Join Blogger Community, Yay or Nay?

When I first start blogging, I never really thought about join any community for blogger. Salah satu teman aku yang lebih dahulu ngeblog pada akhirnya memperkenalkan saya pada satu komunitas blogger lokal. Waktu itu masih jaman mailing list di Yahoo Group (anyone?). Kopdar masih jarang-jarang banget. Kalaupun kopdar an yah paling ketemu-ketemuan in real life, ngobrol sana sini, say hi and you know if you can get along you will find your true match. Beneran loh, ada yang sampai jadian dan akhirnya menikah karena join komunitas. 

Saat itu aku memutuskan untuk tidak terlalu aktif karena aku gak punya cukup banyak waktu membaca atau berkomentar di mailing list. Ketika kopdar pun waktunya tidak pernah match dengan aktivitasku. Secara natural aku gak tahu apa-apa tentang komunitas ini, kabar terbaru atau ada kegiatan apa. Aku bertahan karena hanya satu-satunya komunitas blogger di kotaku, waktu itu. When you do something new and you want to be surrounded by people who have a similar hobby but you don't have the needed to connected, that's what I left that community.




Join The Blogger Community , Yay or Nay?


Blogger can works everywhere, and doesn't have to work in groups, that's for sure. Still I really do agree that a blogger needs a community to share, gain knowledge and build networking either with other bloggers or brand. Most opportunities offered to bloggers from brands are share through the community. Brands usually need a lot of bloggers to attend invitations, events, product reviews and for that, it will be easier for them to work with bloggers' community.

But remember, bukan berarti gak ikut komunitas tertentu gak bakal dapat kerjasama. Noooo... rejeki Allah maha luas,sssaaayyy!! Even if you're being independent blogger, kalau rejeki mah gak kemana. Jika pun gak ikut satu komunitas tertentu, masih ada komunitas blogger lainnya. Salah satunya adalah Blogger Perempuan Network.

7 Reasons To Join Blogger Perempuan Network


Aku pertama kali tahu komunitas ini dari Facebook, waktu itu aku memang nyari komunitas blogger untuk perempuan (yang gak rempong!).Akhirnya aku menemukan 2 komunitas blogger khusus untuk perempuan, salah satunya adalah Blogger Perempuan Network.

Kalau mau dilist, aku punya 7 alasan yang membuat aku langsung jatuh suka dengan BPN, di antaranya adalah :

1. Untuk Semua Perempuan

BPN adalah komunitas blogger yang satu ini tidak terlalu mengkotakkan diri sebagai komunitas untuk blogger-blogger yang sudah menikah dan punya anak. Pokoknya kalau kamu perempuan dan kamu blogger, you will welcome here.

2. Fun Blogging while Monetizing

Aku mendapat benefit penawaran kerjasama berdasarkan statistik blog dan media sosial. Bukan berdasarka likes or dislike, lu teman gue, atau apalah. Aku jadi tahu bahwa statistik blog dan media sosial menjadi penting ketika kita bicara tentang paid review. Statistik blog menjadi pertanggung jawaban hasil kerjasama dan media sosial digunakan sebagai media promosi paid review kita. Brand tentu saja tidak mau campaign mereka gagal hanya karena memilih blogger yang 'salah'.

3. Blogging Knowledge 101

Dari Blogger Perempuan Network pula aku mendapatkan pencerahan mengenai Google Analytics, bagaimana meningkatkan DA and how to gain more followers and engagement on social media. Makanya aku gak pernah baper kalau ada campaign yang gak bisa aku ikuti karena statistik blogku kurang memadai atau jumlah followerku belum cukup. Pertimbangan page views dan engagement yang baik menurut menjadi hal yang wajar untuk menentukan blogger yang dipilih. Aku harus lebih berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kecuali kalau campaignnya berdasarkan umur yaah aku mau bilang apa. Hahaha..

4. Gain More Friends On Social Media

Aku masih ingat banget saat pertama kali gabung, follower Instagram aku tuh baru 300an dan masih bingung gimana cara nambahnya. Lalu, kemudian salah satu admin BPN mengencourage aku untuk nambahin follower paling tidak sampai 500. Untuk apa? supaya aku bisa ikut salah satu campaign. Caranya adalah dengan memfollow sesama blogger dan jangan malu minta folbek, hahahahha!

