4 Cara Mendapatkan Nama Blog

What's in a name? That which we call a rose
By any other word would smell as sweet;
-Romeo & Juliet , Shakespeare 

Kutipan di atas adalah penggalan dari dialog Juliet kepada Romeo dalam kisah Romeo & Juliet. Apalah arti sebuah nama, ketika yang kita sebut Mawar bisa diganti dengan kata apa saja tetap akan sama wanginya. Yayaya.. mungkin jamannya Shakespeare belum kenal "Branding". 

Salah satu pertimbangan penting ketika meluncurkan blog adalah nama blog itu sendiri. Kenapa? Karena menurut aku, blog kita ini merepresentasikan diri kita. Bagaimana kita ingin dikenal dan bagaimana kita ingin mempersonalisasi 'brand' kita sendiri. Selain itu nama blog harus unik, gampang diingat dan gak ribet diketik. Biar gampang disearch di Google. 




How Do I Got My Blog's Name 


Ketika aku pertama kali membuat blog di tahun 2008, aku terus terang aja gak pernah mikirin apa itu branding dan apa hubungannya dengan bagaimana kita ingin dikenal orang. Ngeblog mah ngeblog aja, ada yang mau baca aja sudah syukur. 

Sedikit kilas balik nih ya, waktu itu aku punya sekitar 5 blog dengan platform yang berbeda; Blogpsot, Wordpress, Multiply dan Tumblr. Di blogspot  aku ada 2 blog, yang satu namanya aku dah lupa (hahaha!). Pokoknya ada 'wireless' nya aja. Itu tempat aku mencurahkan puisi-puisiku. Blogspot aku yang kedua adalah "bittersweet me" (yang akhirnya menjadi cikal bakal vitamasli.com). Isinya tentang bagaimana aku menjalani pahit manis kehidupan. Tsah!! 

Lalu karena kebanyakan curhat dan ada berapa yang kepoin hidup aku banget, akhirnya curhatan-curhatan itu aku private di Wordpress. Nama blognya Pisces Writes. Selain curhat ada category cerpen dan cermin (cerita mini) juga, tapi tetep aku private. Sesekali ada beberapa postingan non curhat, biasanya kalau aku ikutan lomba blog. Haha. 




Blog lainnya ada di Multiply. Ini sebenarnya isinya curhat lewat puisi-puisi juga (heran deh, aku Vita apa Rangga sih, puisi melulu). Namanyaaa... apa ya? Lupa! Hahaha.. seiring tutupnya Multiply, lupa juga aku dengan nama blog. 

Satu blog lagi ada di Tumblr, namanya 'Oppa and me'. Isi lebih banyak quote-quote dan GIF Kpop apalah gitu. Sebelum Instagram dan Pinterest berjaya, disinilah kumpulan foto-foto bercaption pendek dan quote-quote dengan font ala kadarnya diposting. Sekarang aku dah lupa nama email login nya. Hihihi.. 

Dari sekian blog yang aku punya, saat ini blog VITA MASLI ini lah yang paling konsisten aku isi. Alasannya? Sudah domain berbayar, sayang aja buang duit kalau tidak menghasilkan #eh. Kenapa nama blognya Vita Masli? Jawabannya simple sekali, "BIAR GAK RIBET". 

Sebelumnya blog ini sempat dikasi nama 'Excited Blogger' dengan alasan aku pengen membangun branding sebagai blogger yang selalu semangat ngeblogging. Lalu kemudian setelah banyak terima paid review, isi postinganku menjadi lebih 'komersil'. 





Akhirnya kuganti namanya menjadi Two-Step Flow, yang berasal dari teori komunikasi yang menjelaskan tentang proses pengaruh penyebaran informasi melalui media massa kepada khalayak. Penyebaran dan pengaruh informasi yang disampaikan melalui media massa kepada khalayaknya tidak terjadi secara langsung (satu tahap), melainkan melalui perantara seperti misalnya “pemuka pendapat‟ (opinion leaders).   Nah.. blogger ini lah yang menjadi opinion leaders terhadap suatu produk yang ditawarkan. 


Pada akhirnya aku mengganti nama ke Vita Masli. Selain karena alamat urlnya memang www.vitamasli.com, aku juga ingin orang-orang  akan dapat mengenali aku dan blogku lebih mudah. Interaksi aku ke pembaca bisa lebih personal. Pembaca mulai menyadari bahwa mereka berinteraksi dengan aku - Vita - bukan hanya dengan branding tertentu. 





Cara Mendapatkan Nama Blog 


Memang mendapatkan nama blog menurut aku susah susah gampang, karena seperti aku katakan di atas nama tersebut akan menggambar blog dan kamu secara keseluruhan. Para pakar blogging mengatakan ada beberapa point penting untuk dipikirkan sebelum menentukan nama blog. Beberapa diantaranya : 

1. Tentang apakah blog kita ini ?
2. Siapa target audiensnya ? 
3. Seperti apa nada / suara blog kita nantinya?(resmi atau casual)
4. Apakah kita akan membangun branding dengan nama blog kita?

Jika menggunakan nama yang benar-benar tidak relevan dengan konten kita, bisa jadi gak nyambung. Sama halnya, jika blog yang kita buat itu adalah untuk usaha kita, namun gaya penulisannya terlalu  fun dan bersemangat  bisa jadi akan memberikan kesan yang salah kepada pembaca kita. 

Lalu gimana caranya mendapatkan nama blog? 

1. Buka Kamus 


Terserah, apakah itu kamus bahasa Indonesia atau bahasa Inggris atau bahasa apapun itu. Kamus bisa menjadi tambang emas inspirasi kata-kata, terutama jika ingin mengatakan sesuatu dengan cara yang sedikit berbeda. Pertama-tama tentukan terlebih dahulu blog kita ini tentang apa. Misalnya 'Fashion' lalu cari persamaan katanya di kamus. Kemudian tambahkan kata yang menggambarkan blog kita secara keseluruhan Aku pernah melakukannya dan akhirnya berujung pada An Excited Blogger'. Hehehe.. 

2. Cari Inspirasi dari Buku 


Aku mendapatkan nama 'Two-Step Flow' dari buku kuliah Ilmu Komunikasi. Kebetulan waktu itu aku lagi kuliah S2 dan di salah satu buku referensi mata kuliah ada teori Two-Step Flow yang akhirnya menginspirasi aku. 

3. Menggunakan Nama Sendiri 


Ini sebenarnya yang paling gampang khususnya untuk personal blog seperti blog aku ini. Gak ada niche tertentu, hanya 'menceritakan' seperti apa Vita Masli mengungkapkan pemikirannya tentang traveling, kuliner, blogging atau produk-produk yang pernah aku coba. So, ini kelihatannya paling sederhana namun sekaligus memperlihatkat 'beginilah diri kita'. 

4. Menggunakan website 'Name Generator' 


 Coba search di Google : name generator for blog. Cara kerjanya cukup ketik nama domain yang ingin digunakan, sudah dipakai atau belum.  Kamu juga dapat mengklik WHOIS untuk mencari tahu siapa yang mendaftarkannya atau URL untuk mengunjungi situs web. Aplikasi ini secara otomatis menambahkan awal dan akhir nama domain populer ke apa pun yang kamu ketikkan di kotak pencarian. Terkadang website tersebut akan menampilkan nama yang dibuat jika tidak tersedia.

And that's it! Tips lainnya tentang blog bisa kamu baca di kategori Blogging . Hope it helps buat kamu yang kepikiran buat blog dan pengen jadi blogger. Happy blogging! 

Comments

  1. Eh aku sejujurnya kangen tumblr haha. Kayaknya seru aja microblogging gitu bisa ngga mikirin minimum kata. Trus bisa reblog2 cepet.

    ReplyDelete
  2. saya suka banget sama bannernya. Fresh gitu. Dan banyak artikel tentang blogging disini yang sering saya baca. Jujur dulu saya blogwalking kesini karena tertarik sama artikel yang mbak share di komunitas, kemudian pas dateng kesini, betah sama templatenya. jadi sering baca2 deh.

    ReplyDelete
  3. Kalau saya menggunakan nama sendiri, walau sebenarnya kurang percaya diri juga seh. Maklum blog gado gado yang kurang kelas arah dan audensinya.

    ReplyDelete
  4. Klo aku beda banget nama medsos sm nama asli. Makanya selama ini banyak yg nanya soal nama AO 🤣

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.