5 Manfaat Blogging

Pertengahan tahun 2018 ini, Aku bertemu dengan seorang teman lama yang saat ini sedang melanjutkan kuliah S2 di Makassar. Ngobrol punya ngobrol, ternyata dia sering membaca blog aku sebagai seorang silent reader. Baca aja, gak pernah komen. Namun saat bertemu komennya bagaikan hujan tercurah dari langit. Mumpung ketemu langsung, alasannya. Soalnya kalau komentarnya ditulis, bisa-bisa lebih panjang dari postingan blog, kata dia. 

"Kalau gitu kenapa gak ngeblog aja sekalian?"tanyaku.

"Haloo.. yang lain sudah sampai ke mana, gue mikir buat blognya aja ribet. Sudah tahun 2018 nih, kenapa gue harus ngeblog, coba? "temanku balas bertanya. Wah.. ini!

5 Manfaat Blogging 



Kenapa kamu harus ngeblog? Well, gini deh mending aku ceritain dulu ya manfaat-manfaat yang aku dapatkan selama aku ngeblog dari jaman Wordpress ke Multiply lalu akhirnya serius di Blogspot. 5 manfaat ini lah yang  membuat aku mulai ngeblog dan akhirnya menseriusinya hingga sekarang. 

1. Write For Self-healing 


Seperti yang aku tulis di atas, kebanyakan orang start their blog karena pengen curhat, mengeluarkan pendapat mereka tentang sesuatu atau menyimpan kenangan. Well, it's ok karena menurut aku hal-hal tersebut membuat pikiran dan perasaan kita jadi lebih sehat. Pernah dengar term ' Write for self-healing' ? Menulis seringkali menjadi terapi agar kita dapat mengeluarkan segala uneg-uneg yang bisa jadi terpendam dan susah untuk diungkapkan lewat lisan. Ketika kita menulis, tulisan kita dibaca oleh orang lain dan memberi masukan yang positif yang bisa membuat perasaan kita jadi lebih baik.



Selain kita bisa mengekspresikan pemikiran kita secara sehat karena dengan terindexnya blog di Google Search, maka ada term tertentu yang membatasi postinga-postingan kita. So if it's probably harmful atau ada kalimat-kalimat yang melanggar bisa membuat blog kita dibanned sama Google. So it's pretty healthy for your mind and soul.

2. Blogging Membantu Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Argumentasi

Ok, mungkin awalnya kita mulai ngeblog karena pengen curhat. Menulis selayaknya kita pengen curhat aja. Ada pula yang berpikir laaamaaaa banget hanya untuk memulai satu kalimat. But you know what, based on my true experienced, ngeblog berdampak besar pada kemampuan menulisku sejak aku mulai tahun 2009.




Meski tidak sempurna, aku merasa lebih percaya diri. Tidak saja mengenai pemilihan kata, tapi juga penggunaan huruf besar dan kecil. Ditambah lagi ketika kita harus menjelaskan sesuatu atau alasan mengapa kita suka atau tidak suka saat mereview product, disini argumentasi diperlukan. Semakin banyak kita menulis, semakin mudah jadinya. Practice makes perfect, right?

3. Blogging Membantu Orang Lain Mendapatkan Data dan Informasi

Kita dapat menyebarkan informasi dan pengetahuan melalui blogging. Kok bisa? ya bisa dong! Postingan kita seremeh apapun itu (menurut kita sendiri ya) bisa jadi diperlukan oleh orang lain. Ini kejadian banget sama aku. Pertama postingan aku yang ngehits adalah tentang salah satu cast di sebuah variety show keluarga 'The Return of Superman' yaitu Daehan, Minguk, Manse a.k.a Song Triplets. Ini asli aku ngepost karena pengen menginformasikan acara TV yang menurut aku bisa mengedukasi para orang tua khususnya bapak-bapak dalam mengasuh anak. Tambahan, mereka itu cute banget dan akhirnya banyak orang yang pengen tahu karakter mereka.

Aku juga pernah ngepost aplikasi-aplikasi yang remeh-temeh seperti aplikasi mengetahui judul lagu atau aplikasi untuk mengedit video and it turns out many people searched for it di Google.

Baca juga : 10 Things I Love About Daehan Minguk Manse 

Hal menarik lainnya adalah sudah sering banget aku ketemu dengan teman-teman lama yang komentarnya seperti ini,"Gue lagi nyari tempat makan yang ngehits di Google. Eh, ternyata pas gue baca itu postingan elo!"

Baca juga : Tempat Nongkrong Asik di Makassar 

Ada juga yang seperti ini,"Lu tahu kan pasport gue sudah hampir expired, lu kenapa gak bilang aja sih langsung caranya ke gue? Masa gue kudu ngesearch di Google, dapat caranya di salah satu postingan blog dan ternyata blog itu adalah blogmu."

Hahaha

Baca juga : Bagaimana Cara Memperpanjang Paspor 

Hal yang sama berlaku dengan topik blog lainnya. SETIAP blog membantu orang lain dengan cara mereka sendiri. Aku ingat ketika aku ngepost tentang cara mengurus Visa Korea dan mulai mendapatkan email yang mengatakan "Terima kasih telah memberikan informasi seperti itu" dan dilanjutkan dengan berpuluh komen di postingan dan pertanyaan di DM Instagram yang membuat saya serasa buka layanan tour and travel. Itu sangat menghangatkan hati dan membuat aku jadi lebih bersyukur, ternyata postingan aku berguna juga buat orang lain.

