Strolling Around in Spring Time in Korea

by - March 23, 2019

Kapan waktu terbaik traveling ke Korea? Masing-masing pasti punya preference tersendiri. Bagi saya sebagai perempuan dari negeri tropis, I'd say : Spring. Musim semi khususnya di  bulan April, merupakan musim yang paling cocok menurut aku, gak sepanas musim panas dan gak sedingin musim dingin. Ngapain nyari musim panas ke luar negeri when you have matahari bersinar garang almost seven days a week, right? Meskipun penasaran aja dengan musim dingin, ruangan ber AC 18 derajat aja sering aku on off kan. So, yes,.. Spring is the best time. 

Strolling Around in Spring Time in Korea

Alhamdulillah ya, kesampaian juga bisa jalan-jalan di Korea pada musim yang gw impi-impikan. Tiba di saat Cherry Blossom masih bermekaran walaupun banyak yang bilang sudah pada abis tertiup angin dan kebawa hujan. Iyah, musim semi bukan berarti gak ada hujan ya. Ada sih, tapi kata orang-orang di sana, hujannya gak sedramatis saat musim panas.



Di musim semi, cuaca mulai menghangat dan matahari mulai tampak. Meski begitu, hawanya dong boo... menusuk sampai ke tulang. Suhu pada umumnya berkisar 16 - 22 derajat. Tapi kalau hujan turun dan setelahnya, selamat ya gengs.. siap-siap aja cari tempat yang hangat secara suhu bisa drop sampai 10 derajat.  Like literally asap-asap bisa keluar dari mulut kamu. Gue bener-bener nyesel gak bawa long coat dan nekat aja pakai jaket sepanjang pinggul aja waktu itu. So, you better prepare a warm clothes ya!

Tentu saja saat cuaca cerah, hal yang paling menyenangkan adalah strolling around alias muter-muter menikmati suasana jalanan kota Seoul. Call me norak or whatever, gue suka banget jalan kaki di Seoul. Sudah trotoarnya lebar, gak ada pedagang kaki lima, gak panas, gak banyak debu meski kadang-kadang nyelip bau babi panggang (hahahah.. astagfirullah ya Allah, gw gak niat loh ya!). Here's some sites to stopped by when strolling around in Spring time in Korea:

1. Taman Kota 




Di Korea, khususnya Seoul sebagai ibukota, banyak memberi space untuk taman kota. Kayaknya hampir setiap blok entah itu kawasan perkantoran, perumahan dan pertokoan ada taman yang bisa dipakai duduk-duduk santai. Jadi meskipun berada di tengah kota, kita masih bisa merasa nyaman berinteraksi dengan orang lain di luar ruangan. Gak harus ke cafe atau ke mall. Meskipun nongkrong di cafe di Seoul juga cukup asik, apalagi di hari yang dingin, gak ada salahnya untuk nongkrong di taman especially when the weather is fine.

2. Coffee Shop / Cafe  

 

Sebagai kota metropolitan, Seoul tidak lepas dari banyaknya coffee shop dan cafe di setiap sisi kotanya. Mulai dari yang francise internasional sampai coffee shop atau cafe lokal. Temanya juga unk-unik. Bahkan jika biasanya ada cafe atau coffee shop yang tidak membolehkan membawa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, ada juga loh yang temanya playing with dog or cat. Tidak jarang coffee shop yang jadi tempat syuting atau mensponsori drama tertentu juga memajang memorabilia atau setting dari drama tersebut.



 

3. Festival Cherry Blossom,


Bulan Maret-April-Mei adalah bulan di mana banyak festival-festival yang bisa kita nikmati. Salah satunya adalah festival cherry blossom di Area Yeouiseo-ro, di belakang the National Assembly Building, Yeongdeungpo-gu, Seoul. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang Sungai Hangang melalui terowongan pohon-pohon megah ini. Bunga musim semi lainnya yang mekar di bawah pohon termasuk azalea dan forsythias. Ada juga pertunjukan jalanan budaya, pameran dekorasi bunga, dan pameran foto yang berlangsung sepanjang periode festival. Biasanya festival ini diselenggarakan di saat cherry blossom lagi mekar-mekarnya yaitu di akhir bulan Maret hingga awal April.



Jikapun datang setelah itu, don't worry! Masih banyak tempat yang bisa kamu datangi untuk menikmati pemandangan cherry blossom berguguran di atas kepala kamu. Literally, berguguran seperti di drama-drama itu loh! Kamu bisa di Namsan Tower, Gyeongbokgung Palace atau kek gue lebih jauh lagi jalannya ke Songdo Central Park, sekitar satu setengah jam naik kereta dari Seoul Station. 


