari lift dan lobby. Restaurantnya sih lumayan asik suasananya. Cukup luas, meskipun seringkali saat sarapan pagi numpak banget sampai ngantri. Maklum, hotel ini kayaknya gak pernah sepi penginap. Jadi kalau gak buru-buru mending sarapannya pukul 9.30 aja, atau sekalian pukul 7. Jadwal sarapan pagi antara 06.00 - 10.00 , makan siang 12.00-14.30 dan makan malam 07.00-09.00. Diantara bisa aja, tapi menunya sudah bukan yang buffet lagi.



Bicara tentang menu, ini dia yang agak ngeganjel buat gue. Berhubung tiap kali nginap di Grand Mercure Hotel Harmoni ini gak sehari dua dan makannya full set pagi sampai malam (plus coffee break 3 kali). Sebenarnya menu mereka sangat bervariatif, mulai dari yang tradisional, western sampai menu ala Chinese dan Jepang pun ada. Dari appetizer to dessert, yang sudah fixed maupun customize. Minuman juga lengkap, dari air mineral, infused water, es teh sampai kopi espresso tersedia. Malah di jam sarapan, ada corner jamu dimana kita bisa pesan jamu sama mbok-mboknya.






Sayangnya, menunya sangat mudah ditebak. Tiap hari selalu ada nasi goreng, mie goreng ataupun bihun goreng, bubur ayam, bubur kacang ijo, bubur ketan, sushi, miso sup dan seterusya. Lauknya ayam olahan berbagai daerah, ikan goreng dan semacamnya. Dessertnya pudding dan kue tradisional. Meskipun sesekali ada Soto Bandung, Mie Kuah, Pasta, Pizza atau apalah, tapi menu tetap itu selalu ada masakan olahan dari POKCAY. Hahaha.. Kebaca banget lah pokoknya. Apa karena gue nginapnya semingguan jadi berasa sama semua makanannya? Hehehehe...

Overall untuk kategori masakan hotel, all menu di Grand Mercure Hotel Harmoni Jakarta ini gak ada yang gak enak. Gue sih ngarepin banget, besok-besok ada Waffle, Coto Makassar atau Ayam Goreng ala Korea atau masakan Korea lainnya. Soalnya beberapa kali gue ketemu penginap asal Korea juga di Grand Mercure Hotel Harmoni Jakarta ini. Ya kali mereka juga rindu makanan rumah kan saat bepergian jauh.  Ataukah sebenarnya ada cuma timingnya gak pas dengan waktu kedatangan gue? Entahlah, yang jelas akhirnya gue menemukan Bakso Kuah yang kerap dirindukan di sarapan hari terakhir. Enak!!

Bakso Kuah yang Dirindukan Akhirnya Muncul di Sarapan Hari Terakhir 


Oiya, bicara soal makanan rumah, kalau misalnya gak cocok sama masakan hotel, disekitar Grand Mercure Hotel Harmoni Jakarta banyak banget spot kuliner lokal yang pantas dicoba. Daerah Pecenongan merupakan kawasan kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Misalnya di belakang hotel tuh ada Mie Aceh Pandra. Mie Aceh dan Kopi nya juara!

Pengen makan fastfood, silahkan melipir ke sebelah hotel,ada McD yang buka 24 jam. Di depan hotel ada Gajah Mada Plaza yang menyediakan tempat makan francise lainnya atau sekedar cuci mata dan beli keperluaan yang lupa terbawa. Contoh gue gak bawa kemeja putih padahal di jadwal acara tercantum dress code putih. Akhirnya gue melipir ke Gajah Mada Plaza. Kebenaran banget di lobby nya ada bazaar diskon apa gitu. Nemu lah gue kemeja putih seharga tiga puluh lima ribu aja. Murah meriah, alhamdulillah.

Selain tempat makan, lokasi Grand Mercure Hotel Harmoni Jakarta ini cukup strategis ke mana-mana. Dekat dengan spot wisata seperti Kota Tua, pusat perbelanjaan Glodok, Grand Indonesia dan  Plaza Indonesia. Jalurnya juga gak begitu macet meskipun gak bisa dibilang sepi. Kalau janjian ama teman banyak lokasi pilihan yang gak nyusahin semua pihak lah, hahaha.

Dari segi pelayanan, gue merasa juga cukup puas. Mulai dari door boy sampai petugas housekeeping semuanya ramah dan helpfull banget. Kalau ketemu dengan penginap di manapun, salah satu dari Standar Operasional Procedure mereka selalu menyapa penginap. Hal yang gue juga suka adalah gue bisa minjem setrika dari housekeeping. So, gue gak perlu repot-repot bawa setrika apalagi khawatir wardrobe gue lecek selama seminggu.



Oiya, di lantai 19 ada Rooftop Sky Loungenya juga loh. Sayangnya sewaktu acara pembukaan kemarin gue gak sempat foto-foto saking padatnya rentetan acara. Pastinya view from the top is amazing, bisa ngeliat view Jakarta di waktu malam. Untuk kamu yang demen olahraga, di lantai 5 tersedia gym, spa dan kolam renang. Selama dua kali nginap di situ gue gak sempat ke sana (baca:males). Maybe next time deh, gue sempatin nyamperin (doang! Olahraga mah belum tentu).

Lelah berpikir demi negara, gak ada salahnya buat mencoba massage di kamar. Gak sempat ke restaurant untuk makan atau lapar tengah malam? Don't worry, tingkat angkat telpon dan room service siap nganterin makanan yang kamu order dari menu yang tersedia. Jadi siapa bilang kerja gak bisa 'rasa vacation' ?



So, would I be back to Grand Mercure Hotel Harmoni Jakarta? Well, I wish! It was a pleasant stay and I enjoyed it so much. Gimana, kamu tertarik nginap di sini gak atau malah pernah nginap di sini sebelumnya? Yuk, share pengalaman kamu di kolom komentar ya! 


Comments

  1. Waaah... keren banget ya hotelnya, benar-benar bakal dimanja banget tuh dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan :)

    ReplyDelete
  2. Benar0benar mewah banget ya fasilitasnya, bersih juga. Benar-benar terasa di istana deh pasti kalau menginap di situ hehe :D

    ReplyDelete
  3. Recomended banget nih hotelnya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Aduh.. kelhatan banget nyamannya ya mbak :)

    ReplyDelete
  5. Grand Mercure kayaknya salah satu hotel yang recommended. :)

    ReplyDelete
  6. Boleh ini rekomendasinya hehehe. Makasih :*

    ReplyDelete
  7. Proses check in nya itu, harus dipercepat ya, kalau saya mah pasti sudah tidak sabaran.

    ReplyDelete
  8. Karpetnya terakhir lucu deh kak..:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.