4. Mempromosikan Diri Untuk Mendapat Peluang Baru

Sudah banyak contoh blogger yang bisa menghasilkan buku. Mereka ditemukan oleh publisher dari tulisan-tulisan mereka di blog yang ngehits. Tulisan-tulisan itu kemudian dipublished menjadi buku yang jangkauan pasarnya lebih luas. Artinya, lebih banyak orang yang bisa mendapat manfaat dari tulisan-tulisan kita. 

Aku sendiri belum sampai ke situ, meskipun aku (jujur!) pengen juga. Tapi peluang tidak hanya itu. Aku mendapatkan lebih banyak peluang berkarya lewat postingan-postingan di blog dan platform sosmed lainnya. Postingan ini bisa menginfluence orang lain dan tentunya ada benefit juga untuk aku sendiri, baik itu secara finansial maupun kesempatan bertemu dengan teman-teman baru atau mengunjungi tempat-tempat baru secara gratis.




Baca juga : Review Ovale Micellar Cleansing Water Brightening Make Up Remover 

Ketika kita memiliki blog, pada dasarnya kita memiliki "alat" atau "saluran" untuk mempromosikan diri atau membuat kita terlihat seperti seorang ahli di bidang itu. Misalnya untuk traveling klien menghubungi influencer A, atau untuk urusan dandan ke influencer B aja. Pemilik blog yang berkompeten akan menerima peluang kerjasama dan ini akan membuka banyak pintu yang mungkin belum kita sadari atau impikan. Coba deh! 

5. Mengembangkan Hobby yang Dibayar 

Jika hobby kamu adalah menulis, daripada sekedar bikin status gak jelas di WA, Facebook atau Twitter, aku saranin mulai nulis di blog aja. Selain seperti yang aku sudah jelaskan di point nomer 1, tulisan kita ini bisa menghasilkan pendapatan juga loh! Satu postingan mungkin awalnya cuma sekedar bisa beli pulsa paket data, lama-lama jika konsisten dan ketemu klien yang tepat, bisa jadi lebih besar lagi. Apalagi kalau blog sudah dimonetize dengan Google Ads, bisa banget menghasilkan pendapatan pasif.



Memang uang bukan segalanya, tapi kebanyakan hal di dunia ini memerlukan uang. Hanya sja aku sarankan jangan memulai ngeblog dengan tujuan awal untuk mendapatkan uang. Kenapa? Karena prosesnya bisa jadi panjang dan gak semudah yang kita lihat. Menset pikiran bahwa ngeblog adalah hobby menurut aku lebih baik, jika kemudian pada perjalanannya kita dibayar ya alhamdulillah. Itu namanya hobby yang dibayar, ya kan?

The Reason why I am Blogging  


Itu dia manfaat yang aku dapatkan selama ngeblog. Jadi kalau ada pertanyaan mengapa aku ngeblog, ya karena aku merasa mendapat manfaat dari aktivitas ini.

Nah, kalau kamu sendiri gimana? Apa alasan kamu untuk blogging dan apa yang menginspirasi kamu untuk membuat blog? Apa pula manfaat yang kamu dapatkan selama ngeblog? Jika kamu belum ngeblog, kasih tahu aku juga ya kenapa kamu merasa perlu ngeblog. Ceritakan pendapat kamu di komentar di bawah ini!

Suka posting ini? Jangan lupa untuk membagikannya!


Disclaimer : All pics from Pexels.com except point number 4. 

Comments

  1. Alasan terkuat ku masih yg pertama kak. Self healing. Jadi kalo ada apa2 larinya ke nulis. Rasanya lega.

    Btw seingetku, aku juga nemu blog kakak dari postingan Daehan Mingguk Manse. Komplit banget soalnya :D

    ReplyDelete
  2. Ngeblog memang seru. Tapi yang lebih seru lagi adalah mencari ide tulisannya. Itu yang bisa bikin jungkir balik, dan puas banget pas hasilnya sudah jadi.

    ReplyDelete
  3. Yaps, bener banget tuh mbak. Ngeblog nggak bisa buat jadi tujuan nyari duit. Kalo aku sendiri, karena emang suka nulis. Sama keknya kayak mbak Vita, berawal dari nulis diary. Jadi pengen ngembangin minat ke hal-hal yang lebih besar lagi, salah satu nya ngeblog.
    Salken mbak. Jangan lupa mampir juga ke blog aku di www.arisantiwe.com

    ReplyDelete
  4. Setuju sama poin2nya.. dulu bikin blog buat curhat. Tapi sekarang juga masih curhat 😆. Dapat email dari pembaca bikin happy ya, jadi melek ternyata tulisan dari setiap pengalaman yg dibagikan ada gunanya..

    ReplyDelete
  5. Temenku juga ada yang ternyata baca blogku dan jadi silent reader mbak. Dy juga ngomen gt haha. Bener banget mbk. Banyak manfaat ngeblog. Makasih sharingnya. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.