 4.  Campus Tour 


Selain festival cherry blossom, kamu bisa mampir ke festival kampus, di mana pengunjung bisa menikmati kuliner ala anak kampus dan menonton pertunjukan mahasiswa. Tidak jarang ada bintang tamunya, bintang Kpop yang lagi happening. Ini bisa jadi tidak gratis, tapi setidaknya ada pengalaman lah ya nonton festival semacam pensi gitu di kampus negara lain.



Jikapun tidak ada festival kampus, mampir strolling around di kawasan perkampusan tidak dilarang kok, asalkan jangan menganggu dan ikutan kuliah ya! Gue sempat dua kali ke kawasan Ewha University cuma karena pengen beli jerseynya, tapi dua duanya gagal karena salah timing dan sold out. Kekecewaan gue tertutupi dengan keindahan arsitektur dan sejarah kampus ini. Lumayan lah, nambah koleksi foto.

5. Pasar Malam 


Pengen nyoba makan di food truck? Boleh mampir ke Seoul Bamdokkaebi Night Market di kawasan Banpo Hangang Park, Dongdaemun Design Plaza, Cheonggyecheon Stream (Mojeongyo Bridge-Gwangtonggyo Bridge), and Yeouido Hangang Park. Gue waktu itu juga gak sengaja mampir saat strolling around area Hangang Park.




Rencana awalnya pengen ke Banpo untuk liat Banpo Bridge Rainbow Fountain. Tak kusangka kawasan sungai Han ini terbagi beberapa tempat dan gue sempat nyasar, jalan ke dingin. Untungnya banyak sesama turis dan orang Korea sendiri yang ngasih tahu jalan ke arah sana. Sampai di tekape, sempat heran juga kok ya rame banget ya sama food truck dan stands. Ternyata memang ada festival Seoul Bamdokkaebi Night Market. Banyak penjual pernak-pernik dan kuliner. Salah satunya ada food truck yang jualan makanan Indonesia seperti Nasi Goreng dan Mie Goreng. Whoaaa.. sudah kedinginan, lapar, nemu Nasi Goreng. Lengkap sudah! 

Harga seporsi nasi goreng kotakan seharga 75 ribu rupiah lengkap dengan sambal terasi dan kerupuk udang. Cek en ricek, babang yang jualan adalah orang Korea yang pernah magang di restaurant hotel bintang 5 di Bali. Gue sempat nanya pakai babi apa enggak dan dia bilang enggak. So, I ordered. Lumayan.. nasi goreng termahal yang pernah gue makan ini bikin hepi! 

6. Village 


Ada beberapa spot pariwisata di Seoul yang berada di kawasan perumahan bergaya klasik, khas perumahan Korea jaman dulu. Dua tempat yang paling terkenal di Seoul adalah di kawasan Insadong dan Ihwa Mural Village. Untuk yang suka jalan kaki, tempat yang seperti ini bisa jadi favorit kamu especially yang suka foto-foto. Hanya saja perlu diingat, Seoul adalah kota dengan kontur berbukit, jadi kuat-kuatin betis ya untuk mendaki. Banyak tangga jahannamnya pula! Gue menyebutnya seperti itu karena tangganya panjang dan nanjak abis. Lumayan, rasanya seperti tracking. Tapi, begitu sampai di atas, pemandangannya keren. It's worth the walk.


Naksan Park Seoul Fortress Walk


Jalan Kaki, Selain Sehat Bisa Membuatmu Lebih Hemat


Selama di Korea, gue puas-puasin jalan kaki. Bukan karena pengen hemat, tapi lebih karena mumpung bisa jalan kaki dengan nyaman sambil menikmati suasana musim semi. Bonus, denggan berjalan kaki, kita lebih bisa menikmati momen lebih baik, membuka kesempatan berkomunikasi dengan orang baru dan pulang-pulang ke Indonesia bisa lebih langsing, hahahaha! Beneran, pulang dari Seoul aku bisa turun 4 kg hanya dalam waktu 2 minggu. Wow banget kan?




Anyway, kamu sendiri gimana? Pernah strolling around di suatu tempat? Share pengalaman kamu juga ya di bawah!

You May Also Like

10 Comments

  1. Waduh seru banget tuh travelling ke Korea. Aku juga pingin banget nih ke sana. Semoga bisa cepat kesampaian amin hehe

    ReplyDelete
  2. Cantik banget nih fotonya. Keren kak. Aku jadi pingi ke sana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Semoga Meiga segera nyusul bisa ke Korea juga ya..

      Delete
  3. Korea memang tempat paling saya impikan nih. Kapan ya bisa ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga disegerakan deh, dapat rejeki dan waktu yang tepat. Semangat!! Dream do come true.

      Delete
  4. Bagus banget ya tempatnya. Kapan ini aku bisa ke tempat yang cantik ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah nih..keren banget. Semoga Sasa segera kesampaian cita2nya yah ke Korea juga.

      Delete
  5. Seru banget travelling ke sana. Pergi ke Korea :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu banget beneran. Semoga kamu juga segera ke sana ya. Fighting!

      Delete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.