Setelahnya aku mulai fokus ke media sosial yang lain seperti Twitter dan Fanpage Facebook. Alhamdulillah, bisa jadi karena hastag #BloggerPerempuan di profil Twitter or else aku selalu promote postingan blog aku di sosmed BPN, alhamdulilah follower sosmed naik terus.

5. Thematic Post Every Day

Seingat aku, Blogger Perempuan yang pertama kali menetapkan rules sharing link postingan berdasarkan tema. Setiap hari dari Senin sampai Minggu, temanya beda-beda dan member bisa promote link postingannya sesuai tema hari itu. Ini menarik buat aku, karena aku jadi tahu siapa yang punya niche blog apa. Begitu pula sebagai blogger jadi lebih teratur ngepromote link postingannya ga asal lempar link. Selain itu as far as I concern, adminnya gak ada yang gak fast response. Mereka juga asik ditanyain ini itu soal blogging and campaign baik itu di WA maupun DM.

6. Encourage Blogger to Write More Valuable Post

Untuk mengasah kemampuan menulis, mempertarungkan ide dan harapan mendapatkan hadiah keren, boleh ikut lomba blog. Blogger Perempuan Network sering banget bekerjasama dengan brand menggelar lomba blog ini. Informasinya disebar melalui newsletter, fanpage group dan website , jadi gak bakal ketinggalan informasi. BPN pun rutin memberi reminder sisa hari deadline lomba namun tetap saja ketinggalan deadline sih, gak jamin ya! Hahaha, aku banget ini sih!

Selain itu ada aja cara Blogger Perempuan Network yang mengencourage membernya untuk tetap semangat ngeblog. Salah satunya adalah BPN 30 Day Blog Challenge dimana member yang berminat berkomitmen untuk menulis satu postingan perhari sesuai tema yang telah ditentukan BPN. Postingan ini adalah salah satunya.


7. The Logo

Receh banget sih, tapi aku suka dengan logo dan warnanya. Menyiratkan kelembutan (dari warnanya) namun ada kesan tangguh (dari pemilihan hurufnya). Awesome!

Join Blogger Perempuan Network, It's Definitely Yay For Me

Join satu komunitas, gak melulu hanya karena keinginan mendapatkan penghasilan atau kepopuleran semata. Bukan juga hanya untuk sekedar membuat suatu grup arisan bernamakan komunitas blogger, 
So if you feel like you want to grow as professional blogger, gak rugi join komunitas. Asalkan komunitas tersebut bisa menambah value kamu sebagai blogger. 

Join lebih dari satu komunitas blogger menurut aku gak masalah, malah kamu lebih banyak tahu informasi yang beragam. Selain itu jadi lebih mengerti mana yang penting dan mana yang enggak dalam menentukan arah perbloggingan kamu. Aseek..

Kalau kamu gimana, gaes? Join komunitas blogger atau enggak? Yuk share alasan kamu di kolom komentar.

Comments

  1. Dulu pernah gabung bahkan sampe ikut grup WA nya entah mungkin karena orang2nya sibuk kali ya jadi vakum deh bahkan grup fb nya juga

    ReplyDelete
  2. saya juga ga join komunitas blogger mbak
    tapi ya dapat rejeki juga dari ngeblog :D
    kalo emang udah ditarkdirkan sama Alloh, ya ga bisa luput

    ReplyDelete
  3. Setuju dengan tulisan mbak Vitamasli. Saya ikut gabung beberapa komunitas di Jakarta. Bahkan kalau pulang kampung, sengaja nguping kali ada acara komunitas blogger di Makassar hehehe....

    Eh iya kita pernah ketemu di Pantai Losari dalam satu event sama Obby Onety dan Mugniar, kalau gak salah.....ok salsm

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah banyak banget manfaat join Grup Blogger, alhamdulillah semakin kuat relasinya... #jejakbiru

    ReplyDelete
  5. Salah satu manfaat ikut komunitas blogger, bisa banyak wawasan kita ya makk...secara selalu up todate, beragam sisi niche nichenya itu yg saya suka, secara udah jaraaaang banget nonton tv hehe :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.