Apakah Niche Blog Itu Penting?

Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on.”
— Louis L’Amour

Menjadikan blog sebagai media penulisan kerap kali membuat saya kepikiran,"Is it worthed to read?"  Karena bagaimana pun juga, ketika blog itu sudah dipublished secara publik, everyone can read it. Terkadang ada rasa khawatir juga apakah tulisan saya ini disukai atau tidak oleh pengunjung. 

Suka atau tidak itu memang relatif. Ada hal yang kita pikir itu keren banget, tapi ternyata bagi orang lain biasa saja. Begitu pula sebaliknya. So I think, I better write things that I like to write, some things that probably needed by people dan tidak berpikir tulisan saya bagus apa tidak. Setidaknya tulisan masih memuat informasi meskipun bisa jadi jauh dari pakem 5W1H atau pola segitiga terbalik. 

I just have to write the things that I like, right? 

Menulis hal yang kita sukai memang bisa menjadi endorphine bagi kita untuk ngeblog. Blogger mana saja pasti punya preference masing-masing. Inilah yang kemudian disebut sebagai niche, istilah lain untuk mengartikan "tema" yang dibahas di sebuah blog. 


Apakah Niche Blog Itu Penting? 


Tema atau pembahasan dalam suatu blog biasanya berperan penting dalam hal SEO. Selain itu penting pula bagi  kenyamanan pengunjung yang ingin mencoba mengikuti blog kita. Ketika pertama kali saya serius ngeblog di tahun 2011, saya mulai menentukan tematic pada blog bittersweet-me (sebelum akhirnya berubah menjadi vitamaslidotcom). Berdasarkan namanya 'bittersweet-me' saya menetapkan niche blog adalah opini tentang kehidupan sehari-hari yang manis pahit,gitu. Tsah! 

Eh ternyata ketika saya mau pasang Adsense, itu gak pernah berhasil. Alasannya konten tidak sesuai atau apalah gitu. Lelah ditolak lima kali oleh Google Adsense, saya banting setir dengan nama dan tema baru : vitamasli.com. Temanya, anything about Hallyu atau lebih kerennya K-wave. Apa aja tentang Kdrama, Kpop sampai acara televisi Korea Selatan pun saya tulis. Alasan utamanya karena waktu itu saya memang addict banget dengan Kwave. Maunya sih, kalau orang-orang nyari rekomendasi drama Korea atau apalah tentang Korea itu di blog saya aja. 




Pada akhirnya blog ini lolos screening Google Adsense. Hore! Yes, penerapan niche sangat berpengaruh pada saat proses penerimaan sebuah blog menjadi publisher Google Adsense, ternyata. Satu hal lagi  blog yang memiliki niche itu bisa bersaing dengan blog lain di search engine. I don't know algoritmanya seperti apa, pokoknya kejadiannya memang seperti itu. 

Niche Favorit Blog : Lifestyle 


Meskipun sejalan waktu akhirnya saya membelot juga dan agak tidak konsisten, blog ini pun berubah niche menjadi Lifestyle Blog. Yah ini sih istilah kerennya 'blog segala ada'. Kalau saya sendiri menganggap lifestyle blog ini bukan sekedar blog dengan tema campur aduk. Namanya juga lifestyle, tentunya di blog ini tertuang postingan yang sesuai dengan lifestyle bloggernya. 

Karena saya suka membaca buku, nonton film, dengerin musik, traveling, makan-makan, mengikuti perkembangan teknologi, tips blogging dan beberapa perintilan lainnya, akhirnya hal-hal itulah yang saya buatkan kategori dalam blog ini. Kelebihan dari niche ini adalah saya jadi lebih banyak opsi untuk postingan. Kekurangannya adalah blog tidak memiliki ciri khas. Perlu usaha juga untuk tetap memainten agar Adsensenya tetap jalan. Masing-masing kategori ini harus rutin diupdate, tidak sekedar satu atau dua postingan saja. 




Overall, saya sih enjoy aja dengan tema lifestyle blogging ini dan sepertinya akan tetap konsisten nulis dalam beberapa kategori termasuk tips blogging 101 seperti ini. Nah, boleh tahu dong kalian mampir ke blog saya untuk membaca kategori apa? Put your comment below ya! Thanks!

